Skip to main content

10 Prospek Kerja Menjanjikan Jurusan Ilmu Politik

Jurnalis

10 Prospek Kerja Menjanjikan Jurusan Ilmu Politik

Sudah tahu jurusan ilmu politik? Jurusan Ilmu Politik mengkaji tentang fenomena politik sehingga bisa menerapkan berbagai teori-teori politik yang dapat membantu menyelesaikan permasalahan di bidang politik. Jurusan ini terkenal di sejumlah universitas di Indonesia baik negeri maupun swasta.

Banyak orang beranggapan bahwa jurusan ilmu politik adalah jurusan yang bisa menjadikan seseorang menjadi kader partai, gubernur, anggota MPR, DPR, dan DPD. Akan tetapi, anggapan tersebut cukup logis dan tidak mengherankan karena profesi tersebut masih berhubungan dengan politik. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah karena kajian politik akan menjadi bahan kuliah sehari-hari di jurusan ilmu politik.

Namun, dalam penerapannya jurusan ini mempelajari politik di Indonesia, bahkan sampai ke politik dari berbagai negara di dunia. Terdapat beberapa keuntungan memilih jurusan ini antara lain memiliki wawasan yang luas dengan berbagai macam isu politik di dalam maupun di luar negeri, bisa menjadi anggota partai dan legislatif. Bahkan, kamu bisa menjadi diplomat untuk mempererat kerja sama dengan negara lain.

Prospek kerja jurusan ilmu politik cukup menjanjikan. Banyak orang beranggapan bahwa jurusan ilmu politik pasti menjadi politisi atau anggota partai politik. Nyatanya jurusan ilmu politik berpeluang besar di dunia karier. Berikut ini beberapa prospek kerja menjanjikan yang dapat kamu pilih setelah lulus dari jurusan ilmu politik.

TOC / Daftar Isi

1. Anggota Legislatif

Profesi ini mungkin tak asing di mata masyarakat. Mahasiswa ilmu politik bisa menjadi anggota legislatif. Anggota legislatif meliputi MPR, DPR, dan DPD. Meskipun syarat menjadi anggota legislatif tidak harus dari jurusan ilmu politik, tetapi akan lebih baik jika dari jurusan ilmu politik mengingat anggota legislatif wajib tahu tentang politik dan menangani segala hal yang berkaitan dengan politik negara.

Jika kamu dari jurusan ilmu politik dan mendaftar menjadi anggota legislatif kamu memiliki keunggulan karena sudah tahu seluk beluk ilmu politik. Terkait dengan masalah gaji, kamu tidak perlu khawatir. Anggota legislatif setiap bulannya bisa menerima gaji puluhan juta. Nah, profesi ini sangat menjanjikan, bukan?

Back to Content ↑

2. Jurnalis Politik

Pekerjaan jurnalis juga ada yang berhubungan dengan politik loh. Bahkan, sekarang media-media besar di Indonesia banyak yang membutuhkan lulusan ilmu politik untuk bekerja sebagai jurnalis politik. Hal ini karena saat ini, topik pembahasan politik sangat penting dan banyak ditonton masyarakat karena menarik. Oleh karenanya, untuk pekerjaan ini media berita di Indonesia membutuhkan seseorang yang paham politik dan kritis menyampaikan opini ke publik secara luas. Sementara terkait gaji juga cukup besar hingga mencapai jutaan rupiah jika bekerja di sejumlah media berita terkenal.

Back to Content ↑

3. Guru atau Dosen

Untuk kamu yang ingin membagikan ilmu politik, kamu bisa menjadi tenaga pengajar sebagai guru atau dosen. Untuk guru kamu harus mempunyai gelar S1 dan bisa mengajar di sekolah karena materi ilmu politik berkaitan dengan mata pelajaran PPKn. Nah, kamu bisa memilih menjadi guru mapel PPKn.

Sementara untuk menjadi dosen, kamu harus menyelesaikan sampai jenjang S2 sesuai dengan peraturan pemerintah demi meningkatkan mutu pendidikan. Metode pembelajaran yang digunakan adalah penelitian karena ilmu politik mempelajari tentang fenomena politik dan menyelesaikan fenomena tersebut dengan teori-teori politik yang ada sehingga banyak penelitian yang dilakukan.

Back to Content ↑

4. Public Relations atau Humas

Profesi menjanjikan jurusan ilmu politik yang selanjutnya adalah humas (hubungan masyarakat) atau public relations. Public Relations berkaitan dengan kemampuan hubungan masyarakat. Dalam profesi humas, selain harus menguasai ilmu politik, kamu juga harus tampil berani karena pekerjaan ini berhubungan dengan orang banyak dan menuntut kemampuan public speaking.

Selain itu, seorang public relations harus punya kemampuan yang cukup untuk membentuk opini dari masyarakat. Public relations harus berperan sebagai penyalur informasi dari masyarakat ke lembaga-lembaga dan sebaliknya. Adapun gaji yang diterima oleh profesi ini sekitar 4-9 jutaan per bulan, lumayan kan.

Back to Content ↑

5. Staf Badan Intelijen Negara (BIN)

Prospek kerja menjanjikan selanjutnya adalah staf Badan Intelijen Negara (BIN). Siapa sangka BIN tidak hanya mempekerjakan dari lulusan Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN), tetapi juga para lulusan dari perguruan tinggi, salah satunya lulusan ilmu politik. BIN menggunakan ilmu politik untuk menilai bagaimana politik suatu daerah dapat berkembang, perkembangan darurat politik, dan sebagainya. Selain itu, staf Badan Intelijen Negara harus bisa menganalisis dukungan rakyat dalam politik, mengumpulkan data dari berbagai sumber untuk di analisa dan di verifikasi, misalnya data pelaksanaan hukum dan data rahasia intelijen lain.

Sebagai staf, tentu gaji yang ditawarkan tidak main-main apalagi BIN merupakan badan milik pemerintah, tentu gaji yang diberikan mencapai puluhan juta setiap bulannya hampir setara dengan gaji PNS.

Back to Content ↑

6. Peneliti atau Pengamat Politik

Pengamat politik adalah orang yang mempelajari perkembangan dari sistem politik, menganalisis kebijakan pemerintah, melakukan survei publik, dan menganalisis hasil pemilu. Kemunculan para pengamat politik di Indonesia semakin berkembang. Ditambah lagi topik politik di Indonesia sangat beragam. Hal ini menjadikan mengapa sekarang banyak pemangku kepentingan (Stakeholder) membutuhkan jasa seorang pengamat politik.

Back to Content ↑

7. Konsultan Politik atau Penasehat Politik

Konsultan politik merupakan orang yang pekerjaannya menyiapkan strategi kampanye untuk calon kepala daerah yang akan berlaga di pemilu. Selain itu, konsultan politik bertugas menganalisis kandidat calon untuk dipelajari kelemahan dan kelebihannya, menganalisis isu-isu di masyarakat luas untuk diambil suatu kebijakan yang dapat dijadikan sebagai strategi kampanye. Konsultan politik sangat dibutuhkan, khususnya oleh para kepala daerah yang akan mencalonkan diri di pemilu yang setiap tahun semakin ketat.

Seorang konsultan politik harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang lugas untuk menarik hati rakyat supaya memilih kliennya (calon kepala daerah). Selain itu, profesi ini membutuhkan pengetahuan tentang hukum dan pemerintahan serta manajemen yang sistematis untuk menunjang pekerjaannya.

Back to Content ↑

8. Pegawai Yudisial

Pegawai yudisial merupakan orang yang bertugas menyiapkan berbagai dokumen pengadilan untuk para hakim. Pegawai yudisial bertugas melakukan riset terkait kasus yang sidang, menulis laporan permasalahan sidang, berunding dengan hakim mengenai pertanyaan yang berkaitan dengan hukum, dan sebagainya.

Sebenarnya, semua lulusan boleh menjadi pegawai yudisial. Akan tetapi, diutamakan lulusan ilmu politik dan hukum karena merekalah yang lebih tahu mengenai hukum dan pemerintahan.

Back to Content ↑

9. Pimpinan Kegiatan Mahasiswa

Kepemimpinan dapat dikaitkan dengan ilmu politik. Sebab, ketika menyusun program mahasiswa, seorang pimpinan harus memantau proses untuk menegakkan hak mahasiswa.Mereka mengawasi keuangan dan menyelidiki berbagai masalah pada program tersebut. Mereka juga bertugas sebagai penengah apabila terjadi perselisihan pada mahasiswa.

Back to Content ↑

10. Peneliti Survei

Prospek kerja yang terakhir adalah peneliti survei. Sama halnya peneliti lainnya, peneliti survei bertugas melakukan survei penelitian untuk berbagai kepentingan seperti survei opini masyarakat, kebijakan publik pemerintah, dan sebagainya. Selain itu kamu juga harus pintar untuk menganalisis data hasil survei. Kemampuan analisis ini bisa kamu dapatkan di jurusan ilmu politik. Karena ilmu politik sebagian besar mempelajari tentang penelitian politik. Jadi, jika bagi kamu yang kuliah di jurusan ilmu politik, kamu bisa sekaligus memahami tata cara penelitian.

Back to Content ↑

Demikian 10 prospek kerja jurusan ilmu politik. Ternyata ilmu politik mempunyai banyak prospek kerja menjanjikan yang bisa kamu dapatkan. Namun, untuk memasuki jurusan ilmu politik, kamu harus melewati seleksi masuk terlebih dahulu. Selamat menggapai impianmu!