Skip to main content

Review Canon EOS R5: Kekurangan dan Kelebihan

Canon EOS R5

Review Canon EOS R5: Kekurangan dan Kelebihan

Pecinta fotografi harap merapat! Ya, kali ini Anda akan diajak untuk mengenali lebih jauh tentang Canon EOS R5. Canon tentu sudah menjadi primadona bagi kalangan fotografer. Produk-produk kameranya tidak pernah mengecewakan, termasuk untuk seri R5.

Canon R5 digadang-gadang menjadi kamera paling populer di kalangan profesional. Fiturnya sangat lengkap, canggih dan begitu detail. Lalu apa saja fiturnya? Semua bisa Anda temukan di ulasan berikut.

1. Review Singkat Canon EOS R5

Kamera EOS R5 masuk dalam jajaran kamera profesional. Bagaimana tidak? Kamera ini memang telah dirancang khusus dengan spesifikasi premium atau kelas atas. Jika Anda masih pemula, bisa jadi akan butuh waktu lama untuk bisa menguasai semua fiturnya.

Namun jika Anda sudah lama berkecimpung di dunia fotografi, maka kamera ini sangat layak untuk dicoba. Berikut sedikit gambaran tentang kamera ini:

1.1. Fitur Video Canggih

Pertama, kamera ini tidak hanya handal dalam dunia fotografi saja. Lebih dari itu, Canon EOS R5 juga mampu menghasilkan video dengan kualitas juara. Kualitas rekamannya bahkan lebih baik dibandingkan dengan kakaknya, yakni Canon EOS R.

Pada EOS R5, hasil rekamannya terlihat sangat tajam. Hal ini karena resolusi yang diusungnya cukup tinggi, yakni 4320 x 30 fps. Video yang dihasilkan juga bisa berupa format RAW 8k. Berdasarkan fitur inilah, maka dijamin hasil rekaman Anda begitu memukau.

Selain soal resolusi, pada fitur video juga terdapat autofocus yang sangat responsif. Autofocus ini sangat berguna pada saat perekaman berlangsung. Terutama jika Anda merekam momen-momen yang bergerak cepat, misalnya adegan mengendarai motor, berlari atau bersepeda.

1.2. Dudukan Flash

Flash menjadi salah satu komponen penting dalam urusan foto-foto. Dulu mungkin banyak yang beranggapan bahwa flash hanya berlaku untuk situasi malam hari saja. Padahal, saat siang hari pun flash tetap berperan penting.

Namun sayangnya, flash internal pada kamera seringkali kurang bisa memuaskan penggunanya. Akhirnya, banyak fotografer yang lebih prefer menggunakan flash eksternal yang notabene kualitasnya lebih “oke”.

Salah satu syarat agar Anda bisa bebas menggunakan flash eksternal yakni, body kamera harus memiliki dudukan untuk flash eksternal. Kabar baiknya, Canon EOS R5 telah dibekali dudukan ini, jadi Anda tidak perlu cemas lagi memikirkan urusan flash.

1.3. Tahan Percikan dan Debu

Satu lagi fitur yang tidak boleh dilewatkan oleh kamera profesional, yakni sebuah sekat (pelindung) terhadap percikan air dan debu. Tidak dipungkiri, seorang fotografer profesional sering kali terjun ke tempat-tempat yang beresiko.

Misalnya saja, jika Anda seorang fotografer lapangan, maka jelas akan berjibaku dengan debu, belum lagi jika hujan turun. Masalah tersebut bisa teratasi dengan sempurna jika Anda menggunakan EOS R5 besutan Canon ini.

2. Kelebihan Canon EOS R5

Kelebihan yang dimiliki EOS R juga tidak kalah menarik untuk disimak. Jika Anda sudah berencana membelinya, pastikan sudah paham beberapa kelebihan di bawah ini:

2.1. Sensor dan Processor

Kelebihan yang pertama ada pada komponen sensor dan processornya. Seperti yang telah dikemukakan di atas, EOS R5 adalah kamera profesional. Sehingga bisa dipastikan bahwa sensor dan prosesornya sudah pasti berkualitas.

Sensor yang digunakan yaitu CMOS dengan tipe full-frame. Sedangkan untuk komponen prosesornya yakni DIGIC X. Jenis prosesor ini terbilang cukup canggih di kelasnya. Terlebih lagi jika dibandingkan dengan produk Canon lainnya, jelas EOS R “menang banyak”.

2.2. Resolusi

Kelebihan yang kedua yakni terletak pada tingkat resolusinya. Kamera profesional ini menggunakan resolusi sebesar 45 MP. Bisa dibayangkan bukan hasil bidikannya akan seperti apa? Kejernihan, ketajaman, serta akurasi detail gambar jelas layak untuk diadu dengan kamera lainnya.

2.3. Sistem Touchscreen

Canon EOS R5 tampil elegan dengan layar LCD yang sudah mengusung sistem layar sentuh atau touchscreen. Sistem ini akan mempermudah Anda dalam mengoperasikan menu-menu di dalamnya. Bahkan, Anda juga bisa mengatur fokus cukup dengan sentuhan jari Anda.

2.4. Viewfinder (Jendela Bidik)

Membidik sebuah objek terkadang memang perlu kejelian dan ketelitian yang tinggi. Selain menggunakan layar LCD, Anda juga bisa memanfaatkan jendela bidik atau viewfinder untuk memotret. Pada Canon EOS R5 ini, sudah menggunakan viewfinder dengan resolusi sebanyak 5.760.000 titik.

Jenis viewfinder yang digunakan yakni EVF atau Electronic Viewfinder. Jendela bidik jenis ini mampu bekerja secara elektronik. Salah satu yang paling menonjol yakni dapat menampilkan informasi akurat terkait objek yang akan dibidik.

2.5. Continuous Shoot

Anda bekerja di klub olahraga? Atau menjadi jurnalis dalam setiap laga sepakbola? Sepertinya memang Canon EOS R5 sangat tepat untuk Anda. Pasalnya, kamera ini mampu menghasilkan potret beruntun sebanyak 20 frame dalam satu detiknya.

Fitur ini jelas menjadi sebuah keunggulan yang layak diacungi jempol. Anda tidak akan ketinggalan momen penting. Tidak hanya untuk momen olahraga saja yang notabene memiliki pergerakan yang cepat. Anda juga bisa memanfaatkan fitur ini untuk momen pernikahan, ulang tahun, dan sejenisnya.

3. Kekurangan Canon EOS R5

Meski hadir dengan “segudang” kelebihan, nyatanya EOS R5 juga tidak bisa lepas dari beberapa kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan yang mungkin bisa Anda tandai sebagai bahan pertimbangan.

3.1. Bobot Kamera Berat

Kelemahan yang pertama yakni bobot kamera yang cukup berat. Body kamera ini memiliki bobot sekitar 700 gram, sudah lebih dari setengah kilo. Belum lagi jika Anda menggunakan lensa tambahan, tentu bobot akan bertambah lebih berat.

Meski tidak berpengaruh pada hasil bidikan, namun tetap saja hal ini bisa membuat penggunanya cepat lelah. Apalagi jika Anda membawanya dengan “tangan kosong” selama berjam-jam, tentu akan sangat melelahkan, bukan?

3.2. Titik Fokus Sedikit

Meski bisa menghasilkan gambar yang begitu tajam, tapi siapa sangka ternyata area titik fokus pada kamera ini justru sedikit. Jika dibandingkan dengan EOS R sebagai kakaknya, EOS R5 bisa dibilang kalah jauh.

EOS R5 memiliki titik fokus berjumlah 1053. Padahal, seri sebelumnya yakni EOS R memiliki titik fokus sebanyak 5655 titik. Bukankah seharusnya keluaran terbaru harus mengusung sistem yang lebih canggih? Namun mungkin Canon punya strategi lain dalam urusan ini.

3.3. Tidak Dibekali Flash Internal

Pada body kamera ini sudah tersedia dudukan untuk flash eksternal. Tapi rupanya, kamera ini justru tidak memiliki flash internal. Canon mengklaim bahwa hal ini memang sengaja dilakukan. Pasalnya, kamera ini ditujukan untuk para pekerja profesional yang tentu lebih baik menggunakan flash eksternal.

Namun tetap saja, hal ini menjadi sebuah kekurangan. Tanpa flash internal, artinya Anda harus menyediakan flash eksternal. Anda harus merogoh kocek lagi untuk membelinya. Satu lagi, hal ini juga terkesan merepotkan.

Terlepas dari kekurangan dan kelebihannya, Canon EOS R5 tetap dicintai para penggemar setianya. Kamera ini cukup laris manis di pasaran, walaupun harga jualnya cukup fantastis. Kamera ini dibanderol dengan harga sekitar 70 hingga 80 juta. Apakah Anda masih berminat membelinya? Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!