Skip to main content

8 Aplikasi Pembuat Intro Video

Intro Maker

8 Aplikasi Pembuat Intro Video

Selain bisa membuat orang ingin terus menonton, intro video juga bisa dijadikan sebagai ciri khas dari video yang kita buat. Hal itu membuat banyak content creator mencari cara untuk membuat intro video yang keren. Kabar baiknya, ada banyak aplikasi pembuat intro video yang bisa digunakan.

Jika Anda juga ingin membuat sebuah video singkat untuk dijadikan intro, maka Anda berada di artikel yang tepat. Di sini akan kita bahas aplikasi-aplikasi apa saja yang bisa digunakan untuk membuat intro video. Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja simak pembahasan berikut ini!

8 Aplikasi Pembuat Intro Video

Aplikasi yang akan kita bahas kali ini merupakan aplikasi-aplikasi untuk platform Android dan bisa Anda temukan di Google Play Store. Dengan aplikasi berikut, Anda bisa membuat video intro dengan mudah hanya dari layar smartphone:

1. Intro Maker

Aplikasi pembuat intro video yang pertama adalah Intro Maker. Aplikasi ini dikembangkan oleh Ryzenrise dan saat ini sudah mencapai 10 juta lebih total unduhan di Google Play Store. Hal itu cukup wajar mengingat aplikasi ini menawarkan ribuan template video yang bisa Anda kustomisasi.

Di sini, Anda bisa mengedit beberapa hal, mulai dari tulisan, animasi untuk teks, musik, hingga animasi untuk judul. Beberapa hal tersebut sangat menunjang untuk pembuatan intro video jika Anda ingin mengunggahnya ke Youtube. Meski begitu, aplikasi ini tidak lepas dari kekurangan.

Jika Anda adalah pengguna gratis, video yang dihasilkan dari aplikasi ini akan memiliki watermark sehingga akan mengganggu konten video yang Anda buat. Selain itu, konten iklan juga akan muncul di tengah-tengah pembuatan video. Untuk bisa menghilangkannya, Anda harus beralih ke versi pro.

2. Pixel Flow

Aplikasi pembuat intro video kedua dengan fitur yang tidak kalah dengan aplikasi sebelumnya adalah Pixel Flow. Di aplikasi ini, ada banyak sekali template teks, animasi, background, hingga musik yang bisa Anda padu padankan menjadi video intro yang menarik.

Dari template tersebut, Anda juga masih bisa menyesuaikan warna serta ukurannya sehingga akan lebih sesuai dengan video yang akan Anda gabungkan di belakangnya. Selain cocok untuk membuat intro video, aplikasi ini juga bisa Anda gunakan untuk membuat konten-konten lainnya.

Mulai dari konten untuk media sosial, iklan, hingga konten edukasi. Jika ingin membuat video outro atau video penutup, bisa juga menggunakan aplikasi ini untuk membuatnya. Anda tidak akan kecewa karena template-template yang disediakan cukup keren dan profesional.

3. 3D Intro Video Maker

Di posisi berikutnya, Anda juga bisa membuat sebuah video intro menggunakan aplikasi 3D Intro Video Maker. Salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah banyaknya animasi video tanpa watermark, template teks, running teks, dll. Sangat cocok untuk membuat video pembuka di video Anda.

Aplikasi besutan Intro Media ini berukuran 47MB di Google Play Store, dan sudah diunduh hingga lebih dari 100 ribu pengguna Android. Secara jumlah, template animasi, atau font di aplikasi ini tidak sebanyak 2 aplikasi di atas. Namun, Anda tetap bisa membuat video intro yang keren.

4. Apex Intro Maker

Meski hanya berukuran 29MB saja, aplikasi ini tetap bisa menghasilkan video intro yang bagus untuk video Anda. Berbagai pilihan font, musik, background, dan juga animasi yang ditawarkan sudah cukup beragam. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan foto Anda sendiri sebagai stiker.

Aplikasi ini sebenarnya mengoptimalkan pembuatan intro video untuk kategori gaming. Beragam karakter dan nuansa di game Apex Legend dihadirkan di aplikasi ini, sehingga nantinya nuansa dunia video games dapat dirasakan oleh viewer hanya dari intronya saja.

5. IntroBit

Jika Anda ingin aplikasi pembuat intro video dengan tampilan antar muka yang sederhana, maka IntroBit adalah aplikasi yang cocok untuk dicoba. Anda dapat dengan mudah menyusun berbagai elemen untuk membuat intro di video Anda.

Dengan aplikasi ini, Anda bisa menghasilkan video dengan beragam tema, mulai dari ucapan ulang tahun, cinematic, fire, action, romance, dll. Selain itu, berbagai font, template visual, animasi, hingga musik cukup banyak tersedia dan bisa Anda padu-padankan dengan mudah.

6. Kine Master

Aplikasi pembuat intro video berikutnya merupakan salah satu aplikasi yang cukup menjadi favorit banyak orang, yaitu Kine Master. Tidak hanya untuk membuat intro video saja, Kine Master bahkan sudah menjadi aplikasi video editor untuk membuat video utama di smartphone.

Aplikasi ini memungkinkan Anda menggabungkan video, memotong sebagian, menambahkan audio atau musik, menambahkan teks, memberi efek transisi, dll. Dengan fitur-fitur tersebut, tentu saja Anda tidak hanya bisa membuat video intro saja, tetapi juga video keseluruhan dan juga outro.

Fitur-fiturnya yang lengkap, work spacenya yang nyaman, serta aplikasinya yang juga mudah dioperasikan menjadi alasan utama mengapa Kine Master digunakan oleh jutaan orang di dunia. Di Play Store sendiri, aplikasi Kine Master sudah mencapai total unduhan lebih dari 100 juta pengguna.

7. Viva Video

Sama dengan Kine Master, Viva Video bisa dijadikan aplikasi pembuat intro video maupun untuk mengedit video panjang sekalipun. Wajar jika pengguna aplikasi ini juga sangat besar dengan total unduhan di Google Play Store mencapai lebih dari 100 juta pengguna dari seluruh dunia.

Meski tidak semua fiturnya gratis, Anda masih bisa membuat video yang keren dengan beragam pilihan font untuk tulisan, sticker, animasi dan berbagai kustomisasi lain yang akan menambah menarik video yang Anda buat.

Seperti aplikasi video editor berbayar pada umumnya, video yang dihasilkan dari aplikasi ini akan memiliki watermark, khususnya bagi pengguna Viva Video versi gratis. Untuk menghilangkan watermark dan menggunakan semua fiturnya, Anda harus menggunakan versi pro dari aplikasi ini.

8. Video Show

Berlanjut ke urutan kedelapan, kali ini ada aplikasi pembuat intro video bernama Video Show. Ada banyak fitur bisa Anda temukan di sini, beberapa di antaranya adalah fitur untuk membuat tampilan zoom in dan zoom out, background music yang beragam, serta banyaknya pilihan font untuk dipakai.

Jika Anda memiliki video dengan ukuran file yang terlalu besar, aplikasi ini bisa digunakan untuk mengompressnya. Selain itu, Anda bisa membuat subtitle pada video, memberi bingkai pada gambar yang ditambahkan, serta berbagai kustomisasi untuk meningkatkan daya tarik di video Anda.

Aplikasi ini juga termasuk aplikasi pembuat intro video yang sangat digemari oleh pengguna smartphone dunia. Ada lebih dari 100 juta total unduhan yang sudah dibukukan oleh aplikasi ini di Play Store. Jika Anda memiliki konten Youtube, aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk membuatnya.

Kedelapan aplikasi pembuat intro video di atas merupakan aplikasi-aplikasi yang kami rekomendasikan jika Anda ingin membuat tayangan pembuka atau intro di dalam rangkaian video yang Anda buat. Silakan pilih aplikasi mana yang bisa memenuhi kebutuhan Anda. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!