Skip to main content

7 Jurusan Kuliah dengan Gaji Tertinggi

7 Jurusan Kuliah dengan Gaji Tertinggi

7 Jurusan Kuliah dengan Gaji Tertinggi

Tidak ada orang tua yang menginginkan anaknya menderita. Setiap orang tua tentu mendoakan kesuksesan bagi anaknya. Banyak dari mereka yang meminta anaknya agar masuk di jurusan tertentu dengan gaji tinggi dan menjanjikan. Anjuran tersebut bisa karena pengalaman atau hanya sekedar ekspektasi semata. Lantas, jika kamu sebagai anak, apakah kamu menuruti kata orang tua tersebut?

Tak dapat dipungkiri, dunia modern saat ini memang membutuhkan materi yang cukup besar. Memang tidak ada salahnya jika kamu memilih jurusan kuliah dengan gaji tertinggi. Selama saran orang tua dan minat sejalan, maka bisa-bisa saja kamu menjadikan gaji profesi tertentu sebagai dorongan untuk mengambil jurusan kuliah. Penasaran jurusan kuliah apa saja yang menawarkan gaji tertinggi?

Berikut ini 7 jurusan kuliah dengan gaji awal paling tinggi.

TOC / Daftar Isi

1. Teknik Pertambangan dan Perminyakan

Bagi kamu yang menyukai fisika, kamu bisa memilih jurusan teknik pertambangan atau teknik perminyakan. Selain karena sesuai passion, ternyata jurusan ini memberikan gaji tertinggi yang bisa kamu dapatkan lho! Gaji profesi ini bisa mencapai 1,4 miliar per tahun. Bagaimana bisa membayangkan per bulan kamu dapat gaji berapa?

Sebelum tergiur lebih dalam dengan jurusan teknik pertambangan dan perminyakan, kamu harus mengetahui apa saja yang dipelajari sepanjang perkuliahan tersebut. Jangan sampai hanya karena gaji, saat kuliah kamu ternyata tidak mampu mengikuti dengan baik. Sekadar informasi, jurusan teknik pertambangan dan teknik perminyakan hampir sama. Keduanya mempelajari tentang bagaimana cara menambang mineral berwujud fluida. Hanya perbedaan diantara keduanya terletak pada bahan yang ditambang.

Jurusan teknik akan membawamu pada praktik lapangan yang cukup banyak. Mulai dari survei, studi kelayakan, dan pengeboran adalah rangkaian kegiatan yang harus siap kamu hadapi. Jadi, jika benar-benar ingin menjadi mahasiswa jurusan ini, kamu harus mempersiapkan diri dengan maksimal. Sebab, persaingannya tentu sangat berat.

Back to Content ↑

2. Teknik Elektro

Masih berbicara jurusan teknik, kali ini ada jurusan teknik elektro yang menawarkan gaji mencapai 1,3 miliar per tahun. Dengan minimal pengalaman hanya 0-5 tahun kamu bisa berkembang dengan gaji awal tersebut dan akan terus bertambah seiring dengan profesionalitasmu. Jurusan ini mempelajari tentang aplikasi kelistrikan dalam kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, jurusan teknik elektro ini sering disebut sebagai teknik listrik.

Risiko yang ditanggung sepadan dengan gaji yang ditawarkan. Sebab, selama menempuh pendidikan kamu harus mampu mempelajari instrumen kelistrikan dan dididik menjadi seorang profesional yang mengembangkan teknologi khususnya di bidang elektronik dan perangkat listrik. Dalam realitanya, di dunia kerja, teknik elektro akan bekerja sama dengan teknisi lain seperti teknik mesin, teknik sipil, dan teknik kimia.

Kerja sama ini berguna dalam pengembangan produk jasa. Misalnya sistem satelit, sistem radar, radio genggam, mobil listrik, dan sebagainya. Sebagai mahasiswa teknik elektro sebisa mungkin kamu juga menciptakan karya ya!

Back to Content ↑

3. Teknik Kimia

Satu lagi jurusan teknik yang gajinya tak kalah keren. Gaji entry level alumni teknik kimia bisa mencapai 1 miliar per tahunnya. Bagi kamu yang tertarik dengan pelajaran kimia semasa SMA, kamu bisa masuk jurusan ini. Akan tetapi, tenang saja bagi kamu yang kurang menyukai kimia, kamu juga tetap bisa masuk jurusan ini. Sebab, di jurusan teknik kimia bukan semata-mata hanya belajar reaksi kimia saja.

Jurusan ini mempelajari tentang memproses bahan baku atau bahan mentah menjadi sebuah produk yang diproses dengan memanfaatkan reaksi kimia. Jika pada kimia murni kamu akan bertemu dengan reaksinya langsung, pada jurusan ini kamu lebih berfokus pada aplikasi-aplikasi ilmu. Jurusan teknik kimia bisa disebut sebagai perpaduan dari jurusan teknik industri dan kimia murni. Jadi, penerapan ilmu kimia murni dan pelajaran tentang dunia industri akan dikombinasikan di jurusan ini.

Back to Content ↑

4. Aktuaria

Jika kamu menyukai matematika, tetapi tidak ingin bergelut langsung menjadi peneliti, jurusan aktuaria bisa menjadi pilihanmu. Jurusan kombinasi ekonomi dan matematika terapan ini ternyata menawarkan gaji awal tertinggi lho! Seorang lulusan aktuaria bisa mendapatkan gaji mencapai 900 jutaan setiap tahun. Nah, cukup menggiurkan bukan?

Lantas, sebenarnya jurusan ini mempelajari apa saja? Jurusan aktuaria bidang bahasannya tentang matematika akuntansi. Ilmu ini mempelajari tentang manajemen risiko keuangan di masa depan. Pada jurusan ini kamu akan banyak bertemu dengan materi peluang, statistika, keuangan, dan komputer serta pemrograman. Lulusan ini nantinya diarahkan menjadi ahli madya asuransi. Oleh karena bidang keuangan asuransi akan tumbuh melejit di masa depan, prospek kerja jurusan ini sangat besar.

Back to Content ↑

5. Geofisika

Tak banyak dikenal, ternyata lulusan jurusan geofisika juga mempunyai penawaran gaji tertinggi. Dengan hanya bermodalkan pengalaman 0-5 tahun, lulusan ini saat bekerja bisa mendapatkan gaji mencapai 800 jutaan rupiah. Wow walaupun tak banyak dikenal ternyata gajinya cukup menjanjikan. Lalu, apa saja yang akan dipelajari dalam jurusan ini?

Geofisika merupakan gabungan dari geografi dan fisika. Jurusan ini mempelajari tentang ilmu kebumian dengan kaidah atau teori fisika. Saat menjalani sudi, kamu akan diajarkan tentang permasalahan sumber daya alam, energi, dan lingkungan, serta penyelesaiannya. Selain itu, kamu juga akan diajak mengenal gejala kebumian dengan memanfaatkan pemodelan pengolahan data geofisika. Tertarik untuk mendalami jurusan ini? Cobalah mulai melirik kampus mana saja yang membuka program studi ini ya!

Back to Content ↑

6. Kedokteran

Sering disebut sebagai masternya ilmu saintek, jurusan kedokteran menduduki peringkat tertinggi setiap tahunnya. Program studi ini banyak diincar siswa karena gaji profesi dokter yang tinggi serta seringkali mendapat banyak tunjangan lain di luar gaji pokok. Menurut Ikatan Dokter Indonesia (IDI), seorang dokter harus mendapat gaji minimal Rp12.500.000 setiap bulan. Tentunya jumlah sebesar ini sesuai dengan pengorbanan dan perjuangan mahasiswa kedokteran sampai diangkat menjadi dokter.

Selain itu, alasan lainnya karena dokter merupakan profesi yang sangat mulia sebagai tangan Tuhan dalam membantu menyelamatkan banyak orang. Banyak orang tua menginginkan anaknya menjadi seorang dokter karena melihat cerahnya masa depan tenaga medis tersebut. Namun, perlu diperhatikan juga jika kamu ingin mengambil jurusan ini. Kamu harus senantiasa melatih kemampuan berpikir, senang riset, dan memiliki semangat belajar yang tinggi. Sebab, masa pendidikan dan praktik dokter cukup lama sehingga membutuhkan kesabaran dan mental yang kuat.

Back to Content ↑

7. Ekonomi Manajerial

Di masa depan, perkembangan teknologi dan perusahaan semakin banyak. Bahkan, setiap tahunnya ratusan startup mulai dirintis. Mereka membutuhkan tenaga di bidang manajerial yang membantu mengelola perusahaan. Nah, bagi kamu yang menyukai tugas pengelolaan dan senang berhitung, kamu bisa memilih jurusan ini.

Jangan ditanya lagi, bidang manajemen pada suatu perusahaan pasti digaji tinggi. Selama kamu bekerja secara profesional dan selalu meningkatkan kinerja, justru kamu akan sering mendapatkan bonus. Untuk meraih profesi ini, minimal kamu menyandang gelar sarjana ekonomi ya!

Back to Content ↑

Itulah 7 jurusan kuliah dengan gaji tinggi. Kira-kira apakah kamu berminat masuk menjadi salah satu mahasiswa jurusan tersebut? Jangan hanya sekadar berorientasi kepada gaji, tetapi kamu juga harus memiliki kemampuan. Agar selama kuliah kamu juga mampu berkembang menjadi dirimu yang terbaik. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!