Skip to main content

Review Spesifikasi Infinix Hot 10 Play

Infinix Hot 10 Play

Review Spesifikasi Infinix Hot 10 Play

Infinix sebagai salah satu produsen asal Hong Kong telah ikut serta meramaikan pasar gadget dari tahun 2013 silam. Di awal tahun 2021 ini, pihaknya kembali menawarkan ponsel entry level yang dipasaran dikenal sebagai Infinix Hot 10 Play.

Seri ke-10 ini merupakan lanjutan dari seri Infinix Hot sebelumnya dan telah mengalami beberapa peningkatan pada sektor tertentu. Meskipun demikian, ada juga sektor yang berkurang kualitasnya karena alasan tertentu.

1. Review Infinix Hot 10 Play

1.1. Body Ponsel

Diawali dari body ponselnya, sekilas ukurannya tidak jauh berbeda dengan pendahulunya, baik itu Infinix Hot 9 maupun 10. Dimensinya masih berkisar 171.8x78x8.9 mm. Hanya saja kali ini memiliki bobot yang lebih berat, yaitu 207 gram.

Body ponsel ini terbuat dari material plastik yang membuatnya ringan dan nyaman digenggam. Bagian belakangnya terlihat mengkilat dan membuatnya terlihat berkelas. Pada sisi kiri bawah bagian backdoor terdapat tulisan INFINIX yang sudah menjadi ciri khasnya.

1.2. Display Layar

Bagian layarnya masih menggunakan tipe IPS LCD, hanya saja kali ini sedikit peningkatan dengan dukungan kecerahan yang lebih baik. Sedangkan untuk ukuran layarnya mengalami peningkatan dari versi sebelumnya, yaitu menjadi 6.82 inch.

Adapun untuk rasio screen body mencapai 82% lebih dan ini menjadi poin plus untuk sekelas entry level. Sedangkan untuk resolusinya tidak mengalami peningkatan sedikitpun jika dibandingkan dengan pendahulunya, yaitu Infinix Hot 10.

1.3. Kamera

Jika melihat gambar bagian belakang Infinix Hot Play 10, Anda pasti akan mengira bahwa kameranya berjumlah empat. Sayangnya jawaban tersebut salah besar. Kamera yang dimiliki ponsel ini hanya dua buah atau dua kamera saja dengan resolusi masing-masing 13 MP + 2 MP.

Dibawah kamera 2 MP difungsikan sebagai flash, mengingat fitur yang ditawarkannya memiliki Quad-LED flash. Kamera utamanya sudah memiliki fitur wide angle yang bisa mengambil gambar lebih luas lagi jangkauannya.

Selfie kamera yang ditawarkan memiliki resolusi 8MP dengan fitur wide angle juga. Baik kamera depan maupun belakangnya mampu merekam video hingga kualitas 1080@30fps. Posisi dari kamera depannya tepat berada di tengah, ini berarti Anda tidak akan kesulitan untuk mengarahkannya.

1.4. Performa

Dari segi performa, ponsel ini disokong processor MediaTek Helio G25 dengan 12nm yang bisa dikatakan memiliki kemampuan yang bagus untuk ponsel entry level. Kemampuannya ini bahkan bisa digunakan untuk memainkan game seperti PUBG, Mobile Legend, CODM dan sejenisnya.

Terlebih dukungan CPU Octa-core dan grafis dari Mali G52 MC2 ini membuat performanya semakin lebih baik. Grafis yang ditampilkan tidak terlalu buruk, namun juga tidak sempurna. Sayangnya RAM yang ditawarkan hanya dua variasi, yaitu 2GB dan 4GB.

Bagi yang membeli RAM 2GB disarankan untuk tidak menggunakannya pada produktivitas yang tinggi karena performanya akan terbatas. Sebaliknya, jika Anda membeli RAM 4GB, maka performanya lebih baik dan berjalan lebih lancar dibandingkan RAM 2GB.

1.5. Baterai

Dari segi baterai, Infinix Hot 10 Play ini dibekali baterai dengan kapasitas mencapai 6000mAh. Dengan baterai yang tergolong besar ini, bisa dikatakan lebih unggul dibandingkan dengan ponsel entry level lainnya.

Dukungan charging 10W ini juga membuat proses pengisian dayanya lebih baik atau lebih cepat dibandingkan pendahulunya. Berbicara soal daya tahan baterai, ponsel ini mampu bertahan hingga 20 jam lamanya untuk penggunaan normal dengan pengoptimalan pengaturan tertentu.

Sedangkan jika digunakan untuk bermain game, browsing dan aktivitas lain yang menggunakan jaringan internet, daya tahannya sekitar 14 jam. Intinya adalah semakin tinggi penggunaannya, maka daya tahannya akan semakin berkurang pula.

1.6. Sensor

Hadir sebagai ponsel entry level, Infinix seri ini tidak menghilangkan sensor fingerprint yang memang sudah ada sejak seri sebelumnya. Ini menjadi salah satu kelebihan dan keunggulan yang dimiliki karena beberapa ponsel serupa tidak mendukung fitur ini.

Sensor fingerprint ini bisa Anda temukan pada bagian belakangnya dan ini tentu akan memudahkan Anda dalam mengunci maupun membuka ponsel. Salah satu keunggulan adanya fingerprint adalah menghindari orang lain menggunakan ponsel Anda dan tentunya data ponsel lebih aman.

1.7. Memori Internal

Penyimpanan internal yang ditawarkan bisa dibilang sudah besar, yaitu variasi 32GB dan 64GB. Dengan ruang penyimpanan yang besar tersebut, Anda sudah bisa menyimpan ribuan foto, dokumen, video dan file lain tanpa tambahkan microSD.

Namun bagi yang ingin melegakan ruang penyimpanan internal, maka bisa menambah microSD dengan tipe SDXC. Sayangnya belum jelas berapa kapasitas maksimal yang bisa digunakan, apakah bisa mencapai 1TB atau hanya puluhan GB saja.

1.8. Harga

Dari segi harga, Infinix Hot 10 Play ini memiliki harga sekitar Rp1.350.000,00-Rp1.550.000,00 tergantung dari variasi mana yang Anda beli. Dengan harga yang tergolong murah ini, Anda sudah bisa menikmati berbagai macam fitur premium yang dimiliki.

Harga tersebut juga bersaing dengan kompetitor hp entry level lainnya dan menjadi pesaing yang kuat. Ponsel ini patut diperhitungkan dan bisa dibeli untuk anak atau saudara Anda yang membutuhkan hp harga terjangkau.

2. Spesifikasi Lengkap

  • Jaringan Internet: 2G, 3G, 4G
  • Dimensi: 171.8 x 78 x 8.9 mm
  • Berat: 207 gr
  • SIM: Dual SIM (type Nano-SIM)
  • Type Layar: IPS
  • Ukuran Layar: 6.82 inch
  • Resolusi: 720x1640 px
  • Sistem Operasi: Android 10 dengan Tampilan UI dari XOS 7
  • Processor: Mediatek Helio G25 (12 nm)
  • CPU: Octa-core (2x2.0 GHz Cortex-A75 & 6x1.8 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali G52 MC2
  • MicroSD: Ada
  • RAM/Internal: 2GB/32GB, 4GB/64GB
  • Kamera Utama:
    • 13 MP (wide)
    • 2 MP
  • Fitur Kamera: LED Flash, Panorama, HDR
  • Video Kamera Utama: 1080p@30fps
  • Kamera Depan: 8 MP (wide)
  • Audio Jack 3.5 mm: Ada
  • Bluetooth: 5.0
  • WLAN: Wi-Fi Direct, Hotspot, Wi-Fi 802.11
  • GPS: Ada dengan fitur A-GPS
  • NFC: Tidak Ada
  • Radio: Ada
  • Type USB: USB Type 2.0, USB OTG
  • Baterai: Non-removable Li-Po 6000mAh
  • Pilihan Warna:
    • Morandi Green
    • Aegean Blue
    • Obsidian Black
    • Purple

3. Kekurangan

3.1. Variasi RAM Ada Yang Kecil

Tidak dapat dipungkiri bahwa RAM merupakan salah satu komponen yang penting dalam perangkat elektronik, tidak terkecuali pada ponsel. Seri Hot 10 Play ini memiliki variasi RAM yang bisa dibilang kecil, yaitu hanya 2GB saja.

Padahal di era serba digital ini transaksi banyak dilakukan secara online dan membutuhkan perangkat yang memadai. Mungkin saja untuk RAM kecil ini tidak akan banyak orang yang terlalu minat, namun bagi yang memiliki dana lebih, maka bisa memilih variasi RAM 4GB.

3.2. Kamera Kurang Besar

Sebagai ponsel kelas entry level, kamera 13 MP mungkin sudah cukup. Namun bagi beberapa orang, resolusi tersebut dianggap kecil. Terlebih tidak ada dukungan fitur kamera lain seperti ultrawide, makro dan sejenisnya.

Terlebih fitur yang terdapat di kamera dianggap masih minim, hanya berkisar LED flash dan sejenisnya. Belum ada fitur istimewa yang ditawarkannya dan ini wajar mengingat ponsel ini hadir untuk menjangkau masyarakat kelas menengah kebawah.

3.3. Tidak Ada NFC

Beberapa ponsel entry level sudah dibekali NFC dan sebagian lainnya tidak dibekali. Sebenarnya ada atau tidaknya NFC ini tergantung dari kebutuhan pengguna. Bagi yang memang membutuhkannya, maka ponsel ini tidak cocok untuk Anda, begitu juga sebaliknya.

3.4. Belum Mendukung Fast Charging

Di era kemajuan teknologi modern saat ini, fitur fast charging memang sangat penting. Terlebih kapasitas baterai yang dimiliki ponsel ini tergolong besar, yaitu 6000mAh. Jika hanya menggunakan charger resmi 10W, pengisian daya hingga 100% membutuhkan waktu 2 jam lebih.

Berbeda dengan ponsel-ponsel yang memiliki fasilitas fast charging, biasanya hanya membutuhkan waktu sekitar 50 menit hingga 1 jam lebih sedikit. Ini menjadi salah satu pertimbangan jika ingin mengetahui kecepatan pengisian dayanya.

Dengan review kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Infinix Hot 10 Play tadi, sekarang Anda bisa memutuskan untuk membeli produk ini atau tidak. Jika membutuhkan hp sekunder untuk produktivitas sedang, maka bisa direkomendasikan. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!