Skip to main content

Rekomendasi Game Online Terbaik Yang Bisa Dipakai Secara Gratis

DOTA 2

Rekomendasi Game Online Terbaik Yang Bisa Dipakai Secara Gratis

Game online gratis yang bisa dimainkan di PC atau HP ada banyak. Umumnya pengembang memberikan versi aplikasi secara gratis dan bisa dimainkan kapan saja. Tidak ada biaya yang dibebankan di awal meski sebagian besar game memberlakukan cash atau item khusus.

Cash ini biasanya dijual dengan menggunakan uang. Kalau Anda tidak mau beli cash, bukan jadi masalah. Anda masih bisa main dengan konsep F2P atau free to play. Sebaliknya kalau mau main P2W atau pay to win juga tidak masalah. Berikut beberapa rekomendasi game gratisnya.

1. DOTA 2

DOTA 2 adalah game dengan konsep MOBA yang hanya hadir di versi PC saja. Orang yang ingin memainkannya harus mengunduh klien dan menyambungkannya ke PC. Saat awal bermain tidak akan ada biaya, kecuali Anda ingin membeli hero tertentu dan aksesori yang dipakai.

Saat ini komunitas DOTA 2 terus berkembang di seluruh dunia. Peminatnya masih banyak meski game MOBA versi mobile sudah banyak dan mudah diunduh. Anda bisa bermain untuk menghancurkan markas lawan bersama dengan empat orang kawan lain.

2. PUBG

PUBG terbagi menjadi dua yakni yang jenis PC dan kedua di mobile khususnya Android. Secara permainan, game dengan tema battle royale ini hampir sama. Anda akan diterjunkan ke suatu lokasi bersama dengan orang lain yang total jumlahnya ada 100 orang.

Misinya hanya satu, Anda harus bertahan dari serangan musuh hingga bersisa 1 pemenang saja. Untuk memenangkan permainan, Anda harus menggunakan senjata yang ditemukan di sekitar tempat jatuh atau dari air drop yang biasanya berisi item kuat.

3. League of Legends

LoL adalah game dengan konsep MOBA yang awalnya ada di PC. Setelah penantian panjang akhirnya game ini dirilis di versi mobile. Para penggemar MOBA generasi lawas menyambut baik hal ini karena mereka ingin merasakan permainan klasik dengan hero yang menarik.

League of Legends versi mobile sebenarnya hampir sama dengan Mobile Legends atau permainan MOBA lainnya. Anda akan membentuk tim dengan 4 orang lain. Biasanya semua orang akan memiliki hero yang berbeda-beda dan dipakai untuk menghancurkan markas musuh.

Secara umum game online ini gratis dan bisa dimainkan siapa saja. Hanya saja untuk beberapa item aksesori seperti skin harus dibeli dengan uang. Beberapa hero khusus kemungkinan juga harus didapatkan dengan top up.

4. Final Fantasy Brave Exvius

Game online gratis besutan dari Final Fantasy dan Gumi in menghadirkan konsep RPG ala FF yang klasik dan menarik. Saat memainkannya, Anda akan diberi lima slot yang bisa diisi dengan karakter khusus dari seri Final Fantasy atau karakter orisinal dan kolaborasi.

Seperti halnya game khas Jepang lain, komponen penting yang selalu ada di dalamnya adalah gacha. Anda bisa melakukan pull untuk mendapatkan karakter baru menggunakan lapis. Mata uang lapis bisa didapatkan dengan memainkan misi dan melakukan log in.

Hanya berbekal kemampuan F2P ini, Anda bisa bertahan dan mendapatkan unit bintang 7 atau Neo Vision (NV) yang sangat kuat. Mainkan strategi agar masing-masing unit bisa dimanfaatkan kemampuannya saat bertarung dengan musuh yang kuat.

5. Harvest Town

Nama game ini bukan Harvest Moon, tapi secara konsep permainan hampir sama. Harvest Town adalah permainan online dengan konsep bertani. Saat bermain Anda akan diminta untuk menanam aneka tanaman sesuai dengan musim, menebang pohon, memancing, hingga menambang.

Game ini masih berstatus early access meski pemainnya ada lebih dari 1 juta orang di seluruh dunia. Pengembang dari Tiongkok terus melakukan kolaborasi termasuk dengan pemain lokal untuk membantu proses localization supaya terjemahannya sempurna.

Saat ini versi terbaru dari Harvest Town adalah v2.0. Banyak perubahan yang ditawarkan mulai dari perubahan waktu, adanya pembatasan musim, kemudahan bertemu NPC khusus, sampai penyederhanaan fitur misi.

6. Hearthstone

Tidak semua orang menyukai permainan kartu yang kadang rumit dan membosankan. Namun, Hearthstone menghadirkan permainan yang lebih sederhana dan tetap menarik. Kartu dari para hero akan memberikan efek khusus saat dimainkan melawan musuh.

Versi dari Hearthstone ini ada dua, pertama adalah versi di PC yang bisa diunduh secara gratis di Stream. Game ini masih banyak dimainkan karena sering ada update. Terakhir adalah versi ponsel yang bisa Anda dapatkan dengan mudah melalui Playstore.

7. The Sims Mobile

The Sims Mobile adalah versi gratis dari The Sims 4 yang tersedia di Steam. Secara konsep, isi dari game simulasi ini sama dengan versi PC. Hanya saja ada beberapa bagian yang tidak bisa detail mengingat ada keterbatasan pada perangkat yang digunakan.

Saat bermain The Sims Mobile, Anda akan diberi kebebasan untuk membuat karakter unik sesuai dengan diri sendiri atau orang lain. Selanjutnya, karakter itu bisa diberi nama, diberi pakaian, sampai menjalankan aneka misi dan membentuk karier dalam permainan.

Meski terlihat sederhana, game ini sebenarnya cukup rumit dan kompleks. Apalagi ada banyak misi yang diberikan. Untuk bermain dengan baik, Anda juga harus mengumpulkan banyak uang agar berbagai perabotan di rumah terbeli.

8. Plants Vs Zombies 2

Game besutan Electronics Art ini terus berkembang dari versi pertama yang sukses di PC terlebih dahulu. Kali ini PVZ2 hadir dalam versi online yang memudahkan interaksi antar pemain. Khususnya dalam duel satu lawan satu pada event bulanan.

Beberapa perkembangan yang cukup besar dari game ini adalah hadirnya berbagai tanaman yang unik dan fungsi yang lebih beragam. Tidak hanya tanaman yang sifatnya menyerang saja, ada juga yang bertahan dan juga memberikan buff pada kawannya.

Tanaman dalam PVZ2 juga memiliki level dari 1 sampai 10 hingga ke mastery. Semua misi yang dimainkan akan berhadiah semacam shard yang dipakai untuk menaikkan level. Game ini memberikan yang beragam termasuk limited plant yang bisa diperoleh secara gratis.

9. Paladins: Champions of the Realm

Game ini menawarkan konsep permainan yang mirip sekali dengan battle royale. Hanya saja ada beberapa perbedaan dengan jumlah orang yang bermain. Jumlah Champions (sebutan pemain) terbatas sehingga persaingan semakin sengit dan menarik.

Berbeda dengan game battle royale lain yang karakternya berbentuk seperti orang, game ini menggunakan karakter ala kartun. Setiap Champions memiliki kemampuan khusus sehingga mirip sekali dengan game MOBA yang banyak dimainkan saat ini.

Game online gratis mudah didapatkan dari ponsel baik itu Android atau iOS. Anda cukup mengunduhnya dari Playstore atau App Store. Untuk PC, biasanya akan menggunakan perantara seperti Steam yang berisi banyak sekali game terbaik yang bisa dipakai secara gratis.

Meski game di atas gratis, sebagian besar membutuhkan uang untuk membeli item tertentu atau kalau ingin main dengan gampang. Semua tergantung dengan kebutuhan masing-masing. Selama masih bisa dimainkan secara gratis, kenapa harus mengeluarkan uang. Ya, nggak?