Skip to main content

8 Aplikasi GPS Terbaik

Google Maps

8 Aplikasi GPS Terbaik

Di era modern saat ini, aplikasi GPS sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari. Selain akurat dalam menentukan titik lokasi, aplikasi GPS juga bermanfaat untuk memandu kita saat bepergian ke luar kota. Dari sekian banyak aplikasi yang ada, manakah Aplikasi GPS terbaik?

Dalam menentukan aplikasi GPS yang akan kita gunakan, hal terpenting adalah kemudahannya untuk dibaca sehingga saat digunakan tidak menimbulkan kebingungan. Jika Anda memiliki mobilitas yang cukup tinggi dan membutuhkan aplikasi GPS, beberapa aplikasi berikut sebaiknya Anda coba.

8 Aplikasi GPS Terbaik

Layaknya mata di dalam panca indera kita, GPS begitu penting perannya di smartphone yang kita miliki. Saat kita berada di wilayah yang belum pernah dikunjungi sebelumnya, GPS dapat membantu kita. Saat bingung memilih rute mana yang paling cepat saat ingin pergi, GPS juga membantu kita.

Peran-peran tersebut rasanya memang wajib ada di smartphone yang kita gunakan. Berikut ini adalah aplikasi GPS terbaik yang sebaiknya Anda instal di smartphone:

1. Google Maps

Pengguna Android pastinya sudah tahu betul aplikasi besutan Google satu ini. Memiliki cakupan peta yang luas, aplikasi ini juga memiliki tingkat akurasi yang tinggi dalam menentukan lokasi. Selain itu, ada Google Assistant yang bisa Anda jadikan pemandu saat menyusuri jalan yang baru Anda lewati.

Sebagai aplikasi GPS terbaik saat ini, Google Maps sudah berhasil memetakan 220 negara di dalamnya. Bahkan aplikasi ini memiliki tingkat detail sampai ke gang-gang di perkampungan. Wajar jika pada akhirnya Google Maps menjadi satu-satunya aplikasi GPS yang terpasang di Android.

Tidak hanya menunjukkan lokasi dan menavigasi penggunanya untuk mencapai tujuan, Google Maps jug memiliki fitur untuk menunjukkan kondisi lalu-lintas pada ruas jalan tertentu. Fitur ini tentu sangat berguna, terutama bagi mereka yang berada di wilayah padat lalu-lintas dan sering macet.

2. Waze

Aplikasi GPS terbaik kedua yang juga banyak digunakan oleh pengguna Android dan juga iOS adalah Waze. Selain berfungsi sebagai penentu lokasi dan penunjuk arah, aplikasi ini juga memberikan informasi tentang kondisi jalan yang akan dilalui, serta rute mana yang paling cepat.

Aplikasi ini bisa dijadikan alat petunjuk utama selain Google Maps tentunya, peta yang dihadirkan mudah dibaca, serta tingkat akurasi dalam menunjukkan titik lokasi di Waze juga sangat baik. Tidak salah jika akhirnya aplikasi ini memiliki lebih dari 100 juta unduhan di Play Store.

Silakan download aplikasi Waze jika Anda menginginkan aplikasi di luar Google Maps dengan info lokasi yang sama baiknya dengan penunjuk lokasi besutan Google tersebut. Aplikasi ini berukuran 86MB di Play Store dan bisa Anda unduh secara gratis.

3. MAPS.ME

Jika Anda mencari aplikasi GPS terbaik tanpa perlu menggunakan koneksi internet, maka Anda bisa menggunakan MAPS.ME. Aplikasi tersedia di Google Play Store dengan ukuran file yang cukup besar, yaitu 182MB.

Hal ini wajar mengingat aplikasi membutuhkan banyak data untuk menampilkannya secara offline. Fitur offline ini tentu akan membuat kuota internet Anda jauh lebih hemat tanpa perlu terkoneksi ke internet secara terus menerus.

Aplikasi MAPS.ME juga bisa merekomendasikan Anda rute yang sesuai dengan kendaraan yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan mobil, aplikasi ini akan merekomendasikan jalan yang bisa dilalui oleh mobil. Hal yang sama juga akan dilakukan jika Anda menggunakan motor.

4. Here We Go

Aplikasi berikutnya yang bisa Anda jadikan teman dalam perjalanan ke berbagai kota adalah Here We Go. Aplikasi besutan HERE Apps ini menawarkan segudang fitur yang dapat membawa pengalaman yang menyenangkan saat menjelajah suatu wilayah.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mendownload peta lokasi tertentu. Nantinya, peta lokasi yang sudah Anda download bisa diakses secara offline. Hal ini sangat bermanfaat ketika Anda harus menetap di suatu wilayah tertentu selama beberapa hari dengan koneksi internet yang buruk.

Selain fitur di atas, aplikasi ini juga menghadirkan informasi lalu lintas sepertihalnya Google Maps. Terlebih lagi, ada fitur-fitur tambahan yang akan membantu di setiap perjalanan Anda. Kelebihan tersebut membuat aplikasi ini menjadi pesaing tangguh dari Google Maps.

5. Polaris GPS Navigation

Apakah Anda suka berpetualang ke daerah pegunungan? Jika ya, maka Anda wajib menginstal aplikasi Polaris GPS Navigation ini. Aplikasi ini menawarkan kemampuan navigasi pada daerah-daerah seperti gunung, laut, hingga hutan belantara yang jauh dari jalanan sekalipun.

Para pengguna aplikasi ini biasanya adalah mereka yang menyukai aktivitas seperti hiking, off road, nautical, hingga trail. Jika sudah berada di daerah terpencil dengan sinyal internet yang minim, tentu aplikasi GPS yang membutuhkan internet tidak bisa Anda andalkan.

Justru aplikasi inilah yang siap memandu Anda untuk menemukan jalan terbaik menuju lokasi yang dicari. Silakan download aplikasi Polaris GPS Navigation di Google Play Store seperti jutaan orang lainnya. Maksimalkan perjalanan Anda menyusuri tempat-tempat terpencil menggunakan aplikasi ini.

6. MapFactor Navigator

Aplikasi GPS terbaik MapFactor Navigator adalah sebuah aplikasi petunjuk arah turn-by-turn klasik yang akan memberikan Anda panduan saat berkendara di jalanan perkotaan. Didukung dengan pemandu suara dari berbagai bahasa, aplikasi ini adalah teman yang cocok di setiap perjalanan.

Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur yang sangat berguna dalam perjalanan Anda. Fitur-fitur tersebut meliputi navigasi suara dalam berbagai bahasa, perencanaan rute dari pintu ke pintu, peringatan dini jika akan berbelok, peta offline gratis yang bisa Anda download dan disimpan di HP.

Peta yang digunakan oleh aplikasi ini berasal dari OffStreetMap yang sudah berhasil memetakan banyak wilayah dari seluruh penjuru dunia. Secara tampilan memang tidak sebagus Google Maps, namun secara fungsinya, aplikasi ini sudah lebih dari cukup untuk memandu perjalanan Anda.

7. Sygic GPS Navigation

Di posisi berikutnya, ada aplikasi GPS terbaik yang sudah cukup populer di kalangan pengguna Android. Sygic GPS Navigation sudah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna Android. Aplikasi ini menggunakan peta dari TomTom yang juga bisa Anda download untuk mengaksesnya secara offline.

Aplikasi ini menyuguhkan beberapa fitur, seperti turn-by-turn, speed limit, dan juga voice guide direction yang dapat mengarahkan Anda ke titik lokasi yang ingin dituju. Voice guide tersebut juga akan menyebutkan nama jalannya agar Anda tidak salah memilih menentukan jalan.

8. MapQuest

Aplikasi GPS terbaik yang terakhir adalah MapQuest. Fitur yang disediakan oleh aplikasi ini cukup variatif, mulai dari turn-by-turn, perubahan rute otomatis jika Anda tidak mengambil rute yang direkomendasikan, informasi lalulintas, dan juga pom bensin dengan harga termurah.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini jika hendak berjalan kaki. Nantinya, MapQuest akan menawarkan rute yang cocok untuk Anda lalui.

Penutup

Terkadang saat kita berada di suatu wilayah, aplikasi GPS yang kita miliki tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, kita perlu menemukan aplikasi GPS terbaik yang bisa diandalkan khusus untuk wilayah tersebut. Anda bisa memilih salah satu aplikasi di atas sesuai dengan kelebihannya. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!