Skip to main content

Review Spesifikasi Dan Keunggulan Oppo Reno 4

Oppo Reno 4

Review Spesifikasi Dan Keunggulan Oppo Reno 4

Lagi lagi produsen HP Oppo kali ini merilis smartphone terbarunya. Oppo kali ini memboyong produk ke pasaran di Indonesia yaitu produk terbarunya Oppo Reno 4. Hadir dengan spesifikasi yang lebih tinggi dari pendahulunya yakni Oppo Reno 3.

Sebelum membeli smartphone, tentunya lebih baik jika kita tahu terlebih dahulu spesifikasi, kekurangan dan kelebihan dari smartphone untuk kita pertimbangkan dalam kebutuhan kita sehari-hari dan supaya tidak menyesal membeli smartphone tersebut. Berikut ini adalah review kekurangan dan keunggulan Oppo Reno 4.

1. Keunggulan Oppo Reno 4

Oppo Reno 4 membawa cukup banyak perubahan dan upgrade dibandingkan pendahulunya yaitu Oppo Reno 3. Update dari sektor hardware, fitur hingga desain pun juga ada perubahan. Namun, harga yang ditawarkan lebih murah. Kok bisa ya? Simak beberapa kelebihan dari Oppo Reno 4 berikut ini:

1.1. Chipset Canggih dan Powerful

Berbeda dengan prosesor MediaTek Helio P90 yang ada pada Reno 3, kali ini Oppo menyematkan chipset yang lebih canggih dan kencang pada Reno 4. Oppo Reno 4 dibekali Snapdragon 720G Qualcomm.

Snapdragon 720G Reno 4 ini mampu mencatatkan skor sekitar 280.000, sementara Reno 3 yang Helio P90 hanya memperoleh angka sekitar 200.000. Jadi, untuk soal performa Reno 4, bisa di bilang telah mengalami peningkatan secara signifikan.

Tak hanya dari performa yang lebih dahsyat dari P90 Helio, chipset Snapdragon 720G juga dibangun dengan proses fabrikasi yang lebih canggih dan efisien yaitu 8 nanometer (nm). Sedangkan Helio P90 masih 12 nanometer.

Hal tersebut terutama sangat dibutuhkan bagi kamu yang menginginkan smartphone tangguh untuk digunakan bermain game favorit.

BACA JUGA: Oppo Reno 4 Spesifikasi, Harga, dan Review (Lengkap)

1.2. Desain ciri khas

Hal mencolok yang bisa dengan jelas terlihat pada Reno 4 dibandingkan pendahulunya Reno 3, yaitu tentu adalah dari sisi perubahan desain. Kamera yang vertikal di bagian belakang dengan bulatan yang tegas, beserta pilihan warna yang ikonik membuat ponsel ini lebih berkarakter dan memiliki ciri-ciri khas sendiri.

Sementara pendahulunya yaitu Reno 3, memiliki desain yang banyak dipakai oleh ponsel Android kekinian saat ini alias pasaran, di mana desain dan warna Reno 3 sendiri terkesan seperti mengikuti tren dari seri P30 Huawei.

Satu lagi yang sangat unik dari tampilannya yaitu soal packaging. Saat membeli Oppo Reno 4 kamu akan mendapatkan boks yang unik berbeda dari yang lain dan colorful.

1.3. Material lebih kokoh dan elegant

Tampilan lebih menarik yang dibawa Reno 4 juga merupakan hasil dari penggunaan material premium yang saat ini melekat padanya. Bukan plastik tetapi saat ini Penutup belakang ponsel ini bahkan sudah dilapisi kaca Gorilla Glass 3.

Dan lagi kaca bagian depannya dilindungi corning Gorilla Glass 5 yang juga besutan Corning. Selain itu juga, bingkai Reno 4 juga dibangun dari material terbuat dari metal agar lebih kokoh dan anggun.

1.4. Jepretan di Low-light

Meski pada pendahulunya yaitu Reno 3 juga dibekali dengan mode malam hari. Hasil jepretan foto dari smartphone Reno 4 menjanjikan kualitas yang lebih baik dan rapi daripada Reno 3.

Ini tentunya dimungkinkan berkat bukaan lensa Reno 4 yang sedikit lebih besar, penyempurnaan teknologi kecerdasan buatan atau (AI) serta fitur image processing bawaan yang tersemat pada chipset-nya.

Beberapa fitur pada Reno 4 yang membantu menangkap gambar jelas di malam hari yaitu Night Flare Portrait atau bokeh di malam hari, Ultra Night Selfie dan Ultra Dark Mode juga sangat mendukung.

Selain itu juga meskipun resolusi kamera bawaannya hanya 48 MP. Perangkat ini dibekali fitur Ultra Clear Image yang memungkinkan bisa menjepret foto beresolusi hingga 108 MP juga.

1.5. Perekaman Video kualitas bagus

Tak hanya saat mengambil foto di kondisi minim cahaya, perekaman video menggunakan Oppo Reno 4 juga bisa lebih keren berkat beberapa fitur yang terbekalinya.

ada mode perekaman video AI Slow Motion yang disinyalir mampu menangkap 960 frame per second. sebelumnya fitur ini cuma terdapat pada jajaran smartphone flagship pada beberapa waktu yang lalu.

Selain itu pada Reno 4 terdapat Monochrome Video yang memungkinkan warna objek dan latar bisa dipisahkan dapat menjadi berwarna berpadu hitam putih. Bisa juga dilakukan sebaliknya untuk sebaliknya.

1.6. Fitur Tanpa Sentuhan

Meski dirasa sepele, akan tetapi fitur Smart AirControl ini bisa sangat berguna jika kamu tidak ingin menyentuh ponsel saat sedang makan atau tangan kotor atau lagi mager banget yakan.

Apalagi pas di tengah pandemi dan belum sempat mencuci tangan untuk meminimalisir, Ada baiknya menggunakan fitur ini dan menghindari sentuhan langsung terlebih dulu agar ponsel tidak terkena kuman atau virus bakteri.

Dengan AirControl ini berfungsi untuk menerima panggilan telepon secara lebih praktis dan mendukung beberapa aplikasi media sosial terfavorit kamu.

1.7. Storage dan Fast Charging

Penyimpanan reno 4 membawa kapasitas random access memory (RAM) dan memori internal yang sama persis seperti Reno 3. Yakni 8 gigabyte (GB) berpadu internal 128 GB.

Kapasitas yang cukup besar untuk memenuhi kebutuhan penggunaan pada smartphone di masa sekarang dan bisa terbilang cukup. Setiaknya untuk pemakaian hingga dua tahun ke depan atau lebih.

Mengenai sumber daya pada kapasitas baterai yang dibawa Reno 4 juga cukup besar. Besar baterai 4.015 miliampere hour (mAh). didukung teknologi pengisian cepat Oppo VOOC 4.0 berdaya 30 Watt (W) yang cepat.

Fitur fast charging ini memungkinkan Reno 4 bisa terisi penuh hanya dalam waktu sekitar satu jam dari 0%.

1.8. Harga Awal Murah

Sebelum saat perilisannya banyak yang memperkirakan harga dari Oppo Reno 4 ini akan lebih mahal dibandingkan Reno 3 saat pertama kali rilis. Mengingat akan adanya beberapa peningkatan yang dibawanya dalam peluncuran Reno 4.

Oppo membanderol Reno 4 hanya sebesar Rp 4.999.000 yang Lebih murah Rp 200 ribu jika dibandingkan dengan Reno 3 yang seharga Rp 5.199.000 saat awal dirilis.

2. Kekurangan Oppo Reno 4

2.1. Tidak ada lensa telephoto

Salah satu hal yang spesial pada Reno 3 adalah lensa telephoto di antara keempat kamera utamanya itu. Di mana saat ini, sangat jarang ditemukan smartphone menengah dengan jenis lensa tersebut di harga segitu. Sayangnya kali ini, Reno 4 tidak lagi membawa lensa zoom tersebut.

2.2. Tidak ada NFC

Kekurangan Reno 3 yang juga dibawa Reno 4 adalah keduanya itu sama-sama tidak memiliki fitur Near Field Communication (NFC) yang tentunya untuk sebagian orang sangat berguna. Oppo menganggap masyarakat Indonesia masih banyak yang tidak memerlukan fitur dari konektivitas ini, jadi untuk menekan supaya budget fitur lebih baik dihilangkan agar memangkas harga.

Jadi itulah beberapa kekurangan dan kelebihan Oppo Reno 4. Apakah sudah mendapatkan pandangan untuk memiliki Reno 4? Dan terimakasih karena telah mengunjungi portal blog teknologi Kami. Jika merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share artikel ini agar semakin bermanfaat.