Skip to main content

Apa yang Terjadi Jika Anda Kelebihan Atau Kekurangan 7 Nutrisi Yang Dibutuhkan Oleh Tubuh?

Nutrisi

Apa yang Terjadi Jika Anda Kelebihan Atau Kekurangan 7 Nutrisi yang Dibutuhkan Oleh Tubuh?

Untuk menjaga kesehatan tubuh, tentunya tubuh butuh nutrisi yang cukup setiap harinya. Namun, dalam mengkonsumsi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh pun tidak boleh berlebihan atau malah kekurangan. Hal tersebut akan memberikan dampak yang cukup berbahaya bagi tubuh Anda.

Berikut adalah akibat dari kelebihan atau kekurangan 7 nutrisi dalam tubuh :

1. Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi paling utama untuk tubuh Anda. Tubuh akan mengubah gula sederhana serta pati kompleks menjadi glukosa untuk dijadikan sebagai sumber energi sel yang ada di dalam tubuh.

Jika Anda mengkonsumsi terlalu banyak karbohidrat, hal tersebut akan menaikkan berat badan karena disimpan dalam tubuh dalam bentuk lemak. Untuk mengurangi kelebihan berat badan, Anda bisa mengganti nasi putih, roti putih atau kue dengan menggunakan gandum, quinoa, sorgum, kacang-kacangan dengan kandungan serat dan vitamin mineral tinggi serta wortel.

2. Protein

Protein yang masuk ke dalam tubuh digunakan untuk pertumbuhan dan perbaikan sel. Tubuh akan memecah protein menjadi beberapa asam amino. Setelah itu, asam amino tersebut diserap oleh sel-sel tubuh untuk kebutuhan pertumbuhan dan metabolisme. Meski protein merupakan nutrisi baik untuk tubuh, namun kelebihan protein dapat menyebabkan gangguan fungsi ginjal, meningkatnya kadar kolesterol, berat badan naik, asam urat hingga resiko kanker. Untuk menghindari kelebihan protein, Anda bisa menggunakan 1 atau 2 jenis protein dalam 1 porsi makanan seperti ikan, ayam atau juga bisa menggantinya dengan protein nabati kacang-kacangan, tempe, biji-bijian dan lainnya.

3. Lemak

Lemak merupakan sumber energi yang membantu pembentukan hormone dalam tubuh dan mempermudah penyerapan vitamin A, D, E dan K. Lemak baik dapat Anda temukan dalam buah-buahan seperti alpukat, sayur hijau, dan kacang-kacangan. Jika terlalu banyak lemak yang ada di dalam tubuh, hal tersebut dapat meningkatkan resiko kanker, obesitas, sembelit, kolesterol tinggi hingga kerusakan yang terjadi pada dinding arteri serta otak.

Untuk menghindari kelebihan nutrisi tersebut, sebaiknya orang dewasa disarankan mengkonsumsi 40% karbohidrat, 30% protein dan 30% lemak.

4. Vitamin

Vitamin berguna untuk merawat sel dalam tubuh sekaligus membantu metabolisme tubuh. Ternyata, sebagian orang sering kekurangan vitamin karena pemilihan serta cara pengolahan makanan modern.

Kekurangan vitamin dalam tubuh bisa menyebabkan beberapa masalah seperti rasa sakit saat menstruasi, osteoporosis, batuk pilek, kanker, eczema, penuaan dini, gangguan ginjal, hipertensi, anemia hingga penyakit mata.

5. Mineral

Mineral memiliki peranan penting dalam hal pertumbuhan serta proses metabolisme sel tubuh mulai dari rambut, kulit, tulang, sampai sel darah membutuhkan nutrisi tersebut setiap harinya. Tak hanya itu, mineral juga berfungsi untuk membantu mengubah makanan menjadi energi serta meningkatkan fungsi saraf.

Kekurangan mineral juga bisa menyebabkan beberapa masalah dalam tubuh seperti rambut rontok, kulit kering, mudah lelah, anemia, osteoporosis hingga mengganggu keseimbangan hormone.

6. Serat Makanan

Serat makanan (dietary fiber) merupakan bagian makanan yang tidak dipecah oleh tubuh serta baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Serat sangat baik untuk mengoptimalkan aktivitas usus, mengendalikan imunitas, menjaga keseimbangan bakteri usus serta melindungi berbagai macam sel yang ada di dalam tubuh.

Kekurangan nutrisi serat akan menyebabkan sembelit, penyakit hati, ambeien hingga kanker usus besar.

7. Air

Tahukah Anda jika 65% berat tubuh ternyata terbuat dari air? Kandungan air yang ada di dalam tubuh akan berkurang melalui pencernaan, urin, keringat dan pernafasan. Oleh karena itu, penting untuk memenuhi kebutuhan air mineral setiap harinya dan mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya akan kandungan air.

Kekurangan air dalam tubuh bisa menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan, gangguan pada sel dan organ otak, mata serta darah.

Tubuh memang membutuhkan nutrisi tetap sehat dan metabolisme yang ada di dalamnya bekerja dengan baik. Namun, jika Anda terlalu banyak mengkonsumsi beberapa jenis nutrisi atau bahkan asupan nutrisinya kurang, hal tersebut justru akan menyebabkan masalah yang serius bagi tubuh Anda.