Skip to main content

Mengenal Lebih Dekat Besi Siku dan CNP Terbaik di Surabaya

Mengenal Lebih Dekat Besi Siku dan CNP Terbaik di Surabaya

Mengenal Lebih Dekat Besi Siku dan CNP Terbaik di Surabaya

Pembangunan ulang atau renovasi umumnya dilakukan saat beberapa bagian rumah telah mengalami kerusakan parah. Mulai dari atap bocor di beberapa bagian, mengganti model rumah, atau menambah kamar baru. Saat melakukan renovasi, pasti Anda membutuhkan besi siku atau besi CNP terbaik di Surabaya.

Kegiatan renovasi biasanya terbagi atas 2, yaitu renovasi total dan sebagian. Renovasi total akan membutuhkan banyak waktu, karena lama-lama harus dihancurkan kemudian membangunnya kembali. Sedangkan renovasi sebagian hanya memakan waktu sebentar dan biaya yang cukup murah.

TOC / Daftar Isi

1. Mengenal Besi Siku Terbaik di Surabaya

Besi siku merupakan batang besi berpenampang siku yang membentuk sudut sebesar 90 derajat. Jenis besi ini adalah salah satu material yang sangat penting dalam industri konstruksi. Penggunaan besi ini terus meningkat dan sangat jamak dari waktu ke waktu.

Back to Content ↑

1.1. Spesifikasi Besi Siku Terbaik

Besi siku merupakan material yang terbuat dari bahan logam besi. Material yang mempunyai nama lain L-Bracket atau bar siku ini terbuat dari bahan besi plat dengan lapisan anti karat.

Besi siku memiliki panjang standar berukuran 6 meter. Tetapi, besi siku mempunyai ukuran ketebalan dan lebar penampang yang bervariasi. Variasi ukuran ketebalan besi siku mulai dari 1,4 mm sampai 3,4 mm. Sedangkan variasi ukuran penampang siku mulai dari 2 cm hingga 5 cm.

Besi siku ini cukup kokoh untuk material konstruksi umum. Mempunyai daya tahan yang cukup lama, tahan terhadap karat, dan tahan terhadap rayap. Namun, besi siku kurang mendukung pada konstruksi yang terlalu berat.

Back to Content ↑

1.2. Kegunaan Besi Siku

Penggunaan besi siku didalam konstruksi telah menjadi kebutuhan karena meliputi berbagai lingkungan kehidupan. Aplikasi besi siku di area lingkungan bangunan komersial dan rumah tinggal seperti pagar, konstruksi rumah tangga, rangka pintu, dan lain-lain.

Di area perkotaan, Anda bisa menjumpai penggunaan besi siku di konstruksi tangga, menara radio, jembatan, rangka billboard, dan lain-lain. Selain itu, besi siku juga berguna sebagai elemen penguat, struktur penyangga, atau penstabil di berbagai jenis konstruksi.

Back to Content ↑

2. Mengenal Besi CNP Terbaik di Surabaya

Besi kanal CNP adalah besi berukuran panjang yang mempunyai bentuk seperti huruf C. Penggunaan besi ini umumnya dalam bidang konstruksi, bidang otomotif, dan bidang industri. Di pasaran, besi CNP mempunyai panjang standar berukuran 6 meter.

Berikut ini beberapa ukuran serta jenis besi kanal CNP yang cukup banyak digunakan:

  • Besi kanal CNP 60 mempunyai berat 9,76 kg berukuran 60x30x10x1,6 mm.
  • Besi kanal CNP 100 mempunyai berat 24,4 kg dan 17,5 kg berukuran 100x50x20x2,3 mm. Selain itu, ada juga yang mempunyai berat 33 kg dengan ukuran 100x50x20x3,2 mm.
  • Besi kanal CNP 150 mempunyai berat 40,6 kg berukuran 150x50x20x3,2 mm dan berat besi 29,8 kg berukuran 150x50x20x2,3 mm.
  • Besi kanal CNP 75 terbaik di Surabaya mempunyai berat 12,4 kg berukuran 73x35x15x1,66 mm. Selain itu ada juga besi yang memiliki berat 19,5 kg berukuran 75x45x15x2,3 mm dan berat 13,92 kg berukuran 75x45x15x1,66 mm.
  • Besi kanal CNP 125 dengan berat 36,8 kg berukuran 125x50x20x3,2 mm dan besi berbobot 27,1 kg berukuran 125x50x20x2,3 mm.

Back to Content ↑

3. Cara Memilih Ukuran Besi Siku Terbaik

Dalam memilih ukuran besi siku, Anda tidak boleh sembarangan. Berikut ini ada 2 cara untuk mendapatkan ukuran besi siku yang tepat:

Back to Content ↑

3.1. Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Biasanya besi siku berguna sebagai struktur penyangga supaya bangunan tidak mudah roboh. Bahan atau material besi siku sangat kuat dan kokoh. Hal inilah yang membuat besi siku digunakan pada berbagai jenis konstruksi. Oleh sebab itu, pilih ukuran besi siku sesuai dengan kebutuhan Anda.

Back to Content ↑

3.2. Sesuaikan Dengan Jenis

Besi siku terbaik di Surabaya tersedia dalam 3 jenis, yaitu besi siku berlubang, tidak sama sisi, dan sama sisi. Besi siku berlubang terdapat lubang-lubang pada setiap sisi yang berfungsi menjadi tempat pelekatan baut.

Sedangkan besi siku tidak sama sisi berukuran tidak sama panjang pada setiap sisinya. Misalnya ukuran 125x100 mm dan lebar 10 mm. Untuk besi siku sama sisi mempunyai ukuran panjang yang sama.

Back to Content ↑

4. Cara Memilih Besi CNP Terbaik

Sebelum membeli besi CNP, Anda harus memperhatikan 3 hal di bawah ini agar mendapatkan besi CNP yang tepat. Mari simak uraian singkatnya berikut ini:

Back to Content ↑

4.1. Perhatikan Kualitas

Pastikan Anda memilih besi CNP yang asli dan telah memenuhi standar atau SNI. Agar besi CNP bisa Anda gunakan secara optimal tanpa menimbulkan resiko berbahaya untuk pihak klien atau para pekerja proyek. Menggunakan besi CNP berkualitas pasti akan menghasilkan bangunan yang kokoh serta sesuai dengan harapan klien dan kontraktor.

Back to Content ↑

4.2. Harga yang Wajar

Pilihlah besi CNP terbaik di Surabaya yang menawarkan harga sedikit lebih murah atau masih dalam batas wajar. Tetapi, Anda harus memastikan besi CNP dengan harga murah telah memenuhi SNI dan bukan besi abal-abal.

Back to Content ↑

4.3. Pengiriman

Umumnya pengiriman dari pihak produsen atau toko menuju tempat Anda akan mengeluarkan sejumlah biaya tambahan. Jika Anda mau lebih hemat, besi CNP bisa Anda angkut sendiri menggunakan kendaraan yang mumpuni agar menghemat biaya pengeluaran.

Back to Content ↑

5. Jenis-Jenis Besi Selain Besi Siku dan CNP di Surabaya

Selain besi siku dan CNP, ada 2 jenis besi lain yang umumnya digunakan sebagai bahan konstruksi bangunan, yaitu:

Back to Content ↑

5.1. Pipa Besi

Besi ini sering Anda jumpai di toko bangunan dan terbuat dari baja. Pipa besi berwarna hitam dan mempunyai bentuk bulat memanjang. Manfaat besi ini untuk menyalurkan beberapa bahan tambang yang cenderung mudah terbakar seperti minyak, oli, dan gas. Penggunaan besi ini umumnya pada bangunan industri atau pabrik berskala besar.

Back to Content ↑

5.2. Besi Beton

Selain besi siku dan CNP di Surabaya, ada juga jenis besi beton cukup kokoh sebagai penopang pondasi bangunan berskala kecil. Nama lain dari besi beton adalah besi ulir karena terdapat motif ulir pada besi tersebut dari proses rol.

Besi ini mempunyai ikatan yang lebih baik dalam hubungan beton dan tulangan. Motif ulir tersebut akan meningkatkan daya lekat untuk menahan gerakan yang berasal dari batang ke beton. Jenis besi ini mempunyai daya tahan tekan minimal 400 Mpa.

Back to Content ↑

Seperti itulah penjelasan singkat tentang besi siku dan besi CNP terbaik di Surabaya. Jika Anda sedang membutuhkan kedua jenis besi tersebut, Anda bisa membelinya secara online melalui situs https://www.sentralbesi.com yang merupakan Distributor Besi Siku Surabaya dan Besi CNP Surabaya Terbaik dan Terpercaya

Perusahaan ini menyediakan produk besi berkualitas dengan harga terjangkau, pelayanan terbaik, ukuran besi yang akurat serta berbagai jenis pilihan besi yang lengkap. Perusahaan ini juga sudah sangat berpengalaman dalam bidang penjualan besi yang berdiri sejak tahun 1998. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!