Skip to main content

Ini Dia 15 Cara Edit Video Online Tanpa Download Aplikasi

Filmora

Ini Dia 15 Cara Edit Video Online Tanpa Download Aplikasi

Aplikasi edit video memang sudah banyak tersedia di Google Play Store dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, menginstall aplikasi edit video akan memakan memori terlalu besar. Untungnya, sekarang Anda bisa menggunakan tools edit video online di internet yang gratis.

Tools tersebut memiliki fitur yang hampir sama dengan aplikasi edit video biasanya, namun bedanya Anda hanya dapat menggunakannya ketika online. Untuk Anda yang ingin mengetahui tools apa saja yang bisa digunakan untuk menyunting video secara online, berikut daftar lengkapnya.

15 Tools Edit Video Online Gratis Cocok untuk Pemula

Ada banyak situs atau tools yang menyediakan penyuntingan video secara gratis, namun di bawah ini akan disajikan hanya 15 saja yang terbaik. Di situs tersebut Anda bisa menggunakannya untuk menyunting video menggunakan fitur-fitur berkualitas secara gratis.

Berikut 15 daftar tools terbaik dan gratis yang bisa digunakan untuk edit video secara online.

1. Toolbox

Toolbox menjadi salah satu situs terbaik yang menyediakan tools edit video gratis dan bisa memuat file hingga 600 MB besarnya. Web ini sangat cocok untuk pemula atau Anda yang baru merintis Youtube agar hemat dana.

Ada banyak format video yang bisa dikonversikan, seperti MP4, MKV, AMV, MPEG, ASF, FLV, MOV, AVI, dan VOB. Terdapat fitur penambahan watermark yang bisa dimanfaatkan untuk melabeli video editan Anda agar tidak dicuri orang lain.

2. WeVideo

Di kalangan editor video, WeVideo mungkin sudah tidak asing lagi karena kualitasnya dalam menyajikan tools editing video gratis secara online. Baik pemula maupun yang sudah pro, tools ini cocok digunakan, karena cocok untuk semua perangkat.

Bagi Anda pengguna Windows, Chromebook, Mac, maupun Android dan iOS bisa menggunakan tools edit video online yang satu ini secara gratis.

3. Loopster

Untuk pemula yang belum terlalu ahli menggunakan software editing video, Loopster sangat cocok digunakan. Selain gratis, Loopster juga memberikan hasil editing video yang nampak seperti buatan profesional.

Ada banyak koleksi sound effect menarik yang bisa digunakan untuk membuat video terasa lebih hidup dan keren.

4. Animoto

Editing video drama musikal menggunakan tools yang satu ini sangat cocok dan hasil editan menjadi lebih bagus. Animoto yang populer di kalangan pemula atau pebisnis memiliki banyak koleksi musik menarik yang bisa dipakai pada video.

Hasil editing video menggunakan tools ini juga bisa dikonversikan ke ukuran yang direkomendasikan untuk diunggah ke sosial media, seperti Facebook, Picasa, maupun Instagram.

5. Kizoa

Kizoa merupakan situs tools editing video yang banyak dipilih karena memiliki beragam efek khusus. Efek khusus tersebut bisa dipakai untuk mempercantik video dalam hal posisi, ukuran, durasi, dan masih banyak yang lainnya.

Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa membuat video lebih terlihat profesional dengan menambahkan animasi ke dalamnya.

6. PowToon

Pemburu video animasi untuk presentasi pasti akan sangat cocok jika mengunjungi PowToon. Ada banyak template gratis siap pakai yang bisa digunakan, baik untuk pendidikan, bisnis, maupun kepentingan pribadi.

Penggunaan fitur-fiturnya pun cukup sederhana, sehingga sangat cocok bagi pemula yang belum mahir editing video. Bagi profesional, PowToon akan mempercepat proses penyuntingan video Anda.

7. Magisto

Jika hendak menyunting video dengan hanya menambahkan musik dengan rekaman video, Magisto bisa jadi solusi cepatnya. Tak perlu bersusah payah memburu musik untuk dimasukkan ke dalam video, karena Magisto telah menyediakan banyak list musik di dalamnya.

Agar lebih cepatnya lagi, hasil editing video bisa langsung Anda unggah ke platform media sosial tujuan, seperti Instagram maupun yang lainnya.

8. Clideo

Tools Clideo bisa digunakan baik di laptop / PC maupun di smartphone Anda secara gratis. Ada banyak fitur lengkap yang bisa dinikmati untuk membuat hasil editing video jadi lebih menarik, seperti meme video editor, speed video, dan juga merge video.

Fitur tersebut juga sangat sederhana dan mudah dimengerti, sehingga para pemula tidak perlu khawatir jika hendak menggunakan tools edit video online yang satu ini.

9. Wideo

Menggunakan jasa edit video untuk keperluan pemasaran atau marketing memang memakan biaya yang cukup besar. Belum lagi jika diharuskan menggunakan jasa tukang video yang tak bisa dikatakan murah.

Kesulitan ini bisa diatasi dengan kreativitas dan bantuan Wideo yang siap membantu Anda menghasilkan video promosi yang berkualitas. Tools ini memang sudah banyak dipakai oleh para pebisnis yang hendak melaksanakan proyek promosi produk alias branding perusahaan mereka.

10. YouTube Creator Tools

Pastinya Anda pernah melihat video-video di Youtube yang memiliki efek atau tampilan edit luar biasa. Melihat hal itu pastinya ada banyak konten kreator yang menginginkan hal sama pada video-video yang hendak diunggah.

Tak perlu khawatir, ada tools bernama YouTube Creator Tools yang siap membantu Anda dalam menciptakan video untuk keperluan Youtube yang menarik. Fitur-fitur menarik di dalamnya pun cukup lengkap, seperti Video Slide Show, Capture, Audio Library, Caption, serta Editor.

11. Keepvid

Bisa dibilang Keepvid adalah situs edit video online yang memiliki tampilan paling sederhana dan mudah dimengerti. Meskipun begitu, Keepvid memiliki beragam fitur menarik di dalamnya, seperti compress, trim, convert, adjust, serta flip.

12. Wave

Meskipun berupa website atau tools, Wave memiliki tampilan yang sangat profesional layaknya aplikasi editing video seperti biasanya. Tools ini hampir sama seperti Wideo yang cocok untuk keperluan bisnis, seperti iklan dan profil perusahaan.

Setelah login terlebih dahulu menggunakan email di website ini, Anda bisa langsung melakukan editing video menggunakan fitur-fitur yang tersedia. Tak hanya itu, disini juga tersedia banyak template yang bisa digunakan secara gratis.

13. Filmora

Versi aplikasi ponsel dan PC Filmora memang sangat terkenal, namun sayangnya untuk versi PC akan lebih lengkap dan tanpa watermark jika berlangganan. Ternyata Filmora juga menyediakan editing video melalui website secara online.

Namun, tools Filmora ini hanya bisa digunakan untuk memotong video dengan fitur cut dan trim yang dimilikinya. Anda juga bisa langsung mengunggah video hasil cut dan trimmer menggunakan situs Filmora.

14. Stupeflix

Kelebihan dari Stupeflix adalah fitur efeknya yang cukup beragam, sehingga dapat memuaskan penggunanya saat menyunting video secara online. Agar lebih menarik, Anda juga bisa memanfaatkan fitur flash dan soundtrack musik di dalamnya.

15. Kapwing

Kualitas video yang kurang bagus bisa ditutupi dengan menerapkan filter video yang ada di Kapwing ini. Di sini Anda juga bisa memanfaatkan fitur penambahan subtitle untuk video berbahasa asing atau agar pembicaraan menjadi lebih jelas.

Adanya fitur editing foto juga bisa dimanfaatkan agar foto di dalam video lebih menarik karena sudah disunting sedemikian rupa agar sesuai.

15 daftar tools edit video online di atas bisa dimanfaatkan untuk keperluan editing video secara gratis, tanpa watermark, dan tentunya penggunaan fitur yang mudah dipahami. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!