Skip to main content

11 Aplikasi Kamera Terbaik di 2020 yang Wajib Anda Gunakan

Camera Zoom FX

11 Aplikasi Kamera Terbaik di 2020 yang Wajib Anda Gunakan

Kamera saat ini menjadi salah satu alat yang tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan. Teknologi kamera mulai diterapkan pada smartphone namun mengurangi beberapa fiturnya. Untuk menghadirkan fitur-fitur kamera profesional, Anda bisa menggunakan aplikasi kamera pada smartphone.

Beberapa aplikasi kamera ini bisa Anda gunakan pada sistem operasi android atau iOS. Anda bisa mengatur berbagai parameter kamera melalui aplikasi ini. Berikut ini 11 daftar aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk menghadirkan fitur kamera profesional pada smartphone Anda.

11 Daftar Aplikasi Kamera Terbaik di 2020

1. Camera Zoom FX

Permasalahan yang dihadapi kamera pada sistem android adalah kecepatan dalam menangkap gambar. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa menggunakan aplikasi Camera Zoom FX.

Aplikasi Camera Zoom FX akan membantu Anda untuk meningkatkan speed burst dari kamera Anda sehingga Anda bisa mengabadikan momen secara serentak. Aplikasi Camera Zoom FX dapat menangkap sebanyak 50 gambar dalam 1 detik.

Selain itu, Anda tidak perlu khawatir dengan stabilizer pada kamera dikarenakan aplikasi ini dibekali dengan program image stabilizer yang akan membuat hasil jepretan kamera smartphone Anda menjadi lebih fokus.

Antar muka pada aplikasi Camera Zoom FX tergolong cepat dan sederhana sehingga Anda bisa menggunakannya dengan mudah. Terdapat beberapa fitur seperti kontrol manual, pengambilan foto RAW, collage maker, tool photo editing, dan fitur lainnya.

2. Camera FV-5

Banyak orang menginginkan kamera di smartphonenya memiliki fitur yang sama dengan kamera DSLR miliki fotografer profesional. Semua fitur tersebut bisa Anda dapatkan melalui aplikasi Camera FV-5.

Aplikasi Camera FV-5 memiliki kontrol manual seperti kamera DSLR. Anda bisa mengatur beberapa parameter kamera seperti exposure, ISO, light metering, white balance, warmness, dan masih banyak parameter lainnya.

Anda juga bisa melihat berbagai informasi mengenai foto pada aplikasi ini seperti exposure, aperture yang digunakan, hingga f-stop foto.

3. VSCO Cam

VSCO Cam adalah salah satu aplikasi yang memiliki banyak pengguna dikarenakan fitur-fitur yang disediakan telah memenuhi kebutuhan para penggunanya. Aplikasi VSCO Cam dapat mengatur kamera smartphone sekaligus melakukan pengolahan gambar sekaligus.

Dengan tatap muka yang sederhana dan minimalis, VSCO Cam menawarkan beberapa fitur menarik seperti memotret foto pada mode RAW, mengatur secara manual white balance foto, mengatur ISO dan exposure dari kamera.

Anda juga bisa secara langsung mengatur dan mengedit foto yang dihasilkan melalui dashboard editing foto yang dimiliki oleh VSCO Cam. Semua fitur kamera dan editing foto terdapat dalam satu paket aplikasi VSCO Cam.

4. Camera360

Camera360 adalah salah satu rekomendasi aplikasi untuk kamera yang bisa Anda gunakan. Camera360 terkenal dengan fitur wajah flawless yang dapat menghasilkan wajah-wajah tanpa memiliki jerawat dan bersih.

Aplikasi Camera360 menjadi aplikasi populer karena mampu menciptakan gambar yang estetik dengan meningkatkan fitur beauty yang dimilikinya. Dengan menggunakan aplikasi ini, semua foto yang Anda tangkap terlihat lebih cantik dibandingkan versi aslinya.

5. Google Camera

Salah satu aplikasi untuk kamera terbaik di tahun 2020 yang harus Anda coba adalah Google Camera. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini dibuat oleh Google dan hanya bisa digunakan bagi para pengguna android.

Beberapa fitur menarik yang ditawarkan oleh Google Camera adalah stiker AR. Anda bisa mengarahkan kamera Anda pada stiker AR sehingga stiker tersebut dapat timbul seperti benda 3D. Selain fitur stiker AR, beberapa fitur yang ditawarkan Google Camera seperti di bawah ini.

  • Night Sight
  • Panorama View
  • Photosphere
  • Portrait Mode
  • Slow Motion Video
  • AR Sticker

6. Footej Camera

Aplikasi keenam yang bisa Anda coba untuk kamera smartphone adalah aplikasi Footej Camera. Aplikasi Footej Camera menggunakan Camera 2 API di Android yang memungkinkan Anda untuk mengatur secara manual kamera yang ada di android.

Aplikasi Footej Camera memiliki tatap muka yang sederhana dan mudah dimengerti sehingga Anda bisa menggunakan aplikasi ini tanpa kebingungan. Anda bisa secara leluasa mengatur berbagai kontrol seperti seorang fotografer profesional pada smartphone Anda.

7. Snapseed

Aplikasi edit foto yang tidak bisa diragukan lagi adalah Snapseed. Aplikasi ini telah digunakan oleh banyak fotografer mulai dari pemula hingga pemula. Aplikasinya yang bisa dipasang di smartphone sehingga memudahkan setiap orang untuk melakukan proses editing.

Aplikasi ini memberikan beberapa fitur unggulan untuk editing foto seperti pengaturan kekuatan vignettes foto, blur, temperature, hingga white balance foto. Anda bisa menggunakan semua filter dan pengaturan yang disediakan pada aplikasi Snapseed.

Aplikasi Snapseed terbagi menjadi dua bagian yaitu berbayar dan gratis. Jika Anda menggunakan aplikasi gratis, Anda tidak bisa menggunakan beberapa fitur yang disediakan oleh aplikasi Snapseed.

Anda bisa melakukan langganan untuk membuka semua fitur sekaligus efek yang disediakan oleh Snapseed sehingga meningkatkan estetika foto yang Anda hasilkan.

8. Polarr

Jika Anda mencari sebuah aplikasi yang memuat fitur-fitur profesional maka Anda bisa menggunakan aplikasi Polarr. Aplikasi ini memiliki penyuntingan yang relatif lengkap dibandingkan dengan aplikasi lainnya.

Beberapa setelan kamera yang dimiliki oleh aplikasi Polarr adalah exposure, kontras, white balance, dan masih banyak lagi. Kelebihan lainnya adalah pengaturan pada foto yang telah Anda edit dapat digunakan pada foto lainnya secara otomatis tanpa mengulang.

9. Cymera

Bagaimana jika sebuah aplikasi untuk kamera dapat memadukan dua media sosial Snapchat dan Instagram? Nah jawabannya adalah Cymera. Aplikasi Cymera menggunakan filter pada Snapchat dan Instagram sehingga bisa Anda kombinasikan.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan stiker, filter, hingga masker yang menggemaskan pada foto-foto yang telah Anda jepret. Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah fitur menghilangkan jerawat sehingga foto yang dihasilkan flawles.

10. Open Camera

Salah satu aplikasi untuk kamera yang memiliki fitur unik adalah Open Camera. Aplikasi ini menggunakan sensor suara yaitu kata Cheese. Ketika Anda mengucapkan Cheese, maka secara otomatis Open Camera akan mengambil foto Anda.

Selain fitur unik tersebut, Open Camera juga memiliki beberapa fitur lain yang mirip dengan kamera DSLR atau Mirrorless.

  • Mode penentuan fokus secara AF
  • Efek warna, White Balance, Kontras, Saturasi
  • Pengaturan Exposure Kamera

11. Bacon Camera

Rekomendasi aplikasi kamera lainnya yang bisa Anda coba adalah Bacon Camera. Pada mulanya aplikasi ini digunakan untuk pengguna smartphone OnePlus One.

Seiring perkembangan teknologi, Bacon Camera tidak hanya digunakan para pengguna OnePlus One, namun juga digunakan oleh pengguna smartphone lainnya. Beberapa fitur keren yang diberikan oleh Bacon Camera adalah ISO.

ISO, Focus, White Balance, dan beberapa fitur lainnya yang mirip dengan kamera profesional menjadikan aplikasi Bacon Camera sebagai salah satu aplikasi kamera terbaik di tahun 2020 yang banyak dicari pengguna smartphone.

Beberapa aplikasi kamera di atas bisa Anda coba dikarenakan memiliki rating dan populer di antara pengguna smartphone di dunia. Tertarik untuk mencoba salah satunya? Segera lakukan instalasi melalui Google Play Store atau Apple Store untuk merasakan pengalaman fotografer profesional. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!