Skip to main content

2 Cara Share Loc di Whatsapp Untuk HP Android dan iPhone

2 Cara Share Loc di Whatsapp Untuk HP Android dan iPhone

2 Cara Share Loc di Whatsapp Untuk HP Android dan iPhone

Hadirnya teknologi bernama GPS memberikan fungsi yang tepat untuk menunjukkan arah. Hal ini juga yang membuat banyak aplikasi terkenal seperti WhatsApp menyematkan fitur share loc di sistem mereka. Tentunya cara shareloc di WhatsApp ini bisa Anda lakukan dengan sangat mudah.

Fitur share loc sangat membantu pengguna yang ingin berbagi atau mengirim lokasi kepada kontak teman. Namun, jika fitur ini belum tersedia di aplikasi WhatsApp, maka Anda hanya perlu mengupdate agar bisa merasakan fitur share location atau share loc.

1. Dua Cara Share loc di WhatsApp Terbaru dan Akurat

Terdapat dua cara yang bisa Anda manfaatkan dalam melakukan share location melalui bantuan aplikasi WhatsApp Messenger, yakni Share Live Location dan Send your current location. Kedua cara ini memiliki manfaat untuk membagikan lokasi, namun perbedaannya hanya terletak pada durasi waktu.

1.1. Share Live Location

Pada Share Live Location Anda bisa share lokasi secara real time saat detik itu juga. Fitur ini lebih sering disebut oleh pengguna sebagai pelacak. Ini karena setiap pergerakan user yang mengirim sinyal akan diketahui oleh penerima sesuai dengan lama durasi yang telah ditentukan.

1.2. Send your Current Location

Kemudian, terdapat Send your current location yang bisa Anda manfaatkan untuk mengirim lokasi terbaru. Pada fitur ini berbeda dengan sebelumnya yang dapat mengirim lokasi dengan real time. Fitur ini hanya akan mengirimkan lokasi sesuai dengan tempat yang disinggahi dan tidak akan berubah.

Di bawah ini langkah-langkah untuk mengirimkan lokasi dengan perangkat HP Android dan iOS.

1. Cara Shareloc di WhatsApp Menggunakan HP Android

Pada umumnya, cara berbagi lokasi menggunakan HP Android bisa dilakukan dengan sangat mudah. Pengguna hanya perlu mencari kontak WA yang ingin dikirimkan lokasi, kemudian pilih fitur Location. Selanjutnya, WhatsApp akan mengirimkan lokasi sesuai dengan tempat terbaru Anda.

Jika fitur share lokasi belum tersedia di aplikasi WhatsApp Messenger Anda, maka lakukan pembaruan terlebih dahulu melalui Google Playstore. Hal ini dikarenakan fitur share loc hanya bisa digunakan untuk aplikasi WhatsApp terbaru.

Berikut ini kiat-kiat yang bisa dilakukan untuk mengirim lokasi kepada teman melalui HP Android.

  • Cara pertama Anda bisa mengunduh terlebih dahulu aplikasi WhatsApp Messenger di Google Play Store.
  • Selanjutnya, lakukan pemasangan aplikasi seperti biasanya pada perangkat HP Android Anda.
  • Setelah aplikasi berhasil dipasang, kini Anda bisa menjalankan aplikasi tersebut.
  • Pada tampilan pertama, Anda dapat melakukan login menggunakan akun yang sebelumnya telah dimiliki. Jika Anda belum memiliki akun, maka lakukan pendaftaran akun terlebih dahulu menggunakan nomor ponsel aktif yang dimiliki.
  • Kemudian, lakukan proses verifikasi melalui kode angka yang telah Anda terima.
  • Setelah berhasil masuk menggunakan akun tersebut, kini Anda telah dapat melakukan chatting menggunakan aplikasi WhatsApp.
  • Selanjutnya, Anda dapat membuka ruang obrolan dengan memilih kontak WA yang ingin dikirimi lokasi.
  • Pada ruang obrolan Anda bisa memilih ikon “Pin” yang ada di samping ikon kamera.
  • Setelah itu, akan tampil beberapa opsi fitur yang bisa Anda manfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari mengirim dokumen, audio, gallery, contact, dan location. Pada opsi ini pilih menu fitur “Location” untuk berbagi lokasi kepada kontak WA teman Anda.
  • Perlu diperhatikan bahwa untuk melakukan share loc atau berbagi lokasi, Anda perlu mengaktifkan terlebih dahulu fitur GPS yang ada di perangkat HP. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu memilih menu “OK” pada jendela “Show location settings?”.
  • Lalu pilih “On GPS” pada pengaturan GPS tersebut. Kemudian, tekan tombol back.
  • Selanjutnya, ada dua pilihan yang bisa Anda pilih. Pertama bisa membagikan lokasi secara real time atau terkini dengan memilih opsi “Share live location”.
  • Pada fitur ini Anda dapat memilih waktu atau durasi saat membagikan lokasi. Mulai dari durasi waktu 8 jam, 15 menit, hingga 1 jam. Anda bisa memilih waktu yang diinginkan dan tambahkan keterangan, lalu pilih menu “Send” atau kirim untuk membagikan lokasi secara real time.
  • Jika sudah berhasil, maka teman kontak WA Anda sudah bisa menerima share location yang dibagikan.
  • Pilihan kedua, yaitu membagikan lokasi sesuai dengan tempat yang Anda. Pada opsi ini Anda perlu menunggu lokasi yang ingin dibagikan agar alamat yang dikirim memiliki tingkat akurasi terbaik.
  • Anda bisa membagikan lokasi dengan akurasi terbaik ketika lokasi yang dikirim sudah menunjukkan tanda yang kecil. Jika titik lokasi sudah sesuai dengan tempat Anda, silahkan pilih menu “Send your current location” untuk membagikan lokasi Anda.
  • Terakhir, pilih menu “Send” untuk mengirimkan current lokasi sesuai dengan tempat yang Anda.

2. Cara Share Loc di WhatsApp Menggunakan iPhone

Pada dasarnya, cara share loc menggunakan HP iPhone hampir sama dengan Android. Hanya saja terdapat menu yang berbeda dengan HP Android. Selain itu, di HP iPhone terdapat fitur Hide Places yang tidak bisa Anda temukan di perangkat HP dengan sistem operasi Android.

Di bawah ini cara yang bisa Anda lakukan untuk mengirim lokasi menggunakan HP iPhone.

  • Cara pertama Anda dapat mengunduh terlebih dahulu aplikasi WhatsApp Messenger di Appstore.
  • Setelah aplikasi berhasil di unduh, Anda bisa melakukan pendaftaran akun baru jika belum pernah mendaftar. Namun, jika sudah memiliki akun WhatsApp, maka Anda bisa melakukan login menggunakan nomor HP yang telah didaftarkan.
  • Namun, pastikan bahwa nomor HP tersebut masih aktif agar Anda dapat menerima pesan berupa kode verifikasi.
  • Jika sudah berhasil masuk ke aplikasi WhatsApp, Anda bisa menyentuh tabs “Chats” yang ada di bagian bawah. Anda bisa memilih kontak WA yang ingin dikirimkan lokasi terkini atau terbaru.
  • Namun, apabila pengguna ingin membagikan lokasi dengan teman terbaru, maka pilih ikon kotak pensil yang ada di bagian pojok kanan atas. Selanjutnya, pilih kontak WA yang ingin Anda kirimkan lokasi terbaru atau terkini pada teman tersebut.
  • Setelah masuk ke ruang obrolan, Anda bisa memilih ikon “Plus” yang ada di bagian samping kolom chat.
  • Selanjutnya, pilih opsi “Location” yang ada di bagian bawah menu Document.
  • Kemudian, Anda akan melihat dua opsi pilihan terbaru untuk berbagai lokasi, yakni “Send Your Location” atau “Hide Places”.
  • Pada tampilan ini Anda dapat memilih opsi “Send Your Location” yang ada di bagian bawah layar peta atau Maps. Namun, jika Anda baru pertama kali dalam menggunakan aplikasi WhatsApp, maka perlu mengizinkan akses lokasi dengan memilih “Allow”.
  • Berikutnya, Anda akan diminta untuk menentukan durasi waktu yang diinginkan pada penggunaan fitur “Share Live Location”. Tersedia opsi waktu 15 menit, 1 jam, dan 8 jam. Anda bisa menentukan waktu durasi sesuai dengan kebutuhan.
  • Terakhir, Anda bisa menekan menu “Send” untuk membagikan lokasi terkini secara langsung kepada teman.

Adanya cara share loc di WhatsApp ini menjadi fitur yang sangat penting bagi setiap pengguna. Pasalnya, pengguna bisa membagikan lokasi terkini secara langsung agar teman bisa mengetahui keberadaan Anda. Tidak hanya itu, pengguna juga dapat menentukan durasi pengiriman lokasi. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!