Skip to main content

Nostalgia Permainan Video The Sims

The Sims

Nostalgia Permainan Video The Sims

Permainan Video The Sims merupakan game video simulasi yang telah berumur cukup tua. Pada tahun 2020 game ini genap berumur 20 tahun. Permainan The Sims ini pertama dirilis pada tanggal 4 Februari 2000, dan kini telah terjual lebih dari 200 juta copy serta diterjemahkan ke dalam 22 bahasa yang berbeda. Yuk nostalgia game ini, Anda dapat menyimak beberapa informasi seputar The Sims di bawah ini :

1. Terciptanya The Sims

Terciptanya permainan ini berawal pada sebuah tragedi yang dialami oleh Wright pada tahun 1991. Pada saat itu sebuah kebakaran besar membakar habis seluruh rumahnya. Karena musibah itu, Wright pun kehilangan tempat tinggal.

“Hanya tersisa satu mobil yang telah meleleh menjadi genangan aluminium, dan cerobong asap juga pemanggang weber.” Tuturnya sembari mengenang kisah sedih tersebut.

Setelah Wright mengalami kejadian itu, lantas terus berfikir mengenai tujuan hidupnya, rencana kedepannya dan bagaimana memiliki tempat tinggal baru. Nah, dari sinilah Wright terinspirasi membuat sebuah game, dimana sang pengguna dapat merancang rumah impian. Lalu 18 tahun kemudian Maxis (Perusahaan pengembang games) bekerja sama dengan EA menerbitkan permainan video The Sims melalui PC.

The Sims pun berkembang dengan sangat cepat dan menjadi permainan simulator yang banyak sekali dilirik oleh pecinta game diseluruh dunia. Jadi siapa sangka dibalik kesuksesan game The Sims terdapat kisah yang cukup menyedihkan dibaliknya.

2. Permainan The Sims

Permainan Video The Sims adalah salah satu game yang berisi simulasi kehidupan. Permainan ini lebih difokuskan pada sebuah kehidupan virtual yang dikenal sebagai Sims. Disini pemain dapat mengatur aktivitas keseharian Sims, seperti menyuruhnya makan, mandi, tidur, membaca buku dan aktivitas lainnya. Selain itu, pengguna dapat membuat orang dengan karakternya masing-masing. Will Wright menyebut The Sims sebagai permainan rumah-rumahan boneka digital.

Permainan video The Sims merupakan permainan yang memiliki pak ekspansi terbanyak. Permainan ini memiliki 7 pak ekspansi yang telah diproduksi. Berikut pak ekstensi berdasarkan tanggal dirilisnya di Amerika Utara: The Sims Livin’ Large (31 Agustus 2000)

Merupakan versi pertama yang dirilis. Pak ekstensi ini dirilis untuk memberikan tambahan karier, karakter, berbagai macam barang dan fitur baru.

1. The Sims House Party (21 April tahun 2001)

Pak ekspansi kedua ini dibuat untuk memberikan fitur baru untuk dapat mengadakan pesta, barang-barang baru serta tambahan karakter.

2. The Sims Hot Date (12 November 2001)

The Sims Hot Date merupakan pak ekspansi ketiga dari permainan video The Sims. Hot Date memberikan fitur baru yaitu berupa kemampuan untuk pergi dari rumah dan menuju sebuah tempat baru yang disebut dengan “Downtown”. Fitur ini tidak terdapat pada pak ekspansi sebelumnya.

Pada versi ini, Sim dapat mengajak Sim lainnya untuk berkencan atau hanya sekedar makan bersama. Fitur baru lainnya seperti furniture, pakaian dan karakter baru.

3. The Sims Vacation ( 28 Maret 2002)

Vacation memberikan tambahan berupa neighborhood yang disebut Vacation Island yang merupakan tempat Sims liburan bersama keluarga. Vacation memiliki 3 zona yaitu hutan, pantai dan gunung salju.

4. The Sims Unleashed (7 November 2002)

Pak ekspansi yang ini dikembangkan oleh Maxis/EA. Versi ini memberikan fitur tambahan, yaitu dapat memelihara hewan. Dan jumlah neighborhood yang tadinya hanya berjumlah 10 menjadi lebih dari 40.

5. The Sims Superstar (13 Mei 2003)

Pada pak ekspansi ini memungkin Sims dapat menjadi seorang selebritas.

6. The Sims Makin’ Magic (29 Oktober 2003)

Makin’ Magic merupakan pak ekspansi terakhir dari permainan video The Sims ini. Versi ini memberikan kemampuan Sim menggunakan sihir.

Jadi itulah beberapa informasi mengenai The Sims. Mainkan lagi untuk bernostalgia dan mengobati rasa kangen Anda dengan The Sims ini.

BACA JUGA : Jatengpost.com - Media Informasi dan Edukasi Jawa Tengah