Skip to main content

Panduan Lengkap Cara Mengatasi Lupa Pola Android

Panduan Lengkap Cara Mengatasi Lupa Pola Android

Panduan Lengkap Cara Mengatasi Lupa Pola Android

Sering kali terjadi tidak pada sedikit orang pernah mengalami hal yang menyebalkan seperti lupa pola, sandi, pin dan kata kunci lainnya pada hp kita. Yang membuat kita sangat kesal adalah kita tidak dapat menggunakan hp kita saat kita lupa kunci ata polanya. Nah, pada pembahasan kali ini ada beberapa solusi yang dapat dilakukan ketika kamu mengalami lupa pola pada Hp kamu pribadi.

Berikut ini adalah Panduan Lengkap Cara Mengatasi Lupa Pola Android

Pada internet sudah beredar beberapa cara yang bisa Anda ikuti ketika Anda lupa pola atau sandi yang Anda setel di Hp Anda. Kebanyakan cara yang direkomendasi di internet itu akan mengharuskan Anda langsung melakukan reset Hp, sehingga kemungkinan data penting milik Anda seperti SMS, kontak, aplikasi, history chat akan hilang.

Namun, tak perlu khawatir karena cara di bawah ini bisa dilakukan tidak mengharuskan Anda melakukan reset. Jika salah satu dari cara berikut yang Anda ikuti gagal untuk membuka pola atau sandi yang Anda gunakan, Anda bisa menggunakan cara selanjutnya untuk membuka smartphone lupa pola dan sandi lainnya di bawah ini dengan urutan kesulitan dari yang paling mudah.

TOC / Daftar Isi

1. Gunakan Forgotten Password /Lupa Sandi

Cara pertama yang efektif dan wajib bisa Anda lakukan ketika lupa pola atau sandi adalah dengan menggunakan fitur forgotten password. Fitur ini memungkinkan Anda untuk melakukan penggantian password atau pola dengan dimintai data keterangan atau validasi yang Anda gunakan sebelumnya dengan pola atau password baru tanpa harus mereset ponsel Anda.

Untuk bisa menggunakan fitur forgotten password, Anda diharuskan melakukan beberapa kali kesalahan ketika memasukan pola atau sandi di hp. Ketika Anda melakukan kesalahan dalam memasukan pola atau sandi maka layar ponsel Anda akan memberitahu kalau Anda salah memasukan pola. Setelah itu, fitur forgotten password akan muncul jika Anda sudah memasukan berkali-kali.

Menggunakan fitur forgotten password ini, Anda tidak diharuskan melakukan reset ponsel Anda yang mengakibatkan hilang data. Yang harus Anda persiapkan hanyalah ponsel Anda dan koneksi internet yang stabil beserta sedikit info anda.

Setelah itu, Anda diharuskan memasukan akun Gmail dan kata sandi utama yang telah digunakan di ponsel Anda sebelumnya untuk digunakan. Untuk bagian ini, usahakan Anda tidak lupa karena jika lupa, maka proses pemulihan pola atau sandi ini sudah pasti akan gagal dengan fitur forgotten password.

Setelah berhasil memasukan akun Gmail beserta sandinya, Anda diarahkan pada jendela baru yang memuat pilihan untuk mengubah pola, sandi atau PIN dan kunci. Setelah itu, Anda akan dibawa ke halaman utama pada ponsel anda untuk lanjutan.

Anda nantinya bisa melakukan penggantian pola, sandi atau PIN HP yang lebih mudah ataupun bisa menghapusnya.

Back to Content ↑

2. Dengan Android Device Manager

Cara yang berikutnya adalah dengan menggunakan aplikasi Android Device Manager. Cara ini terbilang cukup mudah dan sangat praktis. Yang perlu Anda siapkan adalah berupa ponsel Anda beserta koneksi internet yang stabil dan sebuah PC komputer atau laptop. Saat Menggunakan Android Device Manager tidak mengharuskan Anda mereset data ponsel Anda jadi data penting tetap aman dan terjaga.

Dengan melalui laptop atau PC komputer, kunjungi situs Android Device Manager di google. Situs tersebut akan meminta Anda untuk log in gmail dan Pastikan Anda melakukan log in menggunakan akun Gmail yang sama atau terkait dengan akun di ponsel Anda.

Setelah proses login berhasil dilakukan, Anda akan mendapati halaman berupa sebuah peta yang memuat dimana lokasi ponsel Anda saat ini.

Nah, Di halaman tersebut juga memuat tiga opsi yang bisa Anda pilih nantinya, yaitu Ring, Erase dan Lock. Jika Anda ingin untuk mengatasi lupa pola atau sandi, Anda bisa memilih opsi Lock.

Anda akan dibawa pada jendela baru. Di jendela baru tersebut Anda bisa mengubah pola atau sandi yang ada di ponsel Anda saat ini. Buatlah sandi baru untuk ponsel Anda yang mudah atau bisa menghapus.

Back to Content ↑

3. Membuka Smartphone Lupa Pola dengan Menggunakan Bantuan dari Smartphone Orang Lain.

Cara membuka Hp lupa pola dan sandi berikutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan bantuan Hp orang lain. Cara ini juga termasuk mudah dan praktis dan Tidak perlu menggunakan laptop atau komputer untuk membukanya.

  • Pertama tentu pinjamlah smartphone orang lain bisa smartphone orang tua Anda, adik atau kakak Anda atau siapa saja.
  • Lakukanlah panggilan ke smartphone Anda dengan menggunakan smartphone pinjaman tersebut.
  • Tunggulah hingga proses panggilan masuk pada hp Anda.
  • Pada saat ketika ponsel Anda berdering, angkat panggilan tersebut.
  • Lalu, Pada saat proses panggilan sudah berhasil dilakukan, Anda bisa menekan tombol home sehingga ponsel Anda akan langsung masuk ke menu utama.
  • Selanjutnya, masuklah tinggal ke pengaturan dan ubahlah pola atau sandi yang lebih mudah untuk diingat.

Back to Content ↑

4. Melalui Reboot Safe Mode Android

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan Safe Mode pada ponsel Android, yang biasanya Cara ini biasanya dilakukan dalam kondisi khusus. seringkali ada kasus di mana sebuah ponsel tidak bisa dibuka pola atau sandinya yang disebabkan karena ada aplikasi dicekal oleh aplikasi pihak ketiga.

Nah, Meskipun Anda memasukan akun Gmail Anda tetap saja ponsel Anda tidak akan bisa dibuka jika terdapat masalah penguncian oleh aplikasi dari pihak ketiga. Untuk mengatasi itu, safe mode merupakan cara yang paling aman jika dibandingkan melakukan reset data. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  • Pertama tekan tombol power off di ponsel Anda atau matikan hp. Sebelum itu Biasanya, akan muncul opsi “power off” atau “restart”.
  • Nah, Setelah dua opsi di atas muncul tekan lagi tombol power di ponsel agak lama hingga opsi untuk melakukan Reboot Safe Mode muncul di layar. Setelah itu Tekan tombol OK atau tombol Yes.
  • Tunggulah Ponsel Anda akan loading hingga restart kembali dan Setelah itu, ponsel akan langsung masuk ke menu safe mode.
  • Saat melalui safe mode, lakukan proses uninstal aplikasi penguncian pihak ketiga yang membuat ponsel Anda terkunci dan tercekal.
  • Nah, Setelah aplikasi selesai di uninstall lakukan tombol restart dengan menekan tombol power beberapa saat dan pilih opsi restart.

Back to Content ↑

5. ADB

Cara membuka HP yang lupa pola dan sandi berikutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan ADB. Jika menggunakan cara ini, tentu tidak akan mereset ponsel Anda sehingga semua data Anda yang masih belum di-back up tidak akan hilang semua.

  • Pertama, Sambungkan smartphone Anda yang terkunci dengan sebuah laptop atau computer melalui USB.
  • Selanjutnya yang kedua Anda dapat memasukan perintah masuk ke dalam direktori instalasi ADB.
  • Ketiga, masukan perintah adb shell pada HP rm/data/system/gesture.key. dan Setelah itu, tekan tombol Enter pada keyboard laptop atau PC komputer Anda dan Tunggu sejenak
  • Setelah itu, Cabut ponsel Anda kemudian lakukan reboot pada smartphone Anda dan Tunggu hingga ponsel aktif kembali.
  • Layar yang sudah terkunci akan hilang di dalam smartphone Anda, tapi hanya sementara saja. Anda dapat masuk pada menu Pengaturan atau Setting untuk mengubah pola atau sandi yang baru atau bisa Anda menghapusnya.

Back to Content ↑

6. Menggunakan Recovery Mode

Langkah terakhir ini adalah hal yang bisa Anda tempuh jika semua cara di atas tidak berhasil dan Anda bisa lakukan adalah dengan menggunakan Recovery Mode. Resiko dari menggunakan Recovery Mode ini adalah hilangnya semua data yang ada di dalam ponsel Anda akan terhapus secara permanen saat tidak di backup di dalam sistem akun Google Anda.

Back to Content ↑

Nah, itulah langkah cara mengatasi lupa pola di android semoga bermanfaat.

Dan terimakasih karena telah mengunjungi portal blog teknologi Kami. Jika merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share artikel ini agar semakin bermanfaat.