Skip to main content

Cara Mengatasi Kursor Laptop Hilang dan Penyebabnya

Cara Mengatasi Kursor Laptop Hilang dan Penyebabnya

Cara Mengatasi Kursor Laptop Hilang dan Penyebabnya

Dapat dikatakan bahwa touchpad dan mouse merupakan salah satu perangkat pada komputer yang memiliki peranan sangat penting. Nah, kinerja dari perangkat tersebut adalah menampilkan kursor pada layar. Namun ada yang terjadi ketika kursor laptop hilang?

Tentunya Anda tidak bisa menggunakan laptop secara maksimal. Walaupun masih bisa melakukan perintah dengan menggunakan keyboard, namun hal tersebut akan terasa cukup sulit. Hal ini juga akan menyebabkan produktivitas Anda menggunakan laptop menjadi terganggu.

1. Penyebab Kursor Laptop Hilang

Sebelum masuk ke pembahasan utama, alangkah baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebab yang bisa menyebabkan hilangnya kursor pada laptop. Oleh sebab itu langsung saja, berikut ini beberapa hal yang menyebabkan kursor pada laptop hilang.

  1. Kursor tidak mau bergerak karena adanya kerusakan pada perangkat mouse yang digunakan.
  2. Kursor hilang dikarenakan adanya hang pada laptop yang digunakan.
  3. Adanya error pada sistem operasi di laptop.
  4. Kursor tidak dapat berfungsi karena touchpad pada laptop terkunci.
  5. Touchpad laptop eror/ngehang.

2. Cara Mengatasi Kursor Laptop Hilang

Setelah Anda mengetahui beberapa penyebab hilangnya kursor laptop di atas, apakah sudah mengecek sumber masalah tersebut? Nah jika sudah, maka kini saatnya untuk segera menanganinya. Ada beberapa cara yang bisa Anda coba. Untuk lebih lengkapnya, simak informasi di bawah ini.

2.1. Restart Laptop

Metode pertama yang bisa Anda coba adalah merestart laptop yang digunakan. Pada saat laptop dihidupkan tapi kursor tidak bisa bergerak atau bahkan tidak muncul, kemungkinan karena sistem operasi pada laptop tersebut tidak bisa merespon dengan baik. Untuk itu, restart laptop dengan cara berikut.

  1. Karena tidak bisa menggunakan kursor, maka Anda bisa menggunakan kombinasi tombol pada keyboard.
  2. Untuk itu, tekan kombinasi tombol Ctrl + Alt + F4 di keyboard.
  3. Ketika muncul sebuah jendela, pastikan opsi yang dipilih adalah Restart.
  4. Jika sudah, maka tekan tombol Enter.
  5. Terakhir tunggu hingga laptop berhasil me-restart ulang.
  6. Cobalah apakah kursor sudah bisa digunakan atau belum.

2.2. Coba Menggunakan Bantuan Mouse

Hilangnya kursor pada laptop tentunya bukan karena tanpa alasan. Bisa saja hal ini terjadi karena touchpad pada laptop tersebut tidak bisa berfungsi dengan baik. Untuk mengetes kondisi dari touchpad tersebut, Anda bisa menggunakan bantuan dari perangkat mouse.

Seperti yang telah diketahui, bahwa kursor yang tidak terlihat akan langsung muncul ketika touchpad digerakan. Namun bagaimana jika pada bagian touchpad sendiri tidak mau berfungsi? Tentunya kursor tidak akan muncul kan?

Oleh sebab itu, cobalah untuk menggunakan perangkat mouse tambahan. Namun sebelum itu, Anda harus memastikan bahwa mouse yang digunakan tersebut masih bisa berfungsi secara normal. Jika tetap tidak bisa, berarti dapat dipastikan masalah bukan berasal dari touchpad laptop.

2.3. Menggunakan Tombol Fungsi

Apabila cara yang sebelumnya tidak berhasil, maka bisa jadi touchpad pada laptop Anda dalam keadaan terkunci. Nah, cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan tombol fungsi pada laptop itu sendiri.

Jika Anda belum tahu apa itu tombol fungsi, maka tombol fungsi itu sendiri adalah tombol yang berada di keyboard bagian atas seperti halnya F1, F2, F3, dan seterusnya. Tentunya setiap laptop telah menyediakan tombol-tombol fungsi tersebut.

Untuk kegunaannya, tombol fungsi pada setiap merk laptop biasanya memiliki fungsinya sendiri-sendiri. Ada yang menggunakan F1, namun ada juga yang menggunakan F8. Jadi tidak dapat dipastikan tombol mana yang berfungsi untuk mengunci touchpad di laptop Anda.

Maka dari itu, disarankan untuk mencoba satu persatu setiap tombol fungsi tersebut. Terus saja coba semuanya hingga Anda menemukan tombol yang memiliki kegunaan untuk menampilkan atau menyembunyikan kursor. Tidak perlu ragu, karena metode yang satu ini aman digunakan.

2.4. Mengecek Pengaturan Kursor

Tidak jarang kasus hilangnya kursor pada layar laptop ini, bukan disebabkan karena touchpad atau mouse-nya yang error. Akan tetapi, biasanya masalah ini biasanya disebabkan oleh adanya kesalahan pada pengaturan kursor itu sendiri.

Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika Anda memahami pengaturan kursor ini untuk mengatasi kursor laptop hilang. Ketika ada kesalahan atau ketidaksesuaian pada pengaturan kursor, maka akan membuat kursor tersebut tidak bisa digunakan atau bisa saja hilang.

Dalam poin yang satu, kasus seperti kursor yang hilang merupakan hal sangat wajar. Hal ini karena di dalam pengaturan Windows, sudah disematkan sebuah opsi untuk menyembunyikan pointer. Biasanya ini diterapkan pada saat Anda mengetik.

Nah, opsi tersebut yang kemudian menjadi penyebab bingungnya para pengguna, sehingga pada saat opsi ini diaktifkan mereka akan mengira jika kursor pada layar telah hilang karena adanya error di sistem. Untuk cara mengatasinya, Anda bisa melakukan pengecekan pada pengaturan dengan cara sebagai berikut ini.

  1. Langkah pertama, buka terlebih dahulu Control Panel di laptop Anda.
  2. Setelah itu, pilihlah menu Hardware and Sound.
  3. Jika sudah muncul jendela baru, maka klik pada opsi Device and Printer.
  4. Kemudian pilih Mouse, dan klik opsi Pointer Option.
  5. Jika pada opsi “Hide Pointer While Typing” terdapat tanda centang, maka silahkan hapus tanda centang tersebut.
  6. Nah, dengan metode ini, maka kursor akan tetap muncul walaupun Anda sedang mengetik.

2.5. Update Driver Kursor

Apabila beberapa cara yang sebelumnya sudah Anda lakukan tapi kursor tidak juga muncul pada layar, maka jangan terlalu cepat putus asa. Masih ada cara lain yang bisa Anda coba, yakni dengan melakukan update pada driver kursor tersebut.

Driver kursor yang sudah kadaluarsa biasa menyebabkan masalah pada kursor, tidak terkecuali dengan hilangnya kursor tersebut. Selain kadaluarsa, driver yang tidak terinstal dengan benar juga menjadi penyebab adanya masalah pada kursor di laptop.

Untuk mengatasi permasalah tersebut, tentunya Anda perlu melakukan update atau menginstall ulang driver kursor pada laptop yang digunakan. Perlu untuk diketahui, bahwa setiap merk laptop memiliki driver kursor yang berbeda Untuk itu, Anda harus menyesuaikan dengan merk laptop yang digunakan.

Ketika sudah berhasil mendownload driver kursor yang sesuai dengan merk dan tipe laptop Anda, maka hal yang harus dilakukan adalah menginstall driver tersebut. Pastikan driver sudah benar-benar terinstall dengan baik. Jika sudah selesai, alangkah baiknya jika Anda restart laptop terlebih dahulu.

2.6. Install Ulang Sistem Operasi

Metode terakhir yang bisa Anda lakukan jika semua cara sebelumnya tidak berhasil, adalah menginstall ulang sistem operasi yang digunakan pada laptop tersebut. Instalasi ulang sistem operasi ini, dilakukan untuk mengganti OS baru yang lebih fresh.

Pada saat proses instalasi ulang, jangan lupa juga untuk menginstall semua driver perangkat dengan benar, tidak terkecuali dengan driver kursor. Ada baiknya jika Anda menggunakan bantuan jasa service laptop untuk menghindari kesalahan yang mungkin saja bisa terjadi.

Dapat dibilang sebenarnya kejadian kursor laptop hilang ini bukanlah masalah yang berarti. Namun jika dibiarkan saja, tentunya penggunaan dari laptop akan terganggu. Oleh sebab itu, ada baiknya jika Anda segera melakukan penanganan ketika masalah ini terjadi. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!