Skip to main content

10 Aplikasi Perekam Layar HP untuk Android Gratis

XRecorder

10 Aplikasi Perekam Layar HP untuk Android Gratis

Saat mencari tutorial di Youtube, pernahkah Anda melihat video dari layar yang digerakkan oleh penggunannya. Tanpa harus direkam dengan kamera lain, video terlihat jelas. Ternyata, tutorial yang Anda lihat itu dibuat dengan menggunakan aplikasi perekam layar HP.

Dengan menggunakan aplikasi ini, berbagai aktivitas yang dilakukan di ponsel akan terekam dan tersimpan dengan sendirinya. Konsepnya mirip sekali dengan screenshot, tapi dalam bentuk video yang durasinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

10 Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar HP

Dengan aplikasi perekam layar HP, Anda bisa membuat konten khususnya yang berhubungan dengan tutorial. Selain itu kalau ada siaran atau tayangan live yang tidak sempat lihat juga bisa direkam. Untuk rekomendasi aplikasi perekamnya, simak beberapa daftar di bawah ini.

1. XRecorder

Salah satu aplikasi perekam layar ponsel yang laris di kalangan gamers dan content creator. Mengapa? Karena aplikasi ini gratis dan bisa dipakai dalam kondisi full. Jadi, Anda tidak perlu membeli lisensi untuk menikmati fitur one tap record yang sangat menakjubkan.

Sebelum menggunakan aplikasi ini, Anda disarankan untuk melakukan pengaturan terlebih dahulu. Pengaturan ini dilakukan untuk menyesuaikan resolusi dari video yang nantinya akan direkam. Ukurannya bisa sampai 1080p yang artinya sudah HD.

Setelah direkam, Anda bisa langsung menyimpannya di ponsel atau langsung membagikannya. Ada fitur untuk membagi sehingga Anda bisa melakukan pengeditan singkat dan mengirimnya ke media sosial atau Youtube sebagai salah satu konten.

2. Mobizen

Salah satu aplikasi perekaman layar terbaik lainnya adalah Mobizen. Ada beberapa alasan mengapa aplikasi ini banyak digunakan sampai sekarang. Pertama adalah bisa dipakai tanpa harus melakukan root pada ponsel. Jadi, aman digunakan kapanpun dimanapun.

Aplikasi ini memiliki ukuran yang kecil dan bisa dipasang di aneka versi Android. Biasanya aplikasi yang tergolong kekinian ini hanya bisa digunakan untuk ponsel dengan OS cukup tinggi. Namun, aplikasi ini mampu dipakai pada Android dengan versi 4.0 yang saat ini jarang dipakai.

Kelebihan terakhir dari aplikasi ini adalah resolusi hasil rekaman yang dihasilkan. Dengan menggunakannya, Anda bisa merekam Full HD. Dengan resolusi ini, video yang dihasilkan tidak akan pecah-pecah dan cocok sekali dipakai untuk membuat konten.

3. Screen Recorder by NLL

Aplikasi yang dikembangkan oleh NLL ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan aplikasi lain yang ada di dalam aplikasi ini. Pertama adalah tidak perlu root untuk mendapatkan fitur secara full. Dengan aplikasi ini, Anda bisa merekam layar dan suara yang ada di sekitarnya.

Suara yang dihasilkan juga memiliki kualitas HD. Artinya tidak akan ada suara pecah-pecah yang membuat hasil rekaman tidak maksimal. Hasil rekaman juga tidak dibatasi waktu sehingga Anda bebas merekam sampai kapan pun selama memorinya cukup.

Perekam dari NLL ini juga mudah digunakan. Ada fitur shake yang memudahkan Anda untuk melakukan perekaman atau melakukan pause. Jadi, tidak perlu menekan tombol di layar. Cukup goyangkan saja ponsel, perekaman bisa dilanjutkan atau dihentikan untuk sementara.

4. Super Screen Recorder

Selain mampu merekam dengan resolusi sampai 1080p, aplikasi ini bisa digunakan untuk melakukan penyuntingan video. Rekaman yang baru saja dilakukan bisa langsung diedit dan bisa dibagikan ke media sosial yang Anda miliki secara cepat.

Aplikasi yang bisa digunakan tanpa perlu ada dukungan root ini bisa juga dipakai membuat GIF. Jadi, saat melakukan chat, hasil suntingan itu bisa langsung dibagikan.

5. AZ Screen Recorder

Dengan 5 juta pengguna di seluruh dunia, aplikasi ini adalah perekam layar HP yang paling sukses. Apalagi rating yang dimiliki cukup tinggi. Dengan menggunakan aplikasi ini, berbagai aktivitas perekaman bisa dilakukan dengan lebih mudah dan juga cepat.

Gambar atau video yang dihasilkan bisa disetel sendiri apakah mau HD atau Full HD. Artinya, kualitas rekaman yang dihasilkan bisa dipertahankan. Durasi video juga bisa panjang karena tidak ada batasan sama sekali. Terpenting dari semua, tidak ada watermark dari pengembang.

6. Screen Recorder by Kimcy929

Perekam layar lain yang gratis biasanya akan disisipi beberapa iklan. Kalau Anda membayar beberapa rupiah, iklan baru dihilangkan. Aplikasi yang dikembangkan oleh Kimcy929 ini benar-benar gratis, tidak root, dan tanpa iklan sama sekali.

Saat menggunakannya, hasil video bisa diberi aneka sticker dan caption yang sesuai kebutuhan. Jadi, saat diunggah ke media sosial atau Youtube, video sudah dalam kondisi jadi.

7. NO-ROOT Record Screen to Video

Alternatif perekam lain yang bisa digunakan dan memiliki fitur standar. Anda bisa merekam video dengan kualitas HD dan video terlihat profesional. Pengembang tidak akan memberlakukan watermark sehingga Anda bisa menggunakannya untuk kebutuhan konten dan komersial.

8. Screen Recorder by AppSmartz

Fitur unggulan dari aplikasi yang dikembangkan dari AppSmartz ini tidak hanya merekam dengan kualitas HD saja. Dengan aplikasi ini, pengeditan yang profesional juga bisa dilakukan sehingga output yang dihasilkan sempurna.

Karena ada fitur untuk mengedit video, Anda disarankan untuk menggunakan ponsel dengan kualitas tinggi. RAM minimal 3GB agar tidak terjadi gangguan saat menyunting.

9. ADV Screen Recorder

Seperti namanya, perekam ini memberikan fitur yang lengkap. Mode untuk perekaman ada yang default dan juga advance. Jadi, bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Biasanya mode advance adalah yang paling bagus hasilnya.

Seperti aplikasi lain yang ada di dalam artikel ini, ADV Screen Recorder tidak memberikan watermark. Jadi, kalau mau digunakan sebagai konten sangat sempurna. Apalagi Anda bisa langsung menyunting video di sini tanpa perlu unduh aplikasi lain.

10. Lollipop Screen Recorder

Sebenarnya hampir semua perekam layar bisa dipakai untuk merekam di ponsel Android jenis apa pun. Namun, aplikasi yang cukup ringan ini dibuat agar versi Lollipop atau Android 5 bisa memakainya juga tanpa ada banyak hambatan di dalamnya.

Setelah melakukan pemasangan, Anda bisa langsung memakainya untuk merekam layar secara otomatis. Perekaman juga bisa dihentikan kalau mendadak layar padam. Untuk itu, selalu cek setting display dari ponsel agar proses perekaman tidak mengalami hambatan.

Lollipop Screen Recorder bisa Anda dapatkan dengan mudah di Playstore. Usahakan untuk tidak mengunduh selain di store resmi untuk menghindari adanya virus yang ikut masuk dan melakukan infeksi ke sistem dari ponsel.

Aplikasi perekam layar HP akan memudahkan Anda dalam merekam apapun lalu membaginya ke media sosial atau YouTube. Tidak perlu lagi menggunakan kamera lain untuk merekam layar. Prosesnya juga cepat dan hasilnya maksimal karena berkualitas HD.

Barangkali satu hal yang harus diperhatikan dengan baik kalau ingin menggunakan aplikasi ini adalah setting penyimpanan dan memori yang tersisa. Kalau rekaman dilakukan hingga berjam-jam, kemungkinan besar butuh ruang yang besar.

Selalu perhatikan hal itu agar memori internal yang masih dibutuhkan tidak mendadak penuh dan ponsel jadi hang. Selain itu, selalu cek penggunaan aplikasi secara berkala agar tidak secara otomatis melakukan perekaman kalau tidak dibutuhkan. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!