Skip to main content

Berbagai Pilihan Jenis Sewa Truk Tangerang

Berbagai Pilihan Jenis Sewa Truk Tangerang

Berbagai Pilihan Jenis Sewa Truk Tangerang

Apakah Anda sedang mencari jasa Sewa Truk Tangerang? Jika iya apakah Anda sudah mengetahui kebutuhan truk yang Anda cari di Sewa Truk Tangerang? Sewa Truk Tangerang sendiri adalah perusahaan jasa transportasi yang menyediakan berbagai jenis truk dengan segala kebutuhannya.

Truk sendiri digunakan sebagai satu jenis armada transportasi yang mempunyai ukuran sangat beragam dan tipe karoseri yang berbeda satu dengan yang lainnya. Pemanfaatan truk itu sendiri adalah untuk memenuhi kebutuhan dari pengiriman barang yang dilakukan dengan jumlah dan ukuran barang yang besar.

Dengan berbagai macam pilihan truk dan jenisnya tersebut malah seringkali membuat para konsumen seperti Anda menjadi dilema tersendiri. Truk jenis apa yang harus dipilih untuk memenuhi kebutuhan pengiriman barang yang akan dilakukan?

Membedakan Berbagai Ragam Jenis Truk Transportasi

Di Indonesia banyak sekali jenis truk transportasi yang tersedia. Untuk membedakannya dapat dengan melihat jumlah sumbu, jumlah roda, ukuran maksimal, serta besar kapasitas muatan atau kubikasinya.

Akan tetapi sebelum kami jelaskan berbagai ragam jenis truk, Anda harus pahami terlebih dahulu perihal sumbu truk serta CBM.

Sumbu Truk: Sumbu truk sendiri berfungsi untuk tempat dimana roda terpasang. Untuk mobil pada umumnya memiliki 2 buah sumbu, sedangkan pada truk, jumlah dari sumbunya tidak cuma 2 akan tetapi bisa lebih banyak lagi tergantung fungsi yang dibutuhkan. Semakin banyak sumbunya, berbanding lurus dengan jumlah rodanya yang semakin banyak terpasang.

CBM: CBM ini merupakan satuan dari kubikasi pada truk. Salah satu contoh perhitungan kubikasi sebuah container adalah seperti berikut ini:

Apabila Lemari seberat 20 Kg dengan panjang 1,5 m, lebar 1 m, serta tinggi 2 m. Maka kubikasinya bisa dihitung dengan 150 x 100 x 200 cm / 1.000.000 (untuk perhitungan standar dari sewa container) = 3 CBM.

Ragam Jenis Truk Transportasi Sewa Truk Tangerang

  • 1 Truk Pick Up

    Truk jenis ini adalah jenis dengan ukuran yang paling kecil. Jenis truk ini hanya mempunyai 2 buah sumbu dengan 4 buah roda yang terpasang.

    Jika membicarakan perihal volume kapasitas, rata - rata truk pick up mempunyai volume maksimal 1 CBM dengan berat muatan maksimal sebesar 1,5 ton, terkecuali dengan jenis pick up bak dengan volumenya yang maksimal 6 CBM.

    Pada umumnya, truk pickup di Indonesia disebut dengan mobil Pickup Bak, Box maupun Grand Max.

    Favorit masyarakat Indonesia untuk jenis itu sendiri terhadap truk pickup ini antara lain: Carry Pick Up, L300 dan Grand Max maupun Blind Van.

    Mobil pickup jenis Carry dan L300 sering dipakai mengirim barang pindahan di rute yang tidak terlalu jauh dan juga tidak mempunyai resiko kerusakan yang tinggi terhadap barang yang dibawa.

    Berbeda dengan Grand Max, kebanyakan jenis Pick Up ini hanya dipakai untuk pengiriman barang paket yang mesti terhindar dari sinar matahari dan juga dari air hujan. Ini membuat kapasitas Grand Max lebih kecil dibandingkan teman - teman sejenisnya.

  • 2 Truk Cold Diesel Engkel (CDE)

    CDE atau disebut dengan Truk Colt Diesel Engkel adalah jenis truk yang memiliki 2 buah sumbu dengan 4 roda yang terpasang. Mirip dengan pick up hanya saja kapasitas CDE sangat berbeda jauh dengan pick up itu sendiri.

    1 truk CDE rata - rata mempunyai kubikasis ebesar 6 CBM dengan kapasitas muat maksimal 2 ton. Terkecuali CDE jenis bak yang dimana jenis ini memiliki volume maksimal 12 CBM.

  • 3 Truk Cold Diesel Double (CDD)

    Truk Cold Diesel Double (CDD) ini saudara dari truk CDE dengan jumlah sumbu yang sama yaitu berjumlah 2 hanya saja jumlah roda yang terpasang ada 6 buah.

    Di Indonesia sendiri, truk jenis ini disebut juga dengan Truk Canter. Dari segi ukuran, CDD memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dibanding dengan jenis truk CDE yakni memiliki volume muatan 12 CBM dengan berat muatan maksimal 4 Ton.

    Kelebihan lainnya dari truk CDD dibandingkan CDE adalah CDD mampu membawa jumlah muatan yang lebih banyak dibandingkan CDE karena jenis truk CDD ini bisa dimodifikasi menjadi truk CDD Long. dengan modifikasi tersebut maka dalam 1 Colt Diesel akan mampu menampung barang sebesar 30 kubikasi.

  • 4 Truk Fuso

    Jenis truk selanjutnya yaitu Truk Fuso. Truk jenis Fuso ini mirip dengan jenis truk CDD tapi yang non-long namun mempunyai kapasitas yang jauh lebih besar yaitu sebesar 25 CBM dengan kapasitas berat maksimal sebesar 7 Ton.

    Truk Fuso itu sendiri merupakan sebuah truk yang dikeluarkan salah satu brand automotive mitsubishi yang dimana berfokus pada produksi kendaraan niaga di kelas light dan medium truk.

  • 5 Truk Tronton

    Jenis truk selanjutnya yaitu Truk Tronton, truk ini mempunyai 3 sumbu dan memiliki jumlah roda sebanyak 10 buah. Konfigurasi rodanya adalah 2 – 4 – 4.

    Kapasitas dari Truk Tronton ini bisa membawa barang sebesar 30 CBM dengan berat bawaan maksimal sebesar 10 Ton.

    Jenis truk ini sangat disukai oleh para pelaku bisnis ekspedisi. Selain karna kemampuannya membawa banyak barang dalams ekali jalan, harga dari truk jenis ini juga tergolong cukup terjangkau.

  • 6 Truk Wingbox

    Selain Truk Tronton, jenis truk selanjutnya berikut ini juga merupakan salah satu pilihan bagi para pelaku bisnis yaitu jenis truk Wingbox.

    Truk Wingbox memiliki banyak sekali keunggulannya. Salah satu keunggulan yang menjadi favorit banyak pelaku bisnis adalah pada 3 sisi (kanan, kiri dan belakang) box belakangnya yang bisa dibuka seluruhnya hingga dapat mempercepat daripada waktu pekerjaan bongkar muat barang yang dilakukan.

    Truk Wingbox dibedakan menjadi 2 berdasarkan jumlah sumbunya, yaitu 2 sumbu dan juga 3 sumbu. Untuk berat maksimal serta kapasitas muatan dari Truk Wingbox itu sendiri sangat bervariasi tergantung dari tipe karoserinya. Untuk jenis karoseri wingbox merupakan tipe built-up atau bukan buatan dari produsen truk itu sendiri.

  • 7 Truk Trailer

    Truk Trailer ini merupakan jenis armada transportasi yang mempunyai daya angkut sangat besar dimana truk jenis ini mampu membawa muatan sebesar 20 Ton hingga 60 Ton. Hal ini bukan tanpa alasan, karena truk trailer itu sendiri didesain untuk digunakan sebagai kargo pengiriman barang seperti alat atau kendaraan berat.

    Terdapat 2 jenis truk trailer yaitu: Trailer 20 feet yang mempunyai jumlah sumbu 4 atau 5 dan trailer 40 feet yang mempunyai jumlah sumbu 6.

    Berbeda dengan jenis armada lainnya, Truk Trailer ini memiliki banyak tipe seperti Trailer Lowbed, Flatbed, Flat Track, Box, bak dan masih banyak juga yang lainnya.

Bagaimana? Apakah Anda sudah menentukan pilihan jenis truk di Sewa Truk Tangerang?

Pilihlah dengan menyesuaikan akan kebutuhan Anda untuk menghindari segala macam problem di tengah - tengah pengiriman nanti. Dengan Sewa Truk Tangerang usaha Anda akan menjadi lebih lancar dan proses penyewaan yang mudah serta murah.