Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Info Corner DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Kuliah di UNDIP? Kamu Bisa Main ke Tempat Ini!

Kuliah di UNDIP? Kamu Bisa Main ke Tempat Ini!
Undip

Kuliah di UNDIP? Kamu Bisa Main ke Tempat Ini!

Selamat menjadi mahasiswa baru bagi kamu yang tahun ini mendapat kesempatan berkuliah. Khususnya bagi kamu para Diponegoro Muda, mulai tahun ini kamu akan mengenal atmosfer kota Semarang. Menjadi hal berbeda jika kamu berasal dari luar Semarang maupun luar Jawa Tengah. Dengan ini kamu harus bisa beradaptasi bukan?

Menjadi mahasiswa tidak hanya berkutat pada tugas-tugas saja. Akan tetapi, pada saatnya kondisi kembali normal nanti, semua kegiatan akan berjalan seperti biasa. Semasa kuliah di UNDIP kamu bisa menikmati tempat wisata di sana. Tujuannya selain merefresh otak juga bisa mengenalkan kamu lebih dekat dengan Semarang. Masa menjadi mahasiswa universitas di Semarang tapi tidak kenal dengan kotanya? Untuk itu, kamu bisa main ke tempat berikut ini.

TOC / Daftar Isi

Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah merupakan salah satu ikon Kota Semarang yang bisa kamu kunjungi. Masjid ini memiliki desain menarik. Desainnya merupakan perpaduan dari tiga arsitektur besar, yakni Arab, Roma dan Jawa. Bangunan ini dilengkapi dengan payung hidrolik yang mengingatkan kita akan desain Masjid Nabawi.

Payung raksasa ini dibuka pada hari-hari besar seperti Idul Fitri dan Idul Adha. Adapun ketika sholat Jum’at juga sering dibuka ketika kecepatan angin tidak lebih dari 200 knot. Masjid yang terletak di tengah kota ini adalah salah satu masjid termegah di Indonesia. Hal ini karena masjid agung bisa menampung 15.000 jamaah dan 10.000 jamaah di halaman utama.

Tak hanya itu, di sekitar masjid agung terdapat museum dan perpustakaan yang akan mengenalkanmu pada sejarah Kota Semarang dan tempat wisatanya. Nah, tunggu apalagi, setelah berkesempatan merantau di Semarang, jangan lupa kunjungi masjid megah ini ya!

Back to Content ↑

Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang pernah menjadi pusat perdagangan di Semarang pada abad ke-19 sampai abad 20an. Kawasan Kota Lama ini banyak dijadikan spot foto paling populer. Bangunan-bangunan tua yang menawan memiliki daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Meskipun sudah berusia 200-300an tahun, bangunan di Kota Lama masih terjaga dan berfungsi normal.

Gaya kolonial lainnya yang masih bisa kamu temui adalah jalanan tegel yang tidak diaspal. Hal ini menjadi pertanda sejak dulu kondisi belum berubah. Yang perlu kamu ketahui selanjutnya terdapat bangunan ikonik. Contohnya Gereja Blenduk (Abad 18) dan Jembatan Mberok (Abad 17). Akan tetapi, beberapa bangunan ada yang dialihfungsikan. Misalnya Gedung Balai Kota menjadi Gedung Keuangan. Ada juga Gedung Gouvernements menjadi Bank Mandiri KCP mPu Tantular.

Kamu bisa menikmati atmosfer Kota Lama dengan menaiki sepeda untuk berkeliling. Kamu juga diizinkan untuk memasuki bangunan kuno di sana lho! Jangan lewatkan momen ini dan abadikan kenanganmu!

Back to Content ↑

Lawang Sewu

Sebagai salah satu landmark Kota Semarang, Lawang Sewu bisa kamu kunjungi.Pada zaman dahulu, bangunan ini digunakan sebagai kantor NIS (Netherlands Indische Spoorweg) sebagai perusahaan kereta api swasta pada zaman kolonial. Diberi nama Lawang Sewu karena bangunan ini memiliki jumlah pintu yang sangat banyak.

Akan tetapi, pada kenyataannya, jumlah pintu tidak seribu. Melainkan hanya sebagai gambaran jendela yang mirip pintu (lawang) yang sangat banyak sehingga disebut lawang sewu. Saat ini bangunan telah menjadi museum dan sedang mengalami revitalisasi dan konservasi.

Back to Content ↑

Museum Kereta Ambarawa

Selain menjadi destinasi wisata sejarah, Museum Kereta Ambarawa juga menjadi wisata edukasi di Semarang. Pada zaman dahulu, stasiun ini digunakan sebagai tempat singgah kereta uap Belanda ke Semarang. Sementara saat ini pengunjung bisa menikmati pemandangan sekeliling museum dengan menggunakan kapal uap kuno yang telah dimodifikasi sedikit lebih modern.

Jika kamu ingin berkeliling, kamu bisa memilih menaiki kereta sepanjang rutin Ambarawa-Tuntang. Kamu akan disuguhkan dengan pemandangan gunung. Selain itu, indahnya Rawa Pening tak kalah memanjakan mata. Adapun rute lain yang dapat ditempuh adalah rute Ambarawa-Bedono. Kamu akan melewati perbukitan, Gunung Merbabu dan Gunung Ungaran.

Back to Content ↑

Klenteng Sam Poo Kong

Lokasi berdirinya Klenteng Sam Poo Kong dipercaya sebagai tempat singgah Laksamana Cheng Ho, laksamana Tiongkok muslim. Saat berkunjung ke Sam Poo Kong, kamu wajib mengunjungi tempat klenteng yang berada di sana. Klenteng tersebut antara lain Kelenteng Juru Mudi, Klenteng Sam Poo Tay Djien, Kelenteng Dewa Bumi, dan Klenteng Kyai Jangkar.

Kelenteng Dewa Bumi ditujukan bagi penganut Kong Hu Cu dan Taoisme. Umat tersebut biasanya beribadah dengan mengucapkan terima kasih dan rasa syukur kepada Dewa Bumi. Sementara itu, Klenteng Sam Poo Kong sendiri merupakan klenteng yang terbesar. Kamu bisa menyiapkan kamera saat berada di sini. bangunan khas China terlihat menarik dijadikan spot foto. Selain itu, kamu juga bisa menyewa pakaian daerah China untuk mempercantik fotomu di objek wisata ini.

Back to Content ↑

Brown Canyon

Kamu pasti pernah mendengar wisata indah Grand Canyon kepunyaan Amerika Serikat bukan? Sekarang kamu tidak perlu repot-repot datang ke Amerika demi menikmati wisata tersebut. Pasalnya, di Indonesia juga sudah ada lho Grand Canyon yang tak kalah hits. Perkenalkan, inilah wisata indah Indonesia bernama Brown Canyon yang terletak di Rowosari, Tembalang.

Tempat ini dinamakan Brown Canyon karena bentuk fisiknya yang merupakan kumpulan beberapa bukit yang menjulang tinggi dilengkapi tumbuhan yang menghiasi permukaan bukit. Bayangkan seperti dalam serial Teletubbies, buktinya begitu asri dan memanjakan mata. Letaknya yang berada di tebing-tebing tinggi membuat Brown Canyon sekilas tampak menyerupai Grand Canyon.

Sebenarnya tempat ini bukanlah tempat wisata. Namun, karena dilakukan pertambangan terus menerus, akhirnya terbentuk bangunan mirip Grand Canyon. Nah, kamu bisa berfoto ria bersama indahnya pemandangan perbukitan yang sejuk.

Back to Content ↑

Umbul Sidomukti

Wisata alam yang pantas kamu kunjungi selama menjadi warga UNDIP adalah Umbul Sidomukti. Wisata ini merupakan jenis wisata pegunungan. Disebut demikian karena Umbul Sidomukti berada di ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut (mdpl). Alhasil, pesona pemandangan yang sejuk selalu menjadi daya tarik wisatawan.

Selain itu, terdapat juga kolam yang jernih. Uniknya kolam renang ini disebut sebagai kolam renang alam karena menyuguhkan pemandian alami di sana. Terlebih lagi saat kabut tipis datang, kamu seperti berenang di atas awan. Dijamin kamu akan mendapatkan pengalaman mengesankan saat menikmati berenang di kolam renang alam tersebut.

Terdapat juga wahana pacu yang mirip seperti flying fox. Wahana ini akan memicu adrenalinmu. Jika tidak siap, jangan berani-berani mencoba. Karena yang ada kamu bisa patah tulang. Akan tetapi, terdapat pilihan lain untukmu. Kamu bisa pergi ke perkebunan di sekitar Umbul Sidomukti. Kuda-kuda jinak bersahabat dengan para pengunjung akan membawamu berkeliling menikmati hawa sejuk perkebunan.

Back to Content ↑

Bagaimana, sudah mulai mencari informasi tiket masuk menuju ke wisata tersebut? Jangan lupa tetap utamakan jadwal kuliah kamu ya! Liburan hanya sekadar refreshing saja, jangan terlalu larut sampai meninggalkan mata kuliah. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!