Skip to main content

7 Cara Penggunaan Energi Listrik Yang Aman Untuk Hunian Anda (SUN REVIEW)

Cara Penggunaan Energi Listrik Yang Aman Untuk Hunian Anda (SUN REVIEW)

7 Cara Penggunaan Energi Listrik Yang Aman Untuk Hunian Anda (SUN REVIEW)

Cara penggunaan energi listrik yang aman sekaligus efisien memang menjadi hal yang perlu untuk diperhatikan. Baik Anda yang menggunakan teknologi seperti solar panel maupun teknologi dari PLN sekalipun. Hal ini dikarenakan akan mampu untuk menghemat pengeluaran kebutuhan listrik rumah tangga dan juga akan memastikan keselamatan seluruh anggota keluarga. Oleh karena itu, ada beberapa cara yang perlu Anda tahu, untuk lebih jelasnya akan dijabarkan dalam ulasan berikut ini.

TOC / Daftar Isi

1. Tujuh Tips Menggunakan Energi Listrik Secara Aman

1.1. Hindari Menyentuh Peralatan Listrik Ketika Tangan Sedang Basah

Ketika berhadapan dengan listrik, biasanya Anda tidak boleh ceroboh. Hal ini lantaran jika Anda ceroboh dan tidak berhati hati akan berdampak pada sesuatu yang buruk. Untuk itu, sebelum Anda menyentuh peralatan listrik, biasakan untuk mengeringkan tangan lebih dulu. Sebab, jika Anda menyentuh alat listrik tanpa mengelap tangan dikhawatirkan akan tersetrum listrik.

Kemudian, usahakan Anda juga tidak menggunakan peralatan listrik apapun ketika berada di dekat dengan air. Hal ini dikarenakan apabila air dan listrik bercampur akan bisa menimbulkan efek yang berbahaya. Oleh karena itu, sebelum Anda menggunakan perangkat listrik, lebih baik Anda memperhatikan hal hal kecil tersebut.

Back to Content ↑

1.2. Mematikan Alat Listrik Apabila Tidak Digunakan

Salah satu cara penggunaan energi listrik yang aman berikutnya adalah dengan mematikan peralatan listrik apabila sedang tidak digunakan. Hal tersebut bertujuan agar nantinya Anda bisa menggunakan peralatan listrik tersebut lebih aman tanpa terjadinya korsleting ketika sudah tidak dipakai lagi.

Terutama bagi Anda yang memiliki anak kecil, tentunya akan bisa bermain dengan lebih aman dan leluasa apabila Anda tidak menancapkan peralatan listrik ke saklar. Namun, tidak hanya itu saja, dengan mematikan peralatan listrik yang tidak digunakan maka hal tersebut akan mampu menghemat pengeluaran listrik bulanan Anda.

Dengan begitu, per bulannya Anda pun tidak akan memiliki tagihan listrik yang membengkak. Akan tetapi, jika Anda ingin lebih hemat, maka Anda pun bisa menggunakan energi matahari pengganti listrik. Salah satunya dengan memasang solar panel yang dimiliki oleh Sun Energy.

Back to Content ↑

1.3. Hindari Untuk Menyemprot Peralatan Listrik Dengan Cairan Pembersih

Menjaga perabotan di rumah agar tetap bersih, tentunya menjadi sebuah kewajiban. Akan tetapi, apabila Anda menyemprotkan cairan pembersih pada peralatan listrik yang ada di rumah Anda, yang ada hal tersebut akan mampu membuat perabotan tersebut menjadi gampang rusak.

Oleh karena itu, Anda bisa melakukan pembersihan dengan lebih hati hati. Sebisa mungkin, hindari untuk menyemprotkan cairan pembersih seperti deterjen atau yang lain pada peralatan listrik yang Anda miliki. Hal ini bertujuan agar nantinya mampu menghindari terjadinya kerusakan.

Back to Content ↑

1.4. Jangan Menyentuh Saklar yang Longgar

Cara penggunaan energi listrik yang aman berikutnya adalah dengan menghindari untuk menyentuh saklar yang longgar. Apabila di dalam rumah, Anda mendapati adalah saklar yang longgar. Retak atau rusak, sebaiknya Anda menghindari untuk menyentuh dengan menggunakan tangan kosong secara langsung.

Hal yang perlu untuk Anda lakukan adalah menutupnya dengan cepat sehingga nantinya tidak akan membahayakan. Selain itu, Anda juga bisa untuk meminta bantuan teknisi agar cepat untuk mengganti saklar yang rusak tersebut. Dengan begitu nantinya akan mampu menjaga keluarga Anda agar tidak tersengat aliran listrik yang berasal dari saklar rusak tersebut.

Back to Content ↑

1.5. Hindari Penggunaan Alat Listrik yang Sedang Rusak

Apabila Anda mendapati adanya alat listrik di rumah yang telah rusak, tentunya Anda pun perlu memberikan perhatian yang lebih. Sehingga, Anda pun tidak sembarangan di dalam menyentuh peralatan listrik yang sedang rusak tersebut atau peralatan listrik yang telah memiliki usia tua.

Hal ini sebagai salah satu cara penggunaan energi listrik yang aman ketika di rumah. Untuk itu, jika Anda mendapati terdapat peralatan listrik yang sudah rusak, sebaiknya Anda menghindari untuk coba menggunakannya. Kondisi tersebut termasuk steker yang retak atau putus hingga kabel listrik yang menjuntai akan membuat Anda lebih mudah tersengat listrik.

Back to Content ↑

1.6. Berikan Sedikit Ruang di Sekitar Peralatan Listrik

Selanjutnya, Anda juga perlu untuk memberi ruang berlebih di sekitar alat listrik. Hal ini dikarenakan setiap alat listrik tentu saja akan bisa untuk menimbulkan energi panas di sekitarnya. Sehingga Anda sebaiknya meletakkan peralatan listrik di tempat yang terbuka. Hindari untuk meletakkannya di tempat yang tertutup.

Sebab ketika Anda meletakkan listrik di tempat yang tertutup, maka komponen yang didalamnya akan bisa mengeluarkan energi panas. Hal tersebut dapat menyebabkan peralatan listrik dapat terbakar dan tidak bisa digunakan lagi. Itulah salah satu cara penggunaan energi listrik yang aman ketika di rumah.

Back to Content ↑

1.7. Jika Terdapat Konslet, Serahkan Pada Yang Mengerti / Ahlinya

Untuk Anda pemula dan ingin memperbaiki listrik yang konslet, lebih baik berpikir ulang tentang hal tersebut. Dikarenakan listrik merupakan perihal yang sangat berbahaya. Dan apabila kita salah dalam bertindak, maka efek yang didapatkan sangatlah fatal bahkan bisa mengakibatkan bangunan terbakar atau kematian.

Oleh karenanya, jika Anda pemula dan tidak tahu menahu tentang dunia kelistrikan, lebih baik untuk menyerahkan kegiatan kelistrikan tersebut kepada yang lebih ahli. Daripada mencoba coba dan mendapatkan hasil yang buruk, lebih baik serahkan pada yang lebih mengerti. Pengerjaan pun bisa lebih cepat, dan lebih aman untuk pemilik rumah.

Back to Content ↑

2. Penutup

Listrik memang memiliki peranan yang sangat penting di dalam kehidupan. Namun, Anda juga bisa mendapatkan listrik dengan cara yang aman dan tidak merusak lingkungan. Salah satunya adalah dengan menggunakan Solar Panel yang bisa Anda dapatkan melalui SUN Energy. Dengan DP 0%, kini Anda bisa memiliki produk solar panel terbaik dari SUN Energy. Untuk informasi lebih lanjut, Anda silahkan klik: Panel Surya. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!

Back to Content ↑