Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Info Corner DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Review Spesifikasi, Keunggulan dan Kekurangan Samsung Z2

Review Spesifikasi, Keunggulan dan Kekurangan Samsung Z2
Samsung Z2

Review Spesifikasi, Keunggulan dan Kekurangan Samsung Z2

Smartphone yang tidak menggunakan OS Android, begitulah sebutan yang akrab bagi Samsung Z2. Mungkin cukup aneh rasanya pada saat mendengar Samsung mengeluarkan ponsel pintar, namun tidak menggunakan Android. Jika Anda penasaran, maka simak informasi tentang spesifikasi Samsung Z2 berikut.

Tizen merupakan sistem operasi yang digunakan oleh Samsung untuk mengoperasikan seri Z2 miliknya. Dapat dikatakan bahwa Z2 ini merupakan sebuah percobaan dari Samsung, mengenai sistem operasi selain Android yang sudah biasa digunakannya. Apakah percobaan itu berhasil? Kita lihat saja.

TOC / Daftar Isi

BACA JUGA: Review Kekurangan Serta Keunggulan Samsung Galaxy M31

Spesifikasi Samsung Z2

Perlu untuk Anda ketahui, bahwa Samsung Z2 hadir dengan membawa spesifikasi yang terbilang lumayan di kelasnya. Smartphone yang satu ini, memang memasuki pasar menengah ke bawah. Dengan banderol harganya yang terjangkau, cocok untuk menemani kegiatan sehari-hari. Spek Samsung Z2:

  • Keluaran: Agustus 2016
  • Platform:
    • RAM: 1GB
    • CPU: Quad-core 1.5 GHz Cortex-A7
    • Penyimpanan: 8GB
    • GPU: Mali-400MP2
    • Sistem Operasi: Tizen 2.4
  • Kamera Belakang:
    • Single: 5 MP, f/2.2
    • Video: 720p@30fps
    • Fitur: LED flash
  • Kamera Depan: Single: VGA, f/2.4
  • Body:
    • Berat: 127 gram
    • Dimensi: 121.5 mm x 63 mm x 10.8 mm
    • Warna: Gold, Red, Black
    • Layar: TFT, 256K colors
    • Baterai: Li-Ion 1500 mAh, removable
    • Proteksi: Glass front, plastic back, plastic frame
  • Konektivitas:
    • Jaringan: LTE/GSM/HSPA
    • SIM: Dual SIM (dual stand-by, Micro-SIM)
    • Bluetooth: A2DP, 4.0
    • GPS: Yes, with GLONASS, A-GPS
    • WLAN: Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot, Wi-Fi Direct
  • Lain-lain:
    • Sensor: Accelerometer
    • USB: microUSB 2.0
    • Audio Jack: 3.5mm jack
    • Radio: FM Radio

Back to Content ↑

Keunggulan Samsung Z2

Sebagai sebuah ponsel pintar yang memiliki perbedaan mencolok dari seri smartphone Samsung lainnya, tentunya Samsung Z2 ini juga membawa beberapa keunikan yang bisa menjadi sebuah kelebihan. Lalu apa saja kelebihan dari Samsung Z2 ini? Berikut ini penjelasannya.

Back to Content ↑

1. Harga yang Cukup Terjangkau

Tentunya Anda sudah tahu jika Samsung merupakan salah satu raksasa produsen smartphone. Dengan nama besar yang dimilikinya, maka membuat kebanyakan produknya memiliki bandrol harga yang mahal. Jadi, bukan hal baru lagi jika Samsung merilis smartphone baru dengan harga yang tergolong mahal.

Akan tetapi, berbeda dengan ponsel pintar yang satu ini. Entah mengapa ataupun hanya sekedar demi melakukan percobaan dengan membawa OS baru, Samsung justru membanderol smartphone ini dengan harga yang cukup terjangkau, yakni sekitar 800 ribuan rupiah saja.

Back to Content ↑

2. Tampilan Menawan

Samsung Z2 hadir dengan membawa tampilan yang terkesan keren dan stylish. Dengan ciri khas Samsung yang masih mempertahankan tombol menu fisik pada bagian depan bawahnya, ponsel ini mampu menunjukkan bahwa Z2 masih tergabung dalam jajaran smartphone milik Samsung.

Ponsel ini juga menggunakan desain berbentuk persegi panjang dengan setiap sudut yang tajam. Tentunya desain tersebut akan membuat Z2 ini terlihat cukup menawan dan premium. Apalagi dengan varian warna yakni Red, Black, dan Gold, maka akan membuatnya semakin menawan.

Back to Content ↑

3. Layar Responsif

Layar yang dimiliki oleh Samsung Z2 ini berjenis TFT Capacitive, sebuah layar yang biasa digunakan di kelasnya. Ukuran dari layar tersebut seluas 4,0 inci. Jenis layar ini juga terkenal dengan responsibilitas serta kenyamanannya, meskipun hanya digunakan dengan menggunakan satu tangan saja.

Back to Content ↑

4. Dukungan 4G LTE

Pada tahun perilisannya di 2016 lalu, tentunya teknologi jaringan 4G masih jarang ditemukan pada smartphone keluaran terbaru. Pasalnya pada tahun tersebut, di Indonesia teknologi 4G LTE ini masih tergolong baru dan masih terus dikembangkan.

Untungnya saja, Samsung Z2 ini telah menghadirkan teknologi jaringan 4G LTE. Sehingga Anda dapat menggunakan ponsel pintar tersebut untuk memperoleh akses internet yang lebih cepat. Jadi hal ini merupakan salah satu kelebihan yang patut untuk diapresiasi untuk Samsung Z2.

Back to Content ↑

5. OS Tizen yang Keren

Seperti yang tadi telah disebutkan, bahwa Samsung Z2 ini menggunakan sistem operasi yang berbeda dengan kebanyakan smartphone besutan Samsung. Pastinya ini menjadi suatu keunikan sekaligus kelebihan dari Samsung Z2. Untuk OS yang digunakan tersebut bernama Tizen 2.4.

Perlu untuk Anda ketahui, jika OS Tizen 2.4 tersebut mampu menawarkan kustomisasi pada tampilan UI yang cukup menawan. Jika dibandingkan dengan tampilan UI yang ada di OS Android tahun 2016, bisa dibilang bahwa tampilan antarmuka Tizen ini lebih berkesan futuristik dan keren.

Back to Content ↑

6. Performa yang Cukup Bagus

Walaupun Z2 ini merupakan percobaan dari Samsung dalam menggunakan OS yang baru, namun Samsung tidak melupakan performa yang dibawa olehnya begitu saja. Hal ini dibuktikan dengan penggunaan prosesor Spreadtrum SC9830, quad-core dengan kecepatan hingga 1.5 GHz.

Dengan performa yang dimilikinya tersebut, tentunya menjadikan Samsung Z2 ini menjadi salah satu ponsel tangguh di kelasnya. Anda bisa melakukan berbagai macam aktivitas seperti bermain game, menonton film, ataupun yang lainnya dengan lancar.

Performa dari Samsung Z2 ini, juga didukung dengan RAM berkapasitas sebesar 1GB. Tentunya Anda sudah paham, smartphone dengan kapasitas RAM 1GB merupakan hal yang cukup susah untuk dicari. Jika ada, biasanya memiliki harga diatas 1 juta rupiah.

Tidak hanya pada RAM saja, kapasitas memori internal pada ponsel ini juga patut untuk Anda pertimbangkan. Pasalnya, Samsung Z2 hadir dengan membawa kapasitas ROM sebesar 8 GB yang mampu digunakan untuk menginstal berbagai aplikasi serta menyimpan banyak file-file penting.

Back to Content ↑

7. Kamera Utama dengan Kemampuan Lumayan Bagus

Beralih pada sektor kamera, Samsung Z2 membawa kamera utama dengan resolusi sebesar 5 MP. Resolusi 5 MP pada smartphone di tahun 2016, tentunya sudah menjadi hal yang spesial karena mampu memberikan hasil gambar yang cukup bagus. Apalagi ada dukungan LED flash pada saat kondisi gelap.

Selain fotografi, Samsung juga turut memperhatikan aktivitas videografi menggunakan smartphone yang satu ini. Dengan menggunakan Samsung Z2, maka Anda bisa menghasilkan sebuah video dengan kualitas mencapai HD 720 @30fps dengan kameranya ini.

Back to Content ↑

Kekurangan Samsung Z2

Selain beberapa kelebihan yang sudah dijelaskan di atas, tentunya Samsung Z2 ini juga memiliki kekurangan yang perlu untuk Anda pertimbangkan. Untuk itu langsung saja, di bawah ini ada beberapa kekurangan yang dimiliki oleh seri Z2.

Back to Content ↑

1. Keterbatasan Aplikasi

Penggunaan dari OS Tizen ternyata tidak hanya memberikan kelebihan bagi ponsel ini, akan tetapi juga kekurangan. Salah satunya adalah aplikasi yang dapat diinstal dan digunakan. Pada OS Tizen sendiri, aplikasi yang tersedia tidak sebanyak pada OS Android.

Back to Content ↑

2. Kualitas Kamera Depan Buruk

Meskipun kualitas pada kamera belakangnya sudah cukup, namun tidak dengan kamera depannya. Smartphone ini masih menggunakan tipe kamera VGA untuk selfie camera. Tentunya dengan kamera ini, hasil foto selfie yang dilakukan masih tergolong buruk.

Back to Content ↑

3. Kapasitas Baterai Kecil

Seperti yang ada pada tabel di atas, jika kapasitas daya baterai yang dimiliki oleh Samsung Z2 ini hanya sebesar 1500 mAh. Pastinya daya baterai tersebut tergolong sangat kecil. Jadi ketika digunakan secara intensif, Anda perlu melakukan pengisian ulang daya berkali-kali.

Back to Content ↑

Harga Samsung Z2

No Type Harga
1. RAM 1 GB/ROM 8 GB Rp. 850.000,00

Back to Content ↑

Jika Anda sudah mengetahui beberapa hal tentang kelebihan, kekurangan, harga, dan juga Samsung Z2 spek di atas, apakah sudah siap untuk memilikinya. Memang ponsel ini tidak terlalu spesial, namun dengan keunikannya membuat banyak orang tertarik untuk memilikinya. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!