Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan ceruk Blog Info Corner DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan Fee, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink dari Kami (Nofollow!)

×

Manfaat Asuransi Bagi Masyarakat dalam Kehidupan

Manfaat Asuransi Bagi Masyarakat dalam Kehidupan
Manfaat Asuransi Bagi Masyarakat dalam Kehidupan

Manfaat Asuransi Bagi Masyarakat dalam Kehidupan

Hidup butuh perlindungan jika Anda terancam maupun barang-barang Anda hilang seketika, untuk itu adanya asuransi jiwa dan berbagai jenis asuransi lainnya hadir dalam membantu hidup Anda lebih baik dalam perlindungan. Adanya manfaat asuransi, hidup Anda akan lebih tenang karena telah terjamin oleh pihak asuransi tersebut.

TOC / Daftar Isi

Apa Itu Asuransi?

Merupakan perjanjian kepada dua pihak dalam pemegang polis, asuransi sendiri memberi jaminan kepada setiap orang yang membayar proteksi dan akan memberi perlindungan jika terjadi sesuatu. Tak heran memiliki asuransi menjadi hal yang penting karena Anda akan aman dalam proteksi yang telah dibayarkan kepada pihak asuransi.

Asuransi sendiri berguna dalam memberi pengganti dalam pemegang polis atas kerusakan, kerugian maupun hal-hal yang tak terduga timbul kepada pihak ketiga jika peristiwa tersebut tidak pasti dan tidak disengaja. Selain itu asuransi akan memberi pembayaran kepada yang tertanggung dan manfaat yang telah ditetapkan pada pengelolaan dana.

Objek yang bisa digunakan untuk asuransi adalah kesehatan manusia, jasa, tanggung jawab hukum dan kepentingan lainnya yang bisa hilang atau merugi. Tujuan utama dari adanya asuransi adalah melindungi masyarakat agar tak terganggu dalam risiko yang ada dan menimbulkan kerugian yang cukup besar.

Back to Content ↑

Manfaat Asuransi bagi Masyarakat

Beragam jenis manfaat asuransi bagi kehidupan, membuat setiap orang hidup nyaman dan tentram karena memiliki proteksi dan perjanjian serta tanggung jawab antara penanggung biaya dan yang tertanggung. Lalu apa saja manfaat asuransi yang perlu Anda ketahui?

Back to Content ↑

1. Meminimalisir Kerugian yang Terjadi

Ketika memiliki asuransi, Anda akan lebih tenang karena risiko yang ada telah dialihkan pada pihak asuransi perusahaan. Hal ini membuat kerugian yang Anda alami dapat diminimalisir dan tak perlu berhutang untuk menutupi kerugian yang ada, dengan asuransi Anda telah menyiapkan proteksi terbaik dalam hidup serta dana darurat yang mencukupi dalam menangani berbagai bahaya.

Back to Content ↑

2. Melindungi Jiwa

Manfaat asuransi jiwa ada untuk melindungi jiwa Anda dari kematian, masyarakat seringkali menggunakan asuransi ini ketika mulai tutup usia. Pentingnya asuransi jiwa juga bisa diwariskan kepada keturunan/ahli waris, tak heran banyak kepala keluarga yang menggunakan asuransi jiwa dalam mengcover risiko usianya yang terdampak COVID-19.

Back to Content ↑

3. Dapat Menangani Kesehatan dan Penyakit Kritis

Asuransi kesehatan bermanfaat dalam menangani kesehatan Anda dan tergantung produk asuransi apa yang Anda pilih, mulai dari rawat inap, rawat jalan maupun ICU. Nominal yang perlu Anda bayar juga berbeda-beda bergantung polis yang akan Anda pilih, untuk itu Anda perlu memastikan asuransi kesehatan apa yang ingin Anda pilih nantinya.

Hampir sama dengan asuransi kesehatan, asuransi untuk penyakit kritis dapat menutupi sebagian tagihan biaya rumah sakit jika Anda dirawat. Manfaat asuransi ini berupa biaya pengobatan, uang tanggungan yang akan diberikan langsung setelah diagnose rumah sakit keluar.

Back to Content ↑

4. Melindungi Kendaraan dan Kecelakaan

Kecelakan merupakan kejadian yang tidak terduga dan tak ada orang yang mengetahuinya, untuk itu adanya asuransi kecelakaan membantu Anda dalam melindungi Anda dan akan mendapat biaya medis atas kecelakaan yang menimpa Anda seperti patah tulang maupun operasi yang memakan biaya cukup besar.

Ada juga asuransi kendaraan dimana biaya ganti rugi kerusakan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Mulai dari pembobolan atau kecelakaan, asuransi kendaraan ini bisa Anda gunakan bersamaan ketika Anda membeli kendaraan tersebut. Disisi lain asuransi kendaraan hanya fokus pada kendaraan yang Anda miliki.

Hal ini berbeda dengan asuransi motor dimana asuransi tersebut hanya berfokus pada manfaat asuransi dalam melindungi pengendara maupun orang yang dibonceng.

Back to Content ↑

5. Menanggung Biaya Perjalanan dan Pendidikan

Anda akan mendapatkan ganti rugi ketika menggunakan asuransi perjalanan ini, hal ini bertujuan agar bepergian Anda selalu aman. Beberapa produk yang ditawarkan asuransi ini adalah biaya pengobatan, risiko kecelakaan, kerusakan bagasi hingga keterlambatan perjalanan.

Asuransi perjalanan, biasa digunakan saat membeli tiket pesawat maupun transportasi lainnya. Ternyata asuransi ini berbeda dengan asuransi kecelakaan saat berlibur yaitu hanya bisa digunakan ketika perjalanan. Namun asuransi kecelakaan ini bisa melindungi Anda saat masa liburan.

Asuransi berikutnya merupakan asuransi yang bermanfaat untuk Anda yang memiliki anak dan akan mendapatkan jaminan dengan biaya pendidikan hingga tingkat kuliah. Hal tersebut juga bergantung pada asuransi pendidikan yang akan Anda pilih, dengan asuransi ini orang tua membantu inflasi biaya pendidikan per tahun karena biayanya yang terus naik.

Back to Content ↑

Jenis-jenis Asuransi yang Cocok Memenuhi Kebutuhan Anda

Memiliki berbagai jenis dan manfaat asuransi, kebutuhan Anda yang berbeda-beda membuat asuransi juga menyediakan kebutuhan bagi Anda dalam membantu apapun yang Anda butuhkan, berikut jenis asuransi yang perlu Anda pilih sesuai kebutuhan:

Back to Content ↑

1. Asuransi Pendidikan

Manfaat asuransi pendidikan yang beragam, membuat asuransi ini banyak dipilih masyarakat karena berguna dalam menyiapkan dana pendidikan sejak dini. Dengan asuransi pendidikan, perlindungan biaya untuk anak saat bersekolah bisa dicover dengan mudah oleh asuransi.

Terdapat asuransi unit link dimana kombinasi asuransi jiwa dan investasi mencakup dalam asuransi pendidikan agar komponen investasi terbagi sesuai jenjang pendidikan anak Anda saat ini.

Back to Content ↑

2. Asuransi Investasi

Selain memperoleh investasi, Anda juga bisa berasuransi dengan mudah dan memberikan manfaat berupa uang tunai dan proteksi yang ada dari pengembangan sesuai investasi yang Anda pilih. Asuransi unit link ini menawarkan manfaat dimana uang tunai dan proteksi berasal dari pengembangan investasi tersebut.

Total premi yang Anda setor pada pemegang polis, ada dana sebagian yang dialokasikan untuk biaya proteksi tersebut dan ada biaya yang dialihkan untuk investasi. Disisi lain, asuransi unit link juga memberikan proteksi perlindungan kesehatan, kecelakaan hingga penyakit kritis.

Back to Content ↑

3. Asuransi Hari Tua

Banyak dipilih masyarakat saat ini, manfaat asuransi hari tua ini sangat menguntungkan kepada pemegang polis ketika mendekati pensiun. Membeli asuransi hari tua sejak dini, membantu Anda dalam mengatasi hari tua dan mempersiapkan dana pensiun lebih cepat, dengan masa pensiun dan hari tua Anda bisa menyiapkan segalanya dengan baik.

Back to Content ↑

4. Asuransi Umum

Manfaat asuransi umum adalah menawarkan kompensasi atas kerugian yang Anda alami selain kematian, mulai dari mengasuransikan tanah, mobil hingga rumah. Asuransi umum ini bisa Anda pilih untuk perlindungan agar kerugian yang Anda alami tidak terlalu berat.

Perlindungan yang ditawarkan dalam asuransi umum ini adalah kerusakan, kehilangan hingga pencurian dan kejadian lainnya yang ditanggung oleh pihak asuransi. Berbagai jenis asuransi ini menawarkan kebutuhan asuransi seperti rumah, properti, perjalanan, sosial hingga kesehatan yang dapat membantu Anda dalam kehidupan.

Back to Content ↑

Manfaat asuransi yang beragam, membuat asuransi perlu Anda miliki agar hidup Anda lebih tenang mempersiapkan dana pensiun maupun jaminan pendidikan untuk anak. Dengan asuransi, hidup Anda akan terjamin hingga hari tua karena asuransi yang Anda miliki dapat membantu semua kebutuhan Anda dalam hidup. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!