Skip to main content

6 Tips Menjaga Kebugaran Di Tengah Pandemi

Kebugaran

6 Tips Menjaga Kebugaran Di Tengah Pandemi

Aktivitas padat dengan tuntutan pekerjaan yang tidak kunjung berkurang memang begitu menguras tenaga. Walaupun saat ini Indonesia sedang mengalami pandemic Covid-19, Anda tetap dituntut menjalankan pekerjaan di rumah, belum lagi dengan aktivitas lainnya yang telah menunggu Anda. Dianjurkan tetap di rumah saja bukan berarti menjadi santai dan bermalas-malasan ini justru berpotensi membuat badan dan pikiran Anda menjadi tidak sehat.

Biasanya setelah bekerja Anda dapat merefreshkan pikiran sejenak dengan ‘ngopi’ bersama teman, namun saat seperti ini Anda dipaksa tetap dirumah dan menghadapi segala kebosanan. Jangan sampai hal tersebut membuat Anda stres ya. Lantas bagaimana sebaiknya menyikapi hal ini? Anda harus tetap menjaga kebugaran tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit. Adapun yang dapat Anda lakukan agar kondisi badan tetap terjaga yaitu :

1. Memperhatikan Asupan Gizi Seimbang

Di era modern seperti sekarang ini, semuanya serba dimudahkan. Bahkan makanan cepat saji pun sudah sangat banyak. Hampir semua makanan instan memiliki efek yang kurang baik untuk tubuh Anda, baik yang berefek cepat maupun jangka panjang.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari makanan-makanan instan dan lebih selektif dalam memilih makanan yang Anda santap setiap harinya. Makanlah makanan dengan asupan gizi yang seimbang, mengandung cukup protein, karbohidrat, zat besi, vitamin dan nutrisi penting lainnya.

2. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Sepertinya khasiat air putih sudah menjadi pengetahuan masyarakat umum. Air putih memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga kebugaran jasmani Anda. Biasakan minum air putih minimal 8 gelas setiap harinya, dan alangkah baiknya minum 2 gelas air putih setelah bangun tidur. Air putih yang Anda minum dapat menjadi detox alami yang mengeluarkan racun dan zat berbahaya dalam tubuh.

3. Istirahat yang Cukup

Setelah badan melakukan banyak kegiatan dan segala macam aktivitas, Anda diharuskan istirahat untuk tetap menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh Anda. Hindari kebiasaan tidur larut malam karena memiliki dampak yang sangat buruk untuk kesehatan. Badan memerlukan istirahat sedikitnya 6 jam per hari.

4. Olahraga Secara Rutin

Menjaga pola makan dan istirahat saja dirasa belum cukup. Untuk menjaga kebugaran jasmani, Anda perlu melakukan olahraga secara rutin, di tengah aktivitas yang padat tetap sempatkan waktu olahraga walaupun hanya 15 menit. Selain itu, olahraga juga melenturkan otot dan syaraf yang tegang akibat banyaknya aktivitas, serta membuang zat kotor melalui keringat.

5. Stay Positive

Pikiran sehat mencerminkan jiwa dan tubuh yang sehat. Sepertinya kalimat tersebut sangat perlu diingat. Tidak hanya kebugaran badan saja yang harus dijaga, kesehatan psikis juga tak kalah pentingnya. Seringkali orang berpikir negatif terhadap masalah yang dihadapinya, tanpa disadari hal tersebut justru menguras pikiran dan menyebabkan stress.

Berpikir positif bukan berarti mengesampingkan kenyataan yang ada, Anda harus bersikap bijaksana dan positive thinking dalam menyelesaikan suatu masalah.

6. Rajin Cuci Tangan

Disaat pandemic seperti ini, mencuci tangan seharusnya sudah menjadi kebiasaan setiap saat. Cucilah tangan menggunakan sabun yang mengandung antiseptik untuk membunuh kuman di tangan Anda. Perhatikan dan praktekkan cara mencuci tangan yang benar menurut WHO.

Jika mencuci tangan tidak memungkinkan, Anda dapat mengenakan hand sanitizer 4 jam sekali atau setelah memegang benda yang berpotensi adanya penyebaran kuman.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda terapkan untuk tetap menjaga kebugaran jasmani dan rohani ditengah pandemic seperti sekarang ini. Selalu jaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Jangan lupa untuk selalu mengenakan masker disaat Anda terpaksa harus beraktivitas keluar rumah.