Skip to main content

Ini Dia 10 Aplikasi Kamera Terbaik Untuk Smartphone

Camera Zoom FX

Ini Dia 10 Aplikasi Kamera Terbaik Untuk Smartphone

Semua smartphone sekarang sudah dibekali dengan fitur kamera yang sangat canggih. Meski begitu, banyak pengguna yang masih merasa belum puas dengan hasil gambarnya. Sehingga tidak heran banyak yang mencari aplikasi kamera terbaik untuk mendapatkan jepretan berkualitas.

Memang banyak yang mengklaim faktanya aplikasi pihak ketiga ini mampu memberikan hasil jepretan yang lebih bagus dari kamera bawaan. Ada banyak pilihan aplikasi kamera tersebut dan tinggal menyesuaikan selera dan kecocokan dengan smartphone Anda.

10 Aplikasi Kamera Terbaik Untuk Smartphone

1. Camera Zoom FX

Aplikasi kamera yang pertama adalah bernama Camera Zoom FX. Aplikasi ini dikenal memiliki kemampuan yang sangat cepat sekali dalam menangkap gambar. Penyebutan kemampuan pengambilan gambar ekstra cepat itu bernama Speed Burst.

Camera Zoom FX dikenal mampu melakukan pengambilan gambar mencapai 50 buah dalam sedetik pada mode khusus. Selain itu kelebihan aplikasi ini adalah hadirnya fitur stabilizer yang membantu hasil jepretan agar tidak blur saat bergerak.

Anda juga bisa menemukan beberapa fitur lanjutan seperti kontrol foto secara manual, gambar dalam format RAW dan masih banyak lagi. Agar bisa menggunakan aplikasi kamera terbaik ini dengan maksimal, usahakan HP Anda juga sudah cukup canggih.

2. Camera FV-5

Berikutnya ada aplikasi bernama Camera FV-5 yang akan membuat Anda seolah-olah memiliki kamera profesional. Karena saat berada di halaman utama aplikasi, Anda akan disuguhkan banyak sekali menu pengaturan pemotretan.

Anda bisa mengatur ISO, Auto Focus, Kecerahan, Shutter Speed dan masih banyak lagi. Tampilan utamanya sekilas sangat mirip dengan kamera DSLR yang mahal. Selain itu masih ada banyak sekali fitur menarik di dalamnya.

Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk membuat Light Art menggunakan lampu dengan fiturnya. Sayangnya semua fitur yang ada akan menyesuaikan dengan kemampuan HP Anda.

Jika memang HP Anda mendukung maka semua kemampuan bisa digunakan dengan bebas.

3. VSCO Cam

Ternyata selain menawarkan filter yang sangat menarik dan beragam, aplikasi VSCO juga memberikan aplikasi kamera terbaik. Jika Anda perhatikan, aplikasi VSCO Cam ini mempunyai mode kamera yang tampak minimalis dan tidak membuat pusing.

Ini cocok bagi Anda yang tidak suka dengan hal yang rumit. Tapi walaupun minimalis, Anda tetap bisa menemukan beberapa fitur andalan seperti gambar dalam mode RAW, pengaturan ISO manual, exposure dan masih banyak lagi.

Dengan mengedit hasil akhir lewat aplikasi VSCO, tentu gambar yang Anda buat akan semakin bagus.

4. Camera MX

Aplikasi ini bisa dikatakan memiliki tampilan penggunaan yang juga sederhana dan tampak bersih.

Dengan ini maka objek yang akan diambil akan terlihat full screen dan lebih jelas. tampilan yang sederhana juga akan membantu Anda agar bisa lebih fokus ke objek, bukan ke fitur yang berantakan.

Camera MX memiliki satu fitur yang sangat disukai para penggunanya yaitu bernama Live Photos. Fitur ini diklaim selama ini hanya ada pada perangkat berbasis iOS. Selain itu ada juga fitur yang bernama Shoot The Past Burst Mode.

Fitur ini akan memungkinkan Anda agar bisa melihat bagaimana prediksi hasil jepretan bahkan sebelum memencet tombol shutter. Fitur ini akan memudahkan Anda untuk menyesuaikan pengaturan sampai berada pada hasil foto yang diharapkan.

5. Open Camera

Jika Anda takut adanya pembelian di dalam aplikasi kamera terbaik, solusinya pilih saja aplikasi Open Camera. Semua fitur di dalamnya sudah bisa digunakan dan Anda tidak akan dikenakan biaya apapun saat memanfaatkannya.

Anda juga bisa menemukan beberapa fitur utama dalam pemotretan seperti stabilisasi hasil foto agar tidak blur parah, grid overlays, HDR dan lain-lain. Fitur ini cukup bermanfaat ketika Anda sedang mengambil foto.

Tampilan utamanya juga tidak terlalu berantakan dan membuat objek yang menjadi target lebih jelas.

6. Cymera

Aplikasi Cymera ini sepertinya tidak cocok bagi Anda yang ingin mencari hasil jepretan yang terbaik dan alami. Karena Cymera justru akan menambahkan beberapa fitur pengeditan tampilan seperti sticker, masker, filter dan lain-lain.

Sehingga membuat aplikasi ini tampak lebih cocok bagi Anda yang sedang ingin seru-seruan bersama teman. Anda bisa mencoba filter-filter dari Snapchat dan Instagram yang bagus-bagus dan menggemaskan.

Anda juga bisa membuat hasil foto menjadi jauh berbeda lewat pengubahan bentuk. Anda bisa menghilangkan jerawat, memutihkan kulit dan masih banyak lagi.

7. Camera360

Aplikasi ini sudah sangat terkenal sejak awal-awal kemunculan smartphone di tahun 2013. Sampai sekarang sepertinya aplikasi Camera 360 juga masih menjadi aplikasi kamera terbaik dibandingkan menggunakan aplikasi bawaan HP.

Kelebihan yang sangat menonjol adalah Anda bisa mendapatkan hasil jepretan yang sangat mulus dan halus. Efek ini akan sangat terlihat jelas ketiak Anda menggunakan aplikasi ini untuk memfoto wajah. Hasilnya akan cerah dan mulus tanpa perlu pengeditan.

Pada beberapa kondisi, aplikasi ini juga cukup bagus untuk mengambil gambar objek dan juga pemandangan. Tinggal Anda sendiri yang menyesuaikan pengaturannya.

8. Polarr

Pada dasarnya aplikasi bernama Polarr ini adalah alat untuk membantu mengedit foto jadi lebih bagus. Tapi siapa sangka, ternyata hasil jepretan dengan fitur kameranya sangat bagus sekali.

Jika Anda memanfaatkan fitur kamera dari aplikasi edit foto ini, maka hasilnya jauh lebih maksimal. Foto yang diambil bisa mengalami peningkatan dari segi kontras, keseimbangan warna, eksposur dan lain-lain.

Anda bisa langsung memaksimalkan hasil akhir dengan menu pengeditan dari aplikasi Polarr ini.

9. GCam Mod (Google Camera)

Untuk aplikasi kamera HP yang terbaik mungkin akan jatuh ke GCam Mod atau kamera bawaan dari smartphone Google Pixel dengan nama Google Camera. Aplikasinya dikenal sangat canggih sekali dalam memberikan hasil akhir sebuah objek yang di foto.

Kelemahan yang sangat disayangkan adalah Anda tidak akan bisa menemukan aplikasi ini di pusat aplikasi Play Store maupun App Store. Karena ini adalah aplikasi pihak ketiga yang dikembangkan secara tidak resmi.

Anda bisa mendapatkannya di internet secara gratis. Ada banyak fitur yang bisa Anda nikmati seperti Mode Malam, Slow Motion, PhotoSphere, Portrait Mode dan masih banyak lagi. Salah satu kecanggihannya adalah kemampuan foto Mode Malam yang sangat bagus.

Pada beberapa HP kelas atas bahkan mampu mengambil objek bintang malam hari dengan jelas. Untuk HP kelas menengah sampai kelas bawah paling tidak mampu meningkatkan hasil dan kualitas jepretan jadi lebih maksimal.

10. Footej Camera

Aplikasi kamera terbaik yang terakhir adalah Footej Camera. Aplikasi yang satu ini bisa menjadi salah satu pilihan ketika Anda sangat ingin mengaktifkan fitur pengaturan manual pemotretan. Footej Camera memanfaatkan Camera 2 API Android agar bisa setting manual.

Jika Anda perhatikan, aplikasi ini memiliki tampilan antarmuka yang sederhana dan sangat mirip dengan aplikasi kamera bawaan. Ini akan membuat Anda tetap nyaman dan tidak bingung ketika mengoperasikannya.

Ada banyak aplikasi kamera terbaik untuk memaksimalkan hasil jepretan. Salah satu yang harus Anda perhatikan adalah pastikan smartphone Anda mendukung semua fitur. Karena banyak smartphone yang ternyata tidak mendukung fitur tambahan seperti Long Exposure dan lain-lain. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!