Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Info Corner DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Sikap Ini Wajib Kamu Punya Jika Ingin Masuk PTN

Sikap Ini Wajib Kamu Punya Jika Ingin Masuk PTN
Ambisius

Sikap Ini Wajib Kamu Punya Jika Ingin Masuk PTN

Tahun ajaran baru perkuliahan segera dimulai. Selamat bagi kamu yang sudah resmi menjadi mahasiswa. Selamat kamu sudah berjuang dan berhasil mendapatkan satu kursi PTN yang diinginkan banyak orang. Untuk itu, kamu harus selalu bersyukur dan selalu bersemangat menjalani perkuliahan. Bulatkan niat untuk menuntut ilmu dan memberikan manfaat untuk orang lain.

Bagi kamu yang sedang mempersiapkan menuju gerbang perguruan negeri, cobalah mulai meraba jurusan apa yang ingin kamu ambil. Pastikan program studi yang kamu pilih sesuai minatmu ya! Selain itu, sikap juga tak kalah penting. Menjadi mahasiswa sudah sepantasnya meningkatkan attitude kepada setiap orang.

TOC / Daftar Isi

BACA JUGA: Wajib Tahu! 6 Jurusan Berikut Paling Banyak Dibutuhkan di Masa Depan

Milikilah Niat yang Tulus

Niat selalu menjadi penilaian utama setiap melakukan tindakan. Kamu akan mendapatkan sesuatu sesuai niatmu. Murnikanlah niat masuk PTN untuk menuntut ilmu, mengembangkan diri, dan bermanfaat bagi banyak orang. Dasari niatmu dengan tiga poin penting tersebut. Bisa juga kamu berniat membahagiakan orang tua dengan melihat anaknya menjadi mahasiswa.

Setiap orang tentu memiliki latar belakang yang berbeda. Oleh karena itu, niat juga dapat berbeda-beda. Bisa jadi mereka mempunyai niat khusus yang ditujukan untuk keluarga. Misalnya saja ingin meringankan beban orang tua dengan memulai usaha saat kuliah. Ataupun ingin membuat karya ilmiah yang bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Selama niat tersebut baik, tidak ada salahnya untuk menetapkan tujuan-tujuan tersebut. Dengan memiliki niat yang baik, percayalah dengan “mestakung” alias semesta mendukung. Segala sesuatu yang kamu berikan kepada orang lain itulah yang akan kamu dapat. Nah, begitulah gambaran sebuah niat. Jangan sampai semesta tidak mendukung usahamu karena terdapat hal yang kotor dalam niatmu.

Back to Content ↑

Optimis

Manusia hidup dalam keyakinan. Bahkan sedari kecil, ada keyakinan agama yang telah dianut. Begitulah pentingnya keyakinan dalam mendasari segala sesuatu di kehidupan. Jangan pernah menyepelekan sebuah kata “percaya “. Kamu mungkin tidak tahu apa hasil perjuanganmu kelak. Tentu saja kamu menginginkan kata “selamat” saat menerima hasil pengumuman bukan?

Hal itulah yang pertama harus kamu percayai. Kamu harus optimis bahwa kamu mampu mencapai titik itu, titik yang diharapkan oleh semua pejuang. Rasa optimis akan mengerahkan dirimu untuk terus berjuang dan pantang menyerah. Sebab, kamu selalu percaya dengan kemampuan yang kamu punya. Alhasil, kamu terus berusaha sampai pada hari perjuangan sebenarnya.

Jika dirimu saja tidak percaya akan impian itu, lantas siapa lagi yang mau kamu yakinkan? Jagalah sifat optimis itu. Jangan sampai juga timbul optimis yang berlebihan. Semua yang sifatnya berlebihan akan berakibat tidak baik. Hindarilah optimis yang berujung pada sombong dan merendahkan orang lain. Cukup jaga keyakinan bahwa kamu mampu mencapai mimpi masuk PTN impian.

Back to Content ↑

Konsisten

Sikap ketiga yang harus kamu miliki jika ingin masuk PTN adalah konsisten. Setiap usaha akan sampai pada hasil akhir yang memuaskan dengan memegang kunci konsisten. Seperti yang kerap disebut dengan “totalitas” begitulah cara usaha bekerja. Kamu harus konsisten belajar demi mendapatkan pemahaman yang berkesinambungan. Hal ini juga penting karena setiap kamu belajar kamu akan mendapatkan pengetahuan baru.

Selain itu, kamu juga bisa mengupgrade pengetahuan yang telah lalu. Menguatkan konsep dan latihan soal secara konsisten. Berjuanglah sampai hari H tiba. Jangan pernah berhenti di tengah jalan. Yang terjadi hanyalah semangat menurun dan tidak punya gairah lagi untuk berjuang. Sikap seperti ini bisa saja menjadi penyebab kegagalan.

Cara konsisten belajar juga harus tepat. Seseorang yang setiap hati belajar walaupun sedikit akan tertaut untuk terus belajar. Berbeda halnya dengan mereka yang menghabiskan seluruh materi dalam waktu singkat (sistem kebut semalam). Justru yang ia dapatkan bukan pemahaman melainkan lupa apa saja yang telah dipelajari. Selalulah belajar dengan konsisten.

Back to Content ↑

Ambisius

Ambisius adalah sikap berambisi kuat dengan diiringi kerja keras. Setelah konsisten, sikap ambisius ini penting untuk kamu yang ingin masuk PTN. Biasanya mereka yang setiap harinya belajar akan disebut sebagai “orang ambis”. Nyatanya memang sikap itu juga diperlukan. Jangan pedulikan jika orang lain mengatakan kamu sebagai orang ambis. Sebab, segala usaha dan kerja keras juga akan kembali kepada diri sendiri.

Mereka yang terlalu sering bermalas-malasan justru yang akan tertinggal. Dengan demikian, kerja keras setiap orang dengan niat yang benar pasti akan membuahkan hasil yang diharapkan. Akan tetapi, kamu juga jangan menjadi orang yang terlalu ambisius hingga melupakan lingkungan sekitar. Misalnya kamu belajar terus menerus sampai lupa makan.

Tempatkan segala sesuatu sesuai porsinya. Atur waktu ambisimu, atur waktu makan dan menjaga kesehatan, dan atur waktu untuk bersama keluarga. Seimbangkan seluruh kegiatanmu. Hindarilah untuk terlalu ambis belajar sampai kamu sakit. Kamu bisa beristirahat terlebih dahulu ketika kamu lelah. Sebab, kesehatan tetap menjadi hal yang sangat penting.

Back to Content ↑

Self-Awareness

Orang dengan Self-Awareness yang tinggi mampu mengetahui kekurangan dan kelemahan dirinya. Self awareness biasa diartikan sebagai kesadaran diri. Jika kamu memiliki tekad untuk memperbaiki diri, sikap self awareness inilah yang mesti kamu asah. Sikap ini memperhatikan bagaimana hubungan pikiran, perasaan dan perilaku, dengan dampaknya bagi orang lain.

Langkah awal agar kamu memiliki kesadaran diri, kamu harus menjadikan hal tersebut sebagai habit. Misalnya saja saat kamu diberi kepercayaan dan tanggung jawab untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Tentu kamu harus sadar akan tanggung jawab tersebut. Akibatnya, kamu berupaya keras melakukan pekerjaan dengan maksimal.

Self-awareness ini merupakan salah satu kriteria untuk menjadi seorang pemimpin. Nah, dalam dunia perkuliahan kamu akan banyak menemui tugas-tugas yang berkaitan dengan kepemimpinan. Sebab, mahasiswa merupakan pilar negara yang ditujukan kepada masyarakat. Dengan demikian, mahasiswa harus memiliki jiwa kepemimpinan dan self-awareness yang tinggi. Alhasil, ia bisa membawa pengaruh kepada masyarakat luas.

Menurut penelitian seorang ilmuwan Tasha Eurich PhD, self-awareness berhasil membawa seseorang mencapai percaya diri dan sukses yang lebih tinggi, baik dalam hubungan maupun dalam hal profesi. Hasil penelitian menunjukkan orang self-awareness memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  • Lebih percaya diri
  • Berkomunikasi secara efektif
  • Memiliki kreativitas yang tinggi
  • Membuat keputusan yang berdasarkan tanggung jawab
  • Memiliki relasi yang lebih kuat dengan tim nya
  • Menjunjung tinggi kejujuran

Enam sikap tersebut sangat dibutuhkan dan harus dimiliki sebagai karakter seorang mahasiswa. Hal-hal tersebut juga merupakan habit sehari-hari dalam menjalani perkuliahan. Oleh karena itu, sangat penting bagi para calon mahasiswa untuk melatih self-awareness agar memiliki kesadaran dalam dunia kuliahnya.

Back to Content ↑

Serangkaian sikap tersebut jangan sampai terlewat dalam daftar karakteristik dirimu ya. Khususnya saat ingin masuk PTN, kamu harus bersiap dengan dunia perkuliahan yang sangat berbeda dengan masa SMA. Oleh karena itu, 5 (lima) karakter di atas wajib kamu miliki sebagai modal dalam menghadapi dunia perkuliahan. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!