Skip to main content

Rekomendasi Aplikasi Pengganti Webcam Untuk Android

DroidCam Wireless Webcam

Rekomendasi Aplikasi Pengganti Webcam Untuk Android

Saat ini telah ada banyak sekali aplikasi android yang dikembangkan oleh para perusahaan atau developer, yang dimana pasti memiliki tujuan untuk mempermudah kegiatan manusia. Bahkan telah ada belasan bahkan puluhan aplikasi yang memiliki fungsi yang cukup sama, contohnya adalah aplikasi untuk berbelanja online. Tapi apa jadinya jika kita memiliki aplikasi pengganti sebuah webcam, yang dapat membantu kita dalam memperbaiki kualitas rekaman atau tangkapan wajah kita untuk laptop atau pc kita.

Sehingga tentunya kualitas video dari wajah kita yang ditampilkan dapat lebih baik, daripada kualitas rekaman laptop bawaan yang dimana jauh dari pada kualitas kamera smartphone. Apalagi memang saat ini webcam tersebut cukup berguna dan sedang banyak sekali dibutuhkan, untuk kegiatan meeting secara online entah itu untuk kegiatan belajar mengajar atau pekerjaan. Oleh karena itu, Kami akan memberikan kalian beberapa rekomendasi aplikasi pengganti webcam untuk android.

Daftar Rekomendasi Aplikasi Pengganti Webcam Untuk Android

TOC / Daftar Isi

Webcam merupakan camera untuk yang terhubung biasanya pada laptop kita atau untuk PC biasanya membeli perangkat webcam terlebih dahulu. Supaya saat melakukan panggilan video atau meeting video di perangkat desktop kita, dapat melakukan tatap muka walaupun dikerjakan atau bertemu secara daring. Kebutuhan panggilan video atau meeting video secara daring saat ini sudah semakin banyak, apalagi semenjak WFH kita diharuskan untuk melakukan kegiatan belajar mengajar atau rapat secara daring.

1. DroidCam Wireless Webcam

DroidCam merupakan aplikasi yang dapat menggantikan fungsi webcam kalian yang mungkin kualitasnya kurang bagus, atau bahkan kalian menggunakan desktop yang dimana tidak memiliki webcam pada monitornya. Maka dari itu, droidcam hadir dengan berbagai macam fiturnya yang cukup menarik yakni menghubungkan laptop atau pc kalian, dengan kamera yang ada di smartphone kalian. Terlebih lagi jika memang kamera pada smartphone kalian tersebut memang sangat bagus, dengan kualitas megapixel yang sangat besar.

Bahkan kalian pun dapat melakukan recording seperti para YouTuber dengan hasil cam yang sangat baik, tanpa harus repot-repot membeli DSLR atau WebCam itu sendiri. Cukup install aplikasi droidcam pada smartphone kalian, hubungkan dengan USB, lalu buka aplikasi droidcam tersebut dan secara otomatis terdeteksi di laptop kalian. Tapi sebelum itu kalian juga harus menginstall aplikasi droidcam pada laptop kalian juga, supaya dapat terhubung atau terkoneksi antara Smartphone dan juga Laptop.

Back to Content ↑

2. IP Webcam

Selain aplikasi droidcam tersebut, terdapat juga aplikasi lainnya yang dapat menggantikan fungsi sebuah webcam pada laptop atau PC kalian yakni IP WebCam. IP webcam ini sendiri biasanya digunakan untuk kalian yang memiliki smartphone dengan spek yang tidak terlalu besar, sehingga tidak memberatkan performa smartphone tersebut juga tentunya. Size atau ukurannya yang kecil tersebut membuat aplikasi ini tidak memiliki banyak sekali fitur, tetapi jika kalian hanya membutuhkan pengganti webcam saja boleh banget pake aplikasi ini

Aplikasi ini dapat terhubung dengan aplikasi lainnya seperti tinyCam Monitor atau juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga dari MJPG Software. Yang lebih unik dan juga menarik dari aplikasi ini adalah kalian mampu memfungsikannya sebagai CCTV atau kamera tersembunyi pada setiap ruangan yang penting. Bahkan aplikasi ini mendukung night vision atau dapat melihat dalam kegelapan, mendeteksi pergerakan, hingga suara sekalipun.

Back to Content ↑

3. Camy

Terdapat juga aplikasi Camy yang dimana dapat membantu kalian dalam menggunakan webcam untuk desktop kalian dengan cukup mudah dan juga fitur yang banyak sekali. Tetapi kebanyakan orang menggunakan aplikasi Camy ini untuk pengganti CCTV, yang dimana dapat menjaga keamanan entah itu kamar anak kalian atau peliharaan kalian juga. Fitur dari Camy ini dapat dikatakan sangat banyak sekali, seperti dapat digunakan untuk perekam video, kalian dapat menjawab melalui speaker hp kalian secara jarak jauh dengan fitur lihat dan bicara.

Ada lagi yang lebih menarik yakni dapat melakukan zoom in dan zoom out secara real time pada kamera handphone kalian, dan tambahan banyak fitur menarik lainnya juga. Satu hal yang cukup disayangkan dalam menggunakan aplikasi ini adalah, untuk menggunakan banyak device atau banyak kamera kalian harus mengupgradenya ke versi yang premium.

Back to Content ↑

4. iVCam

iVCam adalah aplikasi yang mampu menggantikan fungsi sebuah webcam pada laptop kalian dengan support hampir ke seluruh versi Android yang ada saat ini. Jadi kalian para pengguna versi android yang dapat dikatakan cukup jadul atau masih berada di versi android 10 ke bawah, tidak perlu takut lagi takut smartphone kalian tidak akan support. Maka dari itu, kalian pun dapat merasakan atau mengubah webcam kalian lebih baik lagi walaupun dengan android seadanya.

Kalian dapat menyambungkan smartphone kalian ke laptop dengan USB, Wifi ataupun Bluetooth, sehingga tidak perlu bingung lagi membeli beberapa perangkat tambahan. Untuk performa yang dibelikan pun cukup kencang dengan low latency, sehingga kalian mampu menangkap wajah kalian pada kamera secara real time. Lebih kerennya lagi iVCam telah mampu mampu mendukung hasil kualitas video hingga 4k, dengan pilihan lain seperti 1080p, 720p, 480p, dan sebagainya.

Back to Content ↑

5. At Home Camera – Home Security

At Home Camera banyak sekali digunakan orang tua sebagai salah satu pengganti CCTV untuk menjaga kamar anak mereka dari gangguan, yang dimana tentunya tidak dapat kita pantau 24 jam nonstop. Tetapi kalian tidak perlu khawatir karena aplikasi ini juga mampu menggantikan posisi sebuah webcam juga, apalagi dengan fiturnya yang tentu sangat menarik dan berguna. Kamu mampu menggunakan hingga 4 buah smartphone sebagai kamera, tanpa harus meng upgradenya ke versi premium seperti pada aplikasi sebelumnya.

Aplikasi ini juga mendukung perekaman suara, sehingga kalian pun tidak usah bingung lagi jika memang desktop kalian tidak memiliki sebuah microphone. Kalian pun mampu mengaktifkan fitur night vision pada malam hari, supaya dapat terlihat jelas walaupun keadaan cahaya kurang. Cuma kekurangan aplikasi ini tidak dapat berjalan sepenuhnya pada background, sehingga kalian harus mengeluarkan aplikasi ini sendiri saat membersihkan multi task.

Back to Content ↑

6. WO Webcam

WO Webcam pilihan lain dari aplikasi yang mampu mengganti webcam selain droidcam sebelumnya, dengan fitur yang tak kalah menarik daripada droidcam tersebut. Namun yang membedakannya adalah kalian dapat menggunakan aplikasi ini pada smartphone dengan spek kecil sekalipun. Karena memang size yang ditawarkan aplikasi ini cukup kecil dan mampu diusung hampir seluruh Android yang ada.

Back to Content ↑

Itulah dia merupakan rekomendasi aplikasi pengganti webcam untuk android yang dapat kalian berikan kepada kalian. Semoga kalian dapat dipermudah dengan adanya pengganti webcam tersebut, tanpa harus merogoh kocek untuk membeli sebuah webcam yang dimana cukup mahal.

Dan terimakasih karena telah mengunjungi portal blog teknologi Kami. Jika merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share artikel ini agar semakin bermanfaat.