Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Info Corner DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Penting! 5 Tips Berteman Saat Ospek Daring

Penting! 5 Tips Berteman Saat Ospek Daring
Penting! 5 Tips Berteman Saat Ospek Daring

Penting! 5 Tips Berteman Saat Ospek Daring

Pandemi seperti sekarang masih menyita waktu belajar di rumah. Sebagian besar sekolah atau universitas memang belum dibuka kembali. Kondisi seperti ini sangat berdampak terhadap sistem penerimaan mahasiswa baru. Mulai dari pendaftaran, seleksi, sampai dengan orientasi kampus semuanya dilakukan secara daring. Tak jarang banyak di antara para mahasiswa yang khawatir tidak bisa berteman saat ospek daring.

Pada tahun-tahun sebelumnya kegiatan pengenalan universitas untuk mahasiswa baru dijadikan ajang menambah teman. Hal itu didukung oleh antusiasme para mahasiswa baru yang telah diterima di kampus impian mereka. Akan tetapi, secara terpaksa pada tahun ini tidak dapat diagendakan ospek secara langsung (offline). Meskipun begitu, kamu tidak perlu khawatir tidak bisa berteman. 5 tips berteman saat ospek daring berikut ini bisa kamu terapkan.

TOC / Daftar Isi

Gathering Online

Gathering atau yang akrab disebut dengan pertemuan merupakan kegiatan wajib yang dilakukan suatu perkumpulan kelompok baru. Saat awal terbentuknya kelompok sosial baru, biasanya hal pertama yang mereka lakukan adalah gathering. Tujuannya agar seluruh anggota bisa saling mengenal. Meskipun bisa berkenalan dalam chat dan menyebutkan nama, tetapi saat gathering kita akan mengenal sesama anggota kelompok dengan lebih dekat.

Pertemuan awal memang terlihat menyenangkan. Apalagi berkenalan dengan orang-orang baru yang bisa menambah relasi dan memperkaya persepsi. Kegiatan ini lebih optimal jika diselenggarakan secara offline. Akan tetapi, pandemi memaksa untuk mengadakan Gathering Online. Saat inilah waktunya kamu memulai relasi pertemanan. Anggaplah suasana seperti mengenal teman baru di dunia nyata.

Kamu tetap bisa menggali informasi untuk memulai kedekatan dengan teman. Meskipun sifatnya terbatas, tetapi gathering online bisa menjadi alternatif solusi untuk merealisasikan pertemuan selanjutnya. Sebab, mengenai kapan kampus akan dibuka kembali, belum bisa ditentukan secara pasti. Nah, cukup menghambat sebuah pertemuan secara nyata bukan? Jadi, cobalah manfaatkan gathering online untuk memulai berteman saat ospek daring.

Back to Content ↑

Bersosialisasi Melalui Grup Kampus

Saat kamu telah resmi diterima sebagai mahasiswa baru, biasanya kakak tingkat (kating) akan mengajakmu bergabung dalam Grup Kampus. Grup ini mewadahi seluruh mahasiswa baru satu angkatan. Biasanya grup ini tersedia pada platform online line. Aplikasi sosial media tersebut dipilih karena bisa menampung lebih dari 5000 anggota. Dengan demikian, cakupan grup line lebih luas dan tidak terbatas.

Grup kampus ini bisa kamu jadikan wadah untuk menambah teman. Berawal dari grup inilah kamu akan berteman akrab dengan mereka. Setidaknya, pertama kamu harus kenal siapa saja anggota grup yang satu jurusan denganmu. Merekalah yang akan menjadi partner sepanjang perkuliahanmu nanti. Cobalah memulai obrolan di grup tersebut. Entah sekadar berkenalan atau bertanya sesuatu terkait kampus baru, kamu bisa mulai melakukannya.

Dalam grup kampus biasanya juga diikuti oleh sejumlah kating. Kaka tingkat tersebut merupakan kating yang tergabung dalam BEM kampus atau BEM fakultas. Nah, grup itu juga bisa kamu manfaatkan untuk mengenal kating. Jangan ragu untuk berkenalan, sampaikan salam, dan gunakan bahasa yang sopan. Perkenalan daring ini bisa menjadi first impression saat mereka mengenal dirimu yang sebenarnya nanti.

Back to Content ↑

Aktif dalam Kegiatan Tim Saat Ospek Daring

Saat ospek biasanya terdapat serangkaian kegiatan yang harus kamu ikuti sebagai mahasiswa baru. Baik individu maupun kelompok, aktivitas itu pasti ada. Selain bertujuan mengenalkan kampus, momen ospek ini juga memicu para mahasiswa baru agar mengenal teman satu angkatannya. Meskipun dilakukan secara online, cobalah untuk memanfaatkan momen pengenalan ini sebagai ajang mencari teman.

Kamu boleh saja berkenalan dengan mahasiswa mana pun sesuai kepentingan. Misalnya saja, saat dituntut membentuk kelompok dan berkerja sama. Tetaplah untuk terlibat aktif di dalamnya. Kerja sama secara online memang terdengar lebih berat. Sebab, interaksi yang hanya dilakukan melalui media komunikasi online cenderung lebih lambat dalam bergerak. Apalagi virus “mager” atau malas gerak seringkali melanda.

Eits, jangan menyerah. Jika kamu ingin berteman saat ospek daring, cobalah menjalani kegiatan ospek dengan hati yang tulus. Saat awalnya kamu sudah senang dengan adanya ospek, tentu kamu juga akan mendapatkan tujuanmu, berteman misalnya. Akan tetapi, ingat saat memulai kerja sama dan pertemanan, lakukan hal terbaik yang bisa kamu lakukan ya. Jangan sampai mengecewakan teman karena kamu kurang bertanggung jawab dengan tugas kelompok.

Back to Content ↑

Rutin Mengikuti Acara Daring

Seperti ospek pada umumnya, saat ospek daring kamu akan mengikuti serangkaian acara pengenalan kampus. Mulai dari metode belajar sampai dengan pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) rangkaian ospek tersebut wajib kamu ikuti. Saat ospek daring, kamu hanya perlu duduk di depan komputer dan mengikuti rangkaian acara ospek. Berusahalan mengikuti kegiatan online tersebut dengan sebaik mungkin.

Waktu kuliah semester pertama dirasa akan diselenggarakan full secara online. Oleh karena itu, manfaatkan ospek sebagai sarana berteman. Sebab, kamu akan lama merasakan kuliah online. Tidak mungkin kamu akan mengerjakan semua sendiri bukan? Tentu akan ada tugas yang dilakukan secara berkelompok. Nah, relasi atau pertemanan yang baik harus kamu jalin mulai dari kegiatan ospek daring.

Back to Content ↑

Mengikuti UKM yang Ditawarkan Kampus

Saat menjadi mahasiswa baru, BEM kampus akan memberikan pengenalan tentang seluruh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang berada di kampus. Unit Kegiatan mahasiswa ini bermanfaat agar mahasiswa tak hanya mengikuti kuliah, tetapi juga mengembangkan skill dan kemampuan lain. Softskill seperti ini nyatanya sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Bisa jadi, softskill ini tidak kamu dapatkan selama kuliah di kelas.

Dengan demikian, UKM sangat penting untuk kamu ikuti. Melalui UKM ini kamu bisa merambah pengetahuan dari berbagai fakultas yang berbeda. Tentunya relasi pertemanan akan semakin luas, mencakup seluruh fakultas. Saat ospek daring usahakan kamu memperhatikan pemaparan UKM oleh kampus. Pilihlah beberapa dari mereka yang sesuai dengan minat dan tujuanmu nanti. Sebel memutuskan kamu juga pertimbangkan waktu yang harus kamu bagi saat mengelola UKM tersebut.

Pilihan UKM menjadi sangat penting bagi mahasiswa. Sebab, disanalah kamu akan berkembang. Selain itu, UKM bisa menjadi salah satu cara memilih teman. Tentunya dalam satu UKM kamu dan anggota yang lain memiliki visi yang sama. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan circle pertemanan yang satu frekuensi dengan dirimu. Berjuanglah dalam UKM yang mendukung penuh tujuan hidupmu kelak.

Back to Content ↑

Nah, itulah beberapa tips berteman saat ospek daring. Jangan pernah ragu memulai perkenalan meskipun secara daring. Hal itu bisa menjadi awal pertemanan yang akrab bagimu loh! Apalagi saat ospek daring kamu banyak mengamati teman-teman barumu. Beberapa dari mereka akan kamu ajak kenalan karena memiliki daya tarik yang sama.

Kamu bisa memanfaatkan rangkaian kegiatan ospek untuk menjalin pertemanan baru di kampus. Jangan lupa siapkan mental agar dapat mengikuti mata kuliah dengan sukses ya! Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!