Skip to main content

Sederetan Istilah Perkuliahan yang Wajib Kamu Tahu

Kuliah

Sederetan Istilah Perkuliahan yang Wajib Kamu Tahu

Tepat tanggal 14 Agustus kemarin, Lembaga Tinggi Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), sudah mengumumkan hasil SBMPTN di seluruh Indonesia. Dari jumlah peserta 700.000an hanya diterima sebanyak 100.000an peserta. Bagi kamu peserta yang tidak lolos, jangan berkecil hati karena beberapa PTN dan PTS masih membuka jalur mandiri dengan berbagai macam persyaratan. Bagi kamu yang lolos, selamat ya karena berhasil mengalahkan banyak peserta dari seluruh Indonesia.

Bagi yang lolos tentu tidak senang-senang dulu karena harus melakukan registrasi ulang dengan membayar UKT (Uang Kuliah Tunggal). Setelah itu kamu harus mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia perkuliahan. Hal yang kamu dapat siapkan antara lain, mengetahui berbagai macam istilah dalam dunia perkuliahan. Apa saja? Yuk simak penjelasan berikut ini.

1. KTM (Kartu Tanda Mahasiswa)

Kartu Tanda Mahasiswa merupakan kartu identitas kamu di Universitas yang kamu masuki. Kartu Tanda Mahasiswa ini dapat diperoleh saat kamu selesai mendaftar ulang dan membayar UKT. KTM ini dapat digunakan untuk memperoleh berbagai macam fasilitas yang ada di kampus. Beberapa mahasiswa universitas tertentu juga dapat menggunakan KTM ini untuk naik transportasi umum.

2. SKS (Satuan Kredit Semester)

Jika di SD, SMP, SMA kamu mendapatkan paket belajar. Nah di perguruan tinggi pelajaran akan menggunakan sistem SKS. Mahasiswa dapat memilih mata pelajaran yang ada berdasarkan SKS yang dimiliki pada setiap program studi. Untuk jenjang S1, SKS yang diberikan biasanya antara 130-160 SKS. Sementara untuk D3 kurang lebih hanya sampai 120 SKS.

3. IPK (Indeks Prestasi Kumulatif)

IPK merupakan jumlah seluruh nilai dari SKS yang diambil. IPK merupakan jumlah rata-rata IP dari seluruh semester. Saat kuliah kamu harus bisa mempertahankan IPK mu agar stabil atau lebih baik bisa naik. Sebab, IPK mudah sekali turun seiring kemampuan belajarmu yang turun. IPK bernilai dari 0 sampai 4. Jika kamu mendapat 4 kamu akan lulus sebagai lulusan terbaik atau Cumlaude.

4. KKN (Kuliah Kerja Nyata)

KKN diartikan sebagai “Kuliah Kerja Nyata”, yaitu bentuk pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat. KKN diperuntukkan bagi mahasiswa yang berkuliah lebih dari 1 tahun. Dalam KKN, mahasiswa akan dikirim ke daerah-daerah untuk melakukan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, disesuaikan dengan bidang studi yang ia miliki.

5. KRS (Kartu Rencana Studi)

Kartu ini berisi rencana SKS yang akan dilakukan oleh mahasiswa. Setelah selesai melaksanakan semua SKS, mahasiswa akan diberi KHS (Kartu Hasil Studi).

6. Skripsi

Nah istilah ini mungkin sudah banyak yang tahu. Skripsi adalah tugas akhir yang dibebankan pada mahasiswa semester akhir dalam bentuk penelitian ilmiah. Judul skripsi yang dibuat harus didiskusikan dengan dosen pembimbing skripsi yang biasanya 2 orang. Skripsi juga harus sesuai dengan program studi yang dipilihnya.

Banyak mahasiswa yang kesulitan mengerjakan skripsi karena beberapa alasan tertentu. Misalnya kesulitan menemui dosen pembimbing, tidak mempunyai pengetahuan tentang skripsi, dan sering revisi di bab-bab skripsi. Walau begitu skripsi harus tetap dibuat karena skripsi merupakan penentu kelulusan seorang mahasiswa.

7. Rektorat

Rektorat itu seperti halnya TU di sekolah-sekolah. Tugas-tugas rektorat seperti halnya TU yaitu mengurusi berbagai macam administrasi mahasiswa seperti uang kuliah. Rektorat dipimpin oleh seorang rektor.

8. Dosen

Dosen seperti halnya guru di sekolah yaitu mengajar pelajaran. Namun, dosen hanya mengajar beberapa mata kuliah saja. Ada beberapa macam dosen yaitu dosen wali yang bertugas menjaga mahasiswa supaya tidak ketinggalan SKS dan lulus tepat waktu. Adapun asisten dosen yang merupakan mahasiswa yang baru lulus, bertugas membantu tugas dosen inti. Selain itu, ada dosen pembimbing yang bertugas membimbing kamu ketika mengerjakan skripsi (tugas akhir).

9. BEM, Senat, dan MWA

Di Perguruan tinggi kamu perlu mengetahui adanya berbagai organisasi kemahasiswaan, seperti BEM, Senat, dan MWA. BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) merupakan sebuah organisasi kemahasiswaan yang mengurusi berbagai macam kegiatan mahasiswa. BEM ini sama halnya seperti OSIS di sekolah.

BEM dibagi menjadi dua, yaitu BEM fakultas yang mengurusi kegiatan hanya di Fakultas saja dan BEM universitas yang merupakan BEM inti, bertugas mengurusi berbagai kegiatan mahasiswa di universitas. Sementara senat merupakan sebuah badan yang bertugas melihat kinerja BEM.

Adapun MWA singkatan dari Majelis Wali Amanat yang berfungsi menyampaikan aspirasi masyarakat kampus. MWA ini merupakan badan yang berfungsi menentukan kebijakan kampus agar lebih baik kedepannya.

10. Semester

Istilah ini juga kalian pasti sudah tahu. Semester merupakan waktu perkuliahan. Seperti pada setiap tahun ajaran, semester dibagi menjadi 2 yakni semester ganjil dan genap. Semester ganjil berada pada angka ganjil seperti 1,3,5,7,yang dimulai dari bulan Agustus sampai Desember. Sementara semester genap dimulai pada angka genap seperti 2,4,6,8, dan dimulai pada bulan Februari sampai Juni.

11. BAN-PT

BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) merupakan badan yang bertugas meningkatkan mutu pendidikan. Badan ini dipantau langsung oleh Kemristekdikti.

12. SIAKAD

SIAKAD merupakan sistem informasi akademik suatu perguruan tinggi yang memudahkan dalam pembuatan kurikulum, pengisian nilai, dan jadwal kuliah yang berbentuk analisis data dalam menentukan kebijakan kampus.

13. SP (Semester Pendek)

Semester Pendek (SP) merupakan waktu tambahan kuliah di antara semester genap dan gganjil. Biasanya terjadi di bulan Juli atau Januari. Semester pendek digunakan mahasiswa untuk mengulang mata kuliah yang sekiranya masih belum paham atau ketinggalan mata kuliah atau mengambil mata kuliah yang baru untuk mempercepat kelulusan. Jadi bagi kamu yang rajin, manfaatkanlah semester pendek ini untuk mengejar mata kuliah baru agar cepat lulus.

14. Jurusan dan Fakultas

Jurusan merupakan unsur pelaksana bidang studi tertentu di bawah dekan. Suatu jurusan biasanya dipimpin oleh ketua jurusan yang memiliki atasan dekan.

Fakultas merupakan unsur pelaksana bidang ilmu pengetahuan yang memiliki satu cabang. Fakultas biasanya dipimpin oleh dekan. Bagi yang belum tahu apa itu dekan? Dekan merupakan dosen yang diangkat untuk memimpin suatu fakultas yang ada.

15. Gelar Akademik

Gelar Akademik merupakan gelar yang diberikan oleh mahasiswa setelah mereka menyelesaikan skripsi dan melakukan wisuda. Beberapa contoh gelar akademik antara lain, S.Pd, S.Hum, S. E, dan sebagainya. Gelar ini biasanya dicantumkan pada ijazah disertai dengan tahun lulus.

16. Registrasi

Registrasi berarti pendaftaran. Di perguruan tinggi, registrasi dibagi menjadi yaitu registrasi administrasi dan registrasi akademik. Registrasi administrasi dilakukan bersamaan pada saat melakukan pembayaran UKT. Registrasi akademik ini merupakan registrasi yang menandakan status kamu sudah terdaftar menjadi mahasiswa.

Adapun registrasi akademik merupakan registrasi untuk memperoleh hak akademik pada studi yang dipilih. Kegiatan akademik ini biasanya meliputi pengisian KRS dan perubahan studi.

17. TA

TA bisa berarti titip absen yang merupakan teknik mahasiswa yang sering bolos kelas dengan meminta tolong teman yang rajin berangkat untuk menandatangani absensi yang diberikan oleh dosen pengajar. Dosen pengajar biasanya hanya memberikan absensi kepada ketua kelas suatu jurusan.

18. Wisuda

Wisuda merupakan akhir perjuangan mahasiswa setelah selesai mengerjakan skripsi sekaligus sebagai momen yang ditunggu-tunggu oleh semua mahasiswa.

Demikian sederetan istilah dalam perkuliahan yang kamu harus tahu. Cukup banyak bukan? Oleh karena itu kamu harus mempersiapkan segala sesuatu tentang kuliah agar tidak gagap saat ditanya masalah dunia perkuliahan. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!