Skip to main content

Wajib Tahu! 6 Jurusan Berikut Paling Banyak Dibutuhkan di Masa Depan

Wajib Tahu! 6 Jurusan Berikut Paling Banyak Dibutuhkan di Masa Depan

Wajib Tahu! 6 Jurusan Berikut Paling Banyak Dibutuhkan di Masa Depan

Menentukan jurusan kuliah menjadi hal yang penting bagi hampir semua lulusan sekolah menengah umum. Pasalnya, di bangku perkuliahan, segala tujuan hidup dan cita-cita akan dimulai. Akibatnya, bagi kamu yang berniat untuk masuk kuliah, kamu harus mengambil jurusan yang tepat.

Kamu bisa mempertimbangkan bakat, minat, kemampuan, dan finansial. Tak jarang orang tua meminta anaknya masuk ke jurusan strategis yang banyak dibutuhkan di masyarakat. Lantas, jurusan seperti apa yang paling banyak dibutuhkan di masa depan?

TOC / Daftar Isi

1.Ilmu Komputer dan Teknik Komputer

Digitalisasi teknologi tak bisa terlepas di masa sekarang. Bahkan, saat ini sudah banyak diciptakan robot yang hampir menggantikan seluruh peran manusia. Akan tetapi, bidang-bidang seperti kesehatan dan tenaga pendidik tak pernah terganti oleh mesin. Selain bidang tersebut, sangat mungkin jika seluruhnya dilakukan dengan memanfaatkan teknologi.

Ilmu komputer menjadi jurusan yang tepat kamu pilih jika ingin masa depanmu lebih terarah. Pasalnya, lulusan jurusan ini akan bekerja di banyak bidang kehidupan. Seperti disebutkan sebelumnya bahwa segala bidang kehidupan tak terlepas dari peran teknologi dan komputerisasi.

Pada akhirnya, lulusan ilmu komputer ataupun teknik komputer akan selalu dibutuhkan masyarakat. Para lulusan IT terus diberikan bekal pengembangan diri dan kemampuan berinovasi. Skill ini menjadi penting karena tanpa inovasi, lulusan sehebat apapun tak bisa tumbuh dengan maksimal.

Setiap tahun, banyak perusahaan tumbuh dan meluncurkan website untuk pengembangan usaha mereka. Profesi seperti web developer dan ioS/Android developer akhirnya paling banyak dicari. Untuk bisa masuk ke perusahaan ternama, pastikan ilmu kamu mumpuni dan kredibel sebagai lulusan teknik komputer atau ilmu komputer.

Back to Content ↑

2. Keperawatan

Di bidang kesehatan, jurusan keperawatan adalah jurusan yang paling banyak dicari. Jurusan ini tak kalah dengan jurusan kedokteran yang peminatnya paling tinggi. Sebab, selain dokter, seorang perawat juga sangat penting dalam dunia kesehatan. Selama masih ada manusia sakit, profesi di bidang kesehatan akan terus berjalan. Untuk itu, dibutuhkan peran agar bisa membantu kesembuhan pasien, baik oleh dokter maupun perawat.

Peran perawat sebagai pembantu dokter sangat penting. Sebagian besar rumah sakit membutuhkan jumlah perawat yang lebih banyak daripada dokter. Terutama dalam tugas vital merawat pasien, perawatlah yang setiap saat hadir melayani pasien. Dengan demikian, jurusan ini sangat strategis di masyarakat.

Back to Content ↑

3. Akuntansi

Selama perusahaan masih ada, maka lulusan akuntansi masih dibutuhkan. Hal ini karena profesi akuntan sangat berperan dalam menjaga keuangan perusahaan. Setiap tahun ada ratusan perusahaan yang tumbuh. Akibatnya, setiap perusahaan membutuhkan akuntan sesuai kebutuhan.

Selain itu, lulusan akuntansi memiliki bidang kerja yang luas. Mereka bisa merambah sebagai pegawai bank, konsultan pajak, sampai dengan auditor. Nah, bagi kamu yang berminat di bidang ekonomi dan menyukai hitung-hitungan, kamu bisa mempertahankan jurusan yang paling banyak dibutuhkan di masa depan yakni akuntansi.

Back to Content ↑

4. Marketing

Di dunia digital, yang tak kalah ramai adalah pemasaran digital. Jurusan marketing memiliki potensi kerja yang menjanjikan. Semakin ramainya market (pasar), membuat perusahaan membutuhkan marketer andal. Tugasnya adalah membuat strategi pemasaran untuk sebuah produk baik barang atau jasa.

Selain itu, seorang marketer juga bertugas memaksimalkan pendapatan perusahaan melalui berbagai strategi marketing. Bagi kamu yang ingin belajar lebih lanjut mengenai strategi marketing, kamu bisa meneliti mata kuliah di jurusan ini.

Seorang marketer harus melihat melihat peluang pemasaran produk. Bahkan, saat ini muncul profesi digital marketer, yakni seorang marketer yang memanfaatkan platform online sebagai media pemasaran produk. Tentunya ada strategi tersendiri di setiap jenis produk. Untuk itu, di perusahaan manapun akan membutuhkan seorang marketer andal untuk memasarkan produk.

Back to Content ↑

5. Psikologi

Selain marketer, perusahaan juga membutuhkan seorang lulusan psikologi. Lulusan ini bukan bekerja sebagai psikolog tempat konsultasi psikologis, tetapi ia bekerja di bagian personalia. Sebagian ada juga yang menempatkan di bagian HRD (Human Resources Development) yang bertugas menyeleksi sumber daya pekerjaan yang masuk.

Peran psikolog tak hanya itu saja. Di bidang kesehatan seorang psikolog bisa menjadi konsultan kesehatan mental. Apalagi di masa belajar darinya seperti ini diduga muncul banyak sekali masalah mental. Contohnya saja guru BK yang mendapatkan curhatan tentang keluhan belajar hingga membuat siswa tidak dapat memahami pembelajaran.

Akhirnya, timbul rasa malas dan minder ataupun insecure. Dalam hal ini, seorang guru BK juga mempelajari psikolog. Dalam arti lain, lulusan psikologi juga bisa bekerja di sekolah. Jika kamu mengambil jurusan ini, bidang kerja kamu akan mempunyai cakupan yang luas

Back to Content ↑

6. Matematika dan Statistika

Bagi kamu yang menyukai matematika, jurusan matematika ataupun statistika bisa kamu pilih. Alasan lainnya karena jurusan ini sangat banyak dibutuhkan di masa depan. Di seluruh bidang kehidupan tidak terlepas dari perhitungan dan masalah pencatatan data. Oleh karena itu, setiap bidang kerja pasti membutuhkan lulusan matematika atau statistika.

Lulusan ini akan berhubungan dengan analisis data. Sementara analisis data sendiri sangat berperan penting dalam bidang industri. Terutama data tersebut menjadi solusi untuk cara pemasaran yang akan digunakan. Pada saat menjalani perkuliahan, kamu akan banyak berhubungan dengan software-software khusus analisis data.

Jika banyak anggapan lulusan matematika murni hanya bekerja sebagai peneliti, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Sebab, bidang kerja setiap lulusan tidak mesti hanya itu-itu saja. Banyak bidang yang bisa kamu coba sebagai lulusan matematika ataupun statistika.

Tentu untuk bisa bekerja sesuai bidangnya, kamu harus memiliki ilmu yang kompeten. Bahkan jika perlu, kamu coba menambah ilmu-ilmu dasar, seperti skill berkomunikasi, leadership, dan sebagainya. Dengan begitu, bidang kerja seperti apapun jika memenuhi syarat, kamu akan nyaman bekerja di sana.

Back to Content ↑

Itulah 6 jurusan kuliah yang paling banyak dibutuhkan di masa depan. 6 alternatif jurusan tersebut bisa kamu jadikan pertimbangan dalam memilih jurusan. Namun, sebelumnya kamu teliti terlebih dahulu passion atau minat apa yang kamu miliki.

Kuliah yang berlangsung selama kurang lebih 4 tahun merupakan waktu yang lama. Dengan begitu, pastikan dirimu nyaman dengan jurusan yang kamu pilih. Jika tidak, kamu bisa merasa tertekan karena salah jurusan. Jangan hanya memilih karena gaji yang menggiurkan, tetapi kembali lagi kepada minat kamu.

Jika memang 6 jurusan tersebut merupakan bidang kerja yang ingin kamu tuju, sangat sesuai jika kamu memilih jurusan itu. Teruslah bersemangat dalam menuntut ilmu. Tujuannya agar ilmu yang kamu dapat bisa memberikan manfaat kepada lingkungan sekitar. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!