Skip to main content

9 Aplikasi CCTV HP Android Jarak Jauh

WiFi Baby Monitor

9 Aplikasi CCTV HP Android Jarak Jauh

CCTV adalah perangkat yang digunakan untuk merekam kejadian tanpa diketahui orang lain. Biasanya perangkat ini diletakkan di tempat yang tinggi dengan fokus ke jalan atau ruang tertentu. Untuk bisa menggunakan manfaat ini Anda bisa memasang aplikasi CCTV HP.

Dengan menggunakan aplikasi CCTV HP, Anda bisa melakukan pemantauan terhadap rumah dari orang yang berniat buruk. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pemantauan pada anak yang sedang bermain sehingga tahu apa saja yang mereka lakukan selama ditinggal.

Aplikasi CCTV untuk Ponsel yang Direkomendasikan

Perlu diingat, hangat dengan menggunakan aplikasi saja, Anda tidak akan mampu melakukan perekaman atau mengawasi. Biasanya akan ada hardware tambahan seperti kamera yang tersambung dengan internet dan juga ponsel.

  • 1. WiFi Baby Monitor

    Kalau Anda tidak memiliki kamera CCTV, tidak perlu khawatir kalau ingin mendapatkan manfaat dari aplikasi pemantau atau pengintai. Yang Anda butuhkan hanyalah satu ponsel Android yang tidak terpakai dan masih memiliki kamera yang bagus baik di depan atau belakang.

    Selanjutnya, Anda hanya butuh mengunduh aplikasi bernama WiFi Baby Monitor. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa langsung membuat CCTV portable yang bisa dipindah di mana saja. Selama kedua ponsel ada koneksi, pemantauan bisa dilakukan.

    Karena ponsel membutuhkan daya untuk bisa berjalan dengan baik, ada baiknya untuk selalu tersambung dengan cas. Kalau ponsel tidak tersambung dengan cas atau power bank, kemungkinan besar akan mudah mati dan pengawasan tidak bisa dilakukan dengan baik.

  • 2. IP Webcam

    Seperti namanya, aplikasi ini membutuhkan yang namanya laptop atau tablet yang memiliki webcam di bagian depannya. Dengan webcam ini, perekaman bisa dilakukan dengan mudah dan kapan saja bisa diakses untuk melihat apa saja yang terjadi di dalam ruangan atau sekitarnya.

    Sebelum menggunakannya, siapkan laptop dengan webcam yang bagus, coba dahulu untuk melakukan foto. Selanjutnya, gunakan koneksi yang stabil dan tidak membuat kualitas rekaman video mengalami gangguan seperti terputus-putus.

    Kalau ingin melihat, Anda harus menyambungkan laptop dengan VLC atau webcam. Setelah menyala barulah bisa tersambung ke ponsel. Oh ya, dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa melakukan streaming sampai merekam kejadian yang dianggap menarik atau penting.

  • 3. tinyCam Monitor

    Aplikasi yang bisa diunduh untuk ponsel Android ini memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh aplikasi CCTV. Kecocokannya dengan banyak merek CCTV yang terkenal sangat besar. Bisa dikatakan kalau hampir semua perangkat CCTV bisa tersambung dengan menggunakan IP.

    Setelah tersambung dengan IP, Anda bisa melakukan pengamatan secara realtime. Artinya, Anda bisa dengan mudah melakukan pengamatan kapan pun dan resolusinya bagus. Lebih lanjut, saat melakukan pengamatan, Anda bisa menggunakan fitur zoom ini dan zoom out.

  • 4. Live Camera Viewer

    Aplikasi ini tidak digunakan untuk melihat tayangan atau pengintaian dari CCTV miliki private. Namun, dipakai untuk melihat CCTV publik yang ada di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. CCTV publik ini biasanya berlokasi di jalanan atau tempat umum lainnya.

    Anda hanya perlu mengunduh aplikasi Live Camera Viewer saja. Selanjutnya, lakukan pencarian sesuai dengan negara. Umumnya pencarian hanya bisa dilakukan secara random. Tidak bisa spesifik sesuai dengan keinginan. Video yang ditampilkan bisa disetting HD atau standar.

  • 5. WardenCam

    Ada dua hal yang Anda butuhkan kalau ingin memanfaatkan aplikasi bernama WardenCam ini. Pertama adalah ponsel yang masih bisa dipakai, minimal kameranya masih bisa menangkap gambar dengan sempurna. Kedua adalah kamera yang biasanya Anda gunakan setiap hari.

    Dengan menggunakan WardenCam, Anda bisa menggunakan ponsel yang tidak terpakai sebagai kamera CCTV. Anda bisa meletakkannya di mana saja sesuai dengan keinginan. Pastikan baterai ponsel terisi penuh atau tersambung dengan listrik.

    Keunggulan dari WardenCam yang sangat hebat adalah adanya night vision. Saat malam hari dan kondisi minim cahaya, pengamatan bisa dilakukan dengan lebih mudah. Jadi, bisa dipakai untuk memantau keamanan rumah.

  • 6. DroidCam Wireless Webcam

    Bermodalkan PC atau laptop yang memiliki webcam IP, Anda bisa mengubahnya menjadi CCTV yang bisa digunakan kapan saja dan di mana saja. Misal ingin mengamati anak yang sedang main di kamar. Cukup nyalakan laptop di atas meja dan arahkan langsung ke kasur.

    Aplikasi Android ini sudah digunakan oleh lebih dari 5 juta orang di seluruh dunia. Artinya secara kualitas tidak perlu diragukan lagi. Meski video yang dihasilkan hanya 720p, kualitasnya masih sangat bagus dan jernih sehingga bisa dipakai untuk melihat apa pun.

  • 7. IP Cam Viewer Basic

    Hanya bermodalkan aplikasi ini, Anda bisa melakukan relay tayangan dari CCTV yang ada di rumah. Segala hal yang ada di depan kamera bisa terekam dengan baik dan dilihat secara realtime. Misal ingin siapa yang ada di depan rumah tanpa harus menyalakan PC.

    Supaya aplikasi bisa digunakan, Anda harus melakukan beberapa setting pada perangkat CCTV dan ponsel. Setelah tersambung dengan baik, pengamatan bisa dilakukan saat itu juga selama ada koneksi internet yang baik.

  • 8. Video Surveillance Ivideon

    Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa melakukan pengamatan dengan menggunakan kamera pengintai yang sudah dipasang. Berbagai fitur canggih yang ditawarkan pada kamera bisa berfungsi juga di aplikasi sehingga video yang dihasilkan bisa maksimal.

    Sambungan antara ponsel dengan kamera bisa dilakukan dengan menggunakan IP atau bisa memanfaatkan yang namanya wireless connection. Karena menggunakan layanan nirkabel, koneksi bisa berjalan dengan mudah dan memiliki kualitas gambar yang baik.

  • 9. Foscam Viewer

    Sama halnya dengan aplikasi Android lain yang ada di dalam artikel ini. Kalau ingin melakukan pemantauan, Anda harus menyiapkan setidaknya satu alat untuk melakukan perekaman. Anda bisa menggunakan kamera CCTV yang bisa dipasang di beberapa bagian rumah dan webcam.

    Setelah dipasang, Anda bisa menyambungkan perangkat dengan ponsel Android. Setelah tersambung, aplikasi bisa digunakan untuk melakukan pemantauan secara berkala. Jika dibutuhkan, Anda bisa langsung menyalakannya dan melakukan streaming.

    Perekaman dengan CCTV biasanya berjalan 24 jam dan tanpa ada jeda. Untuk itu, jaringan di rumah yang dipakai untuk memasang kamera harus bagus. Paling tidak menggunakan Wi-Fi sehingga Anda tidak perlu memusingkan masalah kuota.

Aplikasi CCTV HP bermanfaat untuk melihat kondisi sekitar rumah saat ditinggalkan. Kalau Anda memiliki anak khususnya yang masih bayi, aplikasi ini bisa digunakan untuk mengawasi segala gerak-geriknya agar menghindari hal-hal yang sifatnya berbahaya.

CCTV biasanya tersambung ke internet. Kalau sambungan internet yang ada pada kamera atau gadget perekam lain tidak ada, aplikasi di atas praktis tidak akan bisa dipakai. Jadi, pastikan untuk selalu menggunakan koneksi yang baik selama 24 jam.

Selain itu, aplikasi juga harus menggunakan ponsel dengan RAM besar dan penyimpanan yang lega pula. Kalau memori internalnya sangat kecil, akan sulit untuk menyimpan video. Selanjutnya kalau RAM yang dipakai kecil, kemungkinan besar sulit memutar video atau streaming.