Skip to main content

Anda Harus Tahu! Ini Jabaran Lengkap Dari Business Intelligence

Business Intelligence

Anda Harus Tahu! Ini Jabaran Lengkap Dari Business Intelligence

Dalam dunia bisnis, Anda tentunya pernah mendengar istilah business intelligence. Sebenarnya, apa sih business intelligence itu? Apakah ini penting dalam sebuah bisnis? Business Intelligence adalah sesuatu yang sangat penting dalam dunia bisnis. Nah, untuk Anda yang ingin tahu lebih banyak tentang hal ini, yuk langsung saja simak ulasan selengkapnya yang ada di bawah ini.

Pengertian Business Intelligence

Berdasarkan pengertiannya, Business Intelligence adalah serangkaian alat analisis yang berupa informasi bisnis untuk menganalisis, mengkonsolidasi, menyimpan serta mengakses data dalam jumlah yang banyak dalam, konteks proses bisnis yang mengarah pada terbentuknya sebuah keputusan dan tindakan dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja usaha.

Dengan business intelligence akan ini akan memberikan suatu jalan untuk mendapatkan pengetahuan yang dibutuhkan dalam mengambil sebuah keputusan yang baik. Adapun lingkungan business intelligence ini meliputi semua hal yang berkaitan dengan perkembangan, dukungan kegiatan, dan pengolahan informasi yang dibutuhkan dalam sebuah bisnis untuk memberikan informasi yang andal dan relevan untuk mengambil keputusan.

BI juga menjelaskan tentang sebuah konsep serta metode yang digunakan untuk meningkatkan proses pengambilan keputusan berdasarkan sebuah sistem yang berbasis data. Data mentah yang ada nantinya akan diubah menjadi sebuah informasi dengan cara dianalisis dan dikumpulkan sesuai dengan data yang diinginkan.

Adapun fungsi business Intelligence ini adalah digunakan sebagai sistem pendukung keputusan dengan menggunakan aplikasi dengan tujuan untuk memberikan informasi yang disesuaikan dengan setiap kebutuhan penggunanya.

Manfaat Business Intelligence

Menurut Turban, Rainer dan Potter Business Intelligence ini memiliki beberapa manfaat terhadap sebuah organisasi atau perusahaan. Beberapa manfaat tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

1. Meningkatkan Nilai dan Informasi Perusahaan

Dengan menggunakan Business Intelligence ini maka semua data dan informasi yang ada dalam sebuah perusahaan dapat diintegrasikan. Dengan demikian ia akan menghasilkan sebuah kesimpulan dari keadaan sebuah bisnis dan akan membantu pihak managerial lebih mudah dalam mengambil sebuah keputusan.

2. Memudahkan Proses Pengukuran Kinerja Perusahaan

Dalam mengukur seberapa bagus kinerja sebuah perusahaan biasanya sering digunakan sebuah ukuran yang disebut dengan Key Performance Indicator atau disingkat dengan istilah KPI. Nah dengan BI, maka KPI bisa mudah untuk dicapai dengan lebih tepat, cepat dan tentunya mudah.

Dengan demikian, perusahaan juga akan lebih mudah dalam mengambil keputusan cadangan sebagai antisipasi jika terdapat masalah dalam indikator. Dengan demikian, target yang ingin dicapai tetap bisa terwujud.

3. Meningkatkan Nilai Investasi Teknologi Informasi

Business Intelligence juga tidak melulu mengubah serta teknologi informasi yang sudah ada. Ia hanya akan menambah layanan dan sistem yang baru sehingga data dan informasi dapat direpresentasikan lebih baik lagi.

4. Meningkatkan Efisiensi Biaya

Business intelligence bisa digunakan untuk meningkatkan efisiensi biaya karena ia dapat mempercepat seseorang dalam melakukan sebuah pekerjaan. Dengan demikian hal ini akan menjadi lebih hemat waktu dan banyak manfaat yang didapatkan.

Selain itu, waktu yang diperlukan untuk mencari sebuah data juga akan semakin tempat. Bahkan cara melakukannya juga mudah tan tanpa harus memiliki pengetahuan yang khusus.

Dengan menggunakan Business Intelligence ini maka nilai dan informasi sebuah perusahaan atau organisasi dapat ditingkatkan. Adanya Business Intelligence ini juga memudahkan dalam proses pemantauan kinerja dari sebuah perusahaan.

Ia juga akan meningkatkan nilai investasi yang sudah ada serta menciptakan sebuah akses pegawai yang lebih mudah dan baik. Dengan demikian, business intelligence akan mempermudah sebuah perusahan dalam mengambil sebuah keputusan yang sangat penting.