Skip to main content

12 Manfaat Senam Irama Yang Baik Untuk Tubuh

Senam Irama

12 Manfaat Senam Irama Yang Baik Untuk Tubuh

Senam menjadi salah satu olahraga yang banyak digemari orang. Selain gerakannya yang energik, senam juga diiringi dengan menggunakan musik yang membuat orang menjadi lebih semangat. Menurut DrZuhdy.com senam irama atau ritmik merupakan gabungan dari gerakan aerobik dan tari yang diiringi dengan menggunakan musik.

Salah satu manfaat senam yang bisa Anda dapatkan ialah bisa membuat tubuh menjadi lebih bugar dan sehat. Namun, tahukah Anda jika masih ada beberapa manfaat lainnya dari senam irama yang tidak Anda ketahui?

Berikut adalah manfaat dari senam irama yang baik untuk tubuh Anda

TOC / Daftar Isi

1. Menyehatkan Jantung

Senam irama dilakukan dengan cara mengikuti alunan musik. Gerakan dari senam juga mengikuti temponya, kadang cepat atau bahkan lambat. Nah, gerakan-gerakan yang ada dalam senam tersebut ternyata bisa membuat jantung menjadi lebih sehat. Tak heran jika orang-orang yang sering senam irama memiliki jantung yang lebih sehat.

Back to Content ↑

2. Baik Untuk Tulang

Dengan melakukan senam irama, hal tersebut membuat Anda bertumpu sendiri untuk bisa menopang berat tubuh. Tanpa disadari, hal ini dapat meningkatkan kesehatan tulang dan mencegah beberapa masalah tulang seperti osteoporosis.

Back to Content ↑

3. Memperbaiki Bentuk Fisik

Senam tersebut baik untuk mengencangkan otot tubuh terutama pada bagian paha, perut, pinggul, dan lengan. Sehingga, bentuk proporsional tubuh Anda pun menjadi lebih bagus.

Back to Content ↑

4. Memperbaiki Keseimbangan Fisik

Setiap gerakan yang ada dalam senam irama ternyata mempunyai struktur yang konsisten sehingga dapat meningkatkan keseimbangan fisik seseorang.

Back to Content ↑

5. Menguatkan Otot

Sama seperti beberapa olahraga lainnya, melakukan senam irama juga bisa membuat otot menjadi lebih lentur serta kuat. Otot yang kuat dan lentur tentu akan membuat tubuh terhindar dari cidera pada saat melakukan aktivitas berat.

Back to Content ↑

6. Mencegah Timbulnya Penyakit

Semua jenis olahraga termasuk senam irama merupakan cara alami untuk mencegah timbulnya penyakit dalam tubuh. Hal ini karena senam dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar sehingga membuat tubuh terhindar dari penyakit ringan atau berat.

Back to Content ↑

7. Menurunkan Berat Badan

Jika Anda sedang dalam proses menurunkan berat badan, senam irama menjadi salah satu olahraga yang membantu pembakaran lemak dalam tubuh menjadi lebih cepat. Hal ini karena gerakan enerjik yang ada dalam senam tersebut. Agar bisa optimal dalam menurunkan berat badan, tentunya Anda juga harus menjaga pola makan dengan benar.

Back to Content ↑

8. Mengoptimalkan Fungsi Otak

Gerakan yang ada di dalam senam irama baik untuk menurunkan kadar kortisol dan epinefrin dalam tubuh. Dimana, kedua hormone tersebut merupakan penyebab stress dan menggantinya dengan antidepresan seperti norepineprin. Alhasil, otak menjadi lebih sehat dan fungsi yang dimilikinya menjadi lebih baik.

Back to Content ↑

9. Membangun Interaksi Sosial

Karena senam irama dilakukan dengan cara berkelompok, hal tersebut dapat membangun interaksi sosial bagi setiap anggotanya. Interaksi sosial sangat baik untuk perkembangan diri Anda dan juga menjaga kesehatan mental.

Back to Content ↑

10. Membangun Rasa Percaya Diri

Ternyata, seseorang yang berhasil menguasai teknik dari senam irama dapat membuat dirinya menjadi lebih percaya diri. Jadi, bagi Anda yang sedang mengalami krisis percaya diri, senam irama bisa dijadikan pilihan untuk membangun kembali rasa percaya diri Anda.

Back to Content ↑

11. Menghilangkan Stress

Stress dapat menyebabkan berbagai macam masalah tubuh hingga menimbulkan penyakit serius. Jika Anda mudah stress maka salah satu solusinya ialah dengan berolahraga seperti melakukan senam irama.

Back to Content ↑

12. Menciptakan Pola Hidup Yang Aktif

Ternyata, jika Anda rutin melakukan senam irama disebut juga berdampak baik pada pola hidup Anda. Dimana, Anda menjadi lebih aktif baik dalam hal bergerak ataupun bersosialisasi.

Back to Content ↑

Demikian yang bisa Anda dapatkan dari manfaat senam irama. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera lakukan olahraga yang satu ini agar bisa mendapatkan berbagai macam manfaat baik seperti diatas.