Skip to main content

Review DJI Pocket 2, Fitur dan Spesifikasinya (LENGKAP)

DJI Pocket 2

Review DJI Pocket 2, Fitur, dan Spesifikasinya (LENGKAP)

Brand DJI kembali mengenalkan perangkat elektronik canggih terbaru yang bisa dibawa kemana saja yang dikenal sebagai DJI Pocket 2. Kamera pocket ini memiliki ukuran yang kecil dan nyaman digenggam.

Tampilan antar muka tidak terlalu rumit mengingat tombol yang ada di perangkat ini tidak terlalu banyak dan bisa dipelajari dalam waktu yang singkat. Kamera pocket ini sangat cocok bagi Anda yang tidak ingin repot-repot merekam momen penting menggunakan kamera besar.

1. Mengenal Lebih Dekat DJI Pocket v2

1.1. Kamera

Dilengkapi kamera sebesar 64MP membuat DJI Pocket v2 handal dalam hal fotografi ataupun videografi. Resolusi maksimal yang bisa dihasilkan oleh kamera ini mencapai 9216×6912 px. Ada beberapa versi pengambilan gambar, mulai dari single shot, panorama dan countdown.

Kameranya mampu merekam video hingga 4K Ultra HD hanya dalam satu genggaman ponsel saja. Sedangkan untuk pengambilan videonya terdapat beberapa opsi pilihan seperti motion lapse, hyperlapse dan lain sebagainya.

Pengambilan video dalam mode slow motion bisa diatur hingga 4x dan dapat menghasilkan hasil yang bagus. Menariknya adalah kecepatan bitrate video dari DJI Pocket v2 ini mencapai 100 mbps dan ini sangat fantastis.

1.2. Dukungan MicroSD Card

Seperti halnya drone DJI lainnya, pada kamera DJI Pocket 2 ini juga tidak bisa menggunakan microSD Card sembarangan. Hanya beberapa produk SD Card yang support bisa digunakan karena beberapa alasan tertentu, salah satunya adalah kecepatan membaca file.

Dari situs resminya sendiri dikatakan bahwa kapasitas maksimal yang bisa digunakan adalah 256GB, model UHS-I speed grade I atau UHS-1 speed grade 3. Berikut beberapa rekomendasi microSD Card yang bisa digunakan :

  • Samsung Evo Plus 64GB dengan speed grade 3.
  • Samsung Pro Endurance 64GB dengan speed grade 1.
  • SanDisk Extreme Pro 64GB V30 A1 dengan speed grade 3.
  • SanDisk Extreme Plus 128GB V30 A1 dengan speed grade 3.
  • Lexar 633X 32GB dengan speed grade 1.

1.3. Aplikasi Yang Digunakan

DJI Pocket v2 ini memiliki aplikasi yang bisa di install di perangkat masing-masing yang dikenal sebagai DJI Mimo. Aplikasi ini bisa di install di Android ataupun iPhone sekalipun, namun Anda perlu memperhatikan rekomendasi sistem minimal untuk menjalankannya.

Bagi pengguna Android, sistem operasi yang dijalankan setidaknya sudah Android 7.0 atau di atasnya lebih bagus. Sedangkan untuk pengguna iPhone bisa menginstallnya di iOS 11.0 atau di atasnya juga bisa. Jika sistem operasi belum memenuhi persyaratan, maka aplikasinya tidak dapat terinstall.

2. Fitur Unggulan DJI Pocket 2

2.1. Active Track 3.0

Salah satu fitur unggulan dari DJI Pocket v2 yang tidak dimiliki kompetitornya adalah adanya fitur active track 3.0. Fitur ini memungkinkan pocket untuk mengikuti arah gerak Anda ataupun teman Anda dengan praktis tanpa perlu mengarahkannya.

Sensor yang digunakan pada fitur ini adalah sensor wajah ketika pertama kali terekam oleh DJI Pocket v2 ini. Artinya adalah Anda bisa meletakkan alat ini di suatu tempat, kemudian Anda tinggal bergerak sesuka hati dan gerakan kamera dari pocket akan mengikutinya.

2.2. Quick Capture

Mengabadikan momen penting dengan cepat memang cukup sulit dan tentu membutuhkan peralatan yang memadai. Namun dengan menggunakan DJI Pocket ini Anda tidak akan kesulitan untuk mengambil gambar ataupun video.

Cukup dengan menekan tombol capture untuk foto dan video, maka kamera pocket akan merekam aktivitasnya. Anda juga tidak perlu cemas jika objek yang hendak difoto berjalan cepat karena alat ini mampu mendapatkan hasil foto yang bagus.

2.3. Story Mode

Bagi yang seringkali membuat video daily life atau sejenisnya, DJI Pocket 2 ini sangat cocok untuk Anda. Di dalam perangkat ini tersedia fitur story mode yang memungkinkan Anda untuk langsung merekam beberapa cuplikan video dan menambahkan musik untuk dijadikan sebagai mini movie.

Anda hanya perlu memilih salah satu template yang hendak digunakan, kemudian tinggal mengikuti langkah-langkah yang disarankan. Sistem nantinya akan memproses seluruh item yang dibutuhkan dan akan terbentuk mini movie yang sederhana.

2.4. AI Editor

Sebagian besar perangkat yang muncul di era modern saat ini sudah dilengkapi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang akan membantu pekerjaan manusia. Pada DJI Pocket v2 ini nyatanya sudah dibekali oleh AI editor.

Fungsi dari AI editor ini tidak lain adalah menggabungkan beberapa klip video maupun gambar yang telah diambil sebelumnya dan menghasilkan sebuah konten video. Nantinya juga akan ada tambahan musik dan transisi antar part yang sudah diatur sedemikian rupa.

2.5. High Definition Panorama

Kamera yang terdapat pada kamera pocket ini memang berukuran kecil, namun tidak bisa dianggap remeh begitu saja. Meskipun kameranya tergolong kecil, namun dukungan high definition panorama yang dimilikinya mampu menghasilkan foto model panorama hingga jangkauan 180 derajat.

Bahkan Anda juga bisa mengambil foto selfie bersama-sama dalam panorama mode 3x3 tanpa perlu takut tidak bisa masuk frame. Fitur ini dianggap sebagai fitur premium yang masih jarang ditemukan pada perangkat serupa.

2.6. Motorized Stabilization

Ketika mengambil sebuah gambar ataupun video, tentunya harus fokus dan tidak ada gerakan agar hasilnya maksimal. Beberapa perangkat ada yang sudah didukung oleh motorized stabilization, ada juga yang belum.

Pada DJI Pocket v2 ini telah didukung fitur tersebut dan hal ini tentu akan menguntungkan Anda. Pengambilan foto ataupun video menjadi lebih stabil dan masih bisa memfokuskan pada objek dalam foto ataupun video itu.

2.7. Timelapse

Kamera pocket satu ini juga memungkinkannya untuk mengambil timelapse selama beberapa menit atau bahkan jam. Ini sangat cocok untuk melengkapi video perjalanan Anda di suatu tempat sambil menikmati keindahan alam disekitarnya.

Dukungan motion lapse yang terdapat di dalamnya tentu akan membuat hasil timelapse menjadi lebih baik. Terlebih gerakan kamera yang smooth akan menambah kesan fantastic dari hasil akhirnya. Namun pastikan Anda telah mengatur pengambilan timelapse dengan benar.

2.8. Zoom

Pada umumnya kamera pocket seperti ini hanya mendukung untuk beberapa kali zoom saja untuk memperbesar suatu objek. Berbeda dengan DJI Pocket 2 ini yang mampu melakukan zoom hingga 8x dan masih mampu menghasilkan hasil foto yang bagus.

Dukungan resolusi kamera 64MP memang menjadi salah satu faktor pengambilan gambar masih tetap bagus. Disisi lain kamera pocket ini juga sudah dilengkapi stabilizer pada kameranya yang tentu akan membuat kamera tetap fokus meskipun sudah dilakukan zoom hingga 8x.

2.9. Stereo Recording

Ketika digunakan untuk merekam sebuah video, audio merupakan salah satu komponen penting yang harus ada. Umumnya orang-orang akan menambahkan perangkat tambahan agar kualitas audio yang direkam memadai.

Namun sekarang Anda tidak perlu cemas mengingat DJI Pocket v2 ini telah dilengkapi oleh 4 microphone tipe stereo yang ada di setiap sisinya. Ini artinya proses perekaman audio menjadi lebih baik dibandingkan perangkat serupa.

3. Spesifikasi DJI Pocket 2

  • Kamera: 64MP
  • ISO Kamera:
    • Foto : 100-6400 (16 MP), 100-3200 (64 MP)
    • Video : 100-6400
    • Slow Motion : 100-3200
  • Baterai: 875 mAh
  • Waktu Charging: 73 menit
  • Durasi Penggunaan: +/- 140 menit
  • Ukuran: 124.7x38.1x30 mm
  • Berat: 117 gr

Bagi yang menginginkan pocket kamera dengan fitur yang memukau, DJI Pocket 2 ini bisa menjadi rekomendasinya. Namun untuk mendapatkannya Anda perlu menyiapkan dana yang lebih besar mengingat harganya juga fantastis. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!