Skip to main content

3 Cara Hapus Akun Google dan Hal-Hal yang Harus Diperhatikan

Cara Hapus Akun Google

3 Cara Hapus Akun Google dan Hal-Hal yang Harus Diperhatikan

Akun Google dapat memberikan akses ke seluruh layanan Google, seperti Gmail Drive, YouTube, maupun yang lainnya. Jika Anda ingin menghapus akun Google, maka ada beberapa cara hapus akun Google yang bisa diikuti.

Saat Anda berencana menghapus akun Google, maka terdapat banyak data yang hilang akses. Termasuk layanan kalender, Google Drive, atau Gmail. Apabila menggunakan smartphone Android, maka pengguna juga kehilangan akses pada kontak apapun yang sudah tertaut.

1. Resiko Jika Akun Google Dihapus dari Smartphone

Cara hapus akun Google dilakukan oleh pemilik smartphone agar kinerja dari perangkat tidak terlalu berat. Selain itu, juga demi menjaga keamanan data atau privacy. Namun, sebaiknya Anda juga memperhatikan beberapa hal yang akan terjadi apabila akun Google dihapus dari smartphone.

Data apapun yang ada di smartphone, meskipun Anda sudah mencadangkannya, data tersebut akan hilang secara permanen. Sehingga tidak bisa digunakan kembali dengan nama yang sama. Berikut ini ada beberapa hal yang dapat terjadi apabila akun Google dihapus dari smartphone:

  • 1.1. Tidak Dapat Menggunakan Layanan Google

    Anda tidak akan pernah bisa menggunakan layanan dari Google tempat di mana Anda melakukan login pada akun tersebut. Misalnya seperti aplikasi kalender, aplikasi play, Gmail, atau Google Drive. Apabila layanan Google tersebut tidak bisa digunakan, pastinya Anda sendirilah yang merasa dirugikan.

  • 1.2. Kehilangan Data

    Anda akan kehilangan konten dan seluruh data yang terdapat pada akun tersebut. Beberapa dari data maupun konten yang dimaksud, seperti kalender, email, foto, file, atau dokumen yang lainnya.

    Akses ke konten atau langganan yang sudah Anda beli saat menggunakan Google Play, maka tidak bisa digunakan, termasuk YouTube, film, game, aplikasi musik, maupun acara TV.

  • 1.3. Kehilangan Google Play Store

    Resiko keempat jika akun Google pada smartphone Anda hapus, maka pengguna tidak dapat melakukan penginstalan maupun update aplikasi melalui Play Store. Tidak sampai disitu saja, karena pengguna juga tidak bisa mendengarkan musik, menonton film, maupun yang lainnya.

    Secara tidak langsung Anda kehilangan musik yang telah Anda miliki atau sudah dibeli pada perangkat smartphone. Apabila akun Google sengaja dihapus, pencapaian Anda selama bermain game akan hilang.

  • 1.4. Kehilangan Google Drive

    Jika Anda kehilangan Google Drive akibat menghapus akun Google dari smartphone, bersiap-siaplah akan mengalami kesulitan. Sudah bisa dipastikan bahwa Anda tidak bisa mengupload atau mengunduh file ke akun yang sudah dihapus.

    Sementara data tidak tersimpan pada Google Drive. Untuk data tersebut mencakup file yang sudah diunduh dari foto menggunakan perangkat smartphone atau dari email.

  • 1.5. Kehilangan Kontak

    Kontak yang sudah tersimpan pada smartphone atau akun Google, maka akan hilang secara permanen. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memisahkan kontak ke perangkat yang lain. Tujuannya supaya kontak tersebut bisa Anda peroleh kembali.

2. Hal-Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Menghapus Akun Google

Sebaiknya Anda memperhatikan beberapa poin penting di bawah ini sebelum memutuskan untuk menghapus akun Google. Meskipun cara hapus akun Google bisa dilakukan dengan sangat mudah. Namun, sebaiknya perhatikan poin penting berikut supaya tidak menyesal nantinya:

  • 2.1. Meninjau Informasi

    Poin pertama yang perlu dipertimbangkan yaitu perihal tinjauan informasi yang terdapat pada akun Anda terlebih dahulu. Tinjauan informasi yang dimaksud Anda harus mempelajari bagaimana cara mengunduh data sesuai yang sudah Anda simpan.

    Cara ini dapat dikatakan susah-susah gampang, karena setiap smartphone pastinya mempunyai tinjauan informasi yang berbeda.

  • 2.2. Menambahkan Email Baru

    Menambahkan email baru bisa dilakukan pada layanan akun Google sebelum menghapusnya. Cara ini bisa Anda lakukan agar bisa menggunakan alamat Gmail yang baru untuk beberapa kebutuhan. Misalnya seperti kebutuhan perbankan online, media sosial, maupun aplikasi.

  • 2.3. Info Pemulihan Akun

    Hal terakhir yang harus dilakukan sebelum akun Google dihapus yaitu dengan memperbarui bagian info pemulihan akun. Langkah ini akan sangat membantu jika suatu saat Anda berkeinginan untuk memulihkan akun.

3. Cara Hapus Akun Google

Apabila Anda sudah memperhatikan beberapa poin yang ada di atas, apa sudah yakin ingin menghapus akun Google? Ada beberapa pilihan cara hapus akun Google yang bisa Anda ikuti. Jika mempunyai akun Google yang lebih dari satu, proses penghapusan akun bisa dilakukan dengan mudah.

Sementara Anda pun tidak perlu menghapus akun yang lainnya. Berikut ini langkah yang harus dilakukan ketika ingin menghapus akun Google yaitu:

  • 3.1. Melalui Smartphone Android

    • Langkah pertama, silahkan membuka akun Google yang ada pada smartphone.
    • Setelah itu, pilih data dan personalisasi pada bagian panel navigasi kiri.
    • Pada panel download, terdapat pilihan “hapus maupun buat rencana data”.
    • Silahkan klik “hapus layanan maupun akun Anda”
    • Pada bagian panel hapus akun Google Anda, silahkan klik hapus akun.
    • Proses selesai.
  • 3.2. Melalui Aplikasi Safari

    Selain langsung menggunakan smartphone ketika ingin menghapus akun Google, ternyata Anda juga bisa melakukannya melalui aplikasi Safari. Aplikasi Safari Safari ini bisa membantu pengguna smartphone untuk mengikuti cara hapus akun Google dengan sangat mudah.

    Bagaimana caranya? Berikut ini langkah-langkahnya:

    • Anda harus membuka aplikasi Safari terlebih dahulu, kemudian pergi ke google.com.
    • Pada icon foto profil yang ada pada pojok kanan, silahkan klik.
    • Setelah itu, pilih sign out.
    • Berikutnya klik sign, kemudian klik tulisan “Sign In With Different Account”, kemudian klik tombol remove.
    • Langkah berikutnya silahkan pilih akun yang ingin Anda hapus.
    • Jika ingin menghapus akun Google, silahkan klik “hapus akun” kemudian akhiri dengan tombol done.
  • 3.3. Menghapus Akun Google Melalui PC atau Laptop

    Penghapusan akun Google secara permanen bisa dilakukan melalui laptop maupun Android. Namun, berbeda perangkat pastinya langkah yang dilakukan juga tidaklah sama. Jika Anda pengguna PC atau laptop, maka bisa mengikuti langkah berikut agar bisa menghapus akun Google secara permanen:

    • Silahkan login menggunakan akun Gmail yang Anda miliki, kemudian buka halaman “selanjutnya”.
    • Silahkan klik tulisan “hapus akun Anda”.
    • Input password Gmail dan klik tombol berikutnya.
    • Berikan centang pada semuanya dan hal ini menjadi tanda bahwa Anda sudah menyetujui semua persyaratan yang diberikan oleh Google.
    • Klik hapus akun.

Menghapus akun Google mempunyai tujuan yang berbeda-beda pada setiap orang nya. Akan tetapi, yang pasti cara hapus akun Google ini dilakukan demi menjaga privasi maupun keamanan data. Hal ini dikarenakan akun Google yang tersimpan di dalamnya terdapat berbagai data penting.

Data tersebutlah yang secara langsung terhubung pada layanan Google. Lebih baik menghapus akun Google secara permanen supaya data yang tersimpan pada akun Google tidak dapat diakses oleh orang lain.

Terlebih lagi akhir-akhir ini terdapat banyak kasus peretasan akun Google. Petasan ini dilakukan untuk mengambil data penting di dalam akun Google Drive, Gmail, atau Google Photos. Jika data penting Anda diambil oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab, sangat beresiko pastinya. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!