Skip to main content

Cara Mengubah Emoji Android Menjadi iPhone

Cara Mengubah Emoji Android Menjadi iPhone

Cara Mengubah Emoji Android Menjadi iPhone

Setiap platform entah itu media sosial, aplikasi chat, atau perangkat lunak ponsel memiliki emoji yang berbeda-beda. Namun, dari berbagai banyak emoji, milik iPhone dianggap yang paling sempurna. Akibatnya banyak yang cari cara mengubah emoji Android menjadi iPhone.

Jadi, meski menggunakan ponsel Android, Anda tetap bisa merasakan emoji dari iPhone, lengkap dengan font dan komponen visual lainnya. Nah, kalau Anda belum mengetahui bagaimana cara mengubah emoji Android ke iPhone, Anda bisa menyimaknya di beberapa metode di bawah ini.

Cara Mengubah Emoji Android Menjadi iPhone Secara Mudah

1. Memanfaatkan Emojily

Emojily adalah aplikasi yang bisa ditemukan di Play Store. Anda bisa mengunduhnya secara gratis dan langsung memakainya. Aplikasi bekerja di sistem tanpa meminta akses untuk root. Jadi, aman digunakan oleh siapa saja yang membutuhkan. 

Berikut beberapa langkah memanfaatkan Emojily:

  • Pasang “Emojily” dan pastikan sudah ada memori tersisa yang cukup lebar.
  • Setelah terpasang, segera buka dan “berikan hak akses” agar aplikasi bisa bekerja dengan baik.
  • Setelah terpasang, jangan lupa untuk “enable keyboard” yang terintegrasi dengan Emojily. Tanpa perizinan ini, akan sulit bagi Anda untuk mengeluarkan emoji yang jumlahnya ada ratusan.
  • Anda bisa memilih sendiri pack emoji yang akan dipakai atau menggunakannya secara random agar menarik.

Perlu diingat kalau tidak semua ponsel bisa memakai aplikasi ini. Meski sama-sama Android dan tidak root, kadang ada yang gagal menampilkan emoji. Kemungkinan besar ada masalah dengan font yang dipakai atau sistem memang tidak mengizinkan modifikasi emoji secara berlebihan.

2. Memasang Flipfont

Saat ini beberapa ponsel terbaru termasuk Samsung sudah memberikan akses penggantian font. Jadi, Anda tidak perlu lagi melakukan root seperti sedia kala. Cukup memanfaatkan Flipfont agar mendapatkan banyak emoji ala iPhone. Ikuti beberapa langkah di bawah ini:

  • Menggunakan Samsung seri paling anyar atau ponsel Android yang sudah ada akses penggantian font.
  • Unduh “Flipfont” dari Play Store. Ada banyak pilihan yang bisa digunakan, temukan emoji seperti link ini.
  • Setelah terpasang segera masuk ke “Setting” atau “Pengaturan”, pilih “Tampilan” atau “Display” lalu menuju ke “Font”.
  • Ganti dengan apa yang sudah terpasang sebelumnya. Namanya “Emoji font 3”.
  • Anda bisa memasang aneka font lain yang memberikan aneka emoji menarik. Setelah terpasang, aktifkan dengan cara yang sama.
  • Sampai sini proses selesai dan akan ada perubahan pada emoji.

Pada beberapa ponsel mungkin akan ada eror sehingga font tidak bisa muncul. Kalau mengalami ini coba jenis font lain atau lakukan restart untuk melihat efeknya. Kadang butuh booting ulang agar efeknya muncul.

3. Mencoba Emoji Switcher

Emoji Switcher memiliki pack emoji yang jumlahnya banyak dan bisa diganti-ganti sesuai dengan kebutuhan. Sayangnya, Anda harus memiliki ponsel Android yang sudah mendapatkan akses root. Kalau tidak root, efeknya tidak akan ada sama sekali.

Kalau ponsel yang Anda miliki belum memiliki akses root, ada baiknya untuk dipikirkan dahulu. Kecuali Anda sudah terbiasa untuk mengotak-atik ponsel dan perangkat juga sudah habis masa garansinya. Ikuti langkah di bawah ini untuk melakukannya:

  • Ponsel sudah harus root. Kalau Anda tidak yakin bisa melakukan root ulang agar proses bisa berjalan dengan lancar.
  • Download aplikasi Emoji Switcher langsung di Play Store dan pasang. Ukurannya hanya 2.5 MB sehingga aman dipasang di semua jenis ponsel.
  • Setelah terpasang, segera buka aplikasinya secara langsung. Anda akan dihadapkan ke berbagai pilihan pack emoji dari iOS 9 sampai iOS 12.1. Beberapa emoji lain dari Android Pie, Twitter, dan Facebook juga ada.
  • “Pilih satu emoji” yang diinginkan, misal iOS 12.1. Selanjutnya tekan “Install”.
  • Tunggu selama beberapa saat sampai pengunduhan selesai.
  • Setelah selesai, kemungkinan besar tidak akan terlihat emojinya. Anda harus melakukan “booting ulang”.
  • Coba melakukan chat ke teman, emoji yang ada di sana akan berubah.

Beberapa ponsel kemungkinan besar menghalangi akses pada keyboard. Anda bisa memberikan izin dahulu agar aplikasi berjalan dengan baik.

4. Memakai Flashfire

Flashfire merupakan aplikasi untuk membuat backup dan restore perangkat Android. Untuk menggunakan aplikasi ini, ponsel yang Anda gunakan harus sudah di-root. Setelah di-root, aplikasi bisa bekerja dengan baik termasuk memasukkan font dari iOS.

Sebelum melakukan langkah di bawah ini, pastikan Anda sudah mendapatkan pack font dan emoji yang dimiliki iOS versi apa pun. Cari langsung di internet karena jumlahnya ada banyak. Setelah selesai, simpan di folder yang mudah ditemukan:

  • Ponsel sudah root dan iOS font sudah disiapkan dengan baik.
  • Unduh “Flashfire” di Play Store. Aplikasinya kecil dan gratis digunakan.
  • Setelah terpasang, Anda bisa segera membukanya dan melakukan klik pada tanda “plus”.
  • Akan muncul beberapa pilihan di sana. Pilihlah “Flash ZIP” or “OTA”.
  • Cari file “Font iOS” yang sudah disiapkan.
  • Setelah ditemukan dan Anda sudah siap, tekan “Flash”.

Emoji dan font yang ada di ponsel Android Anda akan langsung berubah. Biasanya tidak memerlukan booting ulang. Namun, kalau dirasa perlu Anda bisa melakukan restart agar semua fungsinya berjalan dengan baik.

5. Memasang Emoji Keyboard

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mengubah emoji Android menjadi iPhone adalah dengan memasang Emoji Keyboard. Aplikasi ini bisa mendapatkan aplikasi ini di Play Store secara gratis. Ukurannya juga cuma 17 MB. Aman dipasang di segala jenis ponsel.

Untuk menggunakan Emoji Keyboard yang gratis ini, simak beberapa langkah di bawah ini:

  • Aplikasi Emoji Keyboard sudah terunduh dan terpasang dengan baik di Android. Tidak perlu ada akses root untuk memanfaatkannya.
  • Setelah terpasang, aplikasi tidak bisa langsung digunakan. Anda harus mengubah aksesnya agar dikenali oleh sistem. Caranya dengan menekan tombol “Turn ON Keyboard” dari dalam aplikasi.
  • Geser tombol untuk melakukan perubahan dan perizinan. Sampai sini, aplikasi bisa langsung digunakan sebagai keyboard.
  • Anda bisa mengganti-ganti sendiri keyboard sesuai dengan kebutuhan. Misal hanya memakai untuk chat saja, bisa tekan setting di keyboard dan diganti sesuai kebutuhan.
  • Apabila tidak ada perubahan setelah diaktifkan, lakukan “booting ulang”.

Setelah terpasang, ada ratusan bahkan ribuan emoji yang bisa digunakan. Selama Anda dan orang yang dikirim pesan menggunakan aplikasi sama atau pakai iOS, emoji akan muncul.

Dengan memanfaatkan cara mengubah emoji Android menjadi iPhone di atas, Anda bisa mengubah visual dari ponsel. Saat mengirim atau menerima pesan dari pengguna iPhone, emoji yang digunakan bisa beraneka ragam dan menarik.

Saat mengubah emoji dengan memanfaatkan sistem, ada baiknya Anda berhati-hati. Selama sistem tidak diubah dan menjadi root, masalah seperti kerusakan dan kehilangan garansi tidak akan terjadi. Namun, kalau harus root risikonya bisa semakin besar.

Pilih cara yang sekiranya mudah dilakukan dan tidak memicu gangguan sistem. Misal memakai aplikasi biasa. Kalau cara di atas tidak ada yang berhasil, lebih baik bersabar untuk membeli iPhone atau Android terbaru yang mendukung perubahan emoji.