Skip to main content

7 Daftar Aplikasi Scanner Terbaik Untuk Android & iOS

Cam Scanner

7 Daftar Aplikasi Scanner Terbaik Untuk Android & iOS

Scanner merupakan salah satu hardware yang banyak dibutuhkan oleh hampir seluruh perusahaan, instansi, bahkan orang-orang, dalam merekam seluruh dokumen mereka menjadi bentuk soft file atau yang dapat dibuka komputer atau aplikasi. Dengan begitu Anda dapat mengirim file atau dokumen Anda yang memang sudah berbentuk hard file, menjadi bentuk yang lebih portable atau dapat didistribusikan dan dibuka dimana saja. Tentu dengan begitu Anda dapat mengirim dokumen tersebut tanpa melalui sebuah instansi atau tatap muka.

Seiring berkembangnya zaman, tentunya hal tersebut dapat digantikan dengan adanya sebuah smartphone yang dimana telah cukup canggih dan sudah sedikit dapat menggantikan hardware scanner. Contohnya dalam bentuk aplikasi yang dimana telah banyak tersebar di Internet, dengan berbagai macam kelebihannya masing-masing. Oleh karena itu, kami akan memberikan Anda beberapa rekomendasi deretan aplikasi scanner terbaik yang dapat membantu pekerjaan Anda.

7 Daftar Rekomendasi Aplikasi Scanner Terbaik

TOC / Daftar Isi

Scanner adalah sebuah hardware yang dimana dapat menangkap gambar dokumen Anda dengan kualitas yang sangat bagus, atau jika diartikan secara mudah yakni menjiplaknya menjadi sebuah file. Yang dimana tentunya sangat dibutuhkan saat ini, dalam mengirim file atau dokumen secara jarak jauh seperti dalam mendaftar suatu aplikasi resmi, mengirim data kepada pemerintah, hingga sebuah tugas. Tentunya hal tersebut sangat dibutuhkan oleh berbagai macam kalangan dan jabatan mereka masing-masing.

1. Cam Scanner

Aplikasi pertama yang cocok untuk pengganti scanner dokumen Anda, dan merupakan salah satu aplikasi yang direkomendasikan untuk digunakan adalah CamScanner, yang dapat memindai Dokumen asli Anda ke format PDF. Aplikasi smartphone ini dikembangkan oleh pengembang IntSig Informasi Co, Ltd. Dengan aplikasi ini, Anda dapat memindai dokumen kertas, ditulis pada kartu, hanya difoto.

Dokumen dipindai dapat disimpan dalam .jpeg dan .pdf dan juga terdapat fitur menarik lainnya juga tersedia dalam versi premium CamScanner, seperti penyimpanan awan di Google Drive, Dropbox, Evernote, dan banyak lagi.

Back to Content ↑

2. Microsoft Office Lens - PDF Scanner

Tidak ingin kalah canggih dari aplikasi lainnya, Microsoft Corporation mencoba ikut andil dalam mengembangkan aplikasi scanner gratis pada smartphone yang disebut Microsoft Office Lens - PDF Scanner. Aplikasi ini memiliki sejumlah fitur canggih yang memang merupakan kelebihan dari Microsoft sehingga memudahkan pemindaian file penting dan juga scan dokumen dapat disimpan dalam format PDF. Keuntungan lain adalah bahwa Anda dapat mengkonversi file atau dokumen yang dipindai di Word dan PowerPoint juga.

Tak hanya itu saja,tetapi dokumen-dokumen ini dapat disimpan langsung di galeri smartphone. Atau jika Anda ingin lebih merasa lebih aman, juga dapat disimpan dalam penyimpanan awan (cloud storage) entah itu pada OneDrive atau juga OneNote.

Back to Content ↑

3. Document Scanner SDK App - Scan Bot

Dokumen Scanner SDK merupakan Pengembang Aplikasi SDK Scanbot Scanner, yang dimana dapat melakukan pemindaian dokumen secara gratis untuk smartphone dengan mudah dan nyaman. Anda hanya perlu mengambil dokumen yang telah dipindai. Setelah itu, aplikasi secara otomatis mengoptimalkan dokumen warna secara langsung sehingga kualitas yang baik.

Keuntungan lain dari aplikasi ini mampu memindai dokumen dengan banyak halaman sekaligus, sehingga Anda tidak perlu lagi melakukan dua pekerjaan secara bergantian. Sehingga mampu mempercepat pekerjaan tersebut dengan rapi. Dokumen aplikasi App Scanner SDK menyediakan fungsionalitas media penyimpanan di cloud seperti Dropbox, Google Drive, onedrive, Evernote, dan lain-lain.

Back to Content ↑

4. Adobe Scan: PDF Scanner

Aplikasi lain yang dapat digunakan untuk dokumen scan Adobe Scanner yang dimana sudah pasti dikembangkan oleh Adobe. Scanner Adobe memungkinkan pengguna untuk memindai file dan mengubahnya menjadi fomat PDF atau gambar (.jpeg). Berbagai jenis dokumen yang dapat dipindai dengan aplikasi ini dari entri/tulisan, gambar, penerimaan, kartu nama, dan menulis di papan tulis.

Setelah melakukan scan, Anda dapat menyesuaikan warna, keselarasan tanaman (bagian pemotongan tertentu), dan rotasi dokumen yang diperlukan. Sebagaimana Anda lihat sendiri, Adobe selain ikut andil dalam mengembangkan aplikasi scanner tetapi juga ikut memberikan terobosan terbaru terhadap aplikasi yang dikembangkannya.

Back to Content ↑

5. Genius Scan

Jika hampir semua aplikasi semua aplikasi kurang cocok dengan Anda, rekomendasi aplikasi ini mungkin bisa dibilang dapat membantu Anda yakni Genius Scan - PDF Scanner. Yang merupakan salah satu aplikasi yang paling populer di scanner dan tentu saja gratis. Hanya dengan men-download aplikasi ini, Anda dapat memindai dokumen, mengkonversi dokumen untuk menyimpan ke penyimpanan awan aplikasi seperti Dropbox, Google Drive, onedrive, dan banyak lagi.

Tentu aplikasi berikut tidak ingin kalah saing dan pamor dari aplikasi lainnya juga bukan. Mungkin Anda memiliki smartphone dengan spesifikasi kurang mumpuni, dapat mencoba menggunakan aplikasi satu ini yang pastinya ringan.

Back to Content ↑

6. Tiny Scanner

Aplikasi pemindai pada smartphone Android terbaik berikutnya adalah Tiny Scanner PDF yang pengembang aplikasi scanning tersebut dibuat oleh Appxy. Dengan aplikasi scanner dokumen PDF ini, Anda dapat memindai dokumen, foto, penerimaan, laporan bank, tanpa ada waktu. Selain PDF, format dokumen dipindai yang dapat dikonversi menjadi format gambar (JPEG), cukup hanya dengan memotret dokumen atau file yang bersangkutan.

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini juga cukup tiny atau kecil, sehingga smartphone Anda tidak akan kehabisan daya penyimpanan dalam melakukan scanning. Tentunya dengan banyak sekali fitur yang ditawarkan tersebut dan juga tambahan aplikasi yang cukup ringan. Pasti dapat mempermudah pekerjaan Anda sehari-hari.

Back to Content ↑

7. Text Fairy (OCR Text Scanner)

Text Fairy merupakan aplikasi pemindai teks yang juga sangat direkomendasikan untuk mengkonversi mulai dari format teks, format file atau dokumen gambar (JPEG). Beberapa manfaat dari fitur yang disediakan oleh aplikasi teks Peri (OCR Pindai teks) seperti, mengkonversi gambar ke dalam format teks supaya dapat dibuka pada aplikasi pembaca teks. Memperbaiki sudut pAndang gambar atau dokumen, agar dapat lurus dan selaras dengan bentuk soft dokumen pada biasanya.

Mengedit teks yang diekstrak, menyalin teks ke clipboard untuk digunakan dalam aplikasi lain. Mengubah halaman dipindai dalam PDF, hingga mengenali teks dicetak dalam lebih dari 50 bahasa secara gratis dan tidak ada iklan. Tentunya banyak sekali yang ditawarkan aplikasi ini bukan dan juga sangat membantu Anda juga pastinya.

Back to Content ↑

Nah, jadi itulah dia beberapa rekomendasi aplikasi scanner terbaik yang telah Kami rangkum dalam pembahasan terbaru kali ini. Demikianlah pembahasan artikel ini Kami buat. Semoga artikel dapat bermanfaat untuk membantu Anda dalam menyelesaikan kebutuhan scanner. Dan terimakasih juga karena telah mengunjungi blog teknologi Kami. Jangan lupa share informasi ini agar semakin bermanfaat.