Skip to main content

Oppo A37: Review Spesifikasi dan Harga Terbaru 2021

Oppo A37

Oppo A37: Review Spesifikasi, dan Harga Terbaru 2021

Sebagai salah satu smartphone keluaran lawas, Oppo A37 masih memiliki daya tarik tersendiri. Ponsel ini sudah dirilis sejak Juni 2016 lalu, namun masih banyak diminati. Hal ini bukan sesuatu yang mengherankan mengingat fitur-fitur yang ditawarkan tak kalah mumpuni.

Mungkin sebagian orang akan merasa bingung membedakan Oppo A37 dengan Oppo Neo 9. Pada dasarnya, keduanya tidak jauh berbeda karena spesifikasinya sama. Mulai dari fitur sampai harga, hal yang membedakan hanya sebutannya saja.

1. Spesifikasi Oppo A37

Smartphone dengan jargon “Selfie Expert and Leader” ini memang tergolong smartphone menengah ke bawah. Pada awal perilisannya, harga yang dibanderol adalah Rp 2.300.000. Seiring berkembangnya zaman, Oppo semakin rajin merilis koleksi ponsel pintar terbaru yang lebih canggih.

Tidak perlu khawatir, bagi Anda yang berminat dengan smartphone ini, kini harganya sudah turun drastis. Meski demikian fitur yang ditawarkan masih cukup menarik. Untuk lebih jelasnya, simak spesifikasinya di bawah ini:

  • Dimensi: 143,1 x 71 x 7,7 mm
  • Berat: 136 gram
  • Type layar: IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Ukuran layar: 5 inch, (67.8% screen-to-body ratio)
  • Resolusi layar: 720 x 1280 pixels (Kerapatan layar 294 ppi)
  • OS: Android 5.1 (Lollipop)
  • Chipset: Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 (28 nm)
  • CPU: Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53
  • GPU: Adreno 306
  • Memory internal: 16GB, 2GB RAM
  • Slot micro SD: Up to 256 GB
  • Kamera belakang: 8 MP, f/2.0, 1/3.2", 1.4µm, AF
  • Kamera depan: 5 MP, f/2.4, 1/4"
  • Baterai: 2.630 mAh
  • Harga: Rp 1.699.000

2. Review Oppo A37

Smartphone ini bisa dikatakan produk legendaris dari Oppo. Sejak awal perilisan hingga kini, smartphone ini termasuk yang masih laris. Tidak hanya terjangkau, namun Anda bisa menikmati berbagai fitur menarik di dalamnya.

Tidak bisa dipungkiri, performa smartphone ini memang termasuk yang terbaik di kelasnya saat itu. Smartphone ini sudah didukung chipset Qualcomm Snapdragon 410, quad core 1,2 GHz dan RAM 2 GB. Bagi Anda yang sedang mempertimbangkan membeli smartphone ini, simak review selengkapnya di bawah ini:

2.1. Desain

Meski hanya dibekali layar 5 inch, nyatanya desain smartphone ini memang dikenal elegan. Dengan layar tipe IPS TFT, tampilannya tampak menarik menggunakan teknologi HD. Seperti yang telah diketahui, ponsel generasi terkini memang banyak yang mengandalkan layar luas.

Meski merupakan keluaran lawas, smartphone Oppo ini tetap memiliki daya tarik dengan layar sempitnya. Tersedia tiga varian yang bisa dipilih, yaitu rose gold, black, dan gold. Tidak hanya tampilannya yang berkesan mewah, namun ketika digenggam pun terasa nyaman.

Pada masanya, ponsel ini kerap kali dijadikan smartphone idaman. Tampilan desain dan warnanya yang elegan menjadi nilai jual tersendiri. Ponsel ini sudah dilengkapi dua slot SIM yang sudah support jaringan 4G LTE berkecepatan 150 Mbps.

2.2. Memori

Smartphone ini juga memungkinkan penggunanya menyimpan berbagai data-data penting. Hal ini karena sudah tersedianya slot memori Micro SD berkapasitas sampai 128 GB. Dengan demikian, Anda bisa melakukan upgrade memori jika dirasa kurang.

2.3. Layar

Smartphone ini sudah dilengkapi layar Corning Gorilla Glass 4 yang dikenal kualitasnya. Jadi, tidak perlu khawatir ponsel akan mudah tergores ketika jatuh. Tidak hanya itu, smartphone ini juga sudah dilengkapi lampu LED notifikasi yang canggih.

Adanya fitur lampu LED ini akan memudahkan Anda mengetahui jika sewaktu-waktu ada notifikasi dari aplikasi tertentu.

2.4. Chipset

Meski tergolong smartphone entry level, namun jangan ragukan kualitas dapur pacu smartphone ini. Mengingat kualitas chipset yang digunakan tidak bisa dipandang remeh untuk sekelasnya. Bahkan sudah cukup untuk kebutuhan standar seperti chipset pada smartphone masa kini.

Ponsel ini dibekali teknologi Qualcomm Snapdragon 410 yang memungkinkan Anda melakukan multitasking dengan mudah. Bahkan sambil bermain game online favorit sekalipun. Prosesor yang digunakan memiliki kecepatan sampai 1,2 GHz tipe quad core seri Cortex A53.

Performanya semakin optimal dengan kapasitas memori RAM 2GB. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan lag ketika bermain game. Bagi yang membutuhkan penyimpanan yang luas untuk file video, foto, maupun dokumen lainnya, proses ini mudah dilakukan.

Smartphone ini menggunakan seri OS Android 5.1 dan ColorOS V3.0 yang masih cukup mumpuni di masa sekarang. Tak heran jika Anda akan mendapatkan kenyamanan dan performa yang mulus ketika menjalankan smartphone ini.

Pengguna juga tidak perlu khawatir akan kehabisan penyimpanan karena slot memori bisa di upgrade sampai 128GB.

2.5. Baterai

Berbagai fitur menarik di dalam ponsel ini mungkin akan membuat Anda betah melakukan multitasking. Namun, sebaiknya tetap menghemat penggunaan daya baterai. Hal ini karena kapasitas baterai yang ditawarkan hanya 2.630 mAh saja.

Tak heran jika penggunaannya memang cukup boros jika untuk bermain game. Tidak perlu khawatir, jumlah kapasitas baterai ini tidak akan mengurangi performa dari Oppo A37 ini.

2.6. Kamera

Salah satu daya tarik yang bisa diperhitungkan smartphone ini adalah dari sisi kecanggihan kamera yang digunakan. Bahkan sejak awal perilisannya smartphone ini dikenal dengan hasil resolusi gambar yang memuaskan.

Smartphone entry level ini sudah dibekali dual kamera depan dan belakang yang cukup mumpuni. Dengan kamera 8 MP dan 5 MP, Anda sudah bisa menghasilkan selfie yang memukau. Tak heran jika smartphone ini diklaim memiliki hasil foto terbaik di kelasnya pada masa itu.

Menariknya, Anda tidak perlu harus selalu dalam kondisi terang saat mengambil gambar. Hasil foto terlihat natural dan jernih mengingat teknologi kamera extra large 1.4µm piksel yang dimilikinya. Selain itu, sensor ¼ inch yang diterapkan mampu menghasilkan gambar yang lebih jernih.

Jadi, Anda bisa mengandalkan kamera smartphone ini meski dalam kondisi pencahayaan yang kurang memadai.

2.7. Perekaman Video

Tidak hanya terkenal dengan kualitas hasil selfie yang mumpuni, smartphone ini juga cukup bagus untuk merekam video. Perekaman yang dihasilkan berkualitas full HD 1080p 30 fps, sehingga sangat cocok bagi Anda yang hobi merekam video.

Mengabadikan berbagai momen dengan Oppo A37 bisa menjadi pilihan yang tepat karena kualitas kamera belakang yang bagus. Tak heran jika hasil video Anda akan tampak sangat tajam. Terutama ketika merekam suasana alam yang menyejukkan dengan kondisi yang terang.

Oleh karena itu, smartphone ini memang diunggulkan dalam hal kamera dan juga desain yang mumpuni. Oppo seri lawas ini memang kerap kali menjadi pilihan saat itu, terutama di kelas smartphone harga Rp1-2 jutaan.

Bagaimana, apakah Anda tertarik membeli smartphone Oppo versi lawas ini? Meskipun Oppo A37 termasuk generasi lama, namun fitur di dalamnya masih terbilang mumpuni untuk saat ini. Di tengah gempuran smartphone terbaru, seri Oppo satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Terutama bagi Anda yang memiliki budget terbatas, namun sedang membutuhkan smartphone yang cukup mumpuni, maka Oppo A37 adalah jawabannya. Terima Kasih dan Bermanfaat!