Skip to main content

4+ Perbedaan Aplikasi Google Meet dengan Zoom

4+ Perbedaan Aplikasi Google Meet dengan Zoom

4+ Perbedaan Aplikasi Google Meet dengan Zoom

Aplikasi konferensi video sekarang ini sangat dibutuhkan, baik untuk perusahaan maupun mahasiswa. Jangan heran, kalau saat ini banyak sekali aplikasi meeting online yang bermunculan. Nah, pada ulasan kali ini, saya akan memberikan pembahasan mengenai perbedaan aplikasi Google Meet dan Zoom.

Pada masa pandemi Covid 19 Mau tidak mau, semua kegiatan baik itu rapat atau kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online. Kedua aplikasi ini sama-sama bisa digunakan melalui laptop maupun smartphone.

1. Perbedaan Google Meet dan Zoom

Perlu diketahui, jika kedua aplikasi ini merupakan platform yang paling populer untuk sekarang ini. Akan tetapi, keduanya mempunyai perbedaan serta kelebihan maupun kekurangan masing-masing. Bagi Anda yang mau tahu perbedaan Google Meet dengan Zoom, berikut dibawah ini penjelasan lengkapnya:

1.1. Konferensi Video dan Kebutuhannya

Apabila perusahaan Anda mau mengadakan rapat dengan ukuran besar maka cocoknya menggunakan aplikasi Zoom. Sedangkan untuk rapat sementara yang berukuran kecil, maka Google Meet lah yang paling cocok digunakan.

Google Meet sendiri hanya mendukung jumlah anggota sebesar 250 orang. Sedangkan aplikasi Zoom sendiri mampu menampung anggota rapat sampai 500 orang.

Walaupun proses pembuatan ruang meeting sama-sama terlihat gampang, namun secara kelengkapan kapasitas dan fiturnya. Kedua aplikasi ini mempunyai perbedaan dalam jenis apa yang mau digelar.

1.2. Antarmuka Sederhana dan Mudah Ditemukan

Google Meet sendiri memiliki tampilan antarmuka yang sedikit berantakan, jika bandingkan dengan aplikasi Zoom. Bagi pengguna pemula yang pertama kali menggunakannya saya rasa akan bingung untuk menjumpai fitur antarmuka pada Google Meet, terutama pada perangkat smartphone yang ukuran layarnya jauh lebih kecil.

Lain halnya dengan aplikasi Zoom yang dinilai mempunyai antarmuka sederhana, namun sangat gampang untuk menemukan fitur antarmuka. Apalagi ditambah dengan sedikit panduan sehingga bisa dengan mudah mengingat lokasi setiap fiturnya.

Jangan heran, kalau pengguna aplikasi Zoom sudah nyaman dan tidak mau menggunakan aplikasi konferensi video lain, bahkan banyak yang beranggapan kalau aplikasi lain sulit untuk dipahami.

1.3. Kemampuan Rekam dan Durasi

Dari segi durasi memang Google Meet sedikit lebih unggul, karena mampu menyediakan sesi konferensi video hingga 1 jam. Sedangkan pada aplikasi Zoom hanya mampu menyediakan waktu 40 menit, dan perlu Anda ingat kalau kemampuan ini tersedia karena versi gratis, apabila pada versi yang berbayar maka bisa lebih lama menyediakan waktu konferensi videonya.

Ternyata, hal ini juga sama berlakunya pada kemampuan merekam nya. Sekarang ini Google Meet menyediakan versi gratis sampai bulan september. Semua fitur dan kemampuan merekam video disediakan secara gratis. Tapi untuk aslinya tetap berbayar bagi yang menggunakan layanan G Suite.

Hal ini berbeda dengan aplikasi Zoom yang versi gratisnya tetap memberikan fitur merekam dalam bentuk audio maupun video dan dapat disimpan langsung pada perangkat smartphone ataupun Laptop/PC yang Anda gunakan.

1.4. Perbedaan Harga Berlangganan

Ketika Anda sudah nyaman dengan aplikasi yang dipakai. Tentunya akan mempertimbangkan untuk menggunakan layanan berlangganan, mengingat sedang dalam masa pandemi Covid 19 yang belum hilang juga.

Aplikasi Zoom sendiri menawarkan biaya langganan perbulan paling murah Rp229.680 atau USD16. Pada versi gratis, sudah banyak fitur yang bisa Anda akses, dan lebih lengkap dari pada Google Meet.

Sedangkan pada Google Meet sendiri untuk berlangganan layanan G Suite mereka memberikan harga yang paling murah RP 143.550 atau USD10 per bulannya bagi setiap pengguna yang aktif. Pada paket ini ketika sedang digratiskan, maka semua akses fitur lainnya yang mendalam bisa Anda gunakan.

2. Aplikasi Meeting Online

Selain dengan aplikasi di atas, untuk melakukan rapat atau meeting online juga bisa menggunakan aplikasi lainnya, seperti di bawah ini.

2.1. Lifesize

Aplikasi berbayar ini memberikan video konferensi 720p hingga 4K, sehingga menjadikan Anda seperti bertatap muka secara langsung. Karena berbayar, tentu saja dari segi keamanan sangat terjamin dengan end-to-end encryption. artinya rapat secara online akan secara otomatis terenkripsi, sehingga menghindarkan adanya penyadapan dari pihak ketiga.

Fitur-Fitur dasar:
  • Harga: Paket Medium bundle 23 dollar dan Small bundle 19 dollar.
  • Kapasitas: Maksimal 450 orang atau peserta.
  • Tersedia group chat dan screen sharing.
  • Bisa memberi akses remote ke pengguna lain.
  • Langsung terintegrasi ke Skype for Business, Ms. Outlook, Slack, dan HipChat.
  • Tersedia fitur rekam video online tanpa transkrip.
  • Didukung oleh customer service dan 99.9% uptime.
  • Membutuhkan spesifikasi perangkat tinggi mendapat tampilan tajam, jernih dan halus.

2.2. Microsoft Teams

Microsoft Teams merupakan updatean dari aplikasi Skype for Business. Setelah ada pembaruan, sekarang sudah ada fitur pendukung konferensi video seperti upsize berkapasitas 365 orang.

Aplikasi ini juga langsung terintegrasi ke semua Microsoft Office seperti Excell, Word, Outlook, OneNote, hingga Power Point. Sehingga Anda langsung bisa share dan mengakses seluruh aplikasi yang dibutuhkan.

Fitur-Fitur Dasar:
  • Harga: Paket enterprise 20 dollar, business premium 12.50 dollar, dan essentials 5 dollar.
  • Memiliki kapasitas menampung peserta sebanyak 250 orang.
  • Tersedia fitur private chat dan grup chat.
  • Bisa berbagi layar dan berkolaborasi.
  • Keamanan dikelola langsung oleh microsoft dengan encryption data, dan two factor authentication.
  • Dapat merekam video meeting plus subtitlenya.
  • Dapat mengedit file secara bersama-sama.
  • Terintegrasi langsung ke SharePoint Zendesk, Office 365, OneDrive, dan Skype.
  • Mendapat dukungan Customer service 24/7.

2.3. BlueJeans

Bluejeans merupakan salah satu aplikasi meeting online yang berbayar. Aplikasi ini sangat populer berkat sistem Dolby Voice yang digunakan. Bahkan didukung juga oleh kualitas video high definition (HD).

Aplikasi berbayar ini menyediakan dua paket yakni Me Plan 12.49 dollar dan My Team 16.65 dollar. Sedangkan kapasitas maksimal orang yang bisa meeting dengan aplikasi adalah 75 orang saja.

Fitur-fitur lainnya:
  • Tersedia fitur group chat dan private chat.
  • Tersedia fitur screen sharing.
  • Terintegrasi langsung ke Ms. Outlook, Ms. Office, dan Slack.
  • Keamanan terjamin karena data terenkripsi dengan AES 128 encryption, participant passcode dan lock meeting.
  • Dapat merekam dan transkrip video.
  • Mendapat dukungan Customer service 24/7.

2.4. Cisco Webex Meeting

Cisco Webex Meeting merupakan salah satu aplikasi untuk meeting secara online yang menawarkan dua versi yakni gratis dan berbayar. Meskipun gratis, Anda juga bisa memakai fitur andalannya.

Selain untuk meeting, aplikasi ini juga bisa digunakan sebagai media untuk berkomunikasi via pesan, share media dan file, dan bisa terhubung dengan cloud storage.

Fitur-fitur dasar pada aplikasi ini:
  • Memiliki 3 paket layanan seperti Starter 13.50 dollar, Plus 17.95 dollar dan Business 26.95 dollar.
  • Mempunyai kapasitas untuk peserta yang cukup besar yakni 100 orang.
  • Dilengkapi dengan fitur group chat.
  • Berbagi tampilan layar untuk presentasi.
  • Terdapat fitur untuk mengakses remote ke pengguna lain.
  • Terintegrasi langsung ke Salesforce, GitHub, Office365, Google Drive, dan Ms. Outlook.
  • Dilindungi dengan sistem keamanan multilayer dan end-to-end encryption.
  • Didukung oleh fitur rekam dan transkrip video.
  • Di support oleh layanan customer service 24/7 dan 99.99% uptime.

Itu sedikit penjelasan soal perbedaan Google Meet dan Zoom dan beberapa pilihan aplikasi meeting online yang bisa digunakan salah satunya. Setelah membaca, jadi aplikasi mana yang Anda gunakan untuk aktivitas rapat dan belajar mengajar secara online? Semoga Bermanfaat!