Skip to main content

Review Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi 4X

Review Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi 4X

Review Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi 4X

Xiaomi menjadi salah satu merk smartphone yang disukai banyak orang khususnya di Indonesia. Salah satu produk andalannya adalah seperti Xiaomi Redmi 4X yang disukai juga oleh banyak orang. Apa alasan banyak orang suka dengan produk ini?

Layaknya beberapa produk Xiaomi yang lain, seri Redmi 4X ini juga menawarkan harga yang sangat terjangkau dengan spesifikasi yang sangat menggoda. Bagaimana spesifikasi lengkapnya? Simak dibawah ini penjelasannya!

1. Spesifikasi Lengkap Xiaomi Redmi 4X

  • 1.1. Build Quality

    Review pertama datang dari build quality. Seperti beberapa seri Redmi lainnya, Anda tidak akan menemukan perbedaan yang sangat signifikan pada Redmi 4X. Anda akan disuguhkan desain yang sederhana dan simple ketika dipandang.

    Meski begitu, dari segi desain body dan warna sama sekali tidak mengecewakan. Anda tetap bisa tampil percaya diri dihadapan banyak orang ketika menggunakan seri yang satu ini. Jadi tidak perlu khawatir walaupun terkesan sederhana namun tetap enak untuk dipandang.

    Redmi 4X memiliki dimensi sebesar 139.2 x 70 x 8.7 milimeter dengan bobot sekitar 150 gram. Bobot sebesar ini membuat smartphone lebih mantap untuk dipegang.

    Berbeda dengan beberapa seri lain yang memiliki bobot super ringan dan justru menyebabkan para pengguna merasa tidak nyaman. Bahan body Redmi 4X juga sama persis dengan sebagian besar seri Redmi lain yaitu mengusung material logam penuh.

    Mungkin material ini yang membuat Redmi 4X menjadi lebih mantap untuk di bawah sehari-hari. Ada tiga pilihan warna yang bisa Anda pilih yaitu Matte Black, Cherry Pink dan Champagne Gold.

  • 1.2. Display

    Sektor selanjutnya adalah layar yang diusung oleh Xiaomi Redmi 4X ini. Dari segi layar, produk ini memiliki spesifikasi yang cukup baik dengan layar IPS LCD, tingkat resolusi yang mencapai 720 x 1280 pixel bergabung dengan kerapatan yang mencapai 294 ppi.

    Mungkin bagi penggemar smartphone mid end dan high end akan menganggap spesifikasi layar ini kurang memuaskan. Namun jika memikirkan masalah keseimbangan, maka penyematan pixel tersebut sangat cocok untuk smartphone yang memiliki ukuran layar 5 inch.

    Sebab jika pixel terlalu banyak juga tidak memberikan banyak pengaruh pada smartphone yang memiliki ukuran 5 inch. Tampilan layar yang diberikan juga lebih memunculkan kesan dingin saat memandangnya dengan warna yang cukup cerah dan juga tajam.

    Uniknya lagi banyak yang mengklaim layar Redmi 4X dilindungi langsung oleh teknologi Corning Gorilla Glass. Sayangnya tidak ada informasi lebih jelas lagi seri apa yang ditanamkan pada produk yang satu ini.

    Fitur lain yang ada di dalam layar Redmi 4X adalah sensor cahaya. Fungsi sensor ini adalah untuk menyesuaikan tingkat kecerahan layar secara otomatis. Ketika berada didalam ruangan, kecerahan akan turun dan ketika di luar ruangan akan naik dengan otomatis.

  • 1.3. Spesifikasi Hardware

    Untuk bagian pemrosesan sistem, Redmi 4X memiliki spesifikasi yang tergolong cukup tangguh bagi kelas low end. Produk ini mengusung processor dari Snapdragon 435 yang sangat cepat dan tangguh bagi kelas low end. Processor itu cukup bagus untuk kelasnya.

    Lalu dipadu dengan CPU Octa-core Cortex-A53 dengan kecepatan 1,4 GHz bersama dengan GPU Adreno 505. Gabungan ketiganya untuk sektor dapur pacu membuat Redmi 4X memiliki keseimbangan kinerja yang sangat pas.

    Salah satu keunggulan Snapdragon adalah menjaga perangkat agar tidak cepat panas ketika digunakan untuk bermain game-game yang setengah berat. Sebab Snapdragon memiliki pembagian kinerja processor yang sangat baik dan menjaga suhu agar tetap stabil.

    Namun efeknya dari pembagian tersebut membuat kinerja yang diberikan kurang maksimal. Tapi pastinya cukup nyaman untuk bermain game menengah, asalkan bukan game yang sangat berat.

    Karena akan memaksa processor bekerja dengan ekstrak yang bisa menyebabkan panas berlebih.

  • 1.4. Penyimpanan

    Pindah ke sektor penyimpanan, Xiaomi Redmi 4X memiliki lima pilihan. Pertama penyimpanan dengan 16/2GB RAM lalu 16/3GB RAM. Kemudian ada juga 32/3GB RAM dan pilihan 64/3GB RAM, serta 64/4GB RAM.

    Dengan jumlah tersebut sebenarnya sudah sangat cukup untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Anda bisa menyimpan banyak foto dari kamera, video, beberapa file pekerjaan, dan game-game penghibur yang bisa diinstal dengan bebas.

    Jika dengan penyimpanan masih kurang, Anda bisa menambahkan microSD yang sudah tersedia. Tapi slot microSD yang disediakan bersifat hybrid.

    Posisi microSD berada pada kartu SIM yang membuat Anda harus merelakan satu SIM Card saja yang digunakan jika memasang microSD. Jika Anda tidak menggunakan microSD, maka bisa memasang dua Sim Card secara bersamaan.

  • 1.5. Baterai

    Xiaomi Redmi 4X dibekali dengan kapasitas baterai yang bisa dikatakan sangat besar sekali untuk smartphone low end. Bayangkan saja Anda bisa mendapatkan kapasitas penyimpanan baterai mencapai 4.100 mAh.

    Sangat besar sekali jika digunakan untuk media sosial dan beberapa aktivitas lainnya. Bahkan untuk memainkan game menengah selama beberapa jam, Anda masih bisa melihat sisa baterai yang cukup banyak.

    Dari segi baterai ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki mobilitas kerja sangat tinggi. Sebab Anda tidak perlu lagi membawa power bank. Bagi Anda yang suka bermain game juga cocok karena tidak perlu takut baterai habis dan bisa memainkan game sampai puas.

    Dengan kapasitas ekstra besar tersebut, Redmi 4X masih dibekali juga dengan pengisian charger yang sangat cepat. Output adapter charger nya adalah 2 Ampere dan membuat proses pengisian 4.100 mAh hanya membutuhkan waktu sekitar 3 jam lebih 16 menit saja.

    Fitur ini disebut juga dengan fast charging yang banyak dicari para pengguna smartphone.

  • 1.6. Kamera

    Kamera Xiaomi Redmi 4X juga sangat bisa diandalkan untuk aktivitas fotografi Anda. Karena produk yang satu ini memiliki kamera utama mencapai 13 Megapixel. Dengan ukuran sebesar itu, Anda bisa mendapatkan hasil foto yang sangat memuaskan sekali.

    Tidak hanya itu saja, pada kamera utama juga dibekali dengan aperture f/2.0 yang membuat hasil foto menjadi lebih berkualitas. Phase Detection Autofocus juga membuat hasil foto lebih tajam ke salah satu objek jarak dekat. Kamera depan memiliki ukuran 5 MP aperture f/2/2.

    Bagi Anda yang suka dengan fotografi, maka tidak salah memilih Redmi 4X ini.

2. Berikut ini spesifikasi lengkap Xiaomi Redmi 4X

  • 2.1. Spesifikasi Lengkap dan Harga Redmi 4X

    • Operasi Sistem: Android 8 Marshmallow 6.0.1
    • Ukuran Layar: 5,0 inch
    • Resolusi: 720 x 1280 pixels
    • Type Layar: IPS LCD
    • Berat: 150 gram
    • SIM: Dual SIM
    • Kamera Utama: 13MP f/2.0, Phase Detection AF, LED Flash, video 1080p 30fps
    • Kamera Depan: 5MP f/2.2, video 1080p 30fps
    • Chipset/Processor: Qualcomm Snapdragon 435
    • CPU: Octa-core 1.4 GHz Cortex-A53
    • GPU: Adreno 505
    • Card slot: microSD up to 128GB
    • Internal dan RAM: 16/2GB RAM, 16/3GB RAM, 32/3GB RAM, 64/3GB RAM, 64/4GB RAM
    • Internet: 2G, 3G, 4G/LTE
    • Tipe Baterai dan Kapasitas: Li-Po 4100 mAh, removable battery
    • Harga Baru: Rp. 2.000.000-an

Dengan harga yang hanya berkisar di 2 juta-an, Anda sudah bisa menikmati ponsel pintar yang kaya fitur. Meski masih ada beberapa bagian yang kurang dimaksimalkan, tapi keunggulan bagian lain mampu menutupinya.