Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Info Corner DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

7 Alasan Kamu Harus Kuliah

7 Alasan Kamu Harus Kuliah
7 Alasan Kamu Harus Kuliah

7 Alasan Kamu Harus Kuliah

Masuk SMA masih bingung akan kuliah atau tidak? Jenjang pendidikan sekolah menengah atas memang lebih diarahkan melanjutkan ke perguruan tinggi. Pasalnya, jenjang SMA sangat sedikit dibekali keterampilan kerja. Berbeda dengan sekolah kejuruan yang siap kerja, siswa SMA diharuskan berkuliah dahulu sebelum lebih siap kerja.

Lantas, ternyata masih banyak peserta didik SMA yang tidak berpikir demikian. Mereka masih enggan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Rata-rata memang terkendala biaya. Akan tetapi, saat ini telah tersedia beasiswa pemerintah seperti Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah) yang membantu pelajar untuk bisa berkuliah secara gratis.

Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir lagi masalah biaya. Sebab, dengan berkuliah kamu bisa mendapatkan banyak manfaat yang belum tentu kamu peroleh semasa SMA. Untuk menguatkan tekadmu dalam berkuliah. Yuk simak 7 alasan kamu harus berkuliah berikut ini:

TOC / Daftar Isi

Peluang Kerja Lebih Besar

Sebagian siswa SMA akan berpikir berdasarkan kenyataan yang ada di lapangan. Bahwasanya lulusan perguruan tinggi seringkali menjadi pengangguran. Hal itu membuat mereka, para lulusan yang disiapkan untuk masuk perguruan tinggi, merasa berkecil hati. Jika terjadi hal demikian, biaya kuliah yang terkenal mahal seakan sia-sia. Lantas akhirnya berpikir apa guna kuliah.

Padahal, sebenarnya melalui pendidikan tinggi, peluang kerja terbuka lebih besar. Banyak perusahaan besar yang mencari pekerja dari lulusan sarjana atau diploma. Hal tersebut disebabkan oleh karena lulusan perguruan tinggi lebih memiliki kompetensi dibandingkan siswa SMA ataupun SMK. Meskipun seringkali ditemukan ketidaksesuaian antara jurusan kuliah dengan profesi yang ditekuni, tetapi gelar sarjana atau diploma menjadi standar utama yang dilihat dalam perekrutan suatu pekerjaan. Dengan modal gelar dan kompetensi tambahan yang dimiliki, kamu bisa mendapatkan pekerjaan sesuai standar kemampuan dirimu. Jadi, selama diberikan kesempatan berkuliah, ambil peluang tersebut dengan baik.

Back to Content ↑

Bertemu Orang-Orang Inspiratif

Dunia kampus dipenuhi dengan orang-orang berpendidikan tinggi dan berprestasi gemilang. Dari mereka, kamu bisa belajar banyak ilmu baru. Baik ilmu akademik maupun ilmu kehidupan sangat mungkin kamu dapatkan di sana. Misalnya saya setiap hari mata kuliah bersama dosen, sudah pasti kamu akan mendapatkan ilmu tertentu yang belum tentu kamu peroleh di luar kampus.

Selain itu, di kampus biasanya menghadirkan tokoh inspiratif bangsa, menteri pendidikan, atau sejumlah aparat pemerintah lain yang diundang sesuai kepentingan. Acara talkshow inspiratif itu biasanya disajikan dalam seminar yang diselenggarakan oleh BEM universitas. Inilah saatnya kamu mengembangkan diri dengan menambah ilmu dari berbagai bidang.

Back to Content ↑

Belajar Mandiri

Suasana belajar di kuliah sangat berbeda dengan masa SMA. Jika pada saat SMA kamu masih dituntun oleh guru, saat kuliah kondisinya tidak demikian. Dosen cenderung menyampaikan materi secara umum. Selanjutnya, mahasiswalah yang harus mencari akar-akarnya secara mandiri. Saat kuliah kamu tidak lagi bergantung pada teman.

Selain itu, kamu harus dapat membagi waktu antara mengikuti kuliah dengan aktivitas lainnya, seperti kegiatan organisasi atau kegiatan sosial lainnya. Dengan tetap berorientasi kepada akademik, secara tidak langsung bangku kuliah melatih kemandirian.

Terlebih lagi bagi kami yang akan merantau jauh dari orang tua. Hal ini sudah jelas kamu harus mandiri. Tidak sulit kok menjadi seorang yang mandiri. Justru skill kemandirian ini sangat penting saat kamu dewasa nanti.

Back to Content ↑

Lebih Banyak Pengalaman

Masa studi empat tahun dengan kondisi yang berbeda tentu akan menambah pengalamanmu. Akan banyak aktivitas atau kegiatan yang membuka wawasan baru ataupun tata cara melakukan kegiatan tertentu yang belum pernah kamu coba sebelumnya. Bagi kamu yang senang belajar hal baru, ini adalah alasan terpenting kamu harus kuliah. Ingin mencoba tantangan seperti ini?

Tak hanya itu, saat berkuliah kamu mempunyai banyak waktu luang dibandingkan hanya duduk di kelas sewaktu SMA. Waktu luang di tengah perkuliahan ini bisa kamu gunakan untuk hang out bersama teman, melakukan aktivitas sosial, atau bekerja demi menambah uang saku. Segala aktivitas itu akan menambah pengalaman dan meningkatkan kualitas dirimu.

Back to Content ↑

Pengetahuan yang Bermanfaat bagi Banyak Orang

Kuliah erat kaitannya dengan adanya peningkatan pengetahuan. Sebab, orientasi materi dalam kuliah selalu dibahas lebih dalam dibandingkan saat bangku SMA. Dari sinilah para tokoh-tokoh hebat mulai tumbuh. Mereka mempelajari ilmu lebih dalam sesuai bidang studinya masing-masing. Oleh karena itu, kuliah dapat disebut sebagai jenjang pendidikan yang meningkatkan sumber daya manusia secara nyata.

Perguruan tinggi sebagai gudang ilmu pengetahuan akan mengantarkanmu pada peluang-peluang sukses lebih besar. Pengetahuan ini memberi banyak perubahan, baik bagi dirimu pribadi, maupun lingkungan sekitar, bahkan Indonesia. Menjadi orang yang bermanfaat bagi masyarakat banyak merupakan cita-cita hampir seluruh manusia. Rasa bahagia akan kamu dapatkan setelah ilmu yang kamu punya bisa bermanfaat bagi orang lain.

Back to Content ↑

Mempunyai Karya

Eits, jangan menyebut mahasiswa jika tak punya karya. Ini pendidikan tingkat universitas loh, masih mau berdiam diri menungu suapan materi dari tenaga pendidik? Sudah saatnya meninggalkan zona nyaman dan mengambil peran. Kesempatan berkuliah sekarang di depan mata. Hanya pilihan yang menentukan jalan kelanjutan pendidikanmu. Kamu pasti akan memberikan yang terbaik bagi generasi selanjutnya, bukan?

Selama berkuliah, sebaiknya kamu mempunyai karya yang bisa dikenal banyak orang. Salah satu alasan mengapa kamu harus kuliah ialah dengan jalan ini kamu bisa dikenal sebagai si pemberi ilmu atau penebar kebaikan. Pastikan juga karya yang kamu ciptakan mampu menjadi solusi permasalahan masyarakat di sekitarmu. Semakin luas orang yang terkena dampak, maka semakin berarti besar juga karya yang kamu ciptakan.

Jadilah orang pintar dan bisa memanfaatkan ilmu yang didapat. Di dunia memang banyak sekali orang pintar atau cerdas. Akan tetapi masih sedikit orang yang menjadi baik ingin menerapkan ilmunya demi kebermanfaatan masyarakat. Kini, semua pilihan ada padamu.

Back to Content ↑

Pikiran yang Lebih Terbuka

Seseorang yang sedang atau telah menempuh pendidikan tinggi tentu memiliki pemikiran yang terbuka. Ia dengan mudah menerima ide dan solusi atas segala masalah yang dihadapi. Bahkan, masalah tersebut baru muncul dan tak pernah diduga sebelumnya. Orang seperti inilah yang dibutuhkan di dunia kerja. Dengan berkuliah, kamu akan mampu mengelola pikiranmu sehingga lebih toleran dan terbuka.

Selain itu, seorang mahasiswa biasanya mampu berpikir secara terstruktur dan rapi. Kemampuan seperti ini sangat berguna dalam melihat secara jeli, baik peluang maupun risiko di masa depan. Kombinasi pemikiran tersebut akan mengantarkanmu pada jalan hidup yang lebih terarah. Kamu tidak perlu bingung memecahkan masalah karena pola pikirmu telah terlatih sejak di bangku universitas.

Back to Content ↑

Demikian beberapa manfaat kuliah yang akan kamu dapatkan selama menempuh pendidikan tinggi di universitas. Kamu tidak perlu galau dan ragu lagi untuk berkuliah. Segudang manfaat lain bisa kamu peroleh ketika menjadi mahasiswa berprestasi di kampus. Jangan pernah melewatkan kesempatan untuk berkuliah ya! Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!