Skip to main content

10 Cara Terbaik Mempercepat Kinerja Windows 10

Window 10

10 Cara Terbaik Mempercepat Kinerja Windows 10

Windows 10 merupakan versi terbaru yang dikembangkan setelah terbitnya Windows 8. Windows 10 dibekali dengan sistem terbaru yang mempunyai performa optimal dari sistem operasi Microsoft Windows saat ini. Meski mempunyai performa yang bisa dibilang cukup optimal, namun masih ada saja beberapa keluhan dari para pengguna yang menggunakan Windows 10 ini.

Salah satu keluhannya adalah membuat performa komputer atau laptop Anda menjadi lambat atau lemot. Namun Anda tidak perlu khawatir lagi untuk mengatasi masalah tersebut. Dalam pembahasan terbaru kali ini kami akan memberikan Anda solusi terbaik untuk mempercepat kinerja Windows 10. Di bawah ini Anda akan menemukan beberapa cara tersebut.

10 Cara Mempercepat Kinerja Windows 10

TOC / Daftar Isi

1. Uninstal Software yang Tidak Penting

Ini merupakan salah satu kesalahan terbesar para pengguna sistem komputer. Mereka tidak sadar, bahwa banyak sekali software atau aplikasi yang tidak begitu penting di komputer atau laptop mereka. Salah satu cara terbaik untuk membantu mempercepat performa Windows 10 adalah dengan menghapus beberapa aplikasi yang tidak terlalu penting.

Gunakanlah saja aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dan cermatlah juga dalam memilih aplikasi untuk komputer atau laptop Anda. Jika Anda menginstal aplikasi yang tidak sesuai dengan spesifikasi laptop Anda, maka akan membuat kinerja sistem operasi windows Anda semakin lemot. Cara membersihkan aplikasi yang ingin Anda uninstal tidaklah begitu sulit. Anda hanya perlu menekan tombol Windows+R secara bersamaan, dan kemudian ketik "control panel", lalu akan muncul tampilan form dan pilihlah menu "uninstal program" yang terdapat pada form tersebut.

Back to Content ↑

2. Jangan Membuka Aplikasi Secara Bersamaan

Membuka aplikasi secara bersamaan akan membuat kinerja sistem operasi komputer atau laptop mu menjadi semakin lemot. Karena hal tersebut dapat memakan memori yang begitu banyak, akibatnya dapat membuat kinerja Windows 10 terganggu dan menjadi lambat.

Oleh karena itu, Anda harus bijak dalam penggunaan aplikasi. Jangan membuka aplikasi secara bersamaan demi kelancaran sistem operasi Windows 10 milik Anda.

Back to Content ↑

3. Lakukanlah Disk Cleanup Secara Berkala

Melakukan disk cleanup secara berkala merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi para pengguna sistem Windows 10. Disk cleanup berfungsi untuk menghapus file-file sampah yang menumpuk serta aplikasi bermasalah dan tidak lagi diperlukan pada saat penggunaan windows pada komputer atau laptop Anda.

Biasanya dengan menumpuknya file sampah yang terdapat pada sistem operasi, akan mempengaruhi kinerja komputer atau laptop Anda. Semisal, sistem operasi sangat lama saat proses booting dan kemudian kinerja laptop Anda menurun.

Hal tersebut bisa terjadi karena file sampah yang terlalu menumpuk pada sistem operasi Windows 10 di komputer atau laptop Anda. Ketika Anda mulai merasakan gejala seperti itu, segeralah lakukan disk cleanup.

Back to Content ↑

4. Lakukan Pengecekan Malware Secara Berkala

Ini merupakan salah satu hal paling penting yang wajib diketahui oleh para pengguna Windows 10. Penyebab lemotnya Windows 10, terkadang tidak hanya dari bawaan aplikasinya, namun juga adanya virus atau malware yang mengganggu. Virus atau malware tersebut terkadang bisa datang dari penggunaan crack atau membuka salah satu situs website yang berisi virus.

Virus atau malware tersebut dapat mengakibatkan kerugian yang begitu besar bagi Windows 10, karena dapat memakan processor, memory, resources disk, dan lain-lain. Sehingga dapat membuat perangkat sistem operasi komputer atau laptop Anda menjadi lemot ketika digunakan.

Cara paling ampuh untuk menangani virus atau malware tersebut adalah dengan melakukan pengecekan virus atau malware secara berkala menggunakan anti virus bawaan milik Windows 10, yaitu Windows Defender.

Back to Content ↑

5. Mengubah Konfigurasi Power Plan

Windows 10 memiliki 3 fitur yang dapat membantu mengkonfigurasikan peningkatan performa sistem operasi komputer atau laptop Anda. Beberapa fitur tersebut di antaranya adalah Balanced, Power Saver, dan High Performance. Fitur tersebut merupakan pengaturan yang berfungsi untuk mengoptimalkan pemakaian listrik pada komputer atau laptop Anda.

Untuk Anda yang memiliki kesibukan dalam penggunaan aplikasi, maka fitur High Performance merupakan pilihan yang sangat tepat untuk meningkatkan kinerja Windows 10 pada komputer atau laptop Anda.

Back to Content ↑

6. Maintenance Sistem Secara Berkala

Windows 10 memiliki pemecah masalah kinerja bawaan yang dapat membantu Anda menemukan dan memperbaiki masalah yang mungkin mempengaruhi kecepatan Windows 10 pada komputer atau laptop Anda. Agar sistem tetap berjalan dengan lancar, Windows 10 perlu melakukan maintenance sistem secara berkala atau juga bisa di setting secara otomatis.

Proses maintenance sistem ini dapat mencakup data update software, security scanning, dan diagnosa sistem lainnya pada Windows 10. Fitur maintenance sistem ini dapat Anda atur melalui menu Control Panel -–> System and Security -–> Security and Maintenance -–> Change Maintenance settings.

Back to Content ↑

7. Cermatlah Dalam Menggunakan Fitur Search Indexing

Meskipun fitur pencarian yang terdapat pada Windows 10 merupakan salah satu fitur yang paling penting, bagian search indexing ini mengambil banyak sekali sumber daya sistem yang tentu saja dapat mempengaruhi kinerja Windows 10 pada komputer atau laptop Anda menjadi lebih lambat. Meski menggunakan fitur ini dapat membantu Anda lebih cepat dalam melakukan pencarian file penyimpanan. Namun ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika mengindeks search file pada Windows 10.

Anda tidak boleh mengindeks banyak data. Indekslah beberapa folder atau penyimpanan yang menurut Anda sangat penting, karena itu dapat membantu meningkatkan performa Windows 10 Anda.

Back to Content ↑

8. Non Aktifkan Mode Transparansi Start Menu

Mode transparansi start menu pada Windows 10 memang terlihat sangat menarik, namun mode transparansi akan banyak memakan konsumsi daya dan kinerja sistem operasi pada komputer atau laptop Anda.

Untuk menghemat konsumsi daya dan kinerja sistem operasi Windows 10 pada komputer atau laptop Anda, Anda dapat mematikan mode tersebut. Caranya sangat mudah, buka settings menu --> personalization --> colors --> dan non-aktifkan mode Make Start, taskbar, and action center transparent.

Back to Content ↑

9. Tidak Menggunakan Efek Spesial/Animasi Menu

Menggunakan start menu, taskbar, and action transparent merupakan suatu hal cukup keren untuk memberi gaya pada tampilan Windows 10. Namun, hal ini akan memakan sumber daya dan kinerja lebih pada sistem operasi komputer atau laptop Anda.

Untuk menghilangkan efek khusus sendiri caranya sangat mudah yaitu, klik kanan Start --> System --> Advanced System Settings (untuk membuka system properties menu). Pada menu Advanced di bawah performance, klik settings.

Dan kemudian akan membuka performance options menu. Pada tab Visual Effect, pilih adjust for best performance untuk mematikan segala animasi yang tidak perlu, dan efek khusus yang tidak dibutuhkan.

Atau Anda bisa memilih mode custom untuk mengatur efek spesial mana yang Anda butuhkan. Setelah selesai, kemudian klik OK untuk menyimpan perubahan.

Back to Content ↑

10. Mematikan Startup Programs

Jika Windows 10 pada komputer atau laptop Anda membutuhkan waktu booting yang cukup lama. Mungkin komputer atau laptop Anda memiliki banyak program yang otomatis berjalan bersamaan dengan ketika Anda menyalakan komputer atau laptop Anda.

Untuk mengatasinya, yaitu dengan klik kanan pada Taskbar --> Task Manager --> Tab Startup. Dan cermatilah juga daftar program startup yang berjalan bersamaan ketika Anda menghidupkan komputer atau laptop Anda.

Jika Anda melihat program startup yang menurutmu tidak terlalu penting untuk digunakan, Anda bisa mematikannya dengan cara klik kanan dan end task.

Back to Content ↑

Nah, jadi itulah dia 10 cara mempercepat kinerja Windows 10 yang telah Kami rangkum dalam pembahasan terbaru kali ini. Demikianlah pembahasan artikel ini Kami buat. Jangan lupa share informasi ini agar semakin bermanfaat.

BACA JUGA: Portal Teknologi Terkini - https://runhealdsburg.com