Skip to main content

5 Rekomendasi Laptop Bisnis ASUS Terbaik Tahun 2022

5 Rekomendasi Laptop Bisnis ASUS Terbaik Tahun 2022
ASUS ExpertBook B1 B1400

5 Rekomendasi Laptop Bisnis ASUS Terbaik Tahun 2022

Bukan ASUS namanya jika tidak selalu menghadirkan produk-produk andalannya, yang bisa digunakan untuk semua kebutuhan. Seperti dalam rekomendasi laptop bisnis dari ASUS berikut ini, perusahaan yang dikenal sebagai produsen berbagai komponen komputer ini menawarkan berbagai tipe laptop yang bisa digunakan untuk aktivitas bisnis Anda.

Karena sebagaimana diketahui, laptop bisnis memang berbeda dengan laptop kebanyakan. Baik itu dari segi ketahanan, kapasitas penyimpanan hingga kelengkapan konektivitas. Apakah Anda kini tengah mencari laptop bisnis terbaik? Mungkin informasi dibawah ini bisa membantu Anda.

TOC / Daftar Isi

Laptop Bisnis dari ASUS dan Bedanya dengan Laptop Kebanyakan

Pada umumnya, laptop bisnis memiliki beberapa ciri-ciri khusus, yang mungkin saja hal tersebut membuatnya sedikit berbeda dengan laptop kebanyakan. Dimana pada laptop untuk bisnis ini, produsen biasanya akan menyiapkan memori penyimpanan dengan kapasitas yang lumayan besar.

Hal ini dikarenakan, agar pelaku bisnis dan perkantoran bisa lebih leluasa dalam menyimpan data perusahaan. Baik itu yang berupa file, gambar/video, hingga dokumen-dokumen penting lainnya. Bukan hanya itu saja, karena sering digunakan sebagai media presentasi, beberapa laptop bisnis terbaik akan menyisipkan perlengkapan konektivitas yang mumpuni.

Sementara dari segi ketahanan dan keamanan, pada umumnya laptop untuk bisnis ini memiliki tingkat ketahanan dan tingkat keamanan yang jauh lebih baik dari laptop kebanyakan. Hal ini dikarenakan, selain dimiliki oleh perorangan, laptop untuk bisnis ini juga sering digunakan di area perkantoran, yang mungkin saja bisa digunakan oleh siapa saja yang berada di kantor/perusahaan tersebut.

Dalam arti, jika tidak dilengkapi dengan ketahanan yang mumpuni, laptop akan mudah rusak. Bukan hanya itu saja, jika laptop yang biasa digunakan untuk bisnis ini tidak dilengkapi dengan tingkat keamanan yang tinggi, maka hal tersebut akan membuat laptop rentan mengalami kebocoran data.

Dengan berbagai pertimbangan tersebut, hal tersebut tentunya membuat ASUS menjadi lebih termotivasi untuk membuat laptop bisnis terbaik yang memiliki ketahanan yang kuat, kapasitas RAM yang besar, kelengkapan konektivitas terbaik, serta tingkat keamanan yang tinggi. Beberapa laptop untuk bisnis yang dimaksud bisa Anda simak dalam rekomendasi laptop bisnis dari ASUS yang akan dibahas dalam pembahasan selanjutnya berikut ini.

Back to Content ↑

5 Rekomendasi Laptop Terbaik dari ASUS yang Bisa Digunakan untuk Bisnis

Bagi Anda pelaku bisnis yang terbiasa menggunakan laptop untuk melakukan aktivitas bisnis dan perkantoran, dan membutuhkan laptop yang bisa digunakan untuk menyimpan file dan dokumen dalam kapasitas besar. Beberapa laptop bisnis dari ASUS berikut ini bisa menjadi pilihan. Diantaranya:

Back to Content ↑

1. ASUS ExpertBook B1 B1400

ASUS ExpertBook B1 B1400

Salah satu laptop untuk bisnis yang termasuk ke dalam rekomendasi laptop bisnis terbaik dari ASUS ini jatuh pada ASUS Expertbook B1 B1400. Dimana laptop ASUS yang termasuk ke dalam tipe B1 ini memang dirancang sebagai laptop yang kompatibel untuk menjalankan berbagai program dan pekerjaan yang berkaitan dengan bisnis dan perkantoran.

Bahkan kini, ASUS Expertbook B1 B1400 ini juga banyak direkomendasikan bagi para pelaku bisnis usaha kecil dan menengah (UMKM), dan juga para pelaku bisnis start up. Namun sebenarnya bukan hanya itu saja, ASUS Expertbook B1 B1400 ini juga sebenarnya sangat kompatibel untuk melakukan berbagai pekerjaan yang berkaitan dengan tugas-tugas sekolah dan perkuliahan.

Dengan kapasitas RAM yang cukup besar, yaitu sekitar 8GB, dengan tipe RAM DDR4 dan juga tipe penyimpanan berupa SSD ini, laptop bisnis terbaik dari ASUS yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk melakukan penyimpanan berbagai data berupa file, dokumen, hingga gambar dan video.

Bukan hanya itu saja, dengan tampilan yang elegan, dengan material body berupa magnesium alloy, serta bobot yang tidak terlalu berat, yaitu sekitar 1,45kg. Kiranya hal tersebut bisa menjadi pilihan yang tepat bagi para pelaku bisnis yang berjiwa stylish dan elegan.

Beberapa spesifikasi lainnya yang dimiliki oleh laptop ASUS Expertbook B1 B1400 ini diantaranya:

  • Ukuran layar sekitar 14 inch, dengan teknologi layar LCD serta resolusi sekitar 1920x1080 pixels
  • Ketahanan baterai bisa bertahan hingga 6 jam
  • Menggunakan kartu grafik tipe NVIDIA@GeForceMX330
  • Resolusi webcam yang digunakan dengan resolusi HD
  • Memiliki kelengkapan konektivitas berupa USB, VGA, Thunderbolt, USB 3.0, USB type C, display port, card reader, HDMI serta headphone jack
  • Memiliki fitur backlit keyboard
  • Sangat kompatibel terhadap Windows 10 Pro
  • Harga yang ditawarkan antara 9,7 hingga 16 juta rupiah, tergantung dari kapasitas RAM yang dimiliki

Back to Content ↑

2. ASUS Expertbook B3 Flip B3402

ASUS Expertbook B3 Flip B3402

ASUS Expertbook B3 Flip B3402, bukan hanya bisa digunakan untuk melakukan berbagai pekerjaan yang berkaitan dengan bisnis dan perkantoran saja. Dengan tampilan yang bisa diputar (flip) hingga 360 derajat, membuat laptop bisnis terbaik yang satu ini sangat sesuai bagi para pelaku bisnis yang berjiwa stylish, namun menyukai hal-hal yang baru.

Bukan hanya itu saja, tampilannya yang flipable (bisa diputar) tersebut, membuat ASUS Experbook B3 Flip B3402 ini tidak hanya bisa digunakan sebagai laptop saja, namun juga bisa digunakan layaknya sebuah tablet, dengan dilengkapinya sebuah stylus (pen pintar).

Sehingga Anda bisa melakukan pekerjaan bisnis Anda dalam bentuk tulisan tangan, bilamana Anda tengah berada di perjalanan, dan tidak memiliki waktu yang cukup untuk bekerja seperti biasanya. Sementara jika dilihat dari spesifikasi yang dimilikinya, laptop bisnis dari ASUS yang baru diluncurkan di awal tahun 2022 ini, juga dilengkapi dengan processor generasi 12th Gen Intel Core TM i5 12600K, yang terbilang lebih canggih.

Meskipun demikian, ASUS Expertbook B3 Flip B3420 ini juga sebenarnya ada yang dilengkapi prosessor dengan generasi 11th Gen Intel Core. Dimana untuk jenis processor yang satu ini memang telah dikenal sebagai processor yang lebih hemat daya, namun menawarkan performa yang terbilang cepat.

Sementara untuk harganya sendiri, ASUS Expertbook B3 Flip B3420 ditawarkan mulai dari 15,7 juta rupiah. Beberapa spesifikasi lainnya yang dimiliki oleh salah satu laptop yang menjadi rekomendasi laptop bisnis ASUS terbaik ini diantaranya:

  • Menggunakan kartu grafis Intel Iris Plkus Grapichs dengan execution 96, serta frekuensi hingga 1,3GHZ
  • Menggunakan dual camera dengan resolusi 720 MP, dengan ukuran kamera sekitar 13MP. Dimana kamera yang satu berada di atas bezel layar, dan kamera yang lainnya berada di atas keyboard
  • Dengan media penyimpanan berupa PCLe SSD, membuat laptop untuk bisnis yang satu ini bisa dikatakan tahan banting, dan telah lolos uji ketahanan MIL-STD 810H, yang merupakan standar ketahanan militer Amerika Serikat
  • Dilengkapi dengan fitur Trusted Platform Module (TPM), serta fitur sidik jari (touchscreen)
  • Memiliki beragam perlengkapan konektifitas yang meliputi USB type A, HDMI, Thunderbolt 4.0 port, dan juga combo audio jack, dengan menggunakan wifi 6 (802.11ax)
  • Ukuran layar sekitar 14 inch FHD dengan resolusi sekitar 1920x1080 pixels
  • Memiliki RAM 8GB dengan tipe DDR 4200MHZ
  • Kompatibel terhadap Windows 11
  • Memiliki dimensi ukuran sekitar 32,9x22,39x1,92 cm dengan berat sekitar 1,61 kg

Back to Content ↑

3. ASUS Expertbook B5 Flip B5320F

ASUS Expertbook B5 B5320F

Sama halnya dengan ASUS Experbook tipe B3 Flip B3420, rekomendasi laptop bisnis ASUS Expertbook B5 B5320F ini juga bisa diputar (flip) hingga 360 derajat. Hanya saja, yang membedakan dari keduanya, yaitu ASUS Expertbook B5 Flip B5320F ini jauh lebih ringan, yaitu sekitar 1,3 kg saja.

Sehingga sangat cocok bagi Anda yang merupakan pelaku bisnis yang sering bepergian, karena Anda tidak akan merasa pegal jika membawa laptop yang satu ini. Bukan hanya itu saja, laptop yang ditawarkan dari mulai harga Rp 18.961.000,- ini juga bisa Anda bawa saat melakukan perjalanan bisnis dalam waktu yang lama. Hal ini dikarenakan, daya tahan baterai yang dimilikinya terbilang awet, yaitu bisa bertahan hingga 12 jam.

Beberapa spesifikasi yang dimiliki oleh laptop ASUS Expertbook B5 Flip B5320F ini diantaranya:

  • Menggunakan processor generasi 11 Intel Core I7, dan intel Wifi 6
  • Dilengkapi dengan dukungan dual-SSD RAID 0 dan RAID 1 untuk penyimpanan data dengan ketahanan serta keamanan maksimal yang dilengkapi dengan ASUS numberpad 2.0
  • Memiliki sensor touchscreen built in, serta fitur chip TPM 2.0
  • Terbuat dari 2 material yang berbeda. Dimana pada bagian penutup terbuat dari aluminium murni. Sementara pada bagian keyboard dibuat dari perpaduan antara material magnesium dan juga aluminium
  • Dilengkapi dengan ASUS pen optional (stylus) untuk memudahkan Anda dalam membuat catatan dengan tulisan tangan
  • Fitur touchscreen yang dimilikinya mendukung sensitivitas tekanan dengan tingkat sensor 4096
  • Memiliki daya tahan baterai hingga 12 jam, dengan pengisian daya hanya sekitar 39 menit saja, untuk kapasitas daya hingga 60%
  • Menggunakan teknologi peredam kebisingan berbasis Artificial Intelligence (AI)

Back to Content ↑

4. ASUS Expertbook B7 Flip B7420F

ASUS Expertbook B7 Flip B7420F

Selain bisa diputar (flip) hingga bisa digunakan sebagai tablet, ASUS Expertbook B7 Flip B7420F ini juga bisa dikoneksikan dengan data seluler yang berbasis 5G. Bukan hanya itu saja, salah satu laptop yang menjadi rekomendasi laptop bisnis dari ASUS terbaik ini juga sangat kompatibel terhadap wifi 6 dan juga ASUS Wifi Master Premium, yang memungkinkan koneksi wifi bisa menjadi lebih cepat dari biasanya.

Beberapa spesifikasi khusus yang hanya dimiliki oleh laptop bisnis terbaik yang satu ini diantaranya:

  • Menggunakan processor Intel Core I7 dengan grafis Intel Iris Xe
  • Memiliki kapasitas RAM hingga 64GB
  • Menggunakan metode penyimpanan dengan sistem SSD PCLe hingga 2TB, yang memudahkan Anda dalam melakukan penyimpanan data tanpa harus menunggu lama
  • Kapasitas baterai hingga 12 jam
  • Dengan fitur flipable (bisa diputar), memungkinkan laptop ASUS Experbook B7 Flip B7420F ini bisa digunakan sebagai laptop, tablet bahkan dengan menggunakan mode tenda hingga mode stand
  • Menggunakan sistem pendingin hibrida lanjutan (AHCS)
  • Layar laptop dilengkapi dengan fitur anti silau dengan rasio 16:10. Sehingga Anda bisa membaca artikel maupun data dengan ukuran layar yang lebih luas, serta tidak membuat mata Anda menjadi cepat lelah
  • Menggunakan lampu LED yang disematkan pada penutup laptop
  • Harga dari ASUS Expertbook B7 Flip B7420F ini berada di kisaran Rp 22.881.000,-

Back to Content ↑

5. ASUS Expertbook B9 B9400

ASUS Expertbook B9 B9400

Terakhir, ada ASUS Expertbook B9 B9400 yang menjadi salah satu laptop bisnis terbaik pilihan ASUS. Laptop untuk bisnis yang satu ini menawarkan ketahanan super premium yang berstandar ketahanan militer Amerika Serikat (MIL-STD 810H).

Meskipun demikian, beratnya yang hanya sekitar 0,88 kg membuat laptop bisnis yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang merupakan pelaku bisnis dengan jiwa dinamis serta elegan. Hal ini juga turut didukung dengan tampilan laptop yang dirancang dengan bentuk yang lebih modern.

Keunggulan lainnya yaitu karena bobotnya yang terbilang ringan, membuat laptop ASUS Expertbook B9 B9400 ini sangat cocok bagi Anda yang sering melakukan pekerjaan secara mobile. Bahkan, dengan daya tahan baterai yang bisa bertahan hingga sehari penuh, membuat Anda tidak perlu harus selalu melakukan pengisian baterai.

Spesifikasi lainnya yang dimiliki oleh laptop untuk bisnis yang menjadi andalan dari ASUS ini diantaranya:

  • Menggunakan processor generasi 11 Intel Core I7-1185G7 Proseta ModulTPM 2.0
  • Dengan mengadopsi teknologi NanoEdge Display, memungkinkan laptop memiliki layar dengan tampilan lebih tipis
  • Memiliki dimensi sekitar 32x20,3x1,49cm
  • Ukuran layar sekitar 14 inch
  • Memiliki fitur bentang hingga 180 derajat
  • Kompatibel terhadap Windows 10 Pro dan juga Windows Home Solution
  • Memiliki kapasitas RAM sekitar 16GB dengan tipe RAM LPDDR4X
  • Kartu grafis yang digunakan yaitu kartu grafis dengan tipe Intel Iris Xe Graphics
  • Harga yang ditawarkan mulai dari 26 juta hingga 32 juta rupiah

Back to Content ↑

Itu dia beberapa laptop bisnis yang menjadi rekomendasi laptop bisnis ASUS terbaik di tahun 2022 ini. Dari sekian banyak laptop untuk bisnis yang direkomendasikan diatas, manakah yang akan Anda pilih? Apapun tipe laptop ASUS yang akan Anda pilih nantinya, ada baiknya bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang Anda miliki. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!