Skip to main content

Cara Scan di iPhone

Cara Scan di iPhone

Cara Scan di iPhone

Melakukan scan dokumen umumnya dilakukan pada scanner yang terhubung langsung dengan PC. Namun, saat ini teknologi sudah sangat maju. Ada cara scan di iPhone dan Android yang sangat mudah dilakukan. Bahkan aplikasinya memiliki ukuran cenderung kecil.

Kalau Anda menggunakan iPhone, cara scan yang dilakukan ada dua jenis. Pertama yang dilakukan langsung dengan memakai fitur bawaan Note atau Catatan. Cara kedua adalah menggunakan aplikasi yang bisa diunduh secara gratis atau berbayar di App Store.

Cara Scan di iPhone dengan Catatan atau Note

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk melakukan scan di iPhone memanfaatkan aplikasi bawaan dari ponsel. Sayangnya, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh ponsel, salah satunya adalah memiliki OS 11 ke atas. Kalau Anda sudah memiliki OS itu, ikuti langkah di bawah ini:

Buka aplikasi “Catatan” atau “Note”, sesuaikan dengan pakaian bahasa pada ponsel yang Anda gunakan.

Setelah membukanya, coba buat catatan baru dengan menekan “logo plus” atau logo mirip kertas dan pena. Masing-masing OS kemungkinan logonya berbeda meski secara umum saja fungsinya.

Begitu menekan tombol itu akan muncul beberapa pilihan. Karena ingin melakukan pemindaian, Anda bisa memilih “Pindai Dokumen” atau “Scan Documents”.

Siapkan dokumen yang akan dipindai, letakkan di atas meja atau permukaan yang datar. Pastikan pencahayaan sudah sempurna.

Arahkan kamera ke dokumen agar pemindaian dilakukan sampai selesai. Selanjutnya, Anda bisa segera menyimpannya.

Kalau gambar belum masuk ke galeri, coba cek di catatan. Biasanya akan masuk sebagai tautan di Note yang dibuat. Anda bisa menyimpan gambar itu.

Selesai.

Apabila hasil pemindaian memang belum sempurna, Anda bisa mengulanginya atau bisa diedit dengan aplikasi sunting gambar. Jika sudah bisa disimpan kembali atau dikonversi menjadi dokumen dengan converter IMG to PDF.

Cara Scan di iPhone dengan Aplikasi

Kalau ponsel yang Anda gunakan adalah iPhone varian lawas dan belum ada pemindai pada Note atau Catatan, tidak perlu khawatir. Anda masih bisa menggunakan aplikasi yang sudah muncul di App Store. Berikut beberapa rekomendasinya.

  • 1. CamScanner

    CamScanner adalah salah satu aplikasi pemindai dokumen yang bisa didapatkan pada Android dan Apple. Aplikasi ini mampu melakukan scan pada dokumen apapun dan menyimpannya dengan resolusi tinggi. Jadi, tidak ada masalah dengan tulisan yang tidak terlihat.

    Semua hasil scan yang sudah dilakukan akan disimpan otomatis ke dalam galeri atau folder. Anda bisa memilih apakah file hasil pemindaian akan disimpan dalam bentuk JPG atau JPEG dan juga disimpan dalam bentuk PDF. Jadi, Anda tidak membutuhkan yang namanya converter.

    Proses scan dengan menggunakan aplikasi ini terbilang cepat dan hasilnya bisa langsung dipakai. Apalagi dengan pencahayaan yang sempurna, hasilnya mirip sekali dengan scan dokumen yang dilakukan melalui perangkat PC.

  • 2. Clear Scanner

    Tahukah Anda kalau aplikasi ini mendapatkan rating 4.7 di App Store milik Apple? Rating yang tinggi ini ternyata didapatkan dari kualitas alat yang bisa dipakai. Pertama, scanner ini berjalan dengan cepat sehingga cocok dipakai untuk memindai banyak dokumen dalam sekali waktu.

    Selain itu, aplikasi yang bisa didapatkan secara gratis ini juga tidak membubuhkan watermark. Artinya bisa digunakan untuk kebutuhan pekerjaan profesional. Misal Anda ingin mengirim dokumen ke kolega dan posisi sedang tidak berada di kantor.

    Clear Scanner memiliki hasil pindaian yang tidak terlalu besar. Maksudnya ukuran file-nya tidak terlalu besar. Namun, kualitas dan resolusinya masih tinggi. Dengan kemampuan ini, ukuran file yang dikirim bisa ditekan.

  • 3. Fast Scanner

    Seperti namanya, keunggulan dari Fast Scanner adalah kemampuannya dalam memindai secara cepat. Jadi, dokumen dengan jumlah puluhan atau ratusan lembar sekali pun tidak akan mengalami masalah. Dalam hitungan menit semuanya akan selesai dengan baik.

    Selain kecepatan yang memang bisa diandalkan, ada hal lain yang menyebabkan aplikasi ini digunakan oleh pengguna. Setelah Anda melakukan pemindaian, file yang didapat bisa langsung dipakai atau disimpan langsung ke Google Drive atau sejenisnya.

  • 4. Scanner Unlimited

    Aplikasi ini memang digunakan untuk melakukan pemindaian dokumen jenis apapun lalu disimpan ke format yang diinginkan. Namun, ada beberapa fungsi lain yang disematkan oleh pengembangnya. Scanner Unlimited ini bisa dipakai memindai barcode atau QR code.

    Aplikasi ini terhubung dengan cloud untuk tempat menyimpan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir kalau ingin memindai dokumen dalam jumlah banyak.

  • 5. iScanner

    iScanner adalah salah satu aplikasi yang memudahkan pengguna dalam memindai dokumen jenis apapun, termasuk gambar. Hasil pemindaian juga bisa maksimal dan memiliki kontras yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan.

    Kelebihan lain dari iScanner yang banyak digunakan oleh pengguna adalah kemampuannya dalam melakukan tanda tangan digital. Setelah dokumen yang dibutuhkan dipindai, Anda bisa langsung membubuhkan tanda tangan di sana dan menyimpannya.

    Dengan kemampuan yang cukup hebat ini, iScanner bisa diunduh secara gratis di App Store. Anda bisa menggunakannya kapan saja dibutuhkan. Ukurannya juga sangat kecil sehingga tidak membebani memori dari ponsel.

  • 6. Tiny Scanner Plus

    Aplikasi ini sangat mudah digunakan karena tidak memiliki terlalu banyak elemen. Semua dokumen atau permukaan dengan dominan warna hitam putih. Setelah dipindai, Anda bisa menyimpannya sendiri dalam bentuk PDF agar mudah dikirim atau digunakan kembali.

    Yang menarik dari Tiny Scanner Plus adalah kemampuannya untuk mengubah warna dari dokumen Jadi, tidak hanya hitam dan putih standar saja. Selain itu, semua dokumen yang sudah dipindai bisa diberi tambahan kata sandi. Jadi, tidak semua orang bisa membukanya.

  • 7. Mobile Doc Scanner

    Secara umum aplikasi ini sangat sederhana, bahkan agak sedikit “kuno” dibandingkan yang lain. Namun, kalau Anda malas mencatat dan ingin melakukan scanning, aplikasi ini bisa diandalkan. Pasalnya, kertas, surat, catatan, resep, sampai whiteboard sekali pun bisa dipindai.

    Setelah melakukan pemindaian dokumen yang bentuknya single atau berlembar-lembar, aplikasi akan menyimpannya dalam bentuk IMG. Kalau Anda ingin mengubahnya jadi PDF bisa pakai converter tambahan agar mudah dicetak dan juga dikirim.

  • 8. My Scans

    Aplikasi My Scans mendapatkan ulasan sekitar 31 ribu orang dan nilainya 4.8. Rating ini sangat tinggi karena aplikasi ini mudah digunakan. Saat melakukan pemindaian, Anda bisa dengan mudah melakukan aktivasi pengiriman dokumen, bahkan bisa dibuat lebih dari 1 halaman.

    My Scans juga memudahkan pengguna untuk melakukan tanda tangan dokumen secara digital. Setelah melakukan pemindaian, Anda bisa langsung membubuhkan tanda tangan melalui layar secara langsung.

Dengan memanfaatkan cara scan di iPhone di atas, segala jenis dokumen yang dibutuhkan bisa didapatkan salinannya dengan mudah. Bahkan setelah melakukan pemindaian, Anda bisa melakukan konversi dokumen agar bisa berformat PDF.

Apapun cara scan yang Anda gunakan, tetap perhatikan yang namanya pencahayaan. Dengan begitu, hasil scan yang didapatkan bisa sempurna. Tidak diisi dengan bayangan dari Anda sendiri atau ponsel yang digunakan untuk melakukan pemindaian.