Skip to main content

Review Oppo F3, Fotografi Tingkat Tinggi Untuk Kelas Mid-End

Oppo F3

Review Oppo F3, Fotografi Tingkat Tinggi Untuk Kelas Mid-End

Bagi para pecinta smartphone fotografi tentunya sudah tidak asing dengan beberapa produk keluaran dari Oppo seperti Oppo F3. Memang produk dari Oppo dikenal memiliki kualitas kamera yang sangat baik. Tidak heran banyak review Oppo F3 yang penuh pujian.

Apalagi seri F memang dikenal memiliki kamera yang berkualitas tinggi terutama kamera depan yang digunakan untuk selfie. Kelebihan juga disematkan pada salah satu generasi pengembangan seri F yaitu Oppo F3. Lalu bagaimana spesifikasi lengkap Oppo F3 ini? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Spesifikasi Lengkap dan Review Oppo F3

Para penggemar produk Oppo tentunya sudah tahu jika produk F3 ini memiliki kamera yang sangat bagus sekali. Tapi apakah spesifikasi lainnya juga mendukung? Berikut ini penjelasan beberapa spesifikasinya:

  • 1.1. Build Quality

    Review Oppo F3 pertama mengenai masalah build quality yang diusungnya. Pada bagian ini banyak yang menilai bahwa Oppo F3 lebih cenderung mirip dengan Oppo F1s dan berbeda dengan seri premium yaitu Oppo F3 Plus.

    Namun perbedaan yang membawa Oppo F3 tampil mengesankan adalah keberadaan dua lensa yang posisinya berada di atas layar depan. Kemudian uniknya lagi Anda juga bisa menikmati sensasi tombol Home yang mirip pada ponsel keluaran iPhone.

    Bentuk tombol itu juga yang menjadikan Oppo F3 tampil sangat elegan dan terkesan sangat mewah. Banyak juga yang mengatakan produk ini memiliki desain body yang terinspirasi dari produk-produk mahal dari Apple.

    Jika Anda bandingkan dengan versi premium yaitu F3 Plus, untuk F3 ini memiliki desain yang lebih kecil dan langsing. Seluruh body berbahan metal dengan warna yang cenderung doff dan memiliki berat 153 gram.

  • 1.2. Display

    Kemudian selanjutnya berpindah ke bagian display dari Oppo F3 ini. Layar produk ini memiliki ukuran yang relatif sangat besar untuk seri F. Ukuran layar mencapai 5,5 inch yang sama dengan produk-produk dengan seri Note.

    Apalagi dengan ukuran 5,5 inch tersebut, Oppo F3 juga dibekali dengan layar yang memiliki resolusi full HD 1080 x 1920 pixel.

    Sehingga dengan kombinasi tersebut, Anda akan menikmati pengalaman menggunakan smartphone yang sangat tajam, penuh warna dan memuaskan. Didukung juga oleh tingkat kerapatan pixel yang sangat tinggi mencapai ~401 ppi.

    Untuk sensitivitas layar juga sangat baik dengan respon sangat cepat ketika disentuh. Jika Anda menggunakan produk Oppo yang satu ini maka tidak lagi membutuhkan tempered glass. Sebab layarnya sudah dilengkapi perlindungan Corning Gorilla Glass 5.

    Anda juga akan merasakan tampilan menu yang menarik dengan Android 6.0 yang berpadu bersama ColorOS 3.0. Membuat tampilan jadi responsif, terasa halus dan stabil

  • 1.3. Spesifikasi Hardware

    Untuk smartphone kelas mid-high end, produk ini memiliki sektor dapur pacu yang sangat bisa diandalkan untuk aktivitas-aktivitas berat. Sebab dari RAM yang sematkan sampai 4GB akan membantu memproses semua aktivitas dengan lancar tanpa ada masalah.

    Anda bisa melakukan multitasking beberapa aplikasi sekaligus dalam satu waktu tanpa khawatir aplikasi lain tertutup. RAM sebesar 4GB tersebut lalu dikombinasikan dengan prosesor yang sangat bisa diandalkan yaitu Mediatek MT6750T.

    Belum lagi untuk GPU, dibekali dengan Mali T860MP2 bersama dengan Octa-core 1,5GHz Cortex-A53 yang membantu kinerja smartphone lancar sekali. Anda tidak perlu lagi khawatir ponsel tiba-tiba sangat lemot karena dapur pacu Oppo F3 sangat baik sekali di kelasnya.

    Mediatek merupakan Chipset yang mampu memberikan performa yang sangat bisa diandalkan. Karena setiap ruang kosong pada setiap inti prosesor akan dimaksimalkan sehingga memberikan performa yang cepat tanpa ada lag sedikitpun.

    Namun biasanya kemampuan super maksimal ini harus mengorbankan konsumsi baterai yang boros. Konsumsi baterai yang tinggi tentunya hanya terjadi saat memainkan game berat yang membutuhkan prosesor dengan kecepatan pemrosesan yang tinggi.

  • 1.4. Penyimpanan

    Untuk bagian penyimpanan pada produk F3 ini, pihak Oppo memberikan persamaan dengan versi premium yaitu 64GB. Perbedaan yang paling terlihat adalah kemampuan penggunaan microSD. F3 biasa memiliki batas maksimal microSD 128GB versi plus atau premium 256GB.

    Tentunya penyimpanan 64GB bisa membuat Anda bebas sekali memasang aplikasi-aplikasi pendukung aktivitas sehari-hari tanpa perlu khawatir penyimpanan penuh. Jika memang penuh, Anda masih bisa menambahkan microSD yang bisa mencapai 128GB.

  • 1.5. Baterai

    Baterai mungkin menjadi bagian dari review Oppo F3 yang kurang begitu memuaskan. Karena dengan kombinasi dapur pacu yang sangat bertenaga, kapasitas baterai yang tersedia hanya sebesar 3.200 mAh saja.

    Besaran ini sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan F3 versi plus yang kapasitas baterainya mencapai 4.000 mAh.

  • 1.6. Kamera

    Review Oppo F3 selanjutnya adalah pada bagian kamera yang digadang-gadang menjadi sektor andalannya. Oppo F3 memiliki kamera utama atau belakang dengan sensor ISOCell dengan ukuran 13 Megapixel.

    Sayangnya kamera utama tidak mendukung untuk melakukan perekaman sampai kualitas 4K. Sehingga Anda harus bisa puas dengan hasil video berupa Full HD.

    Kamera utama juga memiliki fokus yang tergolong sangat akurat dan membuat hasil foto menjadi tajam dan sangat bagus.  Anda juga bisa menikmati fitur HDR yang mampu membuat hasil kamera lebih bagus lagi hanya sepersekian detik saja.

    Berbeda dengan ponsel lain yang membutuhkan waktu pemrosesan yang lebih lama lagi. Sayangnya seperti kebanyakan kamera ponsel lain, ketika digunakan pada lokasi yang sedikit cahaya, maka hasilnya masih meninggalkan noise.

    Lalu kamera depan menjadi bagian yang sangat diandalkan sekali. Fitur dual kamera akan membuat hasil foto menjadi sangat bagus dengan sudut pandang yang menarik.

    Anda juga akan kaget karena kamera depan memiliki ukuran sampai 16 Megapixel ditambah 8MP yang jauh lebih besar dari kamera utama. Dua kamera yang berada di bagian depan mampu menampilkan sudut pandang lain yang menarik.

    Salah satu kamera mampu menampilkan pandangan kamera yang sangat lebar sekali. Lensa ini akan membantu Anda ketika ingin mengambil foto selfie dengan banyak orang. Jadi semua orang yang ada bisa ikut foto karena pandangan kamera yang lebar.

Dibawah ini list lengkap mengenai spesifikasi Oppo F3:

2. Spesifikasi Lengkap Oppo F3

  • Operasi Sistem: Android 6 Marshmallow, ColorOS 3
  • Ukuran Layar: 5,5 inch
  • Resolusi: 1080 x 1920 pixels, ~401 ppi density
  • Tipe Layar: IPS LCD + Corning Gorilla Glass
  • Berat: 153 gram
  • SIM: Dual SIM Nano
  • Kamera Utama: 13MP f/2.2, AF
  • Kamera Depan: Dual camera 16MP f/2.0 + 8MP f/2.4
  • Chipset/Processor: Mediatek MT6750T (28nm)
  • CPU: Octa-core 4x1.5 GHz Cortex-A53 & 4x1.0 GHz Cortex-A53
  • GPU: Mali-T860MP2
  • Card slot: microSDXC (dedicated slot)
  • Internal dan RAM: 64GB /4GB RAM
  • USB Type-C: Tidak
  • Internet: 2G, 3G, 4G/LTE
  • Tipe Baterai dan Kapasitas
  • Li-ion 3.200 mAh, non-removable battery

3. Harga Oppo F3

No Harga Baru Harga Bekas
1. Rp. 4.000.000 –an Rp. 1.500.000 -an

Dari banyaknya seri smartphone yang dikeluarkan Oppo, Anda bisa menjadikan Oppo F3 ini sebagai salah satu referensi kelas mid-high end. Mengingat dengan harga yang menengah ke atas, Oppo F3 mampu memberikan performa dan fotografi yang sangat maksimal.