Skip to main content

Review Spesifikasi & Keunggulan Smartphone Pocophone F1

Pocophone F1

Review Spesifikasi & Keunggulan Smartphone Pocophone F1

Pocophone adalah submerk dari merek xiaomi yang merupakan smartphone dari kalangan entry-mid-class. Kehadiran Pocophone F1 di Indonesia direspons sangat beragam dengan pro dan kontra. Ada yang memberikan predikat flagship killer dan tidak sedikit yang langsung menduga Pocophone menggunakan komponen kualitas nomor dua atau lebih tepatnya buangan dari merk Xiaomi.

Pocophone F1 sendiri dibekali layar IPS 6,18 inch beresolusi full HD+ dengan resolusi 2.246 x 1.080 piksel. Pada permukaan layar, ada poni dengan rasio 18:7:9, dan telah mengadopsi proteksi Corning Gorilla Glass. Namun, pada situs Xiaomi maupun Corning pocophone F1 tidak disebutkan versi Gorilla Glass yang digunakannya.

Dari segi Tampilan layar F1 sebenarnya tak bisa dibilang jelek dan juga tidak terlalu bagus. meskipun demikian, jika diadu dengan layar ponsel flagship dengan merek lainnya, layar pocophone F1 di akui memang kalah prima apalagi soal tampilan.

Warna dan ketajaman gambar yang dihasilkan oleh layar F1 terasa kurang full power alias ala kadarnya saja. Untungnya ada alasan mengapa pocophone F1 masih recomended dan laku di pasaran, Harga F1 jauh lebih murah daripada ponsel flagship yang di launching oleh merk lain.

Untuk bagian sisi atas ponsel, terdapat konektor audio 3,5 milimeter dan sedangkan pada bagian di bawah ponsel ada speaker dan konektor USB tipe C. lalu posisi pada Tombol volume dan power ditempatkan di sebelah bagian kanan ponsel.

Sementara itu, pada pocophone F1 terdapat slot kartu dual nano SIM hybrid tersedia di bagian pada sisi kiri ponsel. Pengguna pocophone F1 juga bebas memilih akan menyisipkan dua nano SIM atau satu nano SIM dan satu kartu microSD eksternal. Atau bisa menggunakan semuanya dengan bantuan converter.

Nah, jika para pengguna pocophone F1 ini mengikuti yang memasangkan dua nano SIM sekaligus. Sim Keduanya dapat bersamaan bersiaga pada jaringan 4G LTE dan Karena mendukung native VoLTE Smartfren pengguna pocophone f1 bisa langsung leluasa bertelepon di jaringan 4G LTE operator yang smartfren cdma.

Untuk kualitas kamera pocophone kurang bisa diandalkan. Pada Kamera utama pocophone F1 hanya berlensa ganda dengan resolusi 12 megapiksel dan 5 megapiksel. Dengan fokus otomatis berpiksel ganda dan terdapat lampu kilat pada sisi kamera Ia mampu menghasilkan foto yang beresolusi maksimal 12 megapiksel dan kualitas video Ultra HD 4K.

Pada pocophone F1 tersedia juga fitur kecerdasan buatan (artificial intelligence) AI pada mode portrait maupun mode manual. Pada Fitur AI-nya sepertinya masih kurang optimal jika dibandingkan merk lain. Berkali-kali pocophone F1 gagal mengidentifikasi objek dengan cepat dan harus sedikit sabar. Ya sesuai lah dengan harganya yang relatif murah.

Pada resolusi kamera depan selfie pocophone F1 justru lebih besar dari kamera utamanya. Kamera selfie yang tanpa memiliki fokus otomatis itu sanggup memproduksi foto yang memiliki resolusi 20 megapiksel. Jika di lokasi yang berpencahayaan renda, layar ponsel pocophone F1 dapat difungsikan sebagai lampu kilat darurat.

Lalu tanpa autofocus, Apakah di pocophone F1 ada mode portrait? Jawabannya Ada digunakan untuk sebagai perekam video, kamera depan pocophone F1 mampu menghasilkan rekaman video beresolusi maksimal full HD 1080p.

Namun, ponsel ini diposisikan sebagai ponsel flagship dan wajar bila pocophone F1 ini memakai prosesor delapan inti (octa core) dari Snapdragon 845. Terdiri atas empat inti 2,8 GHz dan empat inti 1,8 GHz dan Spesifikasi lainnya dari pocophone F1 adalah diantaranya Wi-Fi, bluetooth, GPS, sensor sidik jari, pemindai wajah, dan dibekali RAM bawaan 6GB cukup lega untuk multitasking apalagi dengan budget yang tergolong murah begitu.

Sejauh ini pocophone F1 bisa dikatakan Worth it banget untuk kamu yang hanya mengandalkan segi performa mesin. Jika mengandalkan dari segi performa kamera dan lainnya berasa kurang worth, tetapi harganya cukup murah jika dibandingkan flagship merk lainnya.

Pocophone F1 dibekali kapasitas memori internal ROM 128GB. Ketika ponsel kali pertama diaktifkan, ruang kosong pada pocophone F1 di memori internal bisa mencapai hingga 117,7GB free space. Fitur pada pocophone F1 ada ketuk dua kali, yaitu untuk mengaktifkan layar / double tap to wake, second space, dan dual apps atau aplikasi ganda bawaan dapat ditemukan di pocophone F1. Ada pula fitur radio FM yang cukup mengesankan dan siarannya bisa direkam juga.

Ponsel pocophone F1 yang berversi Android 8.1 Oreo itu memanfaatkan tampilan antarmuka MIUI, seperti ala Xiaomi dan yang kali ini disebut MIUI for Poco alias MiUI untuk pocophone sendiri. Ada Beberapa hal yang membuat UI poco berbeda dengan MIUI di ponsel ponsel Xiaomi.

Contoh Misal, ia sudah dilengkapi apps drawer yang memiliki penampakan sepintas seperti sama dengan Android polosan. Daftar aplikasi juga bisa dikelompokkan berdasarkan fungsinya, missal e-commerce, learning, editing, tools, atau berdasar warna ikon aplikasi.

Untuk Sumber daya ponsel pocophone F1 ini berasal dari baterai tanam yang berkapasitas 4.000 mAh. Biasanya rata-rata pocophone F1 ini sanggup bertahan hingga 18 jam. Lalu, pocophone F1 memanfaatkan charger bawaan yang berstandar Qualcomm Quick Charge 3.0 18 Watt yang diperkirakan baterai F1 dapat diisi ulang dari nol sampai penuh dalam waktu sekitar kurang lebih 1 jam 50 menit.

Tentang kinerja kamera pocophone F1 yang banyak dinilai jelek. Memang sepertinya HP ini masih perlu pengembangan dalam sektor kamera, pasalnya ketika masih memakai firmware versi lama performa kamera F1 ini lumayan mengecewakan atau di bawah ekspektasi.

Jika diadu dengan flagship ponsel merek lain yang jauh lebih mahal sudah pasti kalah, tetapi jika dibandingkan hasil jepretan kamera dari Xiaomi Redmi Note 5 yang lebih murah dari pocophone f1 pun sepertinya pocophone F1 bertekuk lutut dengan hasil dari Redmi note 5 yang sangat mengesankan.

Lalu, menyangkut kabar bahwa pocophone F1 ini sangat gampang panas jika digunakan untuk aktivitas berat, kita teliti dahulu Dipakai untuk aktivitas apa saja sehingga pocophone F1 ini diklaim mudah panas? Mungkin jika kita mengaktifkan fitur hotspot tethering dan bermain game dengan resolusi rata kanan, bisa jadi pocophone F1 ini bakalan panas. Ya sebenernya cukup wajar. Hp merk lain pun pasti akan demikian. Tidak ada hp yang tidak panas jika digunakan dengan beban yang sangat ekstra berat.

Pada Pocophone F1 terdapat Pipa pendingin ala teknologi LiquidCool yang diterapkan di pocophone F1 dan memang manjur sekali. Dengan pendingin itu, HP ini sebenarnya wajar saja panasnya dan tidak berlebihan. Untuk penggunaan sehari-harinya pocophone F1 saya rasa cukup nyaman.

Ringkas keunggulan dari Pocophone F1 ini yaitu:

  • Harga murah
  • Chipset terbaru snapdragon 845 yang kencang
  • Terdapat cooler yang mampu meredam panas
  • RAM dan ROM super lega
  • Kamera sudah bisa memuat 4k
  • Mode portrait

Nah, itulah Review Spesifikasi & Keunggulan Smartphone Pocophone F1. Semoga bisa menambah info untuk kalian para pembaca. Dan terimakasih karena telah mengunjungi portal blog teknologi kami. Jika merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share artikel ini agar semakin bermanfaat.