Skip to main content

6 Cara Mengatasi Virus Komputer Tanpa Bantuan Software Anti Virus

 6 Cara Mengatasi Virus Komputer Tanpa Bantuan Software Anti Virus
Cara Mengatasi Virus Komputer dengan Mudah

6 Cara Mengatasi Virus Komputer Tanpa Bantuan Software Anti Virus

Sekarang ini internet menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting untuk menunjang segala aktivitas sehari-hari, maka dari itu sekarang masyarakat banyak menghubungkan perangkat komputer mereka ke internet dan ketika sebuah perangkat terhubung ke internet, maka bisa dipastikan akan mengalami resiko terkena serangan virus.

Banyaknya pengguna internet sekarang ini, membuat orang-orang dengan kemampuan membuat virus mulai menyebarkan virus buatan mereka melalui jaringan internet. Tujuan mereka bermacam-macam, ada yang ingin mencuri data pribadi atau file yang kita miliki.

Maka dari itu, Anda sebagai salah satu penduduk dunia maya saat ini. Harus mengetahui cara mengatasi virus komputer tersebut, ada beberapa metode yang bisa Anda terapkan terkait cara mengatasi virus komputer tersebut.

Cara tersebut mulai dari menggunakan bantuan software anti virus sampai tanpa menggunakan software anti virus sama sekali. Nah pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan apa yang kami temukan terkait cara mengatasi virus komputer yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi virus yang ada di komputer Anda.

TOC / Daftar Isi

6 Cara Mengatasi Virus Komputer dengan Mudah

Cara Mengatasi Virus Komputer dengan Mudah

Metode cara mengatasi virus komputer yang akan kami ulas ini sebenarnya sudah ada sejak lama dan telah banyak dipraktikkan oleh para pengguna komputer saat itu. Banyak orang yang bilang bahwa cara-cara tersebut dapat menghapus jejak virus sampai ke akar-akarnya.

Oh iya, kami selalu memberikan himbauan kepada Anda bahwa sebelum melakukan beberapa cara mengatasi virus komputer ini, sebaiknya backup terlebih dahulu beberapa file penting yang ada di hardisk komputer Anda.

Setelah melakukan back up data, berikut kami ulas cara mengatasi virus komputer tanpa anti virus.

Back to Content ↑

1. Mengatasi Virus Menggunakan Command Prompt

Mengatasi Virus Menggunakan Command Prompt

Metode pertama yang akan kami jelaskan adalah menggunakan command prompt atau kita lebih mengenalnya dengan CMD. Cara mengatasi virus komputer yang satu ini sangat ampuh menghapus jejak virus sampai ke akarnya.

Cara melakukannya terlebih dahulu Anda membuka aplikasi Command Prompt yang biasanya sudah secara default sudah tersedia di PC. Setelah terbuka, langkah selanjutnya adalah menentukan drive mana yang akan Anda lakukan penghapusan virus.

Biasanya yang terkena virus berada di drive C atau E, Anda tinggal ketikkan dir E: attrib sh /s /d. Bagi Anda yang ingin berpindah ke drive lainnya tinggal ganti huruf E menjadi lokasi drive lainnya.

Setelah Anda memasukkan kode tersebut, tunggu beberapa saat sampai muncul explorasi dari drive yang Anda ketikkan perintah tersebut pada layar yang sama. Jika muncul file .exe yang sebelumnya Anda tidak pernah instal, maka bisa dicurigai file tersebut adalah virusnya.

Langkah yang harus Anda lakukan adalah menghapus file tersebut melalui command prompt, tapi bagaimana jika tidak bisa dihapus? Tenang, masih ada cara lain yaitu melalui “REGEDIT”. Masuk ke REGEDIT dan pilih menu Edit di bagian toolbar dan pilih Find.

Di kolom yang nanti muncul ketikkan nama file tersebut yang sebelumnya telah Anda temukan di CMD. Setelah file tersebut ditemukan segera hapus seluruh registry sampai ke directorynya maupun folder tempat virus tersebut bersarang.

Back to Content ↑

2. Atasi Virus Melalui Task Manager

Atasi Virus Melalui Task Manager

Jika cara di atas tidak bekerja dengan baik, Anda bisa menggunakan cara kedua ini yaitu melalui task manager. Langkah pertama, Anda buka terlebih dahulu menu Task Manager dan setelah terbuka lihat pada menu “Processes” jika di dalam menu tersebut Anda menemukan file asing maka segera nonaktifkan.

Bagaimana cara menonaktifkan file asing tersebut? Mudah saja, Anda hanya cukup klik file tersebut kemudian tekan End Process. Nantinya secara otomatis file asing tersebut akan berhenti aktif dan menyebar.

Agar file asing tersebut benar-benar hilang masuk ke msconfig, caranya klik New Task > ketik “msconfig > Enter. Nanti setelah Anda berhasil masuk ke halaman Configuration, langkah yang harus Anda lakukan adalah klik services dan hilangkan ceklis pada program yang menurut Anda adalah file asing.

Selanjutnya dilanjutkan dengan klik Startup pada halaman menu Configuration dan ceklist Program yang menurut Anda adalah program yang mencurigakan. Dilanjutkan ke langkah berikutnya, Anda kembali masuk ke aplikasi Command Prompt dan lakukan seperti langkah pertama ya.

Back to Content ↑

3. Format Hardisk

Format Hardisk

Cara mengatasi virus berikutnya adalah dengan melakukan format pada partisi hardisk. Namun lagi-lagi, kami ingin memperingatkan Anda sebelum melakukan cara ini untuk melakukan back up terlebih dahulu terkait data-data penting yang ada di hardisk tersebut ke dalam hardisk lainnya.

Hal ini tentu saja bertujuan agar file tersebut tidak terhapus dan tetap aman, nah cara yang satu ini dilakukan jika memory card atau hardisk benar-benar telah terinfeksi virus yang susah dihilangkan kecuali dengan cara memformatnya.

Caranya sangat gampang yaitu Anda cukup klik kanan pada salah satu direktori hardisk dan pilih format setelah muncul pilihan “Quick Format” nah pada pilihan tersebut hilangkan ceklis nya dan removable disk akan terformat dengan sendirinya.

Back to Content ↑

4. Menggunakan System Restore

Menggunakan System Restore

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan system restore yang biasanya sudah tersedia di sistem operasi yang Anda gunakan. System restore ini adalah salah satu sistem yang ada di sistem operasi windows, fungsinya adalah untuk mengembalikan data yang pernah terhapus kecuali virus.

Jika komputer Anda terkena virus, Anda bisa menggunakan system restore untuk membersihkan dan caranya sangat gampang. Pertama klik tombol Start > pilih All Program > Accessories > System Tools > Pilih Disk Clean Up.

Dilanjutkan dengan memilih drive mana yang akan dihapus menggunakan system restore, biasanya virus muncul di drive C (drive yang menyimpan segala aplikasi yang Anda instal) maka kita akan menggunakan system restore di drive tersebut.

Selanjutnya kita tentukan drive mana yang akan kita hapus dan klik tab menu More Option di sistem restore tersebut dan klik Cleanup. Jika ada halaman untuk melakukan konfirmasi silahkan pilih DELETE.

Back to Content ↑

5. Temp Directory

Temp Directory

Masih dengan memanfaatkan fitur yang tersedia di windows untuk mengatasi virus komputer, salah satu fitur tersebut adalah directory temporary yang memudahkan Anda membuka file lama yang sudah tersimpan untuk dibuka kembali.

Biasanya hal tersebut menarik minat pembuat virus untuk menjadikan temp directory sebagai sasaran virus guna untuk menjadikan tempat tersebut sarang virus, maka salah satu solusinya adalah menghapus file yang ada di temp directory.

Anda bisa menggunakan bantuan software seperti Temp File Cleaner, dengan cara mengatasi virus komputer yang satu ini akan membantu Anda dalam menghapus semua jenis temp dari mulai temp yang ada di browser sampai ke folder system32.

Back to Content ↑

6. Instal Ulang Sistem Operasi

Instal Ulang Sistem Operasi

Jika cara mengatasi virus komputer di atas masih saja tidak bisa menghilangkan virus yang membandel. Maka cara mengatasi virus komputer yang terakhir ini bisa dipertimbangkan dan ini adalah cara terakhir ya, jadi sebelum mencoba cara ini pastikan untuk mencoba cara sebelumnya terlebih dahulu.

Cara mengatasi virus komputer yang satu ini adalah dengan menginstal ulang sistem operasi, artinya sistem operasi sebelumnya dihapus dan secara otomatis semua program juga akan terhapus dan menggantinya dengan sistem operasi yang baru.

Cara mengatasi virus komputer yang satu ini seringkali dilakukan oleh banyak orang jika tidak menemukan solusi lainnya, dalam hal ini Anda harus melakukan instal ulang dan seperti biasa sebelum melakukannya back up terlebih dahulu data-data penting Anda agar tidak terhapus tanpa sengaja.

Back to Content ↑

Nah itu tadi beberapa cara mengatasi virus komputer tanpa menggunakan bantuan anti virus yang bisa Anda lakukan.

Selamat mencoba, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!