Skip to main content

8 Rekomendasi Komputer Tablet dan Tips Memilihnya

MIcrosoft Surface Pro 7

8 Rekomendasi Komputer Tablet dan Tips Memilihnya

Komputer tablet adalah kombinasi antara komputer dan tablet. Sederhananya, gadget ini adalah laptop yang layarnya bisa dilepas atau dipakai untuk touchscreen. Kemampuan tablet dan PC sama-sama ada di sini sehingga peminatnya juga sangat banyak.

Trend dari komputer tablet belum terlalu lama munculnya. Sejak tablet muncul dan banyak orang sulit untuk mengetik, versi komputer akhirnya dibuat dan langsung menggaet banyak orang. Informasi seputar tips memilih tablet PC dan juga rekomendasinya bisa disimak di bawah ini.

1. Cara Memilih Komputer Tablet yang Tepat

Memilih komputer tablet ternyata tidak semudah yang Anda bayangkan. Agar tidak salah beli dan menyebabkan kecewa, simak beberapa tips di bawah ini.

  • 1.1. Pilih Ukuran Layar yang Sesuai

    Sama halnya dengan tablet, ukuran layarnya bervariasi mulai dari yang 7 inch sampai paling besar ada 10 inch. Ukuran ini menentukan penggunaan dari gadget apakah dipakai untuk kebutuhan standar atau dipakai untuk keperluan bekerja.

    Tablet PC dengan ukuran 7-9 inch umumnya dipakai untuk kebutuhan sehari-hari seperti sekadar browsing, melihat channel di Youtube, sampai ke urusan game. Ukuran yang lebar, tapi tidak berlebihan akan membuat pengguna merasa lebih nyaman karena tidak terlalu berat.

    Selanjutnya kalau ukuran dari gadget ini berada di angka 10 inch atau mungkin lebih besar dari itu, kemungkinan besar dipakai untuk bekerja. Misal Anda bekerja di bidang desain, layar lebar akan memudahkan proses pekerjaan. Hal senada juga berlaku untuk penyuntingan film atau video.

  • 1.2. Pertimbangkan Jeroannya

    Saat akan membeli PC jenis apa pun baik itu yang standar, rakitan, atau yang berbentuk tablet adalah jeroan yang digunakan. Pertimbangkan berapa besar RAM yang digunakan untuk menjalankan aneka jenis aplikasi, kartu grafik, dan juga memori internalnya.

    Sebisa mungkin untuk memilih tablet PC yang memiliki RAM diatas 4GB. Kalau gadget yang dipakai masih menggunakan RAM 2 GB, akan sulit dipakai untuk menjalankan aplikasi dan juga aneka game HD yang sangat berat. Bahkan, tablet PC bisa mati dengan sendirinya.

    Memori internal harus berada di atas 256 GB, kalau bisa sampai 500 atau 1 TB akan lebih baik. Apalagi Anda menggunakan gadget ini untuk bekerja. Kemungkinan besar butuh banyak tempat untuk melakukan penyimpanan data.

  • 1.3. Pastikan Sudah Ada OS

    Beli komputer kekinian ada baiknya mempertimbangkan OS yang dipakai dan wajib sudah ada. Mengapa? Karena kalau pakai OS install dari toko ada kemungkinan palsu. Memakai barang palsu sangat berbahaya apalagi menggunakan crack untuk melakukan pemasangan.

    Biasanya tablet PC baru sudah ada OS seperti Windows 10 meski versinya masih basic. Kalau masih belum full atau versinya trail, Anda memang disarankan untuk membelinya. Saat ini harga OS Windows tidak terlalu mahal.

    Selain OS yang dipakai, pertimbangkan juga aplikasi bawaan yang ada di dalamnya. Kalau bisa harus sudah ada Office. Kalau sudah ada Office dan resmi, Anda bisa lebih aman dan nyaman. Tinggal di-upgrade sendiri agar mendapatkan versi yang menggunakan cloud.

  • 1.4. Pertimbangkan Bobot dari Gadget

    Ada beberapa alasan mengapa seseorang memutuskan untuk membeli tablet PC dibandingkan laptop standar. Pertama adalah masalah berat. Kalau menggunakan laptop, gadget akan membuat tas berat sehingga tidak nyaman saat dibawa ke mana saja.

    Selanjutnya kalau sangat berat tidak akan nyaman dibawa ke mana saja meski ukurannya kecil. Untuk itu, pastikan untuk memegang dan mententeng gadget itu terlebih dahulu. Kalau terlalu berat bisa ganti yang lain selama spesifikasinya masih sesuai dengan harapan.

  • 1.5. Pertimbangkan Harga

    Tablet dengan kemampuan baik seperti milik Samsung memiliki harga Rp5 jutaan. Kalau tablet yang difungsikan sebagai laptop atau PC harganya bisa bervariasi dan sesuai dengan kebutuhan. Ada yang kurang dari Rp4 jutaan dan banyak yang berada di atas Rp10 jutaan.

    Sebelum memutuskan untuk membeli komputer tablet, ada baiknya pertimbangkan bujet yang dimiliki dan kebutuhannya. Kalau hanya dipakai untuk hiburan, tentu tidak butuh yang mahal. Namun, kalau untuk bekerja harus dicek spesifikasinya terlebih dahulu.

    Beberapa pabrikan besar elektronik seperti Lenovo, HP, dan Microsoft sama-sama jadi pemain di kelas tablet PC ini. Mereka menawarkan komputer yang menarik dan dibungkus dengan bodi yang lebih ringan.

2. Rekomendasi Komputer Tablet

Ada beberapa rekomendasi tablet PC yang bisa Anda pertimbangkan untuk membelinya dalam waktu dekat.

  • 2.1. MIcrosoft Surface Pro 7

    Microsoft memang tidak mau main-main. Pada tablet PC ini jeroan yang dipakai Quad-core 10th Gen Intel® Core™ i5-1035G4 Processor. RAM dan ROM 8/256 GB dan sudah pakai Windows 10 serta layanan dari Microsoft 365. Harga gadget ini sekitar Rp. 19 juta an.

  • 2.2. Lenovo Yoga Book with Windows

    Yoga Book sudah pakai Windows 10 Home dan Office Mobile di dalamnya. Ukurannya sekitar 10 inch dan biasanya dipakai untuk desain grafis. Satu hal yang cukup disayangkan dari gadget dengan jeroan Intel® Atom™ x5-Z8550 adalah RAM cuma 4 GB dan internal 64 GB.

  • 2.3. HP Elite X2 1012 G2

    HP menghadirkan saingan terberat dari Surface Pro 7 dengan Elite X2. Dengan harga Rp18 jutaan, Anda akan mendapatkan chipset Intel HD Graphics 620 dan sudah pakai Windows 10 Pro. Gadget ini unggul dalam hal noise cancellation audio sehingga cocok untuk virtual meeting.

  • 2.4. Lenovo ThinkPad X1 Tablet (Generasi 3)

    Lenovo generasi ketiga ini dibanderol nyaris Rp17 juta. Dengan harga yang sangat tinggi ini Anda akan mendapatkan tablet ukuran 13 inch, OS Windows 10 Home, dan memori RAM/ROM 8/256GB. Gadget ini punya sistem keamanan yang baik.

  • 2.5. Teclast X4

    Dengan harga nyaris Rp8 juga, Anda bisa mendapatkan OS Windows 10, jeroan Gemini Lake 8th Intel Core Processor, dan RAM/ROM 8/256GB. Gadget ini bisa dipakai dari kondisi penuh ke kosong selama 7 jam.

  • 2.6. Microsoft Surface Go

    Versi irit dari gadget Surface yang mahal di poin pertama. Tablet PC ini memiliki ukuran layar 10 inch dan OS WIndows 10 Pro. Satu hal yang disayangkan dari gadget ini adalah Office yang dipakai masih trial 30 hari.

  • 2.7. Chuwi SurBook 2in1 Convertible Tablet

    Nama dari pabrikan Chuwi mungkin tidak begitu umum bagi banyak orang. Meski demikian, mereka mengeluarkan tablet PC ukuran 12 inch dengan spek yang bagus. RAM dan internal 6/128 GB dan sudah pakai Windows 10. Harga dari tablet PC ini hampir Rp. 7 jutaan.

  • 2.8. Alldocube KNote 5 pro

    Dari semua tablet PC yang ada di atas, varian ini yang paling murah dan hanya dibanderol Rp. 4 jutaan. Meski terlihat miring, jeroan dari gadget ini sudah cukup mumpuni. Apalagi memakai RAM 6 GB dan internal 128 GB. Tablet ini pakai Windows 10 Home dan berukuran 11.6 inch.

Komputer tablet adalah salah satu pilihan gadget terbaik untuk Anda yang aktif bekerja tapi tidak mau susah-susah membawa laptop yang berat. Apalagi gadget ini cenderung ringan dan bisa difungsikan layaknya tablet sehingga enak dibawa ke mana saja.

Harga dari komputer versi tablet ini bervariasi mulai dari Rp. 4 jutaan sampai puluhan juta. Semakin tinggi spesifikasi komputer, semakin tinggi pula harganya. Apalagi tablet PC digunakan untuk bekerja, misal dipakai untuk melakukan desain. Nah, mana yang Anda pilih?