Skip to main content

7+ Cara Split Screen Laptop Dengan Mudah

7+ Cara Split Screen Laptop Dengan Mudah

7+ Cara Split Screen Laptop Dengan Mudah

Banyak dari kita yang menggunakan laptop untuk bekerja atau aktivitas lain, namun tidak tahu cara split screen laptop, padahal gampang banget caranya. Pada windows 10 sendiri sudah terdapat fitur tersebut. Dimana split screen berguna untuk mengatur tampilan jendela aplikasi menjadi lebih rapi.

Bagi pengguna yang mempunyai layar monitor besar, fitur ini sangat berguna sebab mendukung banget untuk kegiatan. Split screen berkerja dengan membagi tampilan layar jendela aplikasi menjadi dua atau lebih sekaligus. Fitur ini juga mendukung untuk perpindahan aplikasi, tanpa Anda harus mengecilkan atau menutup jendela yang terbuka.

1. Cara Split Screen Laptop

Berikut ini beberapa langkah yang anda harus ikuti, apabila mau membagi layar laptop pada windows 10.

  1. Pertama, silahkan buka terlebih dahulu minimal dua aplikasi. Misalnya aplikasi Microsoft Edge dan juga Google Chrome.
  2. Langkah kedua, silahkan jendela Google Chrome di buka. Lalu tekan tombol Windows + panah kiri.
  3. Dengan begitu, aplikasi Google Chrome akan muncul di sebelah kiri layar monitor Anda.
  4. Langkah berikut, buka jendela Microsoft Edge. Lalu tekan tombol Windows + panah kanan.
  5. Dengan demikian, aplikasi Microsoft Edge akan muncul di layar sebelah kanan.

Catatan: Disini Anda juga bisa melakukan resize ukuran tampilan aplikasinya. Contohnya, tampilan Google Chrome lebih besar. Maka Anda hanya cukup mengatur bagian garis hitam yang terdapat di antara kedua aplikasi itu.

2. Split Screen 4 Aplikasi

Apabila Anda terbiasa multitasking lebih dari 2 aplikasi. Fitur ini bisa Anda gunakan. Misalnya jika mau menggunakan 4 aplikasi, seperti Photoshop, Microsoft Edge, Google Chrome, dan Notepad.

Berikut cara melakukan split screen laptop lebih dari 2 aplikasi sekaligus:

  1. Buka terlebih dahulu aplikasi Google Chrome. Lalu tekan tombol Windows + panah kiri. Dengan demikian Google Chrome akan tampil di bagian layar kiri.
  2. Selanjutnya, buka aplikasi Microsoft Edge. Lalu tekan tombol Windows + panah kanan. Maka aplikasi Microsoft Edge akan tampil di bagian layar kanan.
  3. Kemudian buka aplikasi Notepad. Lalu tekan tombol Windows + panah kiri. Lalu tekan juga tombol Windows + panah bawah. Dengan begitu aplikasi Notepad akan muncul di layar bagian kiri sebelah bawah.
  4. Selanjutnya buka aplikasi Photoshop. Lalu tekan tombol Windows + panah kanan. Lalu tekan juga tombol Windows + panah bawah. Dengan begitu, aplikasi Photoshop akan muncul di bagian kanan layar sebelah bawah.

Catatan: Kira-kira seperti itu cara membagi layar laptop untuk 4 aplikasi sekaligus. Ingat ! setiap hasil akhir membagi layar terkadang tidak sama seperti yang sudah dijelaskan di atas, sebab setiap aplikasi memiliki penyesuaian berbeda-beda dalam split screen.

3. Split Screen Lebih Dari 3 Aplikasi

Berikut saya berikan panduan cara melakukan split screen laptop lebih dari 3 aplikasi sekaligus:

  1. Pertama, Anda pilih salah satu program yang sudah terbuka.
  2. Kemudian geser jendela aplikasi pertama ke tepi layar (bisa ke arah atas, bawah, kiri, dan kanan).
  3. Pada saat pointer mouse telah sampai di tepi layar. Nantinya akan muncul garis bantu yang berkedip dengan membentuk persegi ( sebagai ukuran jendela yang akan tampil ).
  4. Setelah itu, untuk mengisi 3 kolom lainnya, Anda bisa menarik jendela selanjutnya ke tepi layar dengan teknik yang sama kaya di atasnya.
  5. Ingat, pada saat melepas mouse, secara otomatis akan terlihat dua jendela di bagian sisi kanan.
  6. Setelah itu, Anda bisa menyeret dua jendela yang lain ke bagian sebelah kiri supaya seluruh layar monitor terpenuhi empat jendela aplikasi sekaligus.
  7. Di sini anda bisa menggeser title bar ke sebelah sudut kiri atas, jika mau memasang pin di empat jendela.
  8. Terakhir, tekan program yang tersisa untuk menyematkan di sebelah pojok kiri bawah.

4. Split Screen Dengan Snap Assist

Snap assist merupakan salah satu fitur yang berkontribusi penting dalam operasi windows 10. Sebab dengan fitur ini, Anda bisa lebih mudah dalam membagi dan memilih jendela aplikasi.

Berikut cara split screen laptop dengan menggunakan snap assist:

  1. Buka pengaturan atau setting pada perangkat laptop. Lalu Anda pilih System.
  2. Pada bagian Sistem, silahkan pilih multitasking, kemudian aktifkan dengan cara klik Snap Windows menjadi ON.
  3. Setelah itu, untuk membagi layar monitor ke beberapa jendela. Silahkan geser program yang sedang berjalan di perangkat laptop ke arah kiri, kanan, bawah atau atas layar.
  4. Pada saat ada menyeret jendela aplikasi ke salah satu bagian layar tertentu, nantinya akan tampil garis yang terlihat sangat jelas.
  5. Apabila merasa sudah cocok dengan posisinya, silahkan lepaskan saja. Dengan begitu, jendela program yang di geser akan masuk ke dalam layar yang sudah ditentukan.
  6. Jika Anda mempunyai jendela lain yang masih aktif dan diletakkan di layar. Maka anda perlu memberikan beberapa opsi untuk mengisi bagian layar yang lain. Caranya, tekan sekali, maka secara otomatis akan berpindah ke tempat yang sudah ditentukan atau sebelah jendela lainnya.
  7. Setelah semua jendela program aktif berada di layar yang sudah ditentukan, Anda dapat dengan mudah merubah ukurannya.
  8. Tapi, ada batas yang terlihat tipis (tujuannya supaya menghindarkan Anda membuat jendela yang terlalu kecil sehingga tidak berguna).

Aplikasi Split Screen Laptop

Selain dengan teknik di atas, cara split screen laptop juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi, berikut beberapa aplikasi yang bisa menjadi pilihan Anda.

1. WindowGrid

Window Grid merupakan aplikasi yang dirancang untuk memudahkan Anda dalam menata jendela program aktif di windows secara cepat dan efektif.

Aplikasi ini memberikan fungsi terhadap mouse untuk tombol kanan, yang biasanya tidak berfungsi pada saat Anda memindahkan jendela.

2. Spectacle

Cara split screen laptop selanjutnya juga bisa menggunakan aplikasi bernama Spectacle. Aplikasi ini mendukung pada perangkat windows MacOS.

Fungsi utama dari aplikasi ini adalah memindahkan jendela program yang sedang aktif ke tampilan lain, merubah ukuran jendela dengan mudah.

Aplikasi ini juga memberikan kontrol jendela dengan memanfaatkan pintasan keyboard secara sederhana dan tentunya bisa di sesuaikan dengan keinginan penggunanya.

3. AltDrag

AltDrag juga bisa menjadi solusi lain untuk melakukan split screen laptop dengan mudah. Fungsi aplikasi ini juga tidak berbeda jauh dengan aplikasi di atasnya seperti memindahkan jendela program yang aktif, merubah ukuran jendela program dan lainnya.

Cara split screen laptop dengan aplikasi ini gampang banget, Anda cukup menahan tombol Alt lalu tekan dan seret jendela yang Anda inginkan.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk beberapa perangkat laptop seperti Windows 10, Linux dan juga MacOS. Dan aplikasi ini juga bisa dipakai pada Windows versi lama.

Bagi anda yang memang pekerjaan utamanya di depan perangkat laptop. Tidak ada salahnya mencoba split screen atau membagi layar laptop. Tips, kalau Anda ingin menjalankan fitur ini sekaligus 2 aplikasi atau lebih, pastikan spesifikasi laptop Anda harus mumpuni, supaya tidak terjadi Not Responding. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!