Skip to main content

Cara Mengganti Background Zoom di Laptop dan HP

Cara Mengganti Background Zoom di Laptop dan HP

Cara Mengganti Background Zoom di Laptop dan HP

Zoom menjadi aplikasi populer untuk kebutuhan video call atau rapat online. Salah satu keunggulan dari aplikasi ini, yaitu menyediakan fitur untuk cara mengganti backgorund Zoom di laptop atau HP. Tidak hanya itu, pengoperasian aplikasi video call ini tergolong cukup mudah untuk dilakukan.

Sebelum melakukan pergantian background, pastikan bahwa perangkat Anda telah memenuhi persyaratan dari platform Zoom. Jika Anda menggunakan sistem flagship, maka versi OS yang support adalah Intel Core i5 dan i7. Jika versi OS lebih rendah pengguna diharuskan memiliki layar hijau pada bagian belakang.

1. Cara Mengganti Background Zoom di Laptop

Hadir sebagai aplikasi video conference terbaik dan terpopuler, membuat Zoom memiliki beragam kelebihan serta keunggulan yang tidak bisa Anda dapatkan di aplikasi lain. Mulai dari bisa menampung hingga 100 orang partisipan, menambahkan efek filter, hingga melakukan pergantian virtual background.

Tentunya fitur ini mampu membuat pengguna bisa menyampaikan presentasi secara lebih maksimal, meskipun melalui pertemuan online. Tidak hanya itu, tujuan pengguna ini juga dapat dimanfaatkan agar audience tidak terdistraksi dengan objek atau orang lain yang ada di belakang pengguna.

Di bawah ini cara-cara yang bisa Anda lakukan dalam mengganti background yang ada di aplikasi Zoom melalui perangkat laptop.

  • Pertama pastikan bahwa perangkat laptop Anda telah memiliki aplikasi Zoom atau bisa melakukan unduhan dan pemasangan terlebih dahulu melalui link dibawah ini
  • Setalah aplikasi berhasil dipasang, kini Anda sudah bisa membuka aplikasi Zoom tersebut pada perangkat laptop.
  • Selanjutnya Anda akan diminta untuk melakukan login terlebih dahulu. Pada proses ini Anda juga dapat melakukan login menggunakan akun Google, SSO (Single Single-On), ataupun Facebook.
  • Jika sudah berhasil masuk, Anda dapat beralih ke gambar profil pengguna dan klik menu “Pengaturan”.
  • Di bagian bilah kiri, klik pada tab “Virtual Background”. Kemudian, Anda sudah bisa memilih secara langsung opsi background yang ingin digunakan pada video meeting online.
  • Pergantian background ini juga bisa Anda lakukan secara langsung ketika melakukan panggilan video. Caranya, yakni klik tombol dengan ikon berbentuk arah yang ada di bagian pojok kiri bawah samping ikon Stop Video.
  • Selanjutnya, pilih tab menu “Choose Virtual Background” untuk beralih ke pengaturan background.
  • Pada tampilan ini Anda juga bisa memilih gambar atau video yang ingin dijadikan sebagai background dalam panggilan video.
  • Terdapat berbagai gambar yang bisa pengguna pilih, seperti jembatan, planet, pantai, awan, dan sebagainya. Selain itu, pengguna juga bisa mengganti background menggunakan file gambar atau video yang sudah tersimpan di laptop atau komputer.
  • Caranya, yakni klik ikon Plus yang ada di bagian samping gambar, lalu pilih menu “Add Image” untuk gambar atau “Add Video” untuk menambahkan background video.
  • Kemudian, pengguna akan dialihkan secara otomatis ke halaman file manager laptop untuk memilih file gambar atau video. Jika sudah, maka Anda bisa klik Open untuk melakukan pergantian background melalui file yang dipilih.
  • Anda juga bisa mendapatkan berbagai macam jenis background untuk aplikasi Zoom secara gratis di internet. Cukup masukkan kata kunci “Free motion background” pada kolom pencarian Google. Hasil pencarian ini akan menampilkan berbagai situs penyedia background yang bisa di unduh secara gratis.
  • Alternatif selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan background gratis adalah melalui situs website dari Pixabay. Pada situs ini pengguna bisa memasukkan kata kunci “Motion backgrounds” dan otomatis website akan menampilkan beberapa pilihan yang bisa diunduh secara gratis.
  • Cara yang bisa Anda lakukan dalam mengunduh file tersebut, yakni klik file background dan pilih menu “Free Download” yang ada di bagian bar samping kanan motion. Setelah itu, Anda bisa menentukan ukuran file yang diinginkan, lalu klik menu “Download”.
  • Terakhir, motion background yang sudah berhasil diunduh akan tampil secara otomatis pada halaman Virtual Background dan Anda sudah bisa melakukan pergantian background sesuai keinginan.

2. Cara Mengganti Background di HP

Tidak hanya untuk pengguna versi Desktop, aplikasi Zoom virtual background juga hadir pada perangkat HP yang memiliki OS Android ataupun iOS. Cara pengaturannya tergolong hampir sama untuk versi desktop. Anda bisa memilih jenis background yang disediakan atau menggunakan file motion dari HP.

Berikut ini cara-cara untuk mengganti background aplikasi Zoom pada perangkat HP Android ataupun iOS.

  • Pertama, Anda bisa mengunduh aplikasi Zoom pada Google Playstore ataupun Appstore. Lakukan pemasangan seperti aplikasi lainnya.
  • Setelah berhasil dipasang, lakukan login menggunakan akun yang sebelumnya telah dimiliki. Jika akun ini belum tersedia, maka Anda dapat melakukan pendaftaran melalui bantuan akun Google ataupun Facebook.
  • Selanjutnya, Anda dapat melakukan join meeting, lalu klik menu “More” dengan ikon titik tiga yang ada di bagian bawah panggilan video.
  • Pada tampilan submenu ini, klik opsi “Virtual Background” untuk melakukan pergantian. Secara otomatis akan terlihat beberapa opsi pilihan background yang dapat Anda pilih untuk panggilan video.
  • Jika sudah menemukan pilihan background, maka Anda bisa menekan tombol Plus yang ada di bagian samping background tersebut untuk menggunakannya.
  • Kemudian, background yang ada di video Anda akan mengalami pergantian secara langsung.
  • Selain itu, Anda juga bisa menambahkan gambar atau video dari penyimpanan HP. Cara yang bisa dilakukan hampir sama dengan sebelumnya. Pengguna hanya perlu klik tombol ”Add+”, kemudian masuk ke penyimpanan perangkat, lalu pilih gambar atau video yang ingin digunakan.
  • Anda juga bisa mengunduh terlebih dahulu motion background yang ingin digunakan pada internet.
  • Cara unduhan yang bisa dilakukan juga sama untuk pengguna laptop, Anda perlu mengetikkan kata kunci “Free motion background” pada kolom pencarian Google.
  • Selanjutnya, akan tampil berbagai website yang menyediakan motion background. Disarankan untuk memilih website yang gratis akan Anda bisa melakukan unduhan secara langsung. Namun, jika ingin tampil yang berbeda terdapat berbagai motion premium yang bisa Anda unduh.
  • Salah satu website terbaik yang menyediakan motion premium adalah Videezy. Anda bisa melakukan pembayaran terlebih dahulu. Pada proses pembayaran ini Anda akan dihadapkan dengan tiga pilihan paket.
  • Setelah berhasil melakukan pembayaran, kini Anda sudah bisa mengunduh berbagai video motion dan bisa digunakan secara langsung untuk mengganti background yang ada di aplikasi Zoom.
  • Namun, pengguna motion background pada HP tidak bisa dilakukan untuk semua jenis HP. Hal ini dikarenakan hanya terdapat beberapa HP saja yang support untuk virtual effect secara langsung.
  • Selain itu, alogoritma Zoom pada HP tidak bisa bekerja secara maksimal dikarenakan keterbatasan HP dalam menangkap objek. Anda perlu memiliki background yang polos agar Zoom bisa mendeteksi Anda sebagai objek.

Kehadiran aplikasi Zoom pada masa pendemi ini, membuat banyak pengguna bisa tetap terhubung meski berada di dalam rumah. Salah satu keunggulan dari aplikasi video conference ini, yaitu memungkinkan pengguna untuk melakukan cara mengganti background Zoom di Laptop ataupun HP. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!