Skip to main content

Mengenal Buku Elektronik dan Manfaatnya

E-book

Mengenal Buku Elektronik dan Manfaatnya

Anda sepertinya sudah tidak asing lagi dengan buku elektronik atau yang dikenal dengan E-book. Ya, selain menggunakan buku biasa, Anda juga bisa memperoleh berbagai macam informasi dari E-book.

Nah, di bawah ini ada beberapa penjelasan dari pengertian E-book, fungsi, dan cara membuatnya bagi para pemula.

1. Pengertian E-book

E-book singkatan atau singkatan dari Electronic book merupakan jenis buku elektronik dengan bentuk seperti softcopy. Meskipun elektronik tentunya dapat dibaca dengan mudah ya menggunakan perangkat elektronik misalnya saja komputer, smartphone serta handphone.

Tidak jauh berbeda dari pada bentuk buku pada biasanya, isi E-book juga memuat informasi dalam bentuk teks maupun gambar. Bukan sekadar itu saja, hal uniknya adalah dalam buku bentuk elektronik kadang juga didukung dengan video serta audio sebagai sarana pelengkap dalam memahami informasi maupun materi secara mudah bagi para pembaca.

Format dari E-book pun sangat beragam dan tentunya bisa disesuaikan dengan perangkat yang digunakan. Beberapa format tersebut di antaranya adalah PDF, TXT,XML, Mobi, HTML dan lainnya. Namun yang paling sering dipakai adalah PDF karena tetap bisa dibuka meski perangkat sedang offline.

2. Fungsi serta Manfaat E-book

Sama halnya dengan buku pada umumnya, buku elektronik juga memiliki fungsi dan manfaat yang akan berguna bagi para penggunanya. Berikut ini adalah beberapa fungsi dan manfaat tersebut :

2.1. Media Informasi

Dengan adanya E-book Anda pun bisa menemukan berbagai macam informasi yang dicari sama seperti dengan buku biasa. Namun perbedaannya E-book dari pada buku biasa adalah pada beberapa bagian isinya. Buku biasa hanya memiliki isi teks serta gambar. Namun E-book bisa berisi multimedia misalnya saja teks, gambar, audio dan video

Selain itu, E-book sendiri khususnya yang berformat PDF dan HTML memiliki fitur pencarian yang mempermudah anda dalam mencari informasi yang ingin anda dapatkan. Contohnya blog yang sedang Anda baca ini.

Buku elektronik tentunya akan bermanfaat bagi siswa maupun pelajar yang mana cepat merasa bosan dan susah dalam memperhatikan pembelajaran dari guru. Pasalnya E-book akan sangat mudah untuk dipahami dibandingkan dengan buku biasa. Selain menyenangkan isinya juga lengkap ya.

2.2. Pengungkapan dari Ide Baru

Apabila Anda mempunyai minat untuk membuat buku dan mengungkapkan gagasan baru, namun masih belum mempunyai dana jika membuat buku pada terdekat maka E-book bisa dijadikan alternatifnya. Anda pun bisa menulis serta menuangkan ide cemerlang serta gagasan pendapat yang bermanfaat.

3. Cara untuk Membuat E-Book

Bagi Anda yang memiliki keinginan untuk membuat E-book sendiri maka cara bisa menggunakan cara yang sangat mudah. Yakni dengan membuka browser versi terbaru. Bebas ya bisa browser apa saja seperti halnya dengan Chrome, Opera Mini, Mozilla Firefox dan lainya.

Jika sudah maka Anda bisa membuat blog maupun website. Namun sebaiknya buat blog saja dulu pada situs www.blogger.com. Jika sudah selesai maka Anda bisa membuat postingan. Nah lebih lengkapnya Anda bisa melihat beberapa tutorial yang ada. Pada umumnya E-book dalam blog memiliki HTML dan hanya bisa Anda buka secara online.

Bagaimana Anda sudah mulai paham bukan dengan buku elektronik? Sama halnya dengan buku pada umumnya, Anda juga bisa memperoleh informasi dengan E-book. Jika ingin membuat E-book sederhana bagi pemula maka Anda bisa mengikuti beberapa langkah cara membuat E-book sederhana seperti penjelasan di atas. Semoga bermanfaat!